cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal of Education Technology
ISSN : 25494856     EISSN : 25498290     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and learning.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2018)" : 7 Documents clear
KONTEN DAN KONTEKS BUDAYA LOKAL NGADA SEBAGAI BAHAN AJAR TEMATIK DI SEKOLAH DASAR Baka, Natalia Agatha; Laksana, Dek Ngurah Laba; Dhiu, Konstantinus Dua
Journal of Education Technology Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam budaya lokal Ngada yang dapat diintegrasikan dalam materi tematikdi Sekolah Dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah materi tematikSekolah Dasar di Kabupaten Ngada.Sedangkan objek yangditeliti adalah konten dan konteks budaya lokal Ngada. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metodeobservasi dan wawancara. Data dianalisis melalui beberapa tahap, yaitu (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajiandata, serta (4) penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya lokal Ngada yang dapatdiintegrasikan dalam materi tematik di SD diantaranya seperti : (1) permainan tradisional, (2) alat musik tradisional, (3) tariantradisional, (4) teknologi sederhana, (5) lagu daerah, (6) ritual adat, (7) keberagaman suku, (8) cerita dongeng, (9) makanankhas, (10) nilai-nilai Pancasila dalam budaya Ngada, (11) karya seni, (12) situs-situs budaya, (13) kenampakan alam danbuatan, (14) arah mata angin, serta (15) kerajinan tangan. Berdasarkan temuan di atas maka dapat disimpulkan bahwa budayalokal Ngada dapat diintegrasikan dalam materi tematik di Sekolah Dasar. Dengan demikian, pengintegrasian konten dankonteks budaya lokal Ngada dapat dijadikan bahan ajar tematik dan pedoman pengembangan perangkat pembelajaran danpenilaian di Sekolah Dasar.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL BUDAYA BALI PADA PEMBELAJARAN DESIGN GRAFIS DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 SAWAN Mahendra, I Gede Jaka; Pujawan, Kadek Agus Hendra
Journal of Education Technology Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis kontekstual budaya bali yang berkualitas dansiap diimplementasikan pada pembelajaran desain grafis di Kelas X SMK Negeri 1 Sawan. Model pengembangan yangdigunakan adalah model Dick & Carey yang terdiri dari 8 tahapan. Multimedia yang dihasilkan divalidasi oleh pakar desaingrafis yang selanjutnya diujikan secara perorangan dan kelompok kecil untuk memperoleh respons pengguna. Hasil pengujianmenunjukkan bahwa pada aspek tampilan, grafis, pengoperasian program dan tata bahasa yang dilakukan oleh ahli mediamemperoleh hasil kalkulasi sebesar 85% berada pada kualifikasi baik. Pengujian pada aspek pembelajaran, kurikulum dandesain interface yang dilakukan oleh ahli desain pembelajaran memperoleh hasil kalkulasi sebesar 89% berada pada kualifikasibaik. User/guru pengajar memberikan respon baik. Uji coba perseorangan yang dilakukan mendapat respon baik. Uji cobakelompok kecil memperoleh hasil kalkulasi sebesar 90% berada pada kualifikasi sangat baik. Uji coba lapangan yangdilakukan memperoleh hasil kalkulasi sebesar 87% berada pada kualifikasi baik
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERMUATAN MULTIMEDIA PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DI KABUPATEN NGADA Riwu, Imelda Uma; Laksana, Dek Ngurah Laba; Dhiu, Konstantinus Dua
Journal of Education Technology Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan bahan ajar elektronik bermuatan multimedia pada tema peduli terhadapmakhluk hidup yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar pada siswa kelas iv di kabupaten ngada, (2) mengetahuikualitas hasil uji produk pengembangan bahan ajar elektronik bermuatan multimedia pada tema peduli terhadap makhluk hidupuntuk siswa sekolah dasar kelas IV di Kabupaten Ngada. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Ngada Provinsi Nusa TenggaraTimur. Subjek dalam penelitian ini adalah kurikulum 2013 kelas IV dan siswa SD kelas IV di Kabupaten Ngada. Sedangkanobjek yang diteliti adalah konten dan konteks kearifan lokal masyarakat Ngada yang relevan diintegrasikan dalam tema peduliterhadap makhluk hidup kelas IV untuk dijadikan sebuah bahan ajar elektronik bermuatan multimedia. Bahan ajar elektronikbermuatan multimedia ini dikembangkan dengan model ADDIE. Model ini terdiri atas lima langkah, yaitu: (1) analyze, (2)design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar elektronikbermuatan multimedia berdasarkan hasil uji coba ahli dan siswa sebagai pengguna produk adalah sebagai berikut. (1) Uji cobaahli konten/isi ada pada kategori sangat baik, skor tertinggi ada pada aspek pemilihan bahasa, penggunaan kalimat, kesesuaiancontoh dan kasus, kesesuaian soal-soal latihan dan kesesuaian isi materi dengan perkembangan TIK, (2) Uji coba ahli desainpembelajaran ada pada kategori sangat baik, skor tertinggi ada pada aspek kemenarikan desain cover dan kejelasan tulisan, (3)Uji coba ahli multimedia ada pada kategori baik, skor tertinggi ada pada aspek gambar/ilustrasi, (4) Uji coba siswa sebagaipengguna produk ada pada kategori sangat baik, skor tertinggi ada pada aspek video mendukung pemahaman materi. Dengandemikian, pengembangan bahan ajar elektronik bermuatan multimedia ini layak digunakan pada siswa sekolah dasar kelas IV.
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Milsan, Astriyati Lodhong; Wewe, Melkio
Journal of Education Technology Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajarmatematika siswa. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian ex-post facto. Metode yang digunakan adalah metodekorelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Bajawa I yang berjumlah 121 siswa. Pengambilansampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 93 siswa. Metode pengumpulandata dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes. Untuk menguji hipotesis penelitian dengan menghitung koefisienantara X dan Y dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai rxyhitung = 0,866 kemudian dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai rtabel untuk dk = 91 dan α =0,05 adalah = 0,207, oleh karena itu rxy hitung > rtabel maka H1 diterima. Besarnya hubungan atau korelasi antara kecerdasanlogis matematis dengan hasil belajar matematika setelah dianalisis diperoleh korelasi r = 0,866 dengan koefisien determinasisebesar 75%. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan logis matematisdengan hasil belajar matematika pada siswa Kelas V SD Gugus bajawa I Tahun Ajaran 2016/2017.
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SD Mastika Yasa, Putu Agus Eka; Bhoke, Wilibaldus
Journal of Education Technology Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

"> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar dengan model problembased learning dan siswa yang belajar dengan model Pembelajaran Konvensional pada siswa SD. Jenis penelitian ini ialahquasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Teknikpengambilan sampel dalam penelitian terdiri atas dua yaitu: pengambilan kelas penelitian dengan menggunakan teknikrandom, sedangkan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik intac group. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswakelas V Gugus II Kecamatan Jerebuu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Uji hipotesis menggunakan uji-t.Sebelum menghitung uji-t, terlebih dahulu dicari nilai Gain Score dinormalisasi (GSn). Dari perhitungan tersebut diperolehrata-rata hasil belajar Matematika, yakni rata-rata hasil belajar Matematika kelompok eksperimen lebih besar dari rata-ratahasil belajar Matematika kelompok kontrol (0,53 > 0,37). Hasil uji-t diperoleh thitung (5,673) dan ttabel (2,052) dengan derajatkebebasan (db) = n1 + n2 – 2 = 27 dan taraf signifikansi 5%, maka thitung > ttabel. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterimasehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya dimana terdapat perbedaan yang signifikanhasil belajar Matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model problem based learningdengan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwamodel problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa SD.
KECEMASAN MATEMATIKA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Mastika Yasa, Putu Agus Eka; Rawa, Natalia Rosalina
Journal of Education Technology Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (756.97 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kecemasan matematika dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebabkecemasan matematika. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar di STKIP Citra Bakti, NusaTenggara Timur yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancaradan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh deskripsi tingkat kecemasan matematika pendidikan guru sekolah dasardiantaranya yaitu sebanyak 29 mahasiswa (90,63%) terindikasi mengalami kecemasan dimana 12 mahasiswa (37%)mengalami kecemasan berat, 9 mahasiswa (28,12%) mengalami kecemasan sedang, dan 8 mahasiswa (25%) mengalamikecemasan ringan. Sementara hanya terdapat 3 mahasiswa (9,38%) yang tidak terindikasi mengalami kecemasan matematika.Faktor-faktor penyebab kecemasan matematika yang dialami mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar antara lain disebabkanoleh rendahnya keyakinan dalam belajar matematika (self-efficacy) yang dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentangmatematika, frekuensi belajar matematika yang minim, situasi pembelajaran yang kurang kondusif, riwayat kemampuanmatematis yang rendah, materi yang semakin kompleks, dan tuntutan hasil belajar harus memuaskan.
The Development of Transformation Geometry Learning Medium with Scientific Approach As Effort to Improve the Understanding Concept Skill Wirapathi, Agung; Candiasa, Made; Suryawan, Pasek
Journal of Education Technology Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

"> The development research aims to describe: (1) storyboard; (2) the implementation results; and (3) the usability of thetransformation geometry learning medium with scientific approach. The development uses 4-D model which consisting ofdefine, design, develop, and disseminate, but this research is only up to the develop step. The results showed that thetransformation geometry learning medium with scientific approach can be accepted as a learning medium with very validcategory, which seen from the validity score is 4.37. Learning medium developed got excellent response with the averagescore of practicability is 4.5. This learning medium also has a high effectiveness in learning process with the level of studentactivity reached the average score around 4.2, and the classical completeness is 80%. Based on the result of the research, it’sexpected that the transformation geometry learning medium with scientific approach can be used in learning process.

Page 1 of 1 | Total Record : 7