cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal of Education Technology
ISSN : 25494856     EISSN : 25498290     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and learning.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3 (2019): August" : 15 Documents clear
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU Abdul Rofiq; Luh Putu Putrini Mahadewi; Desak Putu Parmiti
Journal of Education Technology Vol. 3 No. 3 (2019): August
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21732

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS, (2) untuk mengetahui validitas pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS, (3) untuk mengetahui efektifitas pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementasi, evaluation). Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah (1) deskripsi rancangan pengembangan, validitas hasil pengembangan multimedia dan efektivitas hasil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS. Rancangan pengembangan media menghasilkan naskah multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPS. (2) Kualitas hasil pengembangan media menurut review ahli dan siswa yaitu: (a) ahli isi pembelajaran 90% berada pada kategori sangat baik; (b) ahli desain pembelajaran 86,67% berada pada kategori baik; (c) ahli media pembelajaran 92% berada pada kategori sangat baik; d) uji coba perorangan 92,67% berada pada kategori sangat baik; (e) uji coba kelompok kecil 93,3% berada pada kategori sangat baik; (f) dan  uji  coba  lapangan  94,2%  yang  berada  pada  kategori  sangat baik. (3) Efektivitas hasil pengembangan media multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS menunjukkan signifikansi yang diperoleh adalah thitung = 12,72 > ttabel = 2,004. Ini berarti Multimedia Pembelajaran Interaktif pada mata pelajaran IPS efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 
PENGARUH MODEL OPEN ENDED PROBLEM BERBANTU MEDIA KOTAK TELUR PELANGI (KOTELA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Nur Millati Hanifah; Moh. Aniq Kh. B.; M. Arief Budiman
Journal of Education Technology Vol. 3 No. 3 (2019): August
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21734

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui pengaruh model Open Ended Problem berbantu media Kotak Telur Pelangi (KOTELA) terhadap hasil belajar matematika kelas III SD Kanisius Hasanudin Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-eksperimental design dengan bentuk One-Group-Pretest-Posttest Design yaitu hanya satu kelas yang digunakan sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini nilai rata-rata prestest sebesar 34,00 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 70,75 teknik analisis data terdiri dari uji normalitas, uji ketuntasan belajar, dan uji t. Analisis data menggunakan uji t diperoleh hasil 10.379 lebih besar dari ttabel yaitu 1.725 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Open Ended Problem berbantu media Kotak Telur Pelangi (KOTELA) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Kanisius Hasanudin Semarang.  Kata Kunci : Model Open Ended Problem, media Kotak Telur Pelangi (KOTELA), hasil belajar
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER Putu Darma Wisada; I Komang Sudarma; Adr. I Wayan Ilia Yuda S
Journal of Education Technology Vol. 3 No. 3 (2019): August
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21735

Abstract

Pembelajaran pada abad ke-21 ini, selalu dituntut untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar mampu menghadirkan suasana kelas yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Tapi sampai saat ini proses pembelajaran masih sangat jarang menerapkan teknologi dalam pembelajaran, sehingga proses pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran konvensional yang menyebabkan kurangnya minat belajar siswa dan rendahnya hasil pencapaian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter, (2) menguji validitas video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter, (3) mengetahui efektivitas pengembangan video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian ini, yaitu: (1) rancang bangun video pembelajaran menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation, (2) Pengembangan video pembelajaran ini valid berdasarkan penilaian ahli isi mata pelajaran 98,3% predikat sangat baik, ahli desain pembelajaran 93,3% predikat sangat baik, ahli media pembelajaran 96,5% predikat sangat baik, uji coba perorangan 94,53% predikat sangat baik, uji coba kelompok kecil 92,32% predikat sangat baik, uji coba lapangan 91% predikat sangat baik, (3) Efektivitas pengembangan menunjukkan, video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter efektif meningkatkan hasil belajar Simulasi Digital (thitung = 17,900 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5%). Kata kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Pendidikan Karakter
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA I Gede Edy Indrawan; Nyoman Jampel; Luh Putu Putrini Mahadewi
Journal of Education Technology Vol. 3 No. 3 (2019): August
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21738

