cover
Contact Name
Ni Luh Made Mahendrawati
Contact Email
made.mahendrawati@gmail.com
Phone
+628123961868
Journal Mail Official
made.mahendrawati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
International Journal of Community Service Learning
ISSN : 25797166     EISSN : 25496417     DOI : https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.37047
Core Subject : Economy, Social,
International Journal of Community Service Learning is a scientific journal Community Service published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal is published 4 times a year, ie in February, May, August, and November. The article was published on the results of community service related to education, science, technology, socio-economics, and entrepreneurship.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022" : 15 Documents clear
Pelatihan Pengelolaan Arsip Bagi Perangkat Desa Sinduharjo Ngaglik Sleman Wahyu Rusdiyanto; Yudit Ayu Respati; Clarissa Yoviantyas
International Journal of Community Service Learning Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v6i4.49897

Abstract

Pengelolaan arsip yang baik akan mendorong terciptanya good governance. Transparansi dan akuntabilitas perangkat pemerintahan dicapai melalui arsip yang akurat dan dapat diandalkan sebagai sebuah alat untuk memastikan perlakuan adil bagi masyarakatnya. Akan tetapi, keterampilan pengelolaan arsip menjadi salah satu keterampilan yang jarang dimiliki oleh perangkat pemerintah desa, salah satunya pada Desa Sinduharjo yang berada di Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melaksanakan pelatihan kearsipan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan arsip bagi perangkat desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan bentuk kegiatannya menggunakan metode ceramah, pemaparan sistem kearsipan, dan pelatihan pengelolaan arsip fisik. Khalayak sasaran dalam pengabdian ini adalah perangkat desa Sinduharjo Ngaglik Sleman. Kegiatan ini menghasilkan luaran berupa pengetahuan dan keterampilan peserta yang semakin baik dibuktikan dengan rata-rata hasil pre test peserta (sebelum pelatihan) adalah 4,3 sedangkan rata-rata hasil post test peserta (setelah pelatihan) adalah 7,35. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan mampu mengatasi segala permasalahan kearsipan yang dialami perangkat desa Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.
Pengelolaan Lingkungan Hidup Berbasis Masyarakat Melalui Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus Thalita Rifda Khaerani; Marlianti Bulkis
International Journal of Community Service Learning Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v6i4.50092

Abstract

Sungai Karang Mumus merupakan salah satu sungai di Kota Samarinda yang mengalami pencemaran yang diakibatkan oleh banyak faktor yaitu perilaku masyarakat yang masih membuang sampah ke sungai juga faktor iklim pasang surut yang mengakibatkan adanya sampah kiriman. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggalakan kegiatan memungut sampah bersama Kelompok Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus (GMSS-SKM). Metode pendekatan yang dilakukan yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara dengan informan tentang asal mula komunitas didirikan dan bagaimana bentuk pengelolaan lingkungan yang dilakukan di Sungai Karang Mumus. Kegiatan ini menyasar mahasiswa dan alumni sebagai bagian dari civitas akademika sekaligus masyarakat setempat. Kegiatan ini menghasilkan luaran berupa terbentuknya kepedulian lingkungan dan juga meningkatkan edukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian mahasiswa dan alumni sebagai bagian dari civitas akademika dan masyarakat sekitar Sungai Karang Mumus.
Strengthening Religious Moderation of Teachers at Insan Prestasi School Denpasar I Ketut Sudarsana; Heny Perbowosari; I Nyoman Linggih; Ni Wayan Sariani Binawati; I Made Arsa Wiguna
International Journal of Community Service Learning Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v6i4.50253

Abstract

This community service aimed to strengthen the religious moderation of teachers at Insan Prestasi School Denpasar. Education is a significant factor in building a tolerant educational environment for all religious adherents. The implementation of religious moderation in education was to build a sense of mutual understanding between students from an early age who have different religious beliefs. Thus, both the curriculum and the books applied at schools should be curriculums that contain the values of pluralism and religious tolerance. The methods used in this community service were lectures, questions and answers, and assignments. Collecting data used observations, interviews, and questionnaires for participant evaluation and evaluation of activity implementation. The results of this community service showed that Insan Prestasi School teachers understood the concept and implementation of religious moderation at schools. Furthermore, teachers can instill the values of multiculturalism, bring religious messages more peacefully, and spread human values to students at school.
English Training for PKK Mothers as Strategy to Assist Children Learn English from Young Age Wahyu Indah Mala Rohmana; Suci Senjana
International Journal of Community Service Learning Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v6i4.50358

