cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal IKA
ISSN : 18295282     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2013): September, 2013" : 8 Documents clear
PENGARUH GAYA MENGAJAR MASTERY LEARNING DAN INKLUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PENCAK SILAT DITINJAU DARI DAYA TAHAN CARDIOVASCULAR Spyanawati, Ni Luh Putu
Jurnal IKA Vol 11, No 2 (2013): September, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v11i2.1991

Abstract

PENGARUH GAYA MENGAJAR MASTERY LEARNING DAN INKLUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PENCAK SILAT DITINJAU DARI DAYA TAHAN CARDIOVASCULAR Oleh Ni Luh Putu Spyanawati Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha spyanawati@yahoo.co.id ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar pencak silat siswa yang diajarkan dengan gaya mengajar mastery learning dan gaya mengajar inklusi. Adapun subyek pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri I Susut yang mengikuti kegiatan ekstra kulikuler Pencak Silat. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling (n=40). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2 x 2. Analisis data menggunakan uji Anava Dua Jalur. Jika terdapat perbedaan yang signifikan maka dilanjutkan dengan uji LSD. Hasil penelitian menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Adapun hasil yang didapat: (1) terdapat perbedaan hasil belajar pencak silat yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar melalui gaya mastery learning dengan kelompok siswa yang belajar melalui gaya inklusi (F=4,241; p<0,05), (2) terdapat perbedaan hasil belajar pencak silat yang signifikan antara kelompok siswa yang memiliki daya tahan cardiovascular tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki daya tahan cardiovascular rendah (F=5,874; p<0,05), (3) terdapat pengaruh interaksi antara gaya mengajar dengan daya tahan cardiovascular terhadap hasil belajar pencal silat siswa (F=9,078; p<0,05), (4) rerata hasil belajar pencak silat siswa dengan daya tahan cardiovascular tinggi lebih baik melalui gaya mengajar mastery learning daripada melalui gaya mengajar inklusi, sedangkan siswa dengan daya tahan cardiovascular rendah lebih baik digunakan gaya mengajar inklusi maupun mastery learning dengan hasil yang sama rendah. Kata-kata Kunci: hasil belajar, pencak silat, mastery learning, inklusi, cardiovascular.
PENANDAAN IKONIS, INDEKSIKAL, DAN SIMBOLIS PADA WACANA TRAGEDI BOM BALI Indriani, Made Sri
Jurnal IKA Vol 11, No 2 (2013): September, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v11i2.1985

Abstract

PENANDAAN IKONIS, INDEKSIKAL, DAN SIMBOLIS PADA WACANA TRAGEDI BOM BALI Oleh Made Sri Indriani Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksha ABSTRAK Tujuan utama kajian ini adalah untuk mengungkapkan penandaan ikonis, indeksikal, dan simbolis pada wacana tragedi bom Bali. Berkaitan dengan tujuan itu, penelitian ini menggunakan teori semiotika yang dikemukakan oleh Charles Sander Peirce (1986), Sudjiman dan Art van Zoest (1992), Art van Zoest (1993), dan Budiman (1999) dengan menggunakan metode kualitatif. Sejumlah media massa di Indonesia seperti Kompas, Tempo, Jawa Pos, Republika, Media Indonesia, Gatra, Bali Post, Nusa Radar Bali, Warta Bali, dan DenPost yang memuat berita tentang tragedi bom Bali dianalisis terutama untuk mendapatkan penanda (signifier) berkaitan dengan tanda-tanda ikonis, indeksikal, simbolis. Tanda-tanda ikonis, indeksikal, dan simbolis pada wacana tragedi bom Bali itu diungkapkan dengan petanda (signified) atau makna tersirat di balik sistem tanda dan sistem linguistik yang diaplikasikan. Penelitian ini membuktikan bahwa semua media massa di tanah air telah menyatakan perang pada teroris dan terorisme. Kata-kata kunci: tragedi bom Bali, penanda ikonis, penanda indeksikal, penanda simbolis, penanda, petanda, terorisme.
PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA DI KELAS IX.12 SMP NEGERI 2 SINGARAJA Wisudariani, Ni Made Rai
Jurnal IKA Vol 11, No 2 (2013): September, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v11i2.1993

Abstract

PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA DI KELAS IX.12 SMP NEGERI 2 SINGARAJA oleh Ni Made Rai Wisudariani Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pembelajaran berbicara di kelas IX.12 SMP Negeri 2 Singaraja; (2) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam pembelajaran berbicara; (3) respons siswa terhadap pembelajaran; dan (4) permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran berbicara yang berorientasi pada penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas IX.12 SMP Negeri 2 Singaraja sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, angket, dan wawancara. Data yang didapatkan dari hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif. Data yang didapatkan dari hasil angket dianalisis dengan teknik deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran berbicara dilakukan dengan mengintegrasi-kan nilai karakter dalam materi dan metode pembelajaran, (2) ada enam belas nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam pembelajaran, (3) respons siswa dalam pembelajaran sangat positif, dan (4) permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran, yaitu guru belum memahami sepenuhnya hakikat pendidikan karakter, guru tidak selalu mampu tampil sebagai model yang baik, serta sarana dan prasarana yang kurang mendukung dalam menerapkan beberapa nilai pendidikan karakter. Kata-kata kunci: pembelajaran berbicara, nilai pendidikan karakter
PERKEMBANGAN PASANG AKSARA BALI DALAM UPAYA PELESTARIAN BUDAYA BALI Rai, Ida Bagus
Jurnal IKA Vol 11, No 2 (2013): September, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v11i2.1986