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di SMP Negeri 2 Gerokgak adalah terbatasnya media yang mampu memvisualisasikan materi pelajaran.sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun multimedia pembelajaran pada mata pelajaran IPA, (2) untuk mengetahui kualitas multimedia pembelajaran menurut review ahli, dan uji coba yang dilakukan siswa, serta (3) untuk mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran mata pelajaran IPA. Model pengembangan yang digunakan adalah model Luther. Validasi multimedia dilakukan oleh ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran,  ahli media pembelajaran,  uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Efektivitas multimedia dilakukan oleh 29 siswa menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, pencatatan dokumen, kuesioner dan tes objektif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial/induktif uji-t.Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun pengembangan multimedia interaktif mulai dari langkah analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi; (2) Validitas hasil pengembangan media menurut review ahli dan siswa yaitu: a) ahli isi pembelajaran 92,5% berada pada kategori sangat baik; b) ahli desain pembelajaran 92,22% berada pada kategori sangat baik; c) ahli media pembelajaran 84,7% berada pada kategori baik; d) uji coba perorangan90% berada pada kategori sangat baik; e) uji coba kelompok kecil 89% berada pada kategori sangat baik; f)  dan  uji  coba  lapangan  87,7%  yang  berada  pada  kategori  baik; (3) berdasarkan uji hipotesis ditunjukkan bahwa harga thitung = 14,10> ttabel  =2,003. Dengan demikian multimedia pembelajaran ini efektif untukmeningkatkan hasil belajar IPA di SMP Negeri 2 Gerokgak. Kata Kunci: IPA, multimedia pembelajaran, pengembangan
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION (CIRC) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA Ni Ketut Sukarini
Journal of Education Technology Vol. 3 No. 3 (2019): August
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21739

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Sukawati di kelas II C Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 58,00 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 63,6 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 75,8. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II C SD Negeri 3 Sukawati semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC), Prestasi Belajar Bahasa Indonesia.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA MAGIC CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR Dika Dwi Ariyanto; Ali Shodiqin; Aries Tika Damayani
Journal of Education Technology Vol. 3 No. 3 (2019): August
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21740

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar  siswa materi bangun ruang dengan menggunakan model pembelajaran Ralistic Mathematic Education dan model pembelajaran Snowball Throwing berbantu media Magic Circle. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design dengan bentuk non-equivalent control group pretest-posttest design. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VA, VB, dan VC. SD N Tamansari  Mranggen Demak yang berjumlah total 56 dengan menggunakan teknik sampling acak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol 36,00 dan hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 1. 47,70 dan hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 2. 42,12. Sedangkan hasil nilai rata-rata pada posttest kelas kontrol 62,67 dan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 1. 79,11 dan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 2. 76,00. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t dimana jumlah kelas eksperimen 1. (2,718) > (2,021). Dan juga jumlah kelas eksperimen 2. (2,257)> (2,021) Sehingga hasil belajar siswa kelas V SD N Tamansari Mranggen mengalami peningkatan. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Realistic Mathematic dan Snowball Throwing, Magic Circle, Sekolah Dasar.
EKSTRAKURIKULER TAEKWONDO DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KERJA KERAS Devi Listya Wardani; Ratna Wahyu Pusari; Husni Wakhyudin
Journal of Education Technology Vol. 3 No. 3 (2019): August
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21741

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana kegiatan ekstrakurikuler taekwondo dalam mengembangkan karakter kerja keras siswa. Tujuannya untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler taekwondo dalam mengembangkan karakter kerja keras siswa. Penelitian ini menggunkakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil data sesuai dengan fakta dilapangan. Data diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler taekwondo di SD Negeri Candi 01 Semarang dapat mengembangkan karakter kerja keras siswa dengan baik. Karakter kerja keras tersebut diantaranya yaitu siswa bersungguh-sungguh saat pelatih memberikan materi taekwondo, siswa selalu bersemangat dalam mengerjakan tugasnya, siswa selalu bekerja keras agar mendapatkan tingkatan sabuk yang lebih tinggi. Siswa selalu mendengarkan dengan sungguh-sungguh ketika pelatih menerangkan materi. Siswa tidak mengeluh ketika ada gerakan/teknik taekwondo yang susah saat diajarkan pelatih dan siswa selalu berusaha menyelesaikan tugas dari pelatih dengan tuntas. Kata Kunci : Ekstrakurikuler, Taekwondo, Karakter Kerja Keras
METODE CONTOH KASUS MELALUI DISKUSI INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN EKSPOSITORY Ni Putu Sri Kamaryani
Journal of Education Technology Vol. 3 No. 3 (2019): August
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21742

