cover
Contact Name
Bernard Realino Danu Kristianto
Contact Email
bkristianto@bundamulia.ac.id
Phone
+6281314203820
Journal Mail Official
semiotika@ubm.ac.id
Editorial Address
Jalan Lodan Raya No. 2, Ancol, Jakarta Utara
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Semiotika: Jurnal Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 25798146     DOI : -
Jurnal Ilmiah “SEMIOTIKA” diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi – Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH), Universitas Bunda Mulia secara rutin dan berkala sesuai dengan periode terbit per semester (6 bulan), yaitu bulan Juni dan Desember. Redaksi jurnal “SEMIOTIKA” membuka peluang seluas-luasnya kepada para dosen pengajar maupun peneliti pada 19 bidang yang dapat dikategorikan sebagai bahan kajian ilmiah SEMIOTIKA menurut Eco (1979:9-14), antara lain: Semiotika binatang (zoomsemiotic) Tanda – tanda bauan (olfactory signs) Komunikasi rabaan (tactile communication) Kode – kode cecapan (code of taste) Paralinguistik (paralinguistics) Semiotika medis (medical semiotics) Kinesik dan proksemik (kinesics and proxemics) Kode – kode musik (musical codes) Bahasa – bahasa yang diformalkan (formalized languages) Bahasa tertulis, alfabet tidak dikenal, kode rahasia (written languages, unknown alphabets, secret codes) Bahasa alam (natural languages) Komunikasi visual (visual communication) Sistem objek (system of objects) Struktur alur (plot structure) Teori teks (text theory)1 Kode – kode budaya (culture codes) Teks estetik (aesthetic texts) Komunikasi Massa (mass comunication) Retorika (rhetoric) Di luar bidang-bidang yang dijabarkan oleh Umberto Eco di atas, perkembangan kajian semiotika menunjukkan kemajuan yang menggembirakan. Berbagai kajian membuka kesempatan pada istilah lain yang mengacu pada diseminasi bidang dalam jurnal ini, antara lain: Semiotika Komunikasi, Semiotika Media, Semiotika Tanda, Semiotika Produk, Semiotika Desain Kemasan, Semiotika Desain Visual, Semiotika Arsitektur, Semiotika Pemasaran, Semiologi Linguistik, Hermeunetika, dan Biosemiotika.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2020): SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi" : 10 Documents clear
ANALISIS PERJUANGAN PEREMPUAN DALAM MENOLAK BUDAYA PATRIARKI (Analisis Wacana Kritis – Sara Mills Pada Film “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak”) Victoria Philly Juliana Sumakud; Virgitta Septyana
SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi Vol 14, No 1 (2020): SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/s:jk.v14i1.2199

