cover
Contact Name
Akhmad Rizkhi Ridhani
Contact Email
rizkhi.ridhani@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
annur.uniskamab@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JURNAL MAHASISWA BK AN-NUR : BERBEDA, BERMAKNA, MULIA
ISSN : 24609722     EISSN : 26228297     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2018)" : 6 Documents clear
LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU SISWA MEMBOLOS DI SMPN 29 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2017/2018 Amaliyah Amaliyah; Hamzah Hamzah; Farial Farial
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.412 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v4i1.1320

Abstract

Latar belakang yang terjadi bahwa adanya siswa kelas IX SMPN 29 Banjarmasin yang suka membolos. Dengan layanan konseling kelompok dengan teknik self management diharapkan perilaku siswa membolos dapat dikurangi. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok dengan teknik self management dapat mengurangi perilaku siswa membolos. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini yaitu lima orang siswa kelas IX SMPN 29 Banjarmasin yang teridentifikasi pernah membolos. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriftif kualitatif. Setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik self management siklus 1 dengan dua kali pertemuan terdapat satu orang siswa yang tidak membolos lagi siswa tersebut adalah MAr, sedangkan empat orang siswa lainnya mengalami penurunan dalam perilaku membolos yaitu PAS menjadi dua kali, MIAF menjadi satu kali, MAk menjadi dua kali, dan SN menjadi dua kali. Dan setelah siswa mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik self managemen siklus 2 dengan satu kali pertemuan terdapat dua orang siswa yang tidak pernah membolos lagi siswa tersebut adalah PAS, dan MIAF sedangkan dua orang siswa lainnya masih membolos satu kali siswa tersebut adalah MAk dan SN. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self management dapat mengurangi perilaku siswa membolos di SMPN 29 Banjamasin. Saran yang dapat direkomendasikan peneliti kepada konselor sekolah adalah agar konselor sekolah dapat memberikan layanan yang ada di Bimbingan dan konseling kepada siswa SMPN 29 Banjarmasin.
PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 PADANG BATUNG Dwi Aulia Permatasari; Gusti Irhamni; Didi Susanto
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.173 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v4i1.1321

Abstract

Objek dalam penelitian ini adalah Peran guru bimbingan dan konseling terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Padang Batung dengan Subyek penelitian yaitu 1 orang guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 1 Padang Batung.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara , observasi .Hasil dari penelitian ini menunjukan bentuk layanan bimbingan belajar yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling kepada siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Padang Batung Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan cara memberikan layanan bimbingan belajar didalam kelas maupun memanggil siswa yang mempunyai masalah belajar yang mempengaruhi prestasi belajarnya keruang bimbingan dan konseling untuk diberikkan arahan-arahan, diperbaiki dan ditingkatkan agar menjadi siswa yang unggul dalam prestasi belajarnya.Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan Bagi pihak sekolah dan instansi terkait terhadap pelaksanakan layanan bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Padang Batung untuk dapat membantu dalam menyediakan saranan dan prasaranan untuk mengoptimalkan layanan bimbingan dan konseling.
LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMA PGRI 2 BANJARMASIN TAHUN AJARAN2017/2018 Puspha Fandini; Sultani Sulatani; Didi Susanto
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.089 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v4i1.1322

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan dilapangan yang ada di kelas XI-IPS2 di SMA PGRI 2 Banjarmasin ada beberapa siswa yang tidak disiplin  diakibatkan oleh rendahnya perilaku sisiwa. Melalui layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract diharapkan disiplin siswa ini dapat ditingkatkan.Hasil penelitian diperoleh persentase siswa tidak disiplin siswa di kelas XI-IPS2 sebelum mendapatkan layanan dikategori rendah dengan rincian sebagai berikut:AHSXI IPS2 kriteria rendah tidak disiplin, ANP XI-IPS2 kriteria rendah tidak disiplin, AT kriteria rendah tidak disiplin, MK kriteria sangat rendah tidak diisplin, MS kriteria rendah tidak disiplin, MT XI-IPS2  kriteria rendah tidak disiplin, dan RL kriteria rendah tidak disiplin. Persentase rata-rata tidak disiplin siswa di kelas XI-IPS2 selama pemberian tindakan setelah siklus I AHS XI-IPS2 kategori sedang , ANP kriteria sedang, AT kriteria sedang, MK XI-IPS2 kriteria sedang MS kriteria rendah, MT kriteria sedang, RL kriteria sedang,  Persentase setelah siklus 2 di kategori tinggi dengan AHS kriteria tinggi, ANP XI-IPS2 kriteria tinggi, AT kriteria tinggi MK kriteria tinggi, MS  kriteria tinggi, MT kriteria tinggi, RL kriteria sangat tinggi.
LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERKOMUNIKASI PADA SISWA KELAS VIII MTs NURUL FALAH JUAI KABUPATEN BALANGAN Yarah Yarah; Jarkawi Jarkawi; Farial Farial
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.922 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v4i1.1323

