cover
Contact Name
Mohammad Rizki Fadhil Pratama
Contact Email
mohammadrizkifadhilpratama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
vnovrianti@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Media Ilmiah Teknik Sipil
ISSN : 02161346     EISSN : 24073857     DOI : -
Core Subject : Engineering,
The publication of Media Ilmiah Teknik Sipil certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 8 articles consisting of civil engineering topics.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2016): Media Ilmiah Teknik Sipil" : 8 Documents clear
Kajian Jasa Travel Jurusan Palangkaraya-Sampit Ditinjau dari Biaya Operasional Kendaraan Penumpang Fitri Wulandari; Nirwana Puspasari
Media Ilmiah Teknik Sipil Vol 5 No 1 (2016): Media Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : ​Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.876 KB) | DOI: 10.33084/mits.v5i1.327

Abstract

Transportasi merupakan peranan yang penting pada aspek kegiatan ekonomi sosial dan budaya. Dilihat dari distribusi keluar masuknya arus penumpang transportasi darat jurusan Palangkaraya-Sampit merupakan jasa travel yang paling diminati sebab waktu tempuh lebih cepat dan efisien. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui besarnya biaya operasional kendaraan, pendapatan, tarif dan Fare Box Ratio (FBR) dari perusahaan jasa travel CV. Sumertha Sari Jurusan Palangkaraya-Sampit. Metode pengumpulan data penumpang dan analisis untuk data armada adalah metoda pengambilan sampel semesta, mengumpulkan data primer dan sekunder, biaya operasional kendaraan dianalisis dengan metoda pendekatan biaya per kilometer yang dikeluarkan setiap kendaraan, pendapatan dianalisis dengan metoda pendekatan jumlah pendapatan rata-rata perusahaan per tahun dan dikurang dengan total biaya operasional kendaraan (BOK) per kilometer, tarif dianalisis dengan metoda menjumlahkan komponen biaya tetap, biaya tidak tetap dan biaya overhead dalam satuan/pnp (per penumpang) dan Fare Box Ratio (FBR) dianalisis dengan metoda perbandingan nilai Biaya operasional kendaraan (BOK)/tahun dengan pendapatan per tahun. Dari hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: besar biaya operasional (BOK) pada perusahaan CV. Sumertha Sari adalah sebesar Rp. 760.460.275,81/tahun pendapatan yang didapatkan oleh perusahaan CV. Sumertha Sari sebesar Rp. 1.669.000.000,00/tahun, tarif yang didapatkan dari hasil perhitungan adalah sebesar Rp. 50.092,60/penumpang dan hasil Fare Box Ratio (FBR) yang didapatkan dari hasil perhitungan adalah 2,20 dimana hasil FBR > 1 menunjukkan bahwa perusahaan mendapatkan keuntungan dari jasa travel yang dilakukan.
Perilaku Keruntuhan Balok Beton Mutu Normal Daerah Tekan Yetro Bayano
Media Ilmiah Teknik Sipil Vol 5 No 1 (2016): Media Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : ​Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4028.99 KB) | DOI: 10.33084/mits.v5i1.329