Abstract

ABSTRACTMarlina Si Pembunuh dalam Empat Babak is a story that is reconstructed from the reality that happened to produce a story like the real one in Sumba in 2017. Departing from the social phenomenon of Yappa Marrada namely the abduction of women as a way of forcing men to have women, this film clearly shows how the struggle of women to carry out acts of anarchy for the sake of fighting the Patriarchs. The topic of Women's Struggle draws the attention of researchers to provide information to the public about the existence of gender-biased behavior through this film, and to help the community to be more aware of the presence of women in the community. Researchers used a qualitative approach with the analysis of Sara Mills's critical discourse based on its shape divided into 3 namely the position of the subject, the position of the object, the position of the audience. The results of the research show that the struggle of women in rejecting patriarchal culture is in accordance with the analysis proposed by Sara Mills. The subject showed that the act of women's struggle in rejecting patriarchal culture was represented by the discourse and movements carried out by subjects where women committed acts of anarchy such as poisoning food, cutting their heads, threatening with machetes. The position of the object is described as an actor supporting the movement of the subject, as the party controlled and controlled by the subject.Keywords: Women's Struggle, Patriarchy, Film, Discourse Sara Mills. ABSTRAKMarlina Si Pembunuh dalam Empat Babak merupakan cerita yang direkonstruksi dari realitas yang terjadi sehingga menghasilkan cerita seperti yang sesungguhnya di Sumba tahun 2017. Berangkat dari fenomena sosial Yappa Marrada yaitu penculikan perempuan sebagai cara paksa kaum laki-laki untuk memiliki perempuan, film ini terlihat jelas bagaimana perjuangan perempuan hingga melakukan tindakan anarki demi melawan Patriaki. Topik Perjuangan Perempuan menarik perhatian peneliti untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang masih adanya perilaku bias gender lewat film ini, dan untuk membantu masyarakat agar lebih menyadari kehadiran perempuan di tengah masyarakat. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis wacana kritis Sara Mills yang berdasarkan bentuknya dibagi menjadi 3 yaitu posisi subjek,posisi objek,posisi penonton. Hasil penelitian menunjukkan tindakan perjuangan perempuan dalam menolak budaya patriarki sesuai dengan analisis yang dikemukakan Sara Mills. Subjek menunjukan bahwa tindakan perjuangan perempuan dalam menolak budaya patriarki terepresentasikan dari wacana serta gerakan yang dilakukan oleh subjek dimana perempuan melakukan tindakan anarki seperti meracuni makanan,menebas kepala,mengancam dengan parang. Posisi objek tergambarkan sebagai aktor pendukung pergerakan subjek,sebagai pihak yang dikontrol dan dikuasai subjek.Kata Kunci: Perjuangan Perempuan, Patriarki,Film,Wacana Sara Mills.
MEMBONGKAR REKAYASA TEKSTUAL DALAM IKLAN DJARUM 76 “PENGEN KURUS” MELALUI ANALISIS DEKONSTRUKSI Herlina Dinata; Cosmas Gatot Haryono
SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi Vol 14, No 1 (2020): SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/s:jk.v14i1.2195

Abstract

ABSTRACTAmid the increasingly high number of deaths caused by smoking, cigarette industry players continue to aggressively penetrate the market through advertising. The cigarette industry in Indonesia still places advertisements as one of the spearheads of their marketing. Through various media platforms, the cigarette industry delivers their various products to the public. Various interesting content, through various types of stories that are engineered and interesting, the cigarette industry continues to persuade people to smoke. One of the interesting cigarette advertisements is a 76 episode Djarum advertisement "Skinny want to describe how women act out of common sense. In this article, the authors dismantle the engineering text that is in the ad. The author wants to know the more original meaning of the ad. The perspective used in analyzing these advertisements is a critical perspective. While the chosen method is the deconstruction analysis introduced by Jaques Derrida. Through this analysis, it can be found that women are portrayed as parties who always make decisions outside the general logic prevailing in society. They always use unreasonable considerations when deciding on something. So placing women in certain positions that are important in everyday life is very dangerous. In addition, this advertisement is also a part of textual engineering which is built through the emphasis of ideology of the dominance of the "pseudo" male gaze over women. Women are placed as parties that are "not commensurate" with men.Keywords: Deconstruction, Advertising, Cigarette Industry, Women, and Pseudo Domination ABSTRAKDitengah semakin tingginya kematian diakibatkan oleh merokok, para pelaku industry rokok tetap saja gencar melakukan penetrasi pasar melalui iklan. Insustri rokok di Indonesia masih menempatkan iklan sebagai salah satu ujung tombak pemasaran mereka. Melalui berbagai platform media, industry rokok menyampaikan berbagai produk mereka kepada masyarakat Berbagai konten menarik, melalui berbagai jenis kisah yang direkayasa nan menarik, industry rokok terus melakukan persuasi terhadap masyarakat untuk merokok. Salah satu iklan rokok yang menarik adalah iklan Djarum 76 episode “pengen kurus yang menggambarkan bagaimana perempuan bertindak diluar nalar umum. Dalam artikel ini, penulis membongkar rekayasa teks yang ada di dalam iklan tersebut. Penulis ingin mengetahui makna yang lebih orisinal dari iklan tersebut. Perspektif yang digunakan dalam menganalisis iklan tersebut adalah perspektif kritis . Sedangkan metode yang dipilih adalah analisis dekonstruksi yang perkenalkan oleh Jaques Derrida. Melalui analisis ini, dapat ditemukan bahwa perempuan digambarkan sebagai pihak yang selalu mengambil keputusan di luar logika umum yang berlaku di tengah masyarakat. Mereka selalu menggunakan pertimbangan-pertimbangan tak masuk akal dalam memutuskan sesuatu. Maka menempatkan perempuan dalam posisi tertentu yang penting dalam kehidupan sehari-hari, sangat berbahaya. Selain itu, iklan ini juga merupakan bagian dari rekayasa tekstual yang dibangun melalui penekanan ideology dominasi “semu” kaun laki-laki terhadap perempuan. Perempuan ditempatkan sebagai pihak yang “tidak sepadan” dengan laki-laki.Kata Kunci: Dekonstruksi, Iklan, Industri Rokok, Perempuan, dan Dominasi Semu
REPRESENTASI DI MEDIA SOSIAL SEBAGAI PEMBENTUK IDENTITAS BUDAYA POPULER Yofiendi Indah Indainanto; Faiz Albar Nasution
SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi Vol 14, No 1 (2020): SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/s:jk.v14i1.2200

