cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal IKA
ISSN : 18295282     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2016): Edisi Maret 2016" : 7 Documents clear
EKSISTENSI PIDANA PENGGANTI DENDA UNTUK KORPORASI DALAM PEMBAHARUAN HUKUM PIDANA INDONESIA Yuliartini, Ni Putu Rai
Jurnal IKA Vol 14, No 1 (2016): Edisi Maret 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v14i1.8336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran RUU-KUHP dalam Pembaharuan Hukum Pidana di Indonesia, pertanggungjawaban pidana bagi korporasi dalam Hukum Pidana di Indonesia, formulasi pidana pengganti denda untuk korporasi dalam pembaharuan hukum pidana khususnya RUU-KUHP Nasional (rancangan Tahun 2012). Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif, dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran KUHP Nasional mendatang merupakan salah satu bentuk terobosan dari kebijakan kriminal melalui sarana penal yang dapat digunakan untuk menanggulangi tindak pidana. Pertanggungjawaban pidana bagi korporasi di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa doktrin, yaitu: doktrin pertanggungjawaban pidana langsung (direct liability doctrine) atau teori identifikasi (identification theory), doktrin pertangungjawaban pidana pengganti (vicarious liability), doktrin pertangungjawaban pidana (PJP) yang ketat menurut undang-undang (strict liability). RUU-KUHP Nasional merumuskan pidana pengganti denda untuk korporasi secara eksplisit dan RUU-KUHP Nasional sudah mencerminkan hakikat dari pembaharuan hukum pidana nasional, khususnya mengenai pidana pengganti denda untuk korporasi.Kata-kata kunci: pidana pengganti denda, korporasi, pembaharuan hukum pidana
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS III SDN 2 PENARUKAN Ranti, Ni Nengah
Jurnal IKA Vol 14, No 1 (2016): Edisi Maret 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v14i1.8331

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar PKN melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Prosedur kajian dilaksanakan dengan pola siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Penarukan yang berjumlah 25 orang. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif. Penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus menunjukan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dari kategori cukup aktif pada siklus pertama menjadi kategori aktif pada siklus kedua. Demikian juga terhadap prestasi belajar siswa, dari nilai rata-rata 73,60 dengan ketuntasan klasikal 64% pada siklus pertama meningkat menjadi 80,00 dengan ketuntasan klasikal sebesar 84% pada siklus kedua. Jadi, melalui penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar PKn pada siswa kelas III SDN 2 Penarukan.Kata-kata kunci : Teams Games Tournament , aktivitas belajar, prestasi belajar
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TRI PRAMANA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX.1 SMPN 4 TEJAKULA Sekar, I Ketut
Jurnal IKA Vol 14, No 1 (2016): Edisi Maret 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v14i1.8332

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IX.1 SMPN 4 Tejakula melalui penerapan model pembelajaran berbasis Tri Pramana dengan pendekatan realistik. Penelitian ini juga mendeskripsikan dan menganalisis tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Penyajian dirancang berdasarkan prinsif konstruktivis disertai LKS yang konstruktif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX.1 SMP N 4 Tejakula semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Data prestasi belajar dijaring dengan tagihan PR dan tes prestasi akhir siklus. Data tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan diambil dari angket yang diberikan pada akhir tindakan. Hasil analisis data menunjukkan, 1) terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari rata-rata awal 72,38 ketuntasan klasikal 57,50% menjadi rata-rata 79,95 ketuntasan klasikal 77,50% pada siklus I dan menjadi rata-rata 81,82 ketuntasan klasikal 90,00% pada siklus II. 2) tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan adalah dalam kategori sangat positif dengan rata-rata 41,08.Kata-kata kunci: Berbasis Tri Pramana, pendekatan realistik, prestasi belajar siswa.
PENGARUH VARIASI WAKTU, JUMLAH SERTA JENIS DAUN GAMAL TERHADAP KADAR GULA REDUKSI PADA PEMERAMAN BUAH PISANG KEPOK KUNING (MUSA X PARADISIACAL) Martiningsih, Ni Wayan; Oviantari, Made Vivi; Epta Dian, Ni Kadek Ayu
Jurnal IKA Vol 14, No 1 (2016): Edisi Maret 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v14i1.8333

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan (1) mengetahui kadar gula reduksi buah pisang kepok kuning (Musa X paradisiacal) dengan variasi waktu, serta jumlah dan jenis daun gamal yang digunakan dalam pemeraman, (2) mengetahui pengaruh waktu pemeraman terhadap kadar gula reduksi buah pisang kepok kuning (Musa X paradisiacal) dengan pemeraman daun gamal, (3) mengetahui pengaruh variasi jumlah dan jenis daun gamal yang digunakan untuk memeram terhadap kadar gula reduksi buah pisang kepok kuning (Musa X paradisiacal). Untuk mengetahui kadar kadar gula reduksi pada buah pisang kepok kuning dilakukan dengan metode Luff Schoorl. Penelitian menggunakan lima perlakuan dengan interval waktu 0, 3, 6, 9 hari dan dua kali pengulangan. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik.Hasil penelitian ini adalah (1) dari lima perlakuan didapatkan kadar gula reduksi tertinggi pada perlakuan dengan pemeraman daun gamal muda 20% selama 6 hari yaitu sebesar 3,518 %. (2) Waktu optimal untuk pemeraman buah pisang kepok kuning menggunakan daun gamal sehingga menghasilkan kadar gula reduksi yang tinggi adalah pada lama pemeraman selama enam hari. (3) Pemeraman buah pisang kepok kuning dengan menggunakan daun gamal muda memberikan pengaruh lebih besar dalam peningkatan kadar gula reduksi daripada daun gamal tua jika penggunaannya sebanyak 20% dari berat buah pisang.Kata-kata kunci: pisang kepok kuning, gula reduksi, daun gamal,dan metode Luff Schrool.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL CATUR ASRAMA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 ASTINA Sri Dharmawati, I Gusti Ayu Putu
Jurnal IKA Vol 14, No 1 (2016): Edisi Maret 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v14i1.8334