Abstract

Berdasarkan hasil analisis model balok dengan analisis model elemen hingga menggunakan ANSYS Ed.9.0 Nilai beban ultimit pada model dengan jarak antar sengkang ditengah bentang 40, 80 dan 120 mm, nilainya turun berturut–turut pada rasio 1.0000; 0.9621; 0.9242 menjadi sebesar 29.7000; 28.5750; 27.4500 kN. Nilai beban ultimit pada model dengan jarak antar sengkang ditengah bentang 150; 125; 100; 75; dan 50 mm, nilainya naik berturut–turut pada rasio 1.0000; 1.0256; 1.0351; 1.0586; 1.0628 menjadi sebesar 42.2250; 43.3350; 43.7400; 44.7300; 44.9100 kN. Nilai daktilitas kurvatur pada model dengan jarak antar sengkang ditengah bentang 40, 80 dan 120 mm, nilainya turun berturut–turut pada rasio 1.0000; 0.8667; 0.6842 menjadi sebesar 15.3864; 13.3333; 10.5263. Nilai daktilitas kurvatur pada model dengan jarak antar sengkang ditengah bentang 150; 125; 100; 75; dan 50 mm, nilainya naik berturut–turut pada rasio 1.0000; 1.1081; 1.1714; 1.2424; 1.3667 menjadi sebesar 4.8780; 5.4054; 5.7143; 6.0606; 6.6667. Dari hasil analisis diperoleh beberapa persamaan untuk menentukan perilaku balok akibat variasi jarak antar sengkang didaerah tekan yaitu persamaan daktilitas kurvatur–dan jarak antar sengkang, dimana μφ=-2.10- 5S3+0.005.S2-0.688.S+30.58; dengan nilai μφ adalah daktilitas kurvatur, satuan dalam 1/mm dan S adalah jarak antar sengkang ditengah bentang, satuan dalam mm, serta persamaan beban dan deformasi pada kondisi ultimit akibat variasi jarak antar sengkang didaerah tekan, dimana = 0,002Δ2+0,817Δ; dengan nilai P adalah beban yang terjadi pada balok, satuan dalam kN dan Δ adalah deformasi yang terjadi pada balok, satuan dalam mm.
Stabilisasi Tanah Manyawang untuk Meningkatkan Daya Dukung (Cbr) Sebagai Lapis Pondasi Pekerasan Jalan Lungkuh Layang - Buntok Bambang Raharmadi
Media Ilmiah Teknik Sipil Vol 5 No 1 (2016): Media Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : ​Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (949.949 KB) | DOI: 10.33084/mits.v5i1.330

Abstract

Prosedur yang dilakukan dalam pengujian ini adalah mencampur bahan tanah lokal dengan variasi kadar semen 5%, 6%, 7%, 8%, dan 9% terhadap berat kering tanah berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Untuk mengetahui sifat fisik dan mekanik dilakukan uji terhadap tanah lokal dan campuran tanah-semen berupa pemadatan standar, dan CBR pemeram 3 hari dengan perendaman 4 hari. Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah untuk mengetahui kontribusi semen terhadap nilai CBR untuk meningkatkan mutu tanah lokal agar dapat digunakan sebagai lapis pondasi perkerasan jalan. Hasil uji material tanah lokal dusun Manyawang terhadap pengujian distribusi ukuran butir memenuhi syarat yang diijinkan untuk digunakan sebagai material stabilisasi tanah semen, termasuk kelompok CL-ML yaitu lanau tak organik, lempung kepasiran dengan plastisitas rendah berdasarkan klasifikasi tanah sistem USCS sedangkan menurut klasifikasi tanah sistem AASHTO termasuk pada kelompok A-4 yaitu tanah lempung lanau dengan plastisitas rendah dengan indek plastisitas 6,21% ≤ 10% syarat yang ditentukan. Berat isi kering maksimum (dmax) 1,855 t/m3, kadar air optimum (Wopt) 13,0 % dengan daya dukung (CBR100) 9,40%. Hasil pengujian lapis pondasi tanah semen didapat kadar semen optimum (PCopt) 7%, dengan nilai CBRoptimum 120% ≥ 120% nilai target yang disyarat (Spesifikasi Umum 2010, revisi 3), berat isi kering maksimum dmax 1,864 t/m3 dan kadar air optimum (Wopt) 11,60%.
Alternatif Desain Struktur Balok Tinggi Girder Jembatan dengan Energi Regangan Minimum Christanto Yudha Saputra
Media Ilmiah Teknik Sipil Vol 5 No 1 (2016): Media Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : ​Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.709 KB) | DOI: 10.33084/mits.v5i1.331