Abstract

PERKEMBANGAN PASANG AKSARA BALI DALAM UPAYA PELESTARIAN BUDAYA BALI Oleh Ida Bagus Rai Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Bali,FBS UNDIKSHA Singaraja ABSTRAK Dalam usaha memahami konep-konsep budaya pada naskah kuno orang harus memahami aksara Bali dengan Pasang Aksara/sistem ejaannya. Hal ini perlu dilakukan dalam usaha pewarisan dan pelestarian budaya Bali. Sampai saat ini sistem penulisan/Pasang Aksara Bali yang pernah berlaku adalah dua buah Pasang Aksara/ejaan, yaitu Pasang Aksara Purwadresta dan Pasang Aksara Schwartz. Pasang Aksara Purwadresta berlaku lebih dulu dari Pasang Aksara Schwartz. Beberapa ketentuan yang dimiliki sebagai sistem Pasang Aksara Purwadresta, yaitu: (1) menggunakan aksara biasa dan aksara suci; (2) rangkapan konsonan pada umumnya sesuai dengan daerah artikulasi; (3) mengikuti hukum pasang pageh; dan (4) bentuk penulisannya jajar sambung. Pasang Aksara Schwartz hanya menggunakan aksara wreastra saja beserta gantungan dan gempelan, serta sesapa sebagai gempelan sedanti. Pada tahun 1957 Pemerintah Daerah Bali mengadakan Pasamuan Agung memabahas ejaan bahasa Bali dengan huruf Latin dan Pasang Aksara Bali yang mana kembali pada sistim Pasang Aksara Purwadresta. Selanjutnya disempurnakan lagi pada Pasamuan Agung Kecil tahun 1963. Perubahan itu terjadi masih mengarah pada fungsionalisasi untuk pewarisan nilai budaya dan pelestarian aksara Bali. Kata-kata kunci: perkembangan, pasang aksara, pelestarian budaya Bali
REKAYASA ALAT PENGOLAHAN LIMBAH LABORATORIUM KIMIA SECARA ADSORBSI BERSIKLUS MEMANFAATKAN KOMBINASI BAHAN SISA KERAJINAN BATU VULKANIK Subamia, I Dewa Putu
Jurnal IKA Vol 11, No 2 (2013): September, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v11i2.1994

Abstract

REKAYASA ALAT PENGOLAHAN LIMBAH LABORATORIUM KIMIA SECARA ADSORBSI BERSIKLUS MEMANFAATKAN KOMBINASI BAHAN SISA KERAJINAN BATU VULKANIK Oleh I Dewa Putu Subamia PLP Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Undiksha ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) merekayasa peralatan pengolahan limbah laboratorium kimia secara adsorbsi bersiklus memanfaatkan kombinasi bahan batu vulkanik, ijuk, sabut kelapa dan tempurung kelapa, (2) mengetahui hasil uji coba efektifitas kerja alat pengolahan limbah secara adsorbsi bersiklus memanfaatkan bahan kombinasi batu vulkanik, ijuk, sabut kelapa dan tempurung kelapa. Data karakterisasi limbah cair laboratorium kimia dianalisis secara eksperimen menggunakan alat ukur pH meter, COD meter, uji residu tersuspensi, dan instrumen AAS, berturut-turut untuk menentukan pH, COD, uji residu, dan untuk uji kadar Fe dan Pb. Karakterisasi terhadap kualitas limbah cair laboratorium kimia jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Undiksha menunjukkan: warna coklat keruh; pH = 0,49, COD = 129; kadar Fe = 9,2; kadar Pb = 1,32 dan residu tersuspensi = 358 mg/L. Standar baku mutu limbah cair sesuai SK Menteri Lingkungan Hidup tahun 1995 adalah pH = 6,9; COD = 90-100; Fe = 5; Pb = 0,1-1; dan residu tersuspensi = 200 mg/L. Karakteristik limbah setelah diolah adalah warna bening; pH=5,9; COD=90; residu tersuspensi=20 mg/L;kadar Fe=1,5 (ppm); kadar Pb=0,1 (ppm). Perbandingan karakteristik limbah sebelum dan sesudah diolah menunjukkan bahwa proses pengolahan limbah laboratorium kimia dengan alat yang direkayasa memberi perbedaan yang cukup signifikan. Jika dibandingkan dengan baku mutu sesuai SK Menteri Lingkungan Hidup tahun 1995, menunjukkan bahwa setelah diolah kadar logam Fe dan Pb di bawah ambang batas. Simpulan, pengolahan limbah laboratorium kimia secara adsorbsi bersiklus memanfaatkan bahan kombinasi batu vulkanik, ijuk, sabut kelapa dan tempurung kelapa layak dipakai untuk mengurangi potensi pencemaran lingkungan yang potensial ditimbulkan oleh pembuangan limbah laboratorium kimia. Kata-kata kunci: pengolahan limbah, adsorbsi bersiklus, batu vulkanik
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN DITINJAU DARI KONSEP DIRI AKADEMIK SISWA Noriasih, Ni Ketut
Jurnal IKA Vol 11, No 2 (2013): September, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v11i2.1987

