cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal of Education Technology
ISSN : 25494856     EISSN : 25498290     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and learning.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 3 (2018)" : 6 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERMEDIAKAN GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V Utariasih, Luh Juli; Jampel, I Nyoman; Murda, I Nyoman
Journal of Education Technology Vol 2, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.384 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw bermediakan gambar dan kelompok siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair share. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (ouasi eksperimen), dengan rancangan nonequivalent post-test only control group Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Banjar.Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling.Metode pengumpulan data hasil belajar menggunakan metode tes dengan perangkat tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t dengan rumus polled varians. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw bermediakan gambar dan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair share. pada siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Banjar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis hipotesis dengan uji-t, t  (3,292732) > t  (2,022). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (20,64) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol (18,2). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw bermediakan gambar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Banjar tahun ajaran 2017/2018.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERMUATAN FOLKLOR BALI Tristiantari, Ni Ketut Desia
Journal of Education Technology Vol 2, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh bahan ajar tematik bermuatan folklor bali yang valid, praktis, dan efektif sebagai upaya untuk meningkatkan literasi membaca siswa kelas IV. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku penunjang buku siswa dan buku petunjuk guru pada tema “Tempat Tinggalku” dengan subtema 1 yaitu “Lingkungan Tempat Tinggalku”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan mengadaptasi langkah-langkah model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang disederhanakan, meliputi 1) tahap pengumpulan data, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan produk, dan (4) tahap validasi dan uji coba. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Hasil penilaian ahli materi terhadap bahan ajar bermuatan folklore bali ada pada skor 4,25. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar tematik bermuatan folklore ada pada kategori valid; (2) Hasil penilaian ahli desain pembelajaran ada pada skor 4,3. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar tematik bermuatan folklore ada pada kategori valid, sehingga dapat dilanjutkan pada tahapan berikutnya, yaitu tahapan uji coba terbatas; (3) Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa respon siswa terhadap bahan ajar tematik bermuatan folklore bali ini ada pada skor 4.4. Hal ini menunjukkan bahwa respon siswa terhadap bahan ajar bermuatan folklore ada pada  kategori “positif.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL BERORIENTASI TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III Sariani, Ni Luh Ayu; Suarjana, I Made; Dibia, I Ketut
Journal of Education Technology Vol 2, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.1 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CTL berorientasi Tri Kaya Parisudha,dengan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CTL berorientasi Tri Kaya Parisudha,terhadap mata pelajaran Matematikasiswa kelas III SD di Gugus III Semester II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah kelas III SD di Gugus III semester II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng yang berjumlah 130 orang. Sampel penelitian ini adalahsiswa kelas III SD Negeri 3 Dencarik berjumlah 20 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas III SD Negeri 2 Dencarik berjumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 25 soal. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan (uji-t). Berdasarkan hasil analisis, diperoleh thit = 3,22 > ttab  =1,68. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkanmenggunakan model pembelajaran CTL berorientasi Tri kaya Parisudhadan kelompok siswa yang tidak dibelajarkanmenggunakan model pembelajaran CTL berorientasi Tri kaya Parisudha pada siswa kelas III SD di Gugus III semester II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Saran dari penelitian ini adalah agar dapat digunakan sebagai pedoman dalam penelitian lebih lanjut tentang model pembelajaran CTL berorientasi Tri Kaya Parisudha, dalam bidang matematika maupun bidang ilmu lainnya yang sesuai, serta peneliti juga diharapkan memperhatikan kendala-kendala yang di alami dalam penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan dan penyempurnaan penelitian yang akan dilaksanakan.
HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Wirawan, I Kmg Juliana; Suarjana, I Md; Renda, Ndara Tanggu
Journal of Education Technology Vol 2, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.154 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan anatara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar matematika, (2) hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar matematika, (3) hubungan anatara bimbingan belajar orang tua dana konsep diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas III semester II di SD Gugus Xii Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini berjumlah 169 orang dengan jumlah sampel sebanyak 114 orang diambil dengan teknik proporsional random sampling. data bimbingan belajar orang tua dan konsep diri di kumpulkan melalui pengisian kuesioner. Sedangkan data hasil belajar matematika diperoleh melalui pencatatan dokumen (document analyze). Data dianalisis dengan teknik statistic deskriptif dan analisis regresi. Hasil analisis data menunjukkan: (1) hubungan antara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar matematika sebesar = 0,367 dan koefisien determinasinya sebesar 13,5%, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar matematika. (2) hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar matematika sebesar = 0,450 dan koefisien determinasinya sebesar 20,3%, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar matematika. (3) hubungan antara bimbingan belajar orang tua dan konsep diri dengan hasil belajar matematika sebesar = 0,461 dan koefisien determinasinya sebesar 21,3%, artinya  terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan belajar orang tua dan konsep diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas III Semester II di SD Gugus XII Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NATURE OF SCIENCE BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V Utama, Kadek Santika Wira; Parmiti, Desak Putu; Japa, I Gusti Ngurah
Journal of Education Technology Vol 2, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.981 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berorientasi nature of science berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus I Erangga Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian semu (quasi eksperimen),denganrancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus I Erlangga Kecamatan Mendoyo. Sampel penelitian ini adalah kelas V SDN 1 MendoyoDauhTukad dan SDN 1 Pohsanten.  Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berorientasi nature of science berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus I Erangga Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (2,168) >ttabel (2,008). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (19,83) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol (18,65). Dengan demikian, model pembelajaran kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berorientasi Nature of Science berbantuan media video berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus I Erlangga Kecamatan Mendoyo. Berdasarkan hal tersebut, guru di sekolah sangat disarankan untuk menggunakan model pembelajaran berorientasi Nature of Science.
PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA Dwipayana, I Kadek Agus Alit; Diputra, Komang Sujendra
Journal of Education Technology Vol 2, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.213 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif Matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI berbasis open-ended dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan pendekatan PMRI berbasis open-ended pada siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain post test only controlgroup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sukasada yang berjumlah 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 120 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik randomsampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes uraian. Data yang telah dikumpulkan, dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial (t burning dan anava satu jalur). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai efektivitas size (ES) sebesar 1,028 yang berada kedalam efektivitas tinggi (0,8< 1,7), selanjutnya f-hitung yaitu sebesar 230,598 lebih dari nilai t-tabel yang sebesar 4.03, yang diuji pada taraf signifikansi 5% dengan dbantar=1 dandbdalam = 50. Hal ini berarti bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI berbasis open-ended  menunjukkan efektivitas tinggi dan  terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif Matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI berbasis open-ended dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan pendekatan PMRI berbasis open-ended. Dengan demikian, pendekatan PMRI berbasis open-ended berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif  Matematika siswa kelas V SD di Gugus VII  Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2017/2018.

Page 1 of 1 | Total Record : 6