cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal IKA
ISSN : 18295282     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 2 (2019): September" : 6 Documents clear
THE COMPARISON OF LEXICAL FEATURES BETWEEN LEMUKIH AND DENCARIK DIALECT: A QUALITATIVE ANALYSIS IG, Budasi; G, Mahendrayana; TL, Teni
Jurnal IKA Vol 17, No 2 (2019): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v17i2.19853

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dialek Lemukih dan Dencarik dalam hal variasi fonologis dan leksikal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, ada 3 informan sebagai sampel dari desa Lemukih dan 3 informan sebagai sampel dari desa Dencarik. Semua informan dipilih berdasarkan seperangkat kriteria. Data yang diperoleh dikumpulkan berdasarkan empat instrumen, yaitu: peneliti, lembar observasi, panduan wawancara, daftar kata (swadesh dan nothofer). Penelitian ini juga menggunakan tiga teknik yaitu: observasi, pencatatan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) terdapat 9 indikasi variasi fonologis, seperti; aphaeresis, syncope, apocope, prosthesis, epenthesis, paragoge, haplology, disimilasi, asimilasi. Variasi fonologis yang tidak ditemukan: fortifikasi lenition, unpacking, dan metathesis, 2) terdapat 4 indikasi variasi leksikal, seperti; variasi semasiologis, variasi onomasiologis, variasi formal dan variasi kontekstual. Ada 234 leksikon yang persis sama dan ada 112 leksikon yang memiliki kemiripan dari kedua dialek Lemukih dan Dencarik, bisa dijadikan bukti bahwa menyatukan dialek Lemukih dan Dencarik. Dan untuk leksikon yang berbeda ditemukan bahwa ada 322 leksikon yang dapat digolongkan sebagai leksikon yang membedakan kedua dialek Lemukih dan Dencarik.
MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHAREBERMEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA A.M., Kadek Agus Jaya Pharhyuna
Jurnal IKA Vol 17, No 2 (2019): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v17i2.19855

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan motivasi berprestasi dan   hasil belajar Bahasa Inggris siswa melalui penerapan model pembelajaran       Think Pair Sharebermedia komik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas   yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas        XI UPW A SMK Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Data motivasi berprestasi siswa diperoleh dengan menggunakan angket sedangkan data prestasi belajar Bahasa Inggris siswa diperoleh dengan menggunakan tes. Hasil analisis analisis menunjukkan: (1) motivasi berprestasi siswa meningkat dari skor rata-rata 67,53% pada siklus I menjadi 75,66% pada siklus II; (2) hasil belajar Bahasa Inggris siswa meningkat dari skor rata-rata 7,18 pada siklus I menjadi 7,61 pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Sharebermedia komik dalam pelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa dan hasil belajar. Beberapa saran-saran yang ditujukan kepada guru dan pemerintah juga dibahas.
STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI KONSEP TRI HITA KARANA PADA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA Sriasih, Sang Ayu Putu; Budasi, I Gede; Nitiasih, Putu Kerti; Wisudariani, Ni Made Rai
Jurnal IKA Vol 17, No 2 (2019): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v17i2.19843

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh data mengenai keterpahaman civitas akademika terhadap landasan Tri HIta Karana sebagai bagian dari visi Fakultas Bahasa dan Seni dan  strategi pembelajaran berorientasi konsep Tri Hita Karana oleh para dosen di lingkungan Fakultas Bahasa dan Seni. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif yang bersifat expostfacto dengan subjek penelitian para dosen, mahasiswa, dan pegawai di lingkungan Fakultas Bahasa dan Seni, Undiksha. Data penelitian dikumpulkan dengan metode studi dokumenter, metode observasi, dan metode angket. Analisis data dilakukan melalui empat tahap, yaitu (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat keterpahaman dosen, mahasiswa, dan pegawai di Fakultas Bahasa dan Seni terhadap visi fakultas tergolong sangat baik.  Dalam pembelajaran, konsep Tri Hita Karana  diimplementasikan oleh dosen dalam bagian perencanaan, pelaksanaan, maupun dalam kegiatan evaluasi pembelajaran. Konsep Tri Hita Karana diintegrasikan untuk melandasi setiap komponen strategi pembelajaran baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pada tahap evaluasi.
STRATEGI PENGEMBANGAN MAKANAN TRADISIONAL BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN SENI KULINER BALI Marsiti, Cokorda Istri Raka; Suriani, Ni Made; Sukerti, Ni Wayan
Jurnal IKA Vol 17, No 2 (2019): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v17i2.19844