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study is to describe the process of forming a popular culture of coffee as a lifestyle of adolescents through representation on social media, and the relationship of power relations in the process. A digital pop culture is a form of popular culture that is formed by the development of technology through user interaction activities. The Instagram @filosofikopi account is very popular among coffee lovers and is a reference for teens to get to know the latest coffee style. Often it is used as a means to instill consumptive ideologies that are displayed naturally. The method used is a qualitative descriptive object with the Instagram account @filosofikopi. The concepts used are cultural commodification, and presentation of Erving Goffman to explain the post. The results of the research, popular culture is formed starting from the digital exploration activity stored from algorithmic data which has an impact on generating similar posts. The @filosofikopi account forms ideological standards through transactional posts that lead to the purchase of products and images that are displayed modernly with young people as objects of an image. The dominant self-presentation is shown by presenting objects of pleasure that lead to the inculcation of consumptive ideology.Keywords: Popular Culture, Commodification, Social Media, Instagram, filosofikopi ABSTRAKTujuan penelitian ini mendiskripsikan proses pembentukan budaya populer ngopi sebagai gaya hidup remaja melalui representasi di Media sosial, dan hubungan relasi kuasa dalam prosesnya. Digital pop culture merupakan bentuk budaya populer yang terbentuk dengan adanya perkembangan teknologi melalui aktivitas interkasi pengguna. Akun Instagram @filosofikopi sangat populer dikalangan pencinta kopi dan dijadikan refrensi bagi remaja untuk mengetahui gaya ngopi terkinian. Seringkali itu, dijadikan sarana untuk menanamkan ideologi konsumtif yang ditampilkan secara natural. Metode yang digunakan diskriftif kualitatif dengan objek akun Instagram @filosofikopi. Konsep yang digunakan komodifkasi kultural, dan seft presentation dari Erving Goffman untuk menjelaskan postingan. Hasil penelitian, budaya populer terbentuk bermulai dari aktivitas penjelajahan digital tersimpan dari data alogaritma yang berdampak pada memunculkan postingan serupa. Akun @filosofikopi membentuk standar ideologi melalui postingan transaksional yang mengarah pada pembelian produk dan citra yang ditampilkan moderen dengan anak muda sebagai objek citra . Presentasi diri yang dominan ditunjukan dengan menampilkan objek kesenangan yang mengarah pada penanaman ideologi konsumtif.Kata Kunci: Budaya Populer, Komodifikasi, Media Sosial, Instagram, Filosofi Kopi
KONSTRUKTIVISME ESTETIKA KALIGARAFI BATIK MOTIF LAR (Analisis Semiotika dengan Perspektif Charles Sanders Peirce) Michael Jibrael Rorong; Dery Rovino; Mike Noviani Prasqillia
SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi Vol 14, No 1 (2020): SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/s:jk.v14i1.2196