Abstract

Currently, many children are exposed to English, especially from online media, and are starting to practice it at home. Children, especially toddlers, need assistance at home from their mothers. However, not all parents especially mothers have enough English skills to teach their own children. Therefore, the community service that is carried out for PKK women in Karangploso View is expected to improve English communication by parents at home better. The community service aims to increase the English skill of the member of PKK mothers. The method used in this activity is the Participatory Action Study (PAR). From community service, you are more confident in speaking English with your child at home, you have your own way of communicating in English according to the character of your child, and your child has an increase in his daily vocabulary in English at home. It is implicated that parents especially mothers can teach English at home by themselves and get used children to start using English from a young age.
Peningkatan Kompetensi Keperawatan Geriatri Dasar bagi Perawat di Kota Bekasi Anung Ahadi Pradana; Shintha Silaswati; Raden Siti Maryam; Dede Kurniati
International Journal of Community Service Learning Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v6i4.51032

Abstract

Perawat gerontik turut berperan penting dalam menjaga kondisi kesehatan lansia agar tetap mampu produktif serta aktif, namun kualitas asuhan keperawatan yang diberikan diketahui dipengaruhi oleh kompetensi dari perawat gerontik. PP IPEGERI sebagai badan sayap PPNI memiliki tugas untuk meningkatkan kompetensi perawat gerontik melalui kegiatan pelatihan keperawatan geriatri dasar. Kegiatan pelatihan keperawatan geriatri dasar dilaksanakan bagi 21 perawat RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, Jawa Barat pada periode 25-29 Juli 2022 (dengan pembagian waktu 3 hari dilakukan secara online melalui zoom dan 2 hari praktik langsung di RSUD). Hasil pretest-posttest dari peserta kemudian dianalisis oleh penulis menggunakan analisis paired t-test dan menghasilkan p-value 0.000 (<0.05). Hasil analisis kegiatan pelatihan keperawatan geriatri dasar yang dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan ini mampu berpengaruh positif terhadap peningkatan kompetensi perawat gerontik, sehingga kegiatan ini dapat diupayakan untuk menjadi suatu referensi yang dapat dilakukan secara berkelanjutan oleh para pengambil kebijakan baik di tingkat lokal, regional, maupun nasional.
Pembuatan Video Profil Kampung Tematik dan Edukasi Eco Enzyme Sebagai Media Promosi Efektif Sariani; Desi Yulastri; Muthia Damaiyanti; Yaningsih; Sumira
International Journal of Community Service Learning Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v6i4.51927

Abstract

Kampung Tematik dan Edukasi Eco Enzyme yang berada di Kecamatan Padang Timur merupakan bagian dari kegiatan Bank Sampah Andalas Sepakat yang telah beroperasi semenjak tahun 2019. Sayangnya, keberadaan dari kampung tematik ini masih belum diketahui oleh masyarakat luas. Padahal kegiatan yang dilaksanakan kampung tematik ini beragam dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat, merubah perilaku masyarakat dengan diversifikasi pengolahan sampah, dengan konsep reduce, reuse dan recycle. Untuk itu, kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah pembuatan video profil dari kampung tematik ini untuk memberi informasi menarik dan gambaran secara lengkap mengenai detail kampung tematik, secara kreatif dan inovatif, yang diunggah ke media-media sosial mereka. Ada tiga tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan video profil bagi kampung tematik ini, yang dimulai dengan pre-production, production, dan post-production. Hasil yang diperoleh adalah video profil berdurasi 7 menit 35 detik, yang secara signifikan membantu menaikkan eksistensi kampung tematik ini di masyarakat luas, tidak hanya di Kota Padang. 
Taman Perempuan Bali: Mengejawantahkan Pemberdayaan Perempuan di Desa Kayuputih Kadek Jayanta; Ni Kadek Sintya Dewi; Ni Wayan Putri Surya Deanik; I Nyoman Sukajaya; Sahda Nabila Pramesti
International Journal of Community Service Learning Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v6i4.52848

