Journal of Education Action Research
Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes widely available and exemplifying the variety of possible styles of reporting. It aims to establish and maintain a review of the literature of action research. It also provides a forum for dialogue on the methodological and epistemological issues, enabling different approaches to be subjected to critical reflection and analysis.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
" Vol 1, No 3 (2017): November 2017"
:
10 Documents
clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Suandewi, Ni Km.;
Wibawa, I Made.Citra
Journal of Education Action Research Vol 1, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (313.36 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA pada penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)pada siswa kelas IV SD No. 3 Kapal tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD No. 3 Kapal, sebanyak 37 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode tes. Data yang didapatkan dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD No. 3 Kapal tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I rata-rata hasil belajar IPA siswa sebesar 72,70% pada kategori sedang dan meningkat menjadi 85,13% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi. Terjadi peningkatan sebesar 12,43%.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS
Saridewi, N.M Putri;
Kusmariyatni, N Nym.
Journal of Education Action Research Vol 1, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (223.803 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam setelah penerapan model pembelajaran Scramble siswa kelas IV semester I tahun pelajaran 2016/2017 SD No. 3 Legian. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek seluruh siswa kelas IV SD No. 3 Legian berjumalah 41 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan tes hasil belajar IPA dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode tes. Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus I hasil belajar siswa 52,93% berada pada katagori sangat rendah. Pada siklus II hasil belajar siswa 90,24% berada pada katagori sangat tinggi. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari sebesar 41,46% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan analisis dan pembahasan, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Scramble dapat efektif meningkatkan hasil belajar IPA pada materi daur hidup beragam jenis makhluk hidup pada kelas IV SD No. 3 Legian
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS
Sucidamayanti, Ni Putu Wiwin
Journal of Education Action Research Vol 1, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran IPS kelas IV semester II SD No.1 Beratan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan pada pokok bahasan perkembangan teknologi. Rancangan tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester II SD No. 1 Beratan sebanyak 10 orang siswa, yang terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Data yang didapatkan dari metode tes dianalisis dengan metode deskriptif kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD No. 1 Beratan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Persentase rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan, ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,00 dan pada siklus II menjadi 84,50 yang termasuk ke dalam kategori tinggi, sedangkan siswa yang mencapai ketuntasan dari 5 orang siswa menjadi 9 orang siswa dan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 70% menjadi 90% pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester II SD No. 1 Beratan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2010/2011.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III
Juliartini, N. M.;
Arini, N. W.
Journal of Education Action Research Vol 1, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (316.742 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah penerapan model pembelajaran NHT pada siswa kelas III Sekolah Dasar No. 2 Abianbase tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek seluruh siswa kelas III Sekolah Dasar No. 2 Abianbase tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 31 orang siswa. Data hasil belajar yang dikumpulkan dengan tes hasil belajar IPA. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran NHT dapat meningkatkan Hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas III di SD No. 2 Abianbase, Kabupaten Badung. Hal ini dapat diketahui dari hasil yang diperoleh pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I hanya mencapai 72,74 dengan persentase sebesar 72,74% termasuk kategori hasil belajar sedang. Setelah diadakan perbaikkan pada siklus II, diperoleh hasil belajar mencapai 81,93 dengan persentase 81,93 % termasuk kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT pada mata pelajaran IPA dapat meningkat hasil belajar siswa kelas III SD No. 2 Abianbase, Kabupaten Badung, Tahun Pelajaran 2016/2017.
OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Kusumawati, Ni Made
Journal of Education Action Research Vol 1, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (329.816 KB)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang teridentifikasi di kelas V SDN No. 2 Batuaji yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam mata pelajaran matematika dengan mengoptimalkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan lembar kerja siswa (LKS) pada siswa kelas V SDN No. 2 Batuaji Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan tahun pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No. 2 Batuaji pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 19 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan lembar observasi. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar dari pada siklus II sebesar 5,26 dari skor rata-rata sebesar 79,08 dalam kategori cukup aktif pada siklus I menjadi 83,34 dengan kategori aktif pada siklus II, dan terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II sebesar 1,75 dari skor rata-rata sebesar 79,71 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 81,46 dengan kategori baik pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan lembar kerja siswa (LKS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas V SDN No. 2 Batuaji tahun pelajaran 2010/2011.
