cover
Contact Name
rio era deka
Contact Email
riopascaunisma@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
riopascaunisma@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)
ISSN : 25416030     EISSN : 26216957     DOI : http://dx.doi.org/10.33474/manajemen.v5i1
Core Subject : Science,
Journal of Scientific JIMMU Program master of Management UNISMA. JIMMU will be published twice in March and September. With the uniqueness of two times to enable the translation that can be done both quantitative and qualitative. making research into Indonesia's economy 4.0. The JIMMU topics include to Economic, Financial Management, Marketing Management, Operations Management, Human Resource Management, Strategic Management, International Business, Business Ethics, E-Business, Entrepreneurship, Business Community Service.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2023)" : 10 Documents clear
PERILAKU KEUANGAN PADA GEN-Z Dwi Susilowati; Juwari Juwari; Ega Priamay Sella
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 8 No. 1 (2023)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v8i1.19047

Abstract

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial variabel Literasi Keuangan, Digital Banking dan Gaya Hidup Hedonis terhadap Perilaku Keuangan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 270 mahasiswa aktif kelas A Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan yang dihitung menggunakan rumus slovin dengan teknik purposive sampling. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reabilitas dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokesdastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel literasi keuangan (X1) dan gaya hidup hedonis (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan (Y). Sedangkan variabel digital banking (X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku keuangan (Y). Kata Kunci:  Literasi Keuangan; Digital Banking; Gaya Hidup Hedonis; Perilaku Keuangan               This study aims to determine the partial effect of Financial Literacy Variables, Digital Banking and Hedonic Lifestyle on Financial Behavior in students of the Faculty of Economics, University of Balikpapan. This study used a sample of 270 active class A students, Faculty of Economics, University of Balikpapan which was calculated using the Slovin formula with purposive sampling technique, namely the selection was based on certain characteristics or traits that were considered to have something to do with the characteristics or characteristics of the population that had been previously known. The test used to test the research instrument in the form of validity test, reliability test and classical assumption test consisting of normality test, multicollinearity test and heteroscedasticity test. The results showed that partially financial literacy variables (X1) and hedonic lifestyle (X3) had a positive and significant influence on financial behavior (Y). While the digital banking variable (X2) has a positive and insignificant effect on financial behavior (Y). Keywords: Financial Literacy; Digital Banking; Hedonic Lifestyle; Financial Behavior
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN JASA LISTED BEI Diana Dwi Astuti; Wiwik Fitria Ningsih
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 8 No. 1 (2023)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v8i1.18767

Abstract

            Waktu penyelesaian audit oleh auditor yang memiliki reputasi baik cenderung lebih pendek sehingga reputasi KAP  berpengaruh terhadap audit delay. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh Ukuran Perusahaan, Kompleksitas operasi perusahaan, reputasi kantor akuntan publik dan opini Auditor secara parsial terhadap audit delay.; Untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, kompleksitas operasi perusahaan, reputasi kantor akuntan publik dan  opini auditor secara simultan terhadap audit delay. Penelitian ini menunjukan bahwa sebaiknya perusahaan dalam menghindari resiko audit delay memperhatikan ukuran perusahaan karena dapat mempengaruhi manajemen untuk lama atau tidaknya proses pengerjaan laporan keuangan. Dengan ukuran perusahaan semakin besar yang dilihat dari indikator total aktiva, jumlah penjualan dan nilai saham, maka perusahaan tersebut akan lebih baik dalam pengerjaan laporan keuangan sehingga saat pengauditan lebih cepat dan resiko audit delay akan tehindar sebaliknya jika ukuran perusahaan tidak besar akan memperlambat proses pengerjaan laporan keuangan yang akan mengakibatkan resiko audit delay. Kata Kunci:  Pemeriksaan, Akuntan Publik, Opini, Audit delay             The audit completion time by an auditor who has a good reputation tends to be shorter so that the KAP reputation affects audit delay. The purpose of this study is to analyze the effect of company size, complexity of company operations, reputation of public accounting firm and auditor's opinion partially on audit delay; To analyze the effect of firm size, complexity of company operations, reputation of public accounting firm and auditor's opinion simultaneously on audit delay. This research shows that the company should avoid the risk of audit delay by paying attention to the size of the company because it can affect the management for the length of the process of working on the financial statements. With the size of the company getting bigger as seen from the indicators of total assets, total sales and value of shares, then the company will be better at working on financial statements so that when auditing is faster and the risk of audit delay will be avoided, otherwise if the size of the company is not large it will slow down the report processing process. which will result in the risk of audit delay. Keywords: Public Accountant, Opinion, Audit Delay
JOB DEMANDS DAN JOB RESOURCES (JD-R) PENGARUHNYA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN Suhardoyo; Sinta Rukiastiandari; Isyana Emita; Eneng Iviq Hairo Rahayu; Rahayu Ningsih
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 8 No. 1 (2023)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v8i1.19335

