cover
Contact Name
I Made Oka Riawan
Contact Email
made.oka@undiksha.ac.id
Phone
+62362-23884
Journal Mail Official
jurdikbiologiundiksha@gmail.com
Editorial Address
Jalan Udayana, Kampus Tengah Undiksha, FMIPA. Singaraja-Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha
Jurnal Pendidikan Biologi adalah adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan bagi masyarakat akademik.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2021)" : 3 Documents clear
Profil pengembangan critical thinking skills melalui pembelajaran scientific approach di provinsi Banten Damayanti, Savira; Rahman, Aditya; Rifqiawati, Ika; Lestari, Iing Dwi; Usman, Usman
Jurnal Pendidikan Biologi undiksha Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran biologi melalui pendekatan saintifik dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Sumber data berasal dari guru biologi dan siswa kelas XI pada 7 SMA Negeri di Provinsi Banten. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, kuesioner, wawancara serta dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi proses pembelajaran biologi diperoleh nilai sebesar 80% yang termasuk dalam kategori baik. Hasil kuesioner pengetahuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai sebesar 75% yang termasuk kategori baik. Sehingga rata-rata nilai pengembangan berpikir kritis melalui pendekatan saintifik di Banten diperoleh nilai sebesar 78% yang termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum 2013 melalui pendekatan saintifik dalam mengembangkan berpikir kritis pada 7 SMA Negeri di Provinsi Banten termasuk dalam kategori baik.
Perubahan Kandungan Antioksidan Kacang Gude (Cajanus cajan (L) Millsp.) pada Proses Fermentasi Tempe Gude Sine, Yuni
Jurnal Pendidikan Biologi undiksha Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Production process of pigeon pea (Cajanus cajan (L) Millsp.) tempeh  follows several treatment including peeled off, soaked, boiled, and fermented which cause changes of the antioxidant content of pigeon pea (C. cajan (L) Millsp.). pigeon pea is used as the main material for tempeh fermentation in this study which aims to analyze the the changes of antioxidant content in pigeon pea during each treatment. Antioxidant content was analyzed by DPPH phytochemical compound qualitative and quantitative detection. During the soaking process, reduction of antioxidant content was observed. Prior to soaking step, pigeon pea had 9,090% of antioxidant content, this reduced to 9,020% after soaking process and decrease further to 6,146% after boiling process and decrease to 3.236% after fermentation process. Gude seed has a fenolik and flavonoid while tempeh gude has saponin and falvonoid. Soaking, boiling, and fermentation process has proven to reduce the antioxidant content of pigeon pea..
KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI IKIP PGRI PONTIANAK PADA PRAKTIKUM SISTEMATIKA AVERTEBRATA Sari, Mustika
Jurnal Pendidikan Biologi undiksha Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui KPS mahasiswa calon guru biologi Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak pada praktikum Sistematika Avertebrata. Penelitian dilakukan dalam tiga kali kegiatan Praktikum. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, sedangkan sampel terdiri dari 66 orang mahasiswa semester III dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi untuk mengamati KPS dan tes untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil uji analisis menggunakan program SPSS 22 diketahui bahwa nilai sig. Kolmogorov Smirnov diperoleh 0,200* untuk Pre test dan 0,060 untuk Post test, dimana nilai sig. lebih besar dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel berdistribusi normal. Sedangkan pada hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,00 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran praktikum sistematika avertebrata berbasis KPS tergolong baik dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Tahun Akademik 2018/2019.

Page 1 of 1 | Total Record : 3