cover
Contact Name
JURNAL AGRIBISAINS
Contact Email
jurnal.agribisnis@unida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.agribisnis@unida.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL AGRIBISAINS
ISSN : 24425982     EISSN : 25501151     DOI : -
Jurnal Agribisains adalah jurnal resmi yang diterbitkan oleh Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Djuanda Bogor sebagai media penyebarluasan, pertukaran informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh para peneliti di lingkungan Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Djuanda Bogor dan di luar institusi. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun: April dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Agribisains" : 6 Documents clear
KERAGAAN USAHA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PETERNAKAN AYAM RAS PEDAGING Dewi Fatmawati; Siti Masithoh; Ita Novita
JURNAL AGRIBISAINS Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Agribisains
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.702 KB) | DOI: 10.30997/jagi.v4i1.1545

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keragaan usaha, faktor internal dan eksternal serta strategi alternatif usaha peternakan ayam ras pedaging di Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan peluang dalam usaha ayam pedaging adalah kemudahan bahan baku dan pertumbuhan penduduk; ancamannya yaitu harga pakan tidak stabil, rentannya terjangkit penyakit, dan harga jual fluktuatif; kekuatannya adalah hubungan baik dengan pemasok, usaha turun temurun dan pertumbuhannya cepat; kelemahannya yaitu modal terbatas, sangat tergantung kepada pedagang pengumpul dan teknologi masih sederhana. Skor bobot rata-rata  matriks IFE 2, 511 dan matriks EFE 3,045. Matriks IE pada usaha peternakan ayam ras pedaging di Kecamatan Parung terletak pada kuadran II, artinya berada pada tahap tumbuh dan kembangkan. Strategi pengembangnyanya melalui perluasan kandang, pengoptimalkan modal, peningkatkan kapasitas peternak, dan jalinan kemitraan.Kata kunci : Ayam Ras Pedaging, Analisis SWOT, Strategi pengembangan
PERSEPSI PETERNAK DAN POLA PEMASARAN SAPI POTONG Muhammad Sukri Fuad; Siti Masithoh; Wini Nahraeni
JURNAL AGRIBISAINS Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Agribisains
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.604 KB) | DOI: 10.30997/jagi.v4i1.1546

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik peternak, persepsi peternak terhadapSPR dan pola pemasaran sapi potong di Kecamatan Ciracap. Data dikumpulkan melaluisimple random sampling untuk mengetahui karakteristik dan persepsi peternak, sedangkanuntuk menelusuri lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling. Persepsi peternakterhadap SPR diukur dalam Skala Likert melalui 30 indikator. Persepsi peternak dikatakantidak baik apabila mempunyai nilai 50 – 117, persepsi kurang baik apabila mempunyai nilai118 – 185, dan persepsi peternak dikatakan baik jika mempunyai nilai 186 – 250. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa persepsi peternak terhadap program SPR di KecamatanCiracap adalah kategori baik, dengan nilai persepsi mencapai 194,57. Pola pemasaran yangterbentuk melibatkan lembaga pemasaran tengkulak Ciracap, tengkulak Tasikmalaya, TPHSurade, dan TPH Tegal Buleud. Penjualan sapi potong oleh peternak dengan caramenyebarkan informasi kepada tengkulak mengenai sapi yang akan di jual.
PREFERENSI KONSUMEN PADA PRODUK Gumdrops Puree PEPAYA CALINA IPB Hisworo Ramdani; Mela Lesmanasari
JURNAL AGRIBISAINS Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Agribisains
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1374.723 KB) | DOI: 10.30997/jagi.v4i1.1537

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara karakteristik respondendengan tingkat konsumsi permen, mengidentifikasi evaluasi responden terhadap atribut mutuproduk gumdrops puree pepaya dan mengidentifikasi atribut-atribut mutu yang perlumendapat perbaikan sebelum masuk ke tahap scale-upindustry. Metode yang digunakanadalah metode kruskal wallis untuk menguji karakteristik responden terhadap tingkatkonsumsi permen dan multi atribut fishbein untuk menguji atribut gumdrops puree pepaya.Berdasarkan hasil penelitian, karakteristik responden terdiri dari usia, jenis kelamin, statusmenikah, pendidikan, pekerjaan dan pendapatan per bulan. Hasil pengujian menggunakanmetode kruskal wallis, usia dan pekerjaan berpengaruh nyata terhadap tingkat konsumsi.Berdasarkan hasil analisis multiatribut fishbein, pada skor kepercayaan (bi) atribut rasa,aroma dan tekstur yang lebih disukai oleh respnden sedangkan pada skor evaluasi (ei) atributwarna dan tekstur yang lebih disukai oleh responden.Kata kunci: Gumdrops puree pepaya, Analisis Preferensi.
ANALISIS KINERJA RANTAI PASOK SAYURAN DAUN DI GIANT EKSTRA BOTANI SQUARE KOTA BOGOR. Arti Yusdiarti; Himmatul Miftah; Yudrik Khairi
JURNAL AGRIBISAINS Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Agribisains
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jagi.v4i1.1422