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (a) melakukan penelusuran literatur dan menggali pengalaman tim peneliti terkait  jenis-jenis hidangan tradisional khas Bali, (b) melakukan uji coba resep-resep sehingga diperoleh resep-resep baku, dan (c) membuat situs Website tentang hidangan tradisional khas Bali dilanjutkan dengan mengunggah semua resep.            Penelitian ini penelitian survey dilanjutkan dengan eksperimen dengan metode pengumpulan data melalui observasi dan uji panelis untuk menilai kualitas produk, sesuai klasifikasinya yaitu makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, jajanan, dan minuman. Responden dalam penelitian ini adalah  dosen Jurusan PKK.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kajian terhadap resep-resep yang telah teridentifikasi pada penelitian menghasilkan resep-resep baku hidangan tradisional Bali.Selanjutnya,hasil uji panelis   sebagai berikut. (1)Kualitas makanan pokok khas Bali, dengan kategori baik meliputi: nasi tulen putih, nasi tulen merah, nasi kuning Bali, nasi moran sele bun, moran keladi, moransele sawi, moran biu, bubuh moreng, mengguh, ketupat, belayag, entil dan pesor; (2) Kualitas lauk-pauk  dengan kategori baik meliputi: urutan be celeng, lawar merah, lawar putih, tum ayam, pesan cakep, gerangasem, ayam betutu, tum be celeng, sate empol;(3) Kualitas hidangan sayuran dengan kategori baik meliputi:jukut ares, jukut balung nangka, jukut plecing gonda, plecing kangkung, kalas kacang panjang,urab paku, serombotan; (4) Kualitasjajanan khas Bali  dengan kategori baik meliputi: jaja bantal, jaja sumping waluh, klepon;(5)Kualitas minuman  khas Bali  dengan kategori baik meliputi: es rujak kuud, es daluman, rujak uyah sera tabya,dan rujak manis.Selanjutnya semua resep yang telah dihasilkan ini diunggah ke website dengan akun: http://cokistrirakamarisiti.com.
PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN FLEKSIBILITAS TINGKAT LANJUT DALAM PEMBELAJARAN PENCAK SILAT Halbatullah, Kholil; Astra, I.K Budaya; Suwiwa, I.G
Jurnal IKA Vol 17, No 2 (2019): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v17i2.19847

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan fleksibilitas tingkat lanjut dalam pembelajaran pencak silat.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan bahan ajar menggunakan model Borg ang Gall meliputi 10 tahap yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) Mengembangkan bentuk pendahuluan produk, (4) uji lapangan persiapan, dan (5) revisi produk utama, (6) uji lapangan utama, (7) pelaksanaan revisi produk, (8) uji lapangan oprasional, (9) revisi produk akhir, (10) penyebaran dan pengimplementasian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner.Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi bahan ajar ditinjau dari aspek isi adalah sangat baik dengan persentase 100%.Ahli mata pelajaran dengan persentasi 100%.Validitas menurut para siswa terhadap model latihan fleksibilitas tingkat lanjut dalam pembelajaran pencak silat yang dikembangkan adalah (1).uji lapangan persiapan, (2) uji lapangan utama, (3)  dan uji lapangan oprasional memperoleh presentase masing-masing sebesar 96,7%, 98,6% dan 98,7% dengan kualifikasi sangat baik dan tidak ada revisi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan model latihan fleksibilitas tingkat lanjut dalam pembelajaran pencak silat layak digunakan menurut uji ahli, uji coba lapangan persiapan, uji lapangan utama dan uji coba operasional.Penelitian ini diharapkan dapat dieksperimenkan untuk mengetahui keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar dan prestasi.
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD Tegeh, I Made; Pratiwi, Ni Luh Ariesti
Jurnal IKA Vol 17, No 2 (2019): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v17i2.19850

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, dua diantaranya adalah motivasi dan keaktifan belajar. Kurangnya motivasi dan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mempengaruhi hasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan  hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus XII Kecamatan Buleleng, 2) hubungan yang signifikan antara keaktifan belajar dengan  hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus XII Kecamatan Buleleng, 3) hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus XII Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan bersifat korelatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di SD yang terdapat pada Gugus XII Kecamatan Buleleng tahun ajaran 2018/2019 dengan sample 150 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode non-tes, data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar IPA diperoleh  koefisien korelasi R sebesar 0,768 dan sumbangan variabel kontribusi sebesar 59,1%, 2) terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan dengan hasil belajar IPA diperoleh koefisien korelasi R sebesar 0,658 dan sumbangan variabel kontribusi sebesar 43,3%, 3) secara bersama-sama terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan keaktifan dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus XII Kecamatan Buleleng  diperoleh koefisien korelasi R sebesar 0,849 dan sumbangan variabel kontribusi sebesar 72,1%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6