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Kubu di Kelas VI yang kemampuan anaknya untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu cukup rendah. Rumusan permasalahan penelitian adalah : Apakah model pembelajaran Ekspository menggunakan metode contoh kasus melalui diskusi interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar anak kelas VI SDN 4 Kubu tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui seberapa hasil yang dicapai terhadap peningkatan prestasi belajar anak kelas VI SDN 4 Kubu dengan menggunakan metode contoh kasus dan diskusi interaktif dalam pembelajaran Ekspository tahun pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode contoh kasus dan diskusi interaktif dalam pembelajaran Ekspository dapat meningkatkan prestasi belajar siswa,  pada tindakan siklus I dengan nilai rata-rata 76,88 persentase ketuntasan mencapai 64,71%, dan pada siklus II meningkat  menjadi  rata-rata 80,35 dengan persentase ketuntasan mencapai 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode contoh kasus dan diskusi interaktif dalam pembelajaran Ekspository dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 4 Kubu Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci:   Metode Contoh Kasus dan Diskusi Interaktif, Pembelajaran Ekspository, Pengamalan Dharma dan Bhakti terhadap hyang Widhi
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERMUATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA Berwina Ngalemisa Br Tarigan; Anak Agung Gede Agung; Desak Putu Parmiti
Journal of Education Technology Vol. 3 No. 3 (2019): August
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21743

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas V SD Negeri 1 Banjar Bali adalah kurangnya bahan ajar yang dapat menunjang pembelajaran siswa secara mandiri. Bahan ajar yang digunakan hanyalah buku cetak yang secara keseluruhan di dominasi oleh sajian teks saja. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk menggambarkan rancang bangun pengembangan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter yang dikembangkan, (2) untuk mengetahui validitas pengembangan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter, (3) untuk mengetahui efektivitas pengembangan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: (1) metode kuisioner, dan (2) tes obyektif tipe pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis deskripstif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial/induktif uji-t.(1) Rancang Bangun Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter meliputi 5 tahapan: tahap Analisis (Analysis), Tahap perancangan  (Design), Tahap pengembangan (Development), Tahap Implementasi (Implementation), Tahap evaluasi (evaluation). (2) Lembar Kerja Siswa bermuatan karakter valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan Lembar Kerja Siswa bermuatan karakter berpredikat sangat baik (100%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter berpredikat sangat baik (92,63%), (c) hasil review ahli media pembelajaran  menunjukkan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter berpredikat baik (77,93%), (d) hasil review uji coba perorangan menunjukkan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter berpredikat sangat baik (91,20%), (e) hasil review uji coba kelompok kecil menunjukkan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter berpredikat sangat baik (95,11%), (f) hasil review uji coba lapangan menunjukkan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter berpredikat sangat baik (93,76%). (3) LKS IPA bermuatan karakter yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar IPA (thitung = 4.077 > ttabel = 1,67155 pada taraf signifikansi 5%). Kata Kunci: aktivitas higher order thinking, inkuiri terbimbing, perangkat pembelajaran
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU Ni Wayan Rami
Journal of Education Technology Vol. 3 No. 3 (2019): August
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21744

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Sukawati di Kelas II B yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Agama Hindu masih cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Students Team Achievement Division  (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Students Team Achievement Division  (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya  rata-rata prestasi belajar yang diperoleh adalah 68,09, pada siklus I meningkat menjadi 72,61 dan pada siklus II menjadi 79,76. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Students Team Achievement Division  (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas II B SD Negeri 3 Sukawati Semester  II Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci: model pembelajaran Kooperatif Students Team Achievement Division  (STAD), prestasi belajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 15