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
Kusumayani, Ni Wyn.Nita
Journal of Education Action Research Vol 1, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (345.464 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah menerapkan strategi pembelajaran Learning Cell pada siswa kelas IV semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 di SD No. 2 Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Kapal tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 orang. Data penelitian ini tentang hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu persentase rata-rata hasil belajar pada siklus I 73,70% yang berada pada kategori sedang dan pada siklus II menjadi 80,19% yang berada pada kategori tinggi. Ini menunjukan terjadi peningkatan persentase rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 6,49%. Pada ranah afektif siklus I persentase rata-rata sebesar 70,43% dan pada siklus II sebesar 80,21% yang berada pada kategori aktif. Pada ranah psikomotor persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,75% dan pada siklus II menjadi 80,31% yang berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Learning Cell dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV semester ganjil SD No. 2 Kapal Tahun Pelajaran 2016/2017.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD NO. 2 DALUNG
Seriani, Ni Md.;
Dibia, I Kt.
Journal of Education Action Research Vol 1, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (292.357 KB)
Penelitian  ini  bertujuan untuk  mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada  siswa  kelas  VB SD No. 2 Dalung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B di SD No. 2 Dalung tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 31 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode tes. Data yang didapatkan dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B di SD No. 2 Dalung tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I rata-rata hasil belajar IPA siswa sebesar 72,42% pada kategori rendah dan meningkat menjadi 82,58% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi.Terjadi peningkatan sebesar 10,16%
PENERAPAN MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV
Junmalini, Ni Komang
Journal of Education Action Research Vol 1, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (318.566 KB)
Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD No. 2 Sembung Tahun Pelajaran 2016/2017 setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD No. 2 Sembung yang berjumlah 21 orang. Data penelitian tentang hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata persentase skor hasil belajar IPA pada siklus I sebesar 68,09 % berada pada kategori sedang dan mengalami peningkatan sebesar 12,48% pada siklus II menjadi 90,47 % tergolong pada kategori sangat tinggi. Maka penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD No 2 Sembung.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NO. 2 CANGGU
Meli, Ni Luh
Journal of Education Action Research Vol 1, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (137.114 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam upaya meningkatkan Hasil Belajar IPS siswa Kelas V SD No. 2 Canggu Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD No. 2 Canggu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V di SD No. 2 Canggu yang terdiri dari 23 siswa yaitu 15 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan tes Hasil Belajar IPS. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif baik deskriptif kuantitatif maupun kualitatif. Hasil analisis menunjukkan pada refleksi awal hanya 12 siswa (52%) tuntas dari 23 siswa, 11 siswa (48%) belum tuntas, dari KKM yang ditentukan sekolah yaitu 78, pada siklus I Ketuntasan kelasikal baru 14 (61%) siswa yang tuntas dengan nilai rata â rata 77.04 (77%) . Pada siklus II Ketuntasan kelasikal dicapai 21 (91%) siswa tuntas KKM dengan nilai rata â rata 82 (82%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan Hasil Belajar IPS pada siswa Kelas V SD No. 2 Canggu.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERRED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
Suarmini, Ni Putu;
Parmiti, Desak Putu
Journal of Education Action Research Vol 1, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (176.195 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD No. 2 Mengwi tahun pelajaran 2016/2017 setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 2 Mengwi yang berjumlah 26 orang terdiri dari 15 orang laki â laki dan 11 orang perempuan. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes. Setelah data dalam penelitian ini diperoleh, selanjutnya data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif.Hasil yang diperoleh adalah Pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 75,38% , dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,38. Dari siklus I ke siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 5,96% yaitu 81,34% dengan rataârata hasil hasil belajar siswa sebesar 81,34. Maka dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 2 Mengwi.