Abstract

ABSTRACTBatik is an aesthetic description that cannot be measured in terms of its beauty, the development of batik shows the uniqueness and characteristics of each motif displayed, some countries in the world have high calligraphic aesthetics, one of which is Indonesia, a country with diverse levels of culture, language and community structure, one of which one form of uniqueness of Indonesia is batik calligraphy which is the hallmark of the Indonesian nation and is even known throughout the world. One of the uniqueness of batik calligraphy lies in Lar batik, the use of batik Lar has become an inseparable characteristic of Indonesia, even the meaning contained in it is one of Lar's motives that stretches to show might, this certainly has unique characteristics. The most fundamental problem is the meaning that tends to keliaru in understanding batik Lar, because of the culture and traditions that shape it, this study wants to see the deep meaning contained in Lar batik motifs so as to be able to lift the characteristics of Lar batik in shaping the uniqueness and understanding of someone about the aesthetic nuances of a batik calligraphy. This study uses the perspective of Charles Sanders Peirce in the process of analysis by looking at the viewpoints of objects, signs and interpretations by placing semiotics as theories and methods.Keywords: Batik, Semiotics, Charles Saunders Peirce Theory, Representation, Meaning, Aesthetics. ABSTRAKBatik merupakan gambaran estetika yang tidak bisa diukur makna keindahannya, perkembangan batik mempertunjukan keunikan dan karakteristik dari setiap motif yang ditampilkan, beberapa negara di dunia memiliki esetika kaligrafi yang tinggi, salah satunya adalah Indonesia negara dengan tingkat budaya, bahasa dan struktur masayarakat yang beragam, salah satu bentuk keunikan dari Indoensia adalah kaligrafi batik yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia dan bahkan dikenal di seluruh dunia. Salah satu keunikan dari kaligrafi batik terletak pada batik Lar, penggunaan batik Lar tersebut telah menjadi karakteristik yang tidak terpisahkan dari Indoensia, bahkan makna yang terkandung di dalamnya salah satunya adalah motif Lar yang terbentang mempertunjukan keperkasaan, hal ini tentunya memiliki karakteristik yang unik. Permasalahan yang paling mendasar yaitu pemaknaan yang cenderung keliaru dalam memahami batik Lar, karena budaya dan tradisi yang membentuknya, kajian ini ingin melihat makna mendalam yang terdapat pada motif batik Lar sehingga mampu mengangkat karakteristik dari batik Lar dalam membentuk keunikan dan pemahaman seseorang tentang nuansa estetika suatu kaligrafi batik. Kajian ini menggunakan perspektif Charles Sanders Peirce dalam proses analisis dengan melihat dari subut pandang objek, tanda dan interpretasi dengan menempatkan semiotika sebagai teori dan metode.Kata Kunci : Batik, Semiotika, Teori Charles Saunders Peirce, Representasi, Makna,Estetika.
REPRESENTASI TOXIC RELATIONSHIP DALAM VIDEO KLIP KARD – YOU IN ME Putri, Nadya Berliana
SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi Vol 14, No 1 (2020): SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/s:jk.v14i1.2151

Abstract

ABSTRACT This study was conducted based on the Semiotic Analysis of Toxic Relationship Representation in the video clip of Kard - You In Me, in which the video clip contains the meaning of a romance of two couples who are in love but have a possessive behavior. The aim of this study is to find out the Toxic Relationship Representation contained in the music video clip. The theory used is the theory of Roland Gerard Barthes and uses the semiotic analysis method with qualitative descriptive research method with secondary data, which is a method carried out in a study and refers to books and other references. The conclusion of this study is the proof based on Semiotic Analysis that Toxic Relationship truly occurred in the video clip of Kard - You In Me. Keywords: Video Clip, Music Video, Semiotics, Representation, Toxic Relationship ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan Analisa Semiotika Representasi Toxic Relationship dalam video klip Kard-You In Me, dimana dalam video klip ini mengandung arti tentang percintaan antara dua pasangan yang menjalin asmara, namun memiliki sikap yang posesif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Representasi Toxic Relationship yang terkandung dalam klip video lagu tersebut. Teori yang digunakan adalah teori Roland Gerard Barthes serta menggunakan metode analisis semiotika dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan data sekunder, yaitu metode yang dilakukan dalam sebuah penelitian dan merujuk kepada buku-buku dan refrensi lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembuktian berdasarkan Analisa Semiotika bahwa Toxic Relationship benar terjadi dalam vidio klip Kard - You In Me. Kata Kunci: Video Klip, Video Musik, Semiotika, Representasi, Toxic Relationship
REPRESENTASI TOXIC RELATIONSHIP DALAM VIDEO KLIP KARD – YOU IN ME Nadya Berliana Putri; K. Y.S. Putri
SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi Vol 14, No 1 (2020): SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/s:jk.v14i1.2197