Abstract

            Produktivitas karyawan yang stabil dan sesuai target adalah merupakan faktor yang sangat penting untuk menjaga  kelangsungan hidup perusahaan tetapi  untuk menciptakan produktivitas  bukanlah hal yang mudah dilakukan. Tuntutan pekerjaan (job demands) dan sumber daya pekerjaan (job resources) merupakan  faktor  yang apabila kurang baik dalam mengatur dan mengelola maka akan berpengaruh terhadap produktivitas karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh job demands dan job resources  terhadap produktivitas karyawan, yang  dilakukan pada industri textile dengan jumlah sampel sebesar 92 responden dengan teknik pengambilan sample secara probability sampling.  Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, kuesioner dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda  dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian diperoleh nilai produktivitas  karyawan tanpa variabel job demands dan job resources , nilai koefisien 5,293. Untuk variabel job demands memiliki pengaruh negatif terhadap produktivitas karyawan dan job resources  memiliki pengaruh yang positif terhadap produktivitas karyawan. Hasil uji parsial (uji-t) variabel job demands  dan variabel  job resources  berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan. Sedangkan secara simultan atau bersama- sama (uji F) menunjukkan variabel job demands dan job resources berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan.dengan  nilai koefisien determinasi sebesar 57,6%, sedangkan sisanya sebesar 42,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Oleh karena itu  perlu dikelola dengan baik dan seimbang untuk menjaga produktivitas dalam menjaga kelangsungan hidup perusahaan dengan kinerja yang maksimal dapat tercapai. Kata Kunci:  Job Demands, Job Resources , Produktivitas Karyawan             Stable and targeted employee productivity is a very important factor for maintaining the company's survival, but creating productivity is not an easy thing to do. Job demands and job resources are factors which, if they are not well organized and managed, will affect employee productivity. This study aims to examine the effect of job demands and job resources on employee productivity, which was carried out in the industry textile with a sample size of 92 respondents using probability sampling technique. Data collection was carried out using interviews, questionnaires and documentation. The data analysis technique used was multiple linear regression analysis using SPSS. The results of this study obtained the value of employee productivity without the variable job demands and job resources, a coefficient of 5.293. The job demands variable has a negative effect on employee productivity and job resources have a positive effect on employee productivity. The results of the partial test (t-test) for the variable job demands and job resources have a significant effect on employee productivity. Meanwhile, simultaneously or together (F test) it shows that job demands and job resources variables have a significant effect on employee productivity, with a coefficient of determination of 57.6%, while the remaining 42.4% is explained by other variables not examined. Therefore it needs to be managed properly and balanced to maintain productivity in maintaining the survival of the company with maximum performance that can be achieved. Keywords: Job Demands, Job Resources, Employee’s Productivity
PENGARUH PERSEPSI DAN PARTISIPASI DALAM MANAJEMEN RANTAI PASOK BERKELANJUTAN: STUDI PADA PENGGUNA SMARTPHONE DI KOTA SEMARANG Haunan Damar; Pradana Jati Kusuma; Mochammad Eric Suryakencana Wibowo
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 8 No. 1 (2023)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v8i1.19455

Abstract

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan partisipasi konsumen dalam manajemen rantai pasok berkelanjutan terhadap produk smartphone di Kota Semarang. Penelitian ini juga menguji apakah niat pembelian memediasi kemauan membayar lebih pada konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei kuesioner, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah populasi tidak terbatas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh langsung niat pembelian terhadap kemauan membayar lebih. Hasil juga menunjukkan adanya pengaruh persepsi dan partisipasi dalam manajemen rantai pasok berkelanjutan terhadap niat pembelian dan kemauan membayar lebih. Kata Kunci : Kemauan Membayar Lebih; Persepsi; Partisipasi; Sustainable Supply Chain Management; Smartphone               This study aims to determine consumer perception and participation in sustainable supply chain management of smartphone products in the city of Semarang. This study also examines whether purchase intention mediates consumers' willingness to pay more. The data collection method used was survey questionnaire, the sampling method used was purposive sampling with an unlimited number of population. The result of this study indicates that there is a direct effect of purchase intention on willingness to pay more. The results also show that there is an influence of perception and participation in sustainable supply chain management. Keywords : Willingness to Pay More; Perception; Participation; Sustainable Supply Chain Management; Smartphone
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN HIJAB DI ZOYA PURWOKERTO Syafi'ah
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 8 No. 1 (2023)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v8i1.19391

