cover
Contact Name
I Made Oka Riawan
Contact Email
made.oka@undiksha.ac.id
Phone
+62362-23884
Journal Mail Official
jurdikbiologiundiksha@gmail.com
Editorial Address
Jalan Udayana, Kampus Tengah Undiksha, FMIPA. Singaraja-Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha
Jurnal Pendidikan Biologi adalah adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan bagi masyarakat akademik.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 3 (2021)" : 4 Documents clear
Peran Etika dalam Penelitian Pendidikan, Biologi dan Lingkungan Alvionita, Devi
Jurnal Pendidikan Biologi undiksha Vol 8, No 3 (2021)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Etika keilmuan memberikan pengaruh luar biasa dalam perkembangan penelitian biologi dan lingkungan. Etika tidak hanya sebagai kajian teori namun juga sebagai landasan dalam kehidupan keseharian manusia terutama penelitian biologi dan lingkungan. Semakin berkembangnya ilmu dan pengetahuan memberikan banyak ide dan karya inovatif manusia dalam melakukan penelitian. Maraknya pelanggaran kode etik dalam berbagai bidang telah banyak menjadi sorotan. Beberapa pelanggaran kode etik ini diprakarsai oleh minimnya pengetahuan mengenai etika dan perannya dalam berbagai bidang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peranan etika dalam penelitian pendidikan, biologi, dan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah studi tinjauan literatur. Hasil penelitian ini adalah mengetahui pandangan etika terdiri dari tiga aspek yang masih menjadi perbincangan yaitu antroposentrisme, biosentrisme, dan ekosentrisme. Melalui berbagai sudut pandang tersebut, telah disadari bahwa etika memberikan peran yang luar biasa dalam perkembangan penelitian pendidikan, biologi dan lingkungan untuk kesejahteraan bersama.
Praktikum sederhana di rumah tentang pengaruh penggunaan Hand Sanitizer terhadap keberadaan koloni bakteri di tangan Irawati, Wahyu
Jurnal Pendidikan Biologi undiksha Vol 8, No 3 (2021)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bakteri adalah mikroorganisme yang mampu berkembang biak dengan cepat dan berada di setiap tempat. Tangan merupakan salah satu bagian yang banyak didiami bakteri. Pada masa pandemi, penggunaan hand sanitizer menjadi sangat dibutuhkan karena bersifat praktis. Masyarakat menggunakan hand sanitizer untuk menghentikan laju pertumbuhan bakteri di tangan. Hand sanitizer merupakan cairan dengan kandungan etanol dan bahan aktif lainnya yang mampu mensterilkan tangan dan merusak membran sel bakteri. Penelitian ini dilakukan dengan praktikum sederhana menggunakan alat dan bahan yang ada dirumah. Praktikum sederhana dilakukan dengan pembuatan medium sintesis sebagai media pertumbuhan bakteri dengan memanfaatkan alat dan bahan yang ada di sekitar rumah serta pengamatan koloni bakteri di telapak tangan setelah penggunaan hand sanitizer. Kegiatan yang dilakukan adalah membandingkan koloni bakteri di (1) medium sintesis tanpa perlakuan, (2) medium sintesis yang ditempeli telapak tangan tanpa penggunaan hand sanitizer dan (3) medium sintesis yang ditempeli telapak tangan sesudah menggunakan hand sanitizer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan hand sanitizer terhadap keberadaan koloni bakteri di tangan. Hasil praktikum menunjukkan bahwa pertumbuhan bakteri di setiap medium dengan perlakuan berbeda menghasilkan jumlah koloni yang berbeda-beda. Bakteri lebih banyak tumbuh pada medium dengan perlakuan tanpa hand sanitizer sedangkan penampakan koloni bakteri menurun setelah tangan menggunakan hand sanitizer. Berdasarkan hasil praktikum dapat disimpulkan bahwa penggunaan hand sanitizer efektif untuk mengurangi keberadaan koloni bakteri di tangan. Saran untuk praktikum sederhana selanjutnya yaitu mencoba beberapa jenis hand sanitizer untuk menentukan jenis hand sanitizer terbaik yang dapat meminimalisir jumlah bakteri di tangan.