Abstract

ABSTRACTThis study was conducted based on the Semiotic Analysis of Toxic Relationship Representation in the video clip of Kard - You In Me, in which the video clip contains the meaning of a romance of two couples who are in love but have a possessive behavior. The aim of this study is to find out the Toxic Relationship Representation contained in the music video clip. The theory used is the theory of Roland Gerard Barthes and uses the semiotic analysis method with qualitative descriptive research method with secondary data, which is a method carried out in a study and refers to books and other references. The conclusion of this study is the proof based on Semiotic Analysis that Toxic Relationship truly occurred in the video clip of Kard - You In Me.Keywords: Video Clip, Music Video, Semiotics, Representation, Toxic Relationship ABSTRAKPenelitian ini dilakukan berdasarkan Analisa Semiotika Representasi Toxic Relationship dalam video klip Kard-You In Me, dimana dalam video klip ini mengandung arti tentang percintaan antara dua pasangan yang menjalin asmara, namun memiliki sikap yang posesif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Representasi Toxic Relationship yang terkandung dalam klip video lagu tersebut. Teori yang digunakan adalah teori Roland Gerard Barthes serta menggunakan metode analisis semiotika dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan data sekunder, yaitu metode yang dilakukan dalam sebuah penelitian dan merujuk kepada buku-buku dan refrensi lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembuktian berdasarkan Analisa Semiotika bahwa Toxic Relationship benar terjadi dalam vidio klip Kard - You In Me.Kata Kunci: Video Klip, Video Musik, Semiotika, Representasi, Toxic Relationship
Analysis Of Women Strunggle In rejecting Patriarki Culture (Analysis Of Critical Discourse-Sara Mills In The Flm “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak”) Sumakud, Victoria Philly Juliana
SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi Vol 14, No 1 (2020): SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/s:jk.v14i1.2158

Abstract

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak is a story that is reconstructed from the reality that happened to produce a story like the real one in Sumba in 2017. Departing from the social phenomenon of Yappa Marrada namely the abduction of women as a way of forcing men to have women, this film clearly shows how the struggle of women to carry out acts of anarchy for the sake of fighting the Patriarchs. The topic of Women's Struggle draws the attention of researchers to provide information to the public about the existence of gender-biased behavior through this film, and to help the community to be more aware of the presence of women in the community. Researchers used a qualitative approach with the analysis of Sara Mills's critical discourse based on its shape divided into 3 namely the position of the subject, the position of the object, the position of the audience. The results of the research show that the struggle of women in rejecting patriarchal culture is in accordance with the analysis proposed by Sara Mills. The subject showed that the act of women's struggle in rejecting patriarchal culture was represented by the discourse and movements carried out by subjects where women committed acts of anarchy such as poisoning food, cutting their heads, threatening with machetes. The position of the object is described as an actor supporting the movement of the subject, as the party controlled and controlled by the subject.
ANALISIS SEMIOTIKA MEME ‘PROFESI YANG TIDAK DAPAT WORK FROM HOME’ SELAMA PANDEMI COVID-19 Anindita Widiastuti; Muhammad Richard Ismail; Alya Zahrani Iswanto
SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi Vol 14, No 1 (2020): SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/s:jk.v14i1.2193