Abstract

Pada artikel ini dipaparkan salah satu alternative perancangan Struktur Balok Tinggi Girder Jembatan yang memiliki kompleksitas tinggi berupa pertemuan multi tegangan Tarik dan tekan.Salah satu alternative dalam mendesain balok tinggi girder tersebut adalah dengan menggunakan konsep Energi Regangan Minimum. Sebagai studi kasus sebuah balok girder sederhana yang dibebani beban terpusat ditengah bentang divariasikan model Tarik Tekannya. Model Perancangan dimodelkan Dengan Program CAST dan Hasil permodelan dari program dianalisis besar energy regangan yang terjadi sehingga dapat diketahui besar energy minimum system struktur girder. Diakhir tulisan dilakukan proses optimasi pada struktur girder untuk mendapatkan model perancangan ideal.
Studi Sistem Drainase Jalan Garuda XA Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya Novrianti Novrianti
Media Ilmiah Teknik Sipil Vol 5 No 1 (2016): Media Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : ​Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.043 KB) | DOI: 10.33084/mits.v5i1.332

Abstract

Kondisi Kota Palangka Raya yang semakin banyak penduduk sehingga terjadi peningkatan terhadap jumlah perumahan, pertokoan, perindustrian, maupun perhotelan. Hal ini menyebabkan terjadi pengurangan yang signifikan terhadap resapan air ke dalam tanah. Pengaliran air di atas permukaan tanah tidak dapat mengalir dengan baik akibat kurangnya resapan tersebut. Drainase sangat diperlukan dalam mengalirkan aliran air permukaan yang sebagian di resapkan di dalam tanah dan diharapkan sebagian lagi dialirkan ketempat pengaliran saluran primer maupun sungai. Dengan perencanaan drainase yang kurang baik tanpa memikirkan kemana aliran yang harusnya di alirkan maka menyebabkan salah satu penyebab banjir, hal lain penyebab banjir adalah kondisi existing drainase yang tidak terpelihara juga dapat menyebabkan banjir. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui kondisi sistem dan saluran drainase yang telah ada serta mengetahui perbandingan antara debit rasional (Qr) dan debit saluran (Qs) pada wilayah penelitian. Berdasarkan hasil data lapangan saluran eksisting, lebar dasar saluran (b) bervariasi antara 0,25 m – 0,50 m, dan kedalaman saluran bervariasi antara 0,35 m – 0,70 m. Dari hasil perhitungan daerah kawasan garuda XA menunjukkan perbandingan bahwa Qr < Qs per periode 2, 5, 10, 25 sehingga dikatakan tidak banjir dan sudah cukup untuk kapasitas dimensi saluran. Kondisi banjir yang terjadi pada waktu tahun 2015 adalah keadaan genangan sesaat dikarenakan pada lokasi tertentu dibeberapa tempat tidak mempunyai saluran dan kurang terawatnya drainase yang ada.
Analisa Ekonomi Proyek Pada Pembangunan Palangka Raya Mall Rida Respati
Media Ilmiah Teknik Sipil Vol 5 No 1 (2016): Media Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : ​Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.714 KB) | DOI: 10.33084/mits.v5i1.333

Abstract

Bangunan memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat dan sering kali mempengaruhi suasana hidup bagi setiap individu. Sebagian besar dari kehidupan manusia berada di sekitar atau di dalam bangunan, seperti perumahan, kantor-kantor, tempat-tempat pendidikan, pabrik-pabrik, rumah sakit, jembatan dan sebagainya. Pengaruh yang sedemikian luas itu mengakibatkan sektor bangunan memegang peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa besarnya investasi yang dikeluarkan untuk pembangunan Gedung Palangka Raya Mall, apakah akan memberikan keuntungan bagi investor dan pemerintah daerah. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara (interview) yang kompeten dan pengamatan (observation), juga dari buku-buku, jurnal, dan literatur yang relevan. Hasil Dari hasil perhitungan yang ada, biaya pembangunan dalam waktu hampir 7 tahun tahun akan BEP (break even point), dan ini sangat menguntungkan bagi investor sehingga dengan sisa umur bangunan adalah keuntungan bagi investor dan karena tanah yang digunakan adalah tanah milik pemerintah daerah provinsi, maka setelah habis masa pinjam 40 tahun akan dikembalikan kepada pemerintah provinsi beserta bangunannya, hal ini pun menjadi keuntungan bagi pemerintah daerah. Untuk itu disarankan, bangunan yang ada sudah cukup memadai, sebaiknya perlu didukung dengan fasilitas dan pelayanan yang baik. Sebaiknya parkir diatur sedemikian rupa sehingga pengunjung merasa nyaman dan tidak was-was saat meninggalkan kendaraan di tempat parkir.
Analisis Pengaruh Volume Kendaraan Berat terhadap Kinerja Ruas Jalan RTA Milono Sebelum dan Sesudah Adanya Jalan Lingkar Luar Kota Palangkaraya Nurliana Nurliana; Hudan Ramdani
Media Ilmiah Teknik Sipil Vol 5 No 1 (2016): Media Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : ​Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.876 KB) | DOI: 10.33084/mits.v5i1.338