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN DITINJAU DARI KONSEP DIRI AKADEMIK SISWA Oleh Ni Ketut Noriasih Guru Bahasa Indonesia SMP Lab. Undiksha ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap pemahaman bacaan ditinjau dari konsep diri akademik. Penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 96 siswa kelas VII SMP Lab. Undiksha. Sampel sebanyak 64 siswa diambil secara random yang terdistribusi pada dua kelas. Penelitian ini menggunakan disain post test only control grou. Data konsep diri dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner konsep diri dengan reliabilitas tes sebesar 0,836 dan data pemahaman bacaan dikumpulkan dengan menggunakan tes pemahaman bacaan dengan koefisien reliabilitas 0,81. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan pemahaman bacaan siswa yang mengikuti model pembelajaran reciprocal teaching dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (FA = 5,584; p<0,05), 2) tidak terdapat perbedaan pemahaman bacaan siswa yang mengikuti model pembelajaran Reciprocal Teaching dan yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki konsep diri tinggi (F = 1,697; p>0,05), 3) terdapat perbedaan pemahaman bacaan siswa yang mengikuti model pembelajaran Reciprocal Teaching dan yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki konsep diri rendah (F= 4,565; p<0,05), dan 4) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran terhadap pemahaman bacaan ditinjau dari konsep diri akademik siswa (F = 0,123; p> 0,05). Berdasarkan temuan di atas disimpulkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap penguasaan bacaan siswa. Untuk siswa yang memiliki konsep diri tinggi, baik untuk model pembelajaran Reciprocal Teaching maupun konvensional tetap lebih unggul dari siswa yang memiliki konsep diri rendah. Kata-kata kunci: model reciprocal teaching, pemahaman bacaan, konsep diri akademik
ANALISIS STATEMENT OF CASHFLOW UNTUK MENGEVALUASI KEMAMPUAN KOPERASI DALAM MENGHASILKAN KAS DAN SETARA KAS Erni Sulindawati, Ni Luh Gede
Jurnal IKA Vol 11, No 2 (2013): September, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v11i2.1988

Abstract

ANALISIS STATEMENT OF CASHFLOW UNTUK MENGEVALUASI KEMAMPUAN KOPERASI DALAM MENGHASILKAN KAS DAN SETARA KAS Oleh: Ni Luh Gede Erni Sulindawati Dosen Jurusan Akuntansi Program Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Ganesha Email : ernisulindawatiayu@yahoo.co.id ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Statement Of Cash flow pada koperasi Tani Satya Jaya periode 2010-2011, (2) mengevaluasi kemampuan koperasi dalam menghasilkan kas dan setara kas koperasi periode 2010-2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah dikumpulkan akan diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.   Hasil penelitian menunjukkan (1) Casflow of statement pada koperasi Tani Satya Jaya periode 2010 dan 2011 menghasilkan aliran kas yang positif dimana terjadi kenaikan kas dan setara kas yang bersumber dari kegiatan operasional. (2) Kemampuan Koperasi Tani Satya Jaya periode 2010 dan 2011 dalam menghasilkan kas dan setara kas yang dihasilkan dari aktivitas operasi sudah mampu membiayai aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan. Kata-kata Kunci: koperasi; laporan arus kas
PENGARUH HASIL BELAJAR DASAR-DASAR AKUNTANSI, MATEMATIKA EKONOMI DAN BISNIS DAN MINAT TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI YANG DIKATEGORIKAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR Irwansyah, M. Rudi
Jurnal IKA Vol 11, No 2 (2013): September, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v11i2.1990

Abstract

PENGARUH HASIL BELAJAR DASAR-DASAR AKUNTANSI, MATEMATIKA EKONOMI DAN BISNIS DAN MINAT TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI YANG DIKATEGORIKAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR Oleh M. Rudi Irwansyah Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan hasil belajar Dasar-Dasar Akuntansi, Matematika Ekonomi dan Bisnis, dan minat terhadap pemahaman akuntansi yang dikategorikan berdasarkan gaya belajar mahasiswa. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh secara parsial dan simultan hasil belajar Dasar-Dasar Akuntansi, Matematika Ekonomi dan Bisnis dan minat terhadap pemahaman akuntansi. Sedangkan berdasarkan gaya belajar tidak terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar Dasar-Dasar Akuntansi, Matematika Ekonomi dan Bisnis, dan minat terhadap pemahaman akuntansi. Kata-kata kunci: hasil belajar, gaya belajar, minat, pemahaman akuntansi,

Page 1 of 1 | Total Record : 8