PENGEMBANGAN ASESMEN KINERJA PRAKTIKUM BOTANI FANEROGAM BERBASIS KOMPETENSI PROSES SAINS fajarwati, laras kurnia
Jurnal Pendidikan Biologi undiksha Vol 8, No 3 (2021)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThis research uses research and development methods to develop the performance assessment of Fanerogam botany practicum. Development of instruments for students to measure psychomotor aspects. This study uses the 4 model which is a literature review (definition), design (design), development (development) and dissemination (disseminated) (Thiagarajan, 1974). In the development of performance assessment boterogram botany practicum was not carried out until it was distributed because it was concentrated with the existence of the covid-19 outbreak. The instrument developed in this study includes a performance appraisal sheet and a practical performance appraisal sheet which will be filled out by the validator. Based on the average validity score, the expert obtained the results of the development of botany lecture performance assessment instruments showing very valid criteria. Overall practical performance development instruments can be used to measure the psychomotor level of students when conducting botany Fanerogam practicums.
Analisis Potensi Epidermis Daun dan Derivatnya pada Famili Palmae di Sepanjang Pantai Parangtritis Sampai Depok sebagai Sumber Belajar Biologi Anggoroputro, Cahyo
Jurnal Pendidikan Biologi undiksha Vol 8, No 3 (2021)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThe environment can be used as a learning resource to increase knowledge. One of the learning resources that can be found in the environment is plants. Biology learning has great potential in utilizing the environment as a learning resource. One of the uses of learning resources from the environment is by using research results.This type of research is a qualitative descriptive study carried out through the analysis method of potential learning resources. The results of the research are analyzed for their potential as a learning resource by looking at the requirements of the research results as a learning resource which includes clarity of the potential availability of objects and problems raised, conformity with learning objectives, material objectives and their designation, information to be disclosed, exploration guidelines, and acquisitions to be achieved.The results of this study indicate that (1) The results of research on the potential of leaf epidermis and its derivatives in the Palmae family along Parangtritis Beach to Depok Beach as a source of learning biology can be used as a source of learning biology because it is in accordance with the requirements of research results as a learning resource. (2) It is necessary to follow up to package / develop environment-based biology teaching materials that are tailored to the learning needs and characteristics of students through the research & development (R&D) method.Keywords: Epidermis and derivatives 1; Palmae 2; Learning resources 3; AbstrakLingkungan dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk menambah pengetahuan. Sumber belajar yang dapat ditemukan di lingkungan salah satunya adalah tumbuhan. Pembelajaran biologi memiliki potensi yang besar dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Salah satu pemanfaatan sumber belajar dari lingkungan yaitu dengan menggunakan hasil penelitian.Jenis penelitian adalah penelitian deksriptif kualitatif yang dilakukan melalui metode analisis potensi sumber belajar. Hasil penelitian dianalisis potensinya sebagai sumber belajar dengan melihat syarat hasil penelitian sebagai sumber belajar yang meliputi kejelasan potensi ketersediaan objek dan permasalahan yang diangkat, kesesuaian dengan tujuan belajar, sasaran materi dan peruntukannya, informasi yang akan diungkap, pedoman eksplorasi, perolehan yang akan dicapai.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil penelitian tentang potensi epidermis daun dan derivatnya pada famili Palmae di sepanjang Pantai Parangtritis sampai Pantai Depok sebagai sumber belajar biologi dapat dijadikan sumber belajar biologi karena sesuai dengan persyaratan hasil penelitian sebagai sumber belajar. (2) Perlu tindak lanjut untuk mengemas/mengembangkan bahan ajar biologi berbasis lingkungan yang disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran dan karakteristik peserta didik melalui metode research &development (R&D).Kata-kata kunci: Epidermis dan derivat 1; Palmae 2; Sumber belajar 3

Page 1 of 1 | Total Record : 4