Abstract

Salah satu bagian dari The Sustainable Development Goals (SDG’s) adalah kesetaraan gender. Mirisnya, indeks kesetaraan gender di Indonesia pada peringkat 101 dari 156 negara (World Economic Forum, 2021). Menjadi berdaya adalah hak setiap perempuan. Melalui program Perempuan Taman Perempuan Bali, pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Desa Kayuputih, Kabupaten Buleleng ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan pemberdayaan berupa pelatihan keterampilan dan pendampingan yang dapat menjadi pioner dalam memberdayakan perempuan. Kegiatan ini menyasar kelompok perempuan usia produktif 16-35 tahun yang berasal dari Desa Kayuputih, Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini menghasilkan luaran berupa menurunnya minat remaja perempuan di Desa Kayuputih untuk menikah di usia muda menjadi 5% dan meningkatnya wawasan mengenai kesehatan reproduksi, kegiatan ini juga mampu menghasilkan dan melaksanakan kurikulum pembelajaran non formal pelajaran matematika dan bahasa inggris selama satu semester, Meningkatkan pengetahuan dalam memecahkan masalah matematika serta terampil dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris, serta adanya kelompok remaja perempuan yang terampil dalam menari serta dilaksanakannya pagelaran seni tari. Hasil pengabdian ini diharapkan mampu mengatasi segala permasalahan kesetaraan gender yang ada di Dessa Kayuputih, Kabupaten Buleleng.
Peningkatan Kreativitas Guru SD dalam Pembelajaran untuk Mengeliminir Learning Loss Pasca Covid-19 Agustina Tyas Asri Hardini; Mawardi; Hanita Yulia
International Journal of Community Service Learning Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v6i4.52897

Abstract

Permasalahan prioritas yang akan dipecahkan dalam pengabdian ini mencakup dua permasalahan. Pertama, berkaitan dengan kompetensi guru di sekolah mitra adalah bahwa rancangan pembelajaran yang disusun guru belum kreatif. Kedua, dampak dari rancangan pembelajaran yang kurang baik, terutama rancangan pembelajaran pada saat dan pasca pandemi Covid-19 adalah terjadi learning loss peserta didik/siswa di sekolah mitra. Solusi yang diusulkan: pertama, melaksanakan workshop untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan para guru tentang urgensi RPP dalam pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, merancang model pembelajaran yang inovatif, pengembangan video pembelajaran, serta melakukan peerteaching. Kedua, implementasi pembelajaran di kelas menggunakan model pembelajaran yang kreatif yang telah disusun oleh guru, agar dapat mengelimir Learning Loss.  Metode Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini menggunakan model Participatory Action Research (PAR). Kegiatan PkM ini dilaksanakan di Kabupaten Pati, melibatkan 47 orang guru di 8 SD. Langkah kegiatan dilakukan melalui 5 tahapan, yaitu tahap pertama, melakukan workshop penyusunan RPP inovatif, tahap kedua peerteaching, dan tahap ketiga implementasi RPP. Hasilnya menunjukkan bahwa rerata kompetensi guru dalam menyusun RPP yang kreatif mencapai 78, berada pada kategori cukup baik. Implementasi RPP dalam pembelajaran berhasil mengeliminir learning loss.
The Campaign as A Tale: Pelatihan Penggunaan Teknik Storytelling dalam Kampanye Marketing Communication Yayasan Kakak Asuh Bekasi Annisa Eka Syafrina; Dian Sukmawati
International Journal of Community Service Learning Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v6i4.53062