Abstract

Analisis Pengaruh Volume Kendaraan Berat terhadap Kinerja Ruas Jalan RTA Milono Sebelum dan Sesudah Adanya Jalan Lingkar Luar Kota Palangkaraya
Analisis Kuat Tekan Bebas Pada Pebambahan Matos Terhadap Stabilisasi Tanah Lempung Dengan Semen Anwar Muda
Media Ilmiah Teknik Sipil Vol 5 No 1 (2016): Media Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : ​Institute for Researches and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.69 KB) | DOI: 10.33084/mits.v5i1.328

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1). Untuk menentukan kuat tekan bebas (UCS) tanah lempung sebelum distabilisasi pasir dan semen (2). Untuk menentukan kuat tekan bebas (UCS) tanah lempung sebelum penambahan matos terhadap stabilisasi pasir dan semen. (3). Untuk menentukan kuat tekan bebas (UCS) tanah lempung setelah penambahan matos terhadap stabilisasi pasir dan semen. Metode penelitian dengan beberapa tahapan yaitu : A. Tahap persiapan. Tahap ini dilakukan (1). Menyiapkan contoh tanah lempung Desa Baringin, kota Palangka Raya. (2). Menyiapkan sampel matos, pasir dan semen. B. Tahap pelaksanaan. Pelaksanaan pengujian kuat tekan bebas dengan metode SNI 03-3638-1994. C. Tahap akhir. Tahap akhir yaitu 1. Untuk menentukan kuat tekan bebas (UCS) tanah lempung sebelum distabilisasi pasir dan semen. 2. Untuk menentukan kuat tekan bebas (UCS) tanah lempung sebelum penambahan matos terhadap stabilisasi pasir dan semen 3. Untuk menentukan kuat tekan bebas (UCS) tanah lempung setelah penambahan matos terhadap stabilisasi pasir dan semen untuk lapis perkerasan jalan raya. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kuat tekan bebas (UCS) tanah lempung sebelum distabilisasi pasir dan semen sebesar 3.51 kg/cm2. Kemudian, kuat tekan bebas (UCS) Pada saat 0% matos pada stabilisasi campuran 28% pasir dan 6% semen nilai UCS sebesar 9.10 kg/cm2. Kemudian, pada saat 2% matos, nilai UCS makin bertambah didapatkan 10.92 kg/cm2 dan bahkan 4% nilai UCS makin meningkat hingga 11.18 kg/cm2. Kemudian, pada saat 6% matos nilai UCS terus makin bertambah hingga 11.44 kg/cm2 dan pada penambahan 8% matos, nilai UCS terjadi peningkatan cukup besar yaitu 13.78 kg/cm2. Sedangkan pada penambahan 10% matos juga mengalami kenaikan nilai UCS sebesar 14,56 kg/cm2. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka bahan tambah matos dapat meningkatkan nilai UCS dan memenuhi syarat sebagai subbase dan base jalan raya. Karena menurut Ingels dan Metcalf, 1972 (dalam Hardiyatmo, 2010), bahwa nilai UCS hasil > 14 kg/cm2 dapat dipergunakan sebagai subbase dan base jalan raya. Sedangkan menurut Ditjen Bina Marga yang didasarkan pada SNI 03-3438-1994 (dalam Hardiyatmo, 2010), bahwa campuran ini belum dapat dipergunakan sebagai subbase dan base jalan raya, karena nilai UCS hasil < 20 kg/cm2.

Page 1 of 1 | Total Record : 8