Abstract

Sayuran daun yang bersifat mudah rusak harus diberi perlakuan khusus oleh setiap pelaku rantai pasok agar tepat waktu, tepat kualitas dan tepat kuantitas Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi rantai pasok sayuran bayam, caisim, kangkung, lettuce head dan sawi putih  di Giant Ekstra Botani Square Kota Bogor. Data dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif dengan pendekatan SCOR (Supply Chain Operation References).  Penelitian dilakukan di Giant Ekstra Botani Square. Metode pengambila`n data dilakukan dengan wawancara terhadap pihak Giant Ekstra dan supplier menggunakan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi rantai pasok sayuran daun di Giant Ekstra terdiri dari empat elemen yaitu struktur rantai, manajemen rantai, sumberdaya rantai dan proses bisnis rantai pasok. Struktur rantai pasok terdiri dari Giant Ekstra, supplier, dan petani. Pengelolaan manajemen, sumberdaya, dan proses bisnis sudah efektif hal ini terlihat dari fungsi pemasaran sudah dilakukan di tiap lembaga hanya beberapa fungsi yang tidak dilakukan oleh Giant Ekstra seperti pengemasan dan pengangkutan, sedangkan supplier dan petani tidak melakukan penyimpanan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kinerja rantai pasok Giant Ekstra Botani Square Kota Bogor sudah efektif.Kata kunci : Kondisi Rantai Pasok, SCOR, Marjin Pemasaran
ANALISIS PENDAPATAN PETANI PEMASOK SAYURAN KOMERSIAL DI PASAR TRADISIONAL Tiara Dwi Soka; Arti Yusdiarti; Himmatul Miftah
JURNAL AGRIBISAINS Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Agribisains
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.386 KB) | DOI: 10.30997/jagi.v4i1.1543

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan dan perbandingan struktur biaya antarakomoditas bayam, kentang, tomat dan bawang merah pada petani yang memasok komoditaske pasar tradisional di Kota Bogor. Pemilihan responden petani diperoleh denganmenggunakan snowball sampling dari mulai pelapak sayur di Pasar Tradisional Jambu Duadan Pasar Bogor. Penelitian dilakukan di Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi,Kabupaten Bandung (pangalengan), dan Brebes. Metode penelitian dengan analisispendapatan usahatani. Hasil menunjukkan bahwa dalam luasan 0,83 Ha selama 6 bulan,diperoleh R/C Ratio bayam 1,09, tomat 1,16, kentang 2,36 dan bawang merah 1,39. Seluruhkomoditas memiliki proporsi biaya variabel yang lebih besar dibandingkan biaya tetap. Padakentang dan tomat, biaya variabel mengambil proporsi biaya lebih dari 80%. Kentang danbawang memiliki proporsi biaya benih yang paling tinggi diantara komoditas lainnya.Proporsi biaya tertinggi pada tomat terdapat pada pupuk kandang, sementara pada bayam danbawang, biaya tertinggi terdapat pada tenaga kerja.Kata kunci : Pasar Tradisonal, Snowball Sampling, Pemasok Sayuran
ANALISIS KOMPARASI USAHATANI DAN MARGIN TATANIAGA USAHATANI WORTEL ORGANIK DAN WORTEL NON ORGANIK Lutfi Saefullah; Apendi Arsyad; Himmatul Miftah
JURNAL AGRIBISAINS Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Agribisains
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.833 KB) | DOI: 10.30997/jagi.v4i1.1544

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan pendapatan usahatanipertanian wortel organik dan non organik serta membadingkan marjin tataniaga dan saluranpemasaran serta Farmer’s Share dari pertanian wortel organik dan non organik. Penelitian inidilakukan pada bulan Januari – September 2014 dan bertempat di Kecamatan Cisarua Kab.Bogor.. Penelitian ini disusun menggunakan metode analisis usahatani, marjin tataniaga,saluran pemasaran, Farmer’s Share dan Uji-t untuk perbandingannya. Hasil yang diperolehdari analisis adalah pertanian organik memiliki nilai pendapatan lebih besar 5,51% dibandingnon organik. Analisis perbandingan dengan Uji-t mendapatkan nilai t-hitung sebesar -0,247dan t-tabel sebesar 2,048 yang artinya secara signifikan tidak terdapat perbedaan pendapatandari pertanian wortel organik dengan non organik walupun ada perbedaan angka padapendapatan.. Saluran pemasaran yang menguntungkan petani wortel non organik yaitu padasaluran 1 dengan nilai marjin tataniaga sebesar Rp 3.500/Kg dengan persentase 50% danFarmer’s Share sebesar 50%, sedangkan pertanian non organik pada saluran 4 dengan marjintataniaga sebesar Rp 15.500/Kg dengan persentase Farmer’s Share sebesar 22,50%.Kata kunci : Usahatani, marjin tataniaga, saluran pemasaran,Farmer’ Share

Page 1 of 1 | Total Record : 6