Abstract

Komunikasi pemasaran adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Saat ini, komunikasi pemasaran mengakui storytelling sebagai alat yang diperlukan dalam mengembangkan identitas merek yang dapat digunakan sebagai faktor pembeda. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, mengubah komunikasi pemasaran ke arah informasi baru yang berbasis konsumen dan berfokus pada pendekatan interaktif. Sehingga, dalam menyampaikan informasi produk, jasa, dan ide kepada publik, perusahaan perlu untuk mengkomunikasikan dengan pesan yang tepat. Para ahli pemasaran meyakini bahwa storytelling memiliki kekuatan untuk menciptakan permintaan (demand) melalui pendekatan yang bersifat emosional. Akan tetapi, mitra pada kegiatan pengabdian ini belum menggunakan teknik storytelling dalam menjual hasil produknya. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mitra, terkait teknik storytelling agar komunikasi pemasaran berlangsung menjadi lebih efektif dan efesien. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk kegiatannya berupa pelatihan. Mitra pada kegiatan ini adalah Kakak Asuh Bekasi, mitra merupakan komunitas sosial yang bergerak di bidang pendidikan. Kegiatan ini menghasilkan luaran berupa Marketing Communication Yayasan Kakak Asuh Bekasi. Hasil kegiatan ini diharapkan mampu mengatasi segala permasalahan dalam berkomunikasi untuk memasarkan produknya.
Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Melalui Pelatihan dan Pendampingan Beatus Tambaip; Ni Nyoman Rediani
International Journal of Community Service Learning Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v6i4.53273

Abstract

Rendahnya kualitas penulisan artikel ilmiah mahasiswa serta tuntutan penulisan artikel sebagai syaarat yudisium menuntut solusi yang terbaik untuk mengatasi maslah tersebut. Sehingga perlu dilakukan sebuah pengabdian yang bertujuan untuk mengingkatkan kemampuan menulis artikel mahasiswa melalui pelatihan dan pendampingan. Pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa PGSD Musamus untuk menulis artikel ilmiah. Jumlah peserta pengabdian ini sebanyak 30 orang, dimana mahasiswa ini adalah mahasiswa yang sudah selesai penelitian. Metode pengabdian yang dilakukan adalah pelatihan dengan teknik ceramah, diskusi dan praktik sedangkan pendampingan dilakukan dengan teknik klinik artikel mahasiswa. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa Pelatihan dan pendampingan berdampak positif terhadap  kemampuan mahasiswa dalam menyusun artikel ilmiah. Hal ini dapat dilihat peningkatan pengetahuan mahasiswa sebelum dan sesudah kegiatan serta hasil dari kegiatan ini adalah artikel mahasiswa yang siap untuk disubmid dijurnal untuk dipublish. Sehingga dapat direkomendasikan adalah kegiatan yang dilakukan ini bisa berlanjut dan dijadikan sebuah kegiatan rutin untuk meningkatkan kualitas tulisan mahasiswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023 Vol. 7 No. 1 (2023): February 2023 Vol. 7 No. 4 (2023): November Vol. 7 No. 3 (2023): Agustus Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022 Vol. 6 No. 3 (2022): August 2022 Vol. 6 No. 2 (2022): May 2022 Vol. 6 No. 1 (2022): February 2022 Vol 6, No 1 (2022): February 2022 Vol 5, No 4 (2021): November 2021 Vol. 5 No. 4 (2021): November 2021 Vol. 5 No. 3 (2021): August 2021 Vol. 5 No. 2 (2021): May 2021 Vol 5, No 1 (2021): February 2021 Vol. 5 No. 1 (2021): February 2021 Vol 5, No 3 (2021): Agustus Vol 5, No 2 (2021): May Vol. 4 No. 4 (2020): November 2020 Vol 4, No 4 (2020): November 2020 Vol 4, No 3 (2020): August 2020 Vol. 4 No. 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 2 (2020): May 2020 Vol. 4 No. 2 (2020): May 2020 Vol. 4 No. 1 (2020): February 2020 Vol 4, No 1 (2020): February 2020 Vol. 3 No. 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 3 (2019): August 2019 Vol. 3 No. 3 (2019): August 2019 Vol. 3 No. 2 (2019): May 2019 Vol 3, No 1 (2019): February 2019 Vol. 3 No. 1 (2019): February 2019 Vol 3, No 2 (2019) Vol. 2 No. 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol. 2 No. 3 (2018): August 2018 Vol 2, No 3 (2018): August 2018 Vol. 2 No. 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol. 2 No. 1 (2018): February 2018 Vol 2, No 1 (2018): February 2018 Vol 1, No 3 (2017): November 2017 Vol. 1 No. 3 (2017): November 2017 Vol. 1 No. 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 1 (2017): May 2017 Vol. 1 No. 1 (2017): May 2017 More Issue