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 1 Astina Singaraja dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif siklus Catur Asrama. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD N 1 Astina. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa yang signifikan dalam domain pengetahuan konseptual, penghayatan nilai-nilai dan sikap sosial, serta keterampilan sosial siswa dalam komunikasi/presentasi. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah perlu dikembangkan dan dikaji terus potensi penerapan strategi pembelajaran secara kooperatif siklus catur asrama guna meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada khususnya dan pembelajaran di kelas pada umumnya.Kata-kata kunci: Pembelajaran kooperatif, Catur Asrama, dan hasil belajar IPS.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD N 2 KALIUNTU SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Darmika, Gusti Nyoman
Jurnal IKA Vol 14, No 1 (2016): Edisi Maret 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v14i1.8335

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD N 2 Kaliuntu Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng pada Kelas IV Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 yang bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 2 Kaliuntu semester Genap tahun pelajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data hasil belajar melalui tes prestasi belajar yang dilaksanakan setiap akhir proses pembelajaran. Data penelitian dimaknai melalui proses analisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan menyajikan rata-rata, daya serap dan ketuntasan belajar dalam bentuk tabel. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran CTL untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 2 Kaliuntu semester Genap tahun pelajaran 2013/2014, terlihat dari hasil yang diperoleh pada awalnya hasil belajar rata-rata 62 dengan ketuntasan belajar 45%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I prestasi belajar anak mengalami peningkatan hasil belajar menjadi rata-rata 62,75%. Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi; menjadi rata-rata 80,25%. Hasil yang diperoleh pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan sehingga penelitian tidak dilanjutkan.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 2 Kaliuntu semester Genap tahun pelajaran 2013/2014.Kata-kata kunci: CTL, HasilBelajar.
PERBANDINGAN INTERAKSI BELAJAR INDIVIDUAL DAN KOOPERATIF KONSEP PERILAKU SEKSUAL HEWAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN PQ4R Yudasmara, Gede Ari
Jurnal IKA Vol 14, No 1 (2016): Edisi Maret 2016
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v14i1.8347

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep perilaku seksual hewan antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan pola interaksi belajar kooperatif dan individual dalam model pembelajaran PQ4R. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan eksperimen Non-Equivalent Pre-test-Post-test Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi semester 5A dan 5B yang mengambil mata kuliah Tingkah Laku Hewan. Semester 5B adalah kelas yang mendapat perlakuan pola interaksi belajar kooperatif sedangkan 5A adalah kelas yang mendapat perlakuan pola interaksi belajar individual. Kedua pola interaksi belajar ini menggunakan model pembelajaran PQ4R. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan statistik Anacova. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pemahaman konsep materi perilaku seksual hewan antara yang dibelajarkan dengan pola interaksi belajar kooperatif dengan yang dibelajarkan dengan pola interaksi belajar individual dalam model pembelajaran PQ4R pada semeter 5A dan 5B. Nilai rata-rata yang diperoleh pada pola interaksi belajar kooperatif dalam model pembelajaran PQ4R sebesar 77,80 dan pada pola interaksi belajar individual dalam model pembelajaran PQ4R sebesar 69,44. Kata-kata kunci : pola interaksi, belajar kooperatif, belajar individual, PQ4R  ABSTRACT This study aimed at analyzing the students’ levels of understanding on the concept of animal sexual behavior between those who learned it with cooperative learning interaction pattern and individual learning interaction pattern in PQ4R model. This research is a quasi-experimental study with experimental design of Non-Equivalent Pre-test-post-test control group design. The samples of the study were students of the Department of Biology Education class 5A and 5B who enrolled in Animal Behavior course. Class 5B was treated using cooperative learning interaction pattern while 5A was treated using individual learning patterns. Both of these learning patterns implemented PQ4R model. The data analysis was conducted through descriptive analysis and Anacova statistical analysis. The results showed that there were significant differences of the students’ understanding on the concept of animals sexual behavior between that was learned through cooperative learning pattern and that with individual learning patterns of PQ4R model by class 5A and 5B. The average value which was obtained by the group who implemented cooperative learning interaction pattern with PQ4R model was 77.80 and which was obtained by the group of individual learning pattern with PQ4R model was 69.44. Keywords: patterns of interaction, cooperative learning, individual learning, PQ4R

Page 1 of 1 | Total Record : 7