Abstract

ABSTRACTA meme is capable of picturing a phenomenon which is generally arranged through a picture that is followed by a description that adds up to the representation of a meaning that is intended to be conveyed by a meme creator. A meme may be perceived as unique since it has the ability to express numerous points of view, such as one’s or a group of society’s political view. The COVID-19 pandemic which is currently threatening the world’s public health starting from the end of 2019 introduces an enormous disruption in various fields, including the social aspect in Indonesia. One of the difficulties that the citizens felt is their obligation to do their work from home, as a form of health quarantine, along with physical distancing avoiding interactions that occurred in workplaces. As a government policy, it’s only normal that a pro-contra rises in the society. One of the flaws in the policy is the existence of professions which doesn’t allow their work to be done at home, specifically for professions such as fishermen, farmers, and construction workers that are also found at the memes which this study analysed. To look at how a public discourse is done through a meme, the study uses Barthes’ Semiotic Analysis Model in revealing the myth that exists in the meme found in the social media platforms during the COVID-19 pandemic. The study finds how the memes in the analysis represent a perceived flaw in the Work From Home policy when the policy is directed to several types of professions in Indonesia, as well as it is a form of political critique.Keywords: Work From Home, COVID-19, semiotic, meme ABSTRAKSuatu meme mampu menggambarkan sebuah fenomena yang pada umumnya dirangkai melalui suatu gambar yang diikuti dengan deskripsi yang mendukung representasi suatu makna yang hendak disampaikan seorang pembuat meme. Meme juga dianggap unik oleh karena kemampuannya mengekspresikan berbagai sudut pandang, seperti pandangan politik seseorang atau sekelompok masyarakat. Pandemi COVID-19 yang tengah mengancam kesehatan masyarakat dunia sejak akhir tahun 2019 menghadirkan disrupsi yang besar dalam berbagai sektor, termasuk aspek sosial di Indonesia. Salah satu kesulitan yang dialami masyarakat adalah kewajiban setiap individu untuk melaksanakan pekerjaan mereka dari rumah masing-masing atau yang sering disebut sebagai “Work From Home”, sebagai bentuk kekarantinaan kesehatan dengan pembatasan fisik dari interaksi yang terjadi di tempat berbagai pekerjaan dilakukan. Selayaknya suatu kebijakan pemerintah, resolusi kesehatan ini menimbulkan pro-kontra bagi masyarakat Indonesia. Salah satu kekurangan dari kebijakan ini adalah keberadaan profesi yang tidak memungkinkan pekerjaannya untuk dikerjakan di rumah, khususnya untuk profesi seperti nelayan, petani, dan tukang bangunan yang juga ditemukan pada ketiga meme yang dianalisis pada penelitian ini. Untuk melihat bagaimana ruang publik dimanfaatkan melalui meme, penelitian menggunakan Model Analisis Semiotika Barthes dalam mengulik mitos yang terdapat pada beberapa meme yang hidup di media sosial selama rangkaian pandemi COVID-19. Studi menemukan keberadaan meme yang menunjukkan ketidaksesuaian perwujudan Work From Home bagi beberapa jenis profesi milik masyarakat Indonesia, sebagai bentuk kritik politis. Selain memenuhi fungsi hiburan, sebuah meme juga memiliki potensi untuk menjadi ruang publik bagi masyarakat melalui berbagai saluran dimana meme dapat hidup, yakni media sosial.Kata Kunci: Bekerja dari Rumah, COVID-19, semiotika, meme
FEMALE VIOLENCE PADA FILM MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK (Analisis Semiotika Roland Barthes) Sigit Surahman; Ingky Corneta; Ignatius Liliek Senaharjanta
SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi Vol 14, No 1 (2020): SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/s:jk.v14i1.2198