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari atas dasar perilaku siswa yang pasif dalam proses belajar mengajar seperti sulit mengemukakan pendapat, kurang mampu dalam berbicara didepan kelas, merasa cemas, gugup saat ingin bertanya dengan guru, ataupun persentasi dalam diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kecemasan berkomunikasi pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Falah Juai kabupaten Balangan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok.  Hipotesis dalam penelitian ini layanan bimbingan kelompok efektif mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa kelas VIII MTs Nurul Falah Juai kabupaten Balangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Falah Juai tahun 2017. Sampel penelitian ini menggunakan teknik probabillty sampling dengan random sampling. Variabel yang digunakan yaitu layanan bimbingan kelompok sebagai variabel bebas dan kecemasan berkomunikasi sebagai variabel terikat. Uji validasi instumen menggunakan kolerasi item total terkoreksi, dan dilanjutkan uji reabilitas menggunakan rumus alpha. Hasil uji validitas instrumen diperoleh butir instrumen yang valid 60 butir dan 5 butir tidak valid digugurkan dengan koefisien reabilitas sebesar 0,947. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukan t-hitung (-23,768) < t-tabel (2,821). Dengan kata lain dapat dinyatakan hipotesis awal Ho ditolak yang berbunyi “tidak ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa kelas VIII MTs Nurul Falah Juai kabupaten Balangan”, sedangkan hipotesis kerja (Ha diterima) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa kelas VIII MTs Nurul Falah Juai kabupaten Balangan”. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ”Layanan bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi siswa kelas VIII MTs Nurul Falah Juai kabupaten Balangan”, terbukti kebenarannya.
MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN PADA KELAS VIII MTS AL-AZHAR KECAMATAN ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA Wulan Tiara Savitri; Muhammad Yuliansyah; Zainal Fauzi
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.779 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v4i1.1324

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini ialah, masih adanya kecerdasan interpersonal siswa di Mts Al-Azhar yang tergolong kurang, beberapa ciri yang menunjukkan bahwa siswa tersebut kurang dalam kecerdasan interpersonalnya ialah seperti, belum mampu mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah, kurang bisa menghargai orang lain, dll. Tujuan penelitian ini ialah, untuk mengetahui kecerdasan interpersonal siswa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, serta apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas VIII di Mts Al-Azhar Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala tahun 2017/2018. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pre-eksperimental design, dengan menggunakan rancangan one group pretes and post-test. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 8 siswa kelas VIII Mts Al-Azhar Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala yang masih kurang dalam kecerdasan interpersonalnya. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji wilcoxon signed ranks test. Dari hasil analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank diperoleh hasil Zhitung sebesar -2.521 dengan taraf signifikansi 5% yaitu 0,05 dan Asymp.Sig = .012. Karena nilai Asymp.Sig = .012 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa.
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX DI MTs NURUL FALAH JUAI KABUPATEN BALANGAN Laelatul Husna; farial farial; Eka Sri Handayani
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 4, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.838 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v4i1.1325

Abstract

Latar belakang dan tujuan utama yang mendasari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah minta belajar siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dan bagaimana pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IX di MTs. Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs. Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purpusive sampling sehingga diperoleh jumlah sempel dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa. Variabel yang digunakan yatiu layanan bimbingan kelompok sebagai variabel bebas, dan problema rendahnya minat belajar siswa sebagai variable. Uji validitas instrument menggunakan korelasi producct moment, dan di lanjutkan uji reabilitas dengan menggunkan rumus Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IX  MTs. Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan dengan tingkat minat belajar siswa  sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok rata-rata berada pada kategori sedang dengan persentase 56%, dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok minat belajar siswa masuk dalam kategori tinggi dengan persentase 78%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IX di MTs. Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan. Saran bagi guru/wali kelas hendaknya memperhatikan dan memantau minat belajar siswa yang rendah. Bagi konselor sebagai masukan dan bahan pertimbangan sehingga pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat selalu berjalan.  Untuk kampus menambah bahan kepustakaan dan menambah bahan bagi mahasiswa UNISKA yang akan kelapangan sebagai konselor.

Page 1 of 1 | Total Record : 6