Abstract

ABSTRACTThe film is able to influence society through the message content in it. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak is one of the films that appears as a critical expression of most Indonesian films that only feature women as objects. The purpose of this study is to describe the forms of violence against women in this film. Representative theory and constructivist paradigms are used to see the description of the message. Film analysis in this study uses Roland Barthes's semiotics which is used to dissect how the representation of violence against women in this film. The results showed that forms of violence were seen through the meaning of denotation and connotation that the female characters in this film became visible and invisible objects of violence. Forms of violence that appear in the form of verbal, physical, psychological and sexual violence. Whereas unseen forms of violence are structural violence and cultural violence. The culture of violence contained in this film is the result of a patriarchal culture that influences gender construction in society. The dominant ideology contained in the film is radical feminism which strongly condemns the patriarchal system.Keywords: Representation, Semiotics, Violence, Women ABSTRAKFilm mampu mempengaruhi masyarakat melalui isi pesan di dalamnya. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak adalah salah satu film yang muncul sebagai ungkapan kritis dari kebanyakan film Indonesia yang hanya menampilkan perempuan sebagai objek. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk kekerasan terhadap perempuan yang ada di dalam film ini. Teori representasi dan paradigma konstruktivis digunakan untuk melihat penggambaran pesan. Analisis film dalam penelitian ini menggunakan semiotika Roland Barthes yang digunakan untuk mebedah bagaimana representasi kekerasan terhadap perempuan dalam film ini. Hasil penelitian menunjukkan bentuk-bentuk kekerasan dilihat melalui makna denotasi dan konotasi bahwa tokoh perempuan dalam film ini menjadi obyek kekerasan yang tampak dan tidak tampak. Bentuk kekerasan yang tampak berupa kekerasan verbal, fisik, psikologis dan seksual. Sedangkan bentuk kekerasan yang tidak tampak adalah kekerasan struktural dan kekerasan kultural. Budaya kekerasan yang terdapat di dalam film ini merupakan hasil dari kultur patriarki yang berpengaruh dalam konstruksi gender yang ada dalam masyarakat. Ideologi dominan yang terdapat dalam film yaitu feminisme radikal yang sangat mengutuk sistem patriarki.Kata kunci: Representasi, Semiotika, Kekerasan, Perempuan
TOXIC MASCULINITY DALAM SISTEM PATRIARKI (Analisis Wacana Kritis Van Dijk Dalam Film “Posesif”) Desvira Jufanny; Lasmery R.M. Girsang
SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi Vol 14, No 1 (2020): SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/s:jk.v14i1.2194

Abstract

ABSTRACTPatriarchy is defined as positioning the man as the center or central, sole authority. This qualitative research based on critical paradigm analyzes discourses inside the film "Possessive" (2017)—a romance suspense genre. Telling the story of adolescent romance wrapped in violence, this film is interesting to be learnt because of woman’s matter inside, namely violence in courtship. Through Van Dijk's Critical Discourse, a model of several dimensions of analysis was found, including: the dimension of the text, the dimension of social cognition, and the dimension of the social context. It is found that there is interlocking intertwined in highlighting toxic masculinity as a form of negative masculinity in the patriarchal system. This is supported also by the ideology brought by the director and screenwriter of the film "Possessive" to criticize social issuesKeywords: Toxic Masculinity, Patriarchy, Van Dijk’s DiscourseABSTRAKPatriarki dimaknai sebagai pemposisian laki-laki sebagai pusat atau sentral, penguasa tunggal. Penelitian kualitatif berlandaskan paradigma kritis ini menganalisis wacana yang terdapat di dalam film “Posesif” (2017) yang ber-genre romance-suspense. Mengisahkan mengenai kisah percintaan remaja yang berbalut kekerasan, film ini menarik diteliti karena mengangkat permasalahan perempuan yang menurut sebuah riset merupakan permasalahan yang paling tinggi terjadi di ranah privat, yakni kekerasan dalam pacaran. Melalui wacana Kritis Teun A. Van Dijk, ditemukan model dari beberapa dimensi analisis, diantaranya: dimensi teks, dimensi kognisi sosial, dan dimensi konteks sosial. Dari hasil penelitian didapati bahwa terdapat jalinan yang saling terpaut dalam menonjolkan toxic masculinity sebagai bentuk maskulinitas negatif dalam sistem patriarki. Hal tersebut didukung oleh ideologi yang dibawa oleh sutradara dan penulis skenario film “Posesif” untuk mengkritisi isu-isu sosial.Kata Kunci: Toxic Masculinity, Patriarki, Analisis Wacana Van Dijk

Page 1 of 1 | Total Record : 10