Abstract

              Perilaku pembelian konsumen mengacu pada tindakan yang diambil oleh konsumen selama penelitian, pemilihan, akuisisi, pemanfaatan, evaluasi, dan akhirnya membuang barang dan jasa yang dimaksudkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka. Pengetahuan perusahaan tentang perilaku pelanggan mencakup solusi untuk masalah seperti "apa yang harus dibeli", "di mana membeli", "bagaimana kebiasaan" ("seberapa sering membeli"), dan "dalam kondisi apa" ("dalam keadaan apa" ) dalam kaitannya dengan keputusan pembelian. Meneliti bagaimana kualitas produk, harga, pemasaran, dan saluran distribusi semuanya berperan dalam keputusan pembelian akhir konsumen adalah tujuan utama penyelidikan ini. Menurut sig, kualitas suatu produk memang berperan dalam keputusan akhir pembelian konsumen. Persentasenya kurang dari lima persen, tepatnya 0,006 0,05. Nilai sig menunjukkan bahwa harga tidak berperan besar dalam keputusan akhir konsumen. 0,78 > 0,05 menunjukkan bahwa hitungan tersebut signifikan secara statistik. Nilai sig menunjukkan bahwa iklan tidak memiliki dampak nyata pada pilihan konsumen. 0,736 lebih besar dari 0,05, maka tingkat signifikansinya lebih tinggi. Bukti menunjukkan bahwa saluran distribusi berdampak besar pada pilihan konsumen. Jumlahnya kurang dari 0,05, khususnya 0,012 0,05. Analisis regresi linier menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti kualitas produk, harga, promosi, dan saluran distribusi hanya menyumbang 31,4% dari varian belanja konsumen, sedangkan 68,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: kualitas produk, harga, promosi, saluran distribusi dan keputusan pembelian.               Consumer buying behaviour refers to the actions taken by consumers during the research, selection, acquisition, utilization, evaluation, and eventual discard of goods and services intended to meet their wants and needs. The company's knowledge of customer behavior includes the solutions to issues like "what to buy," "where to buy," "how are habits" ("how often to buy"), and "under what condition" ("under what circumstances") in relation to purchasing decisions. Researching how product quality, price, marketing, and channel of distribution all play a role in consumers' final buying decisions was the primary goal of this investigation. According to the sig, the quality of a product does play a role on consumers' final purchasing decisions. The percentage is less than five percent, specifically 0.006 0.05. The sig value indicates that the price does not play a substantial role in consumers' final decision. 0.78 > 0.05 indicates that the count is statistically significant. The sig value indicates that advertising has no noticeable impact on consumer choice. 0.736 is bigger than 0.05, hence the significance level is higher. The evidence shows that distribution channels have a major impact on consumer choice. There are fewer than 0.05 of them, specifically 0.012 0.05. A linear regression analysis shows that factors such as product quality, price, promotion, and distribution channels account for just 31.4% of the variance in consumer spending, while the remaining 68.6% is impacted by other factors. Keywords: prodak quality, price, promotion, distribution channels and purchase decisions.  
DETERMINAN KEBIJAKAN DIVIDEN: STUDI PERUSAHAAN LQ45 DI BEI Pradana Jati Kusuma; Haunan Damar; Foza Hadyu Hasanatina
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 8 No. 1 (2023)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v8i1.19421

Abstract

Pandemi virus Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 membuat perekonomian terpuruk tak terkecuali untuk perusahaan yang tergabung dalam indeks LQ45 yang dianggap memiliki likuiditas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku kebijakan dividen pada perusahaan LQ45 ditengah kondisi ketidakpastian ekonomi pada saat itu. Menggunakan teknik purposive sampling dalam pemilihan sampel sehingga diperoleh 11 perusahaan sampel yang sesuai. Proses analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa debt ratio, firm size, dan exchange rate berpengaruh signifikan, sedangkan cash flow dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio. Hal ini menunjukkan bahwa beberapa perusahaan memilih mengalokasikan laba untuk usaha berkelanjutan mulai dari efisiensi hingga restrukturisasi modal pada saat pandemi yang ditunjukkan dari pengurangan porsi rasio pembayaran dividen. Kata kunci: kebijakan dividen; payout ratio; pandemi; LQ45   The Covid-19 virus pandemic that occurred in 2020 brought the economy down, including companies included in the LQ45 index which are considered to have good liquidity. This study aims to identify the factors that influence the behaviour of dividend policy in LQ45 companies amid conditions of economic uncertainty at that time. Using a purposive sampling technique in selecting the sample to obtain 11 appropriate sample companies. The data analysis process was carried out using quantitative methods using panel data regression. The results showed that the debt ratio, firm size, and the exchange rate had a significant effect, while cash flow and profitability had no significant effect on the dividend payout ratio. This shows that several companies chose to allocate profits for sustainable businesses ranging from efficiency to capital restructuring during the pandemic as shown by the reduction in the portion of the dividend payout ratio. Keywords: dividend policy; payout ratio; pandemic; LQ45
LIKUIDITAS COORPORATE GOVERNANCE DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN KAS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI SUMATERA UTARA Annio Indah Lestari Nasution; Dian Mei Suri; Nurul Amelia Pratiwi Ritonga; Thalia Anandani
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 8 No. 1 (2023)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v8i1.19441

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis likuiditas coorporate governance dalam penyusunan anggaran kasDinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara dan peneliti ingin mengetahui bagaimana penyusunan anggaran dan laporan realisasi anggaran pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara apakah telah sesuai atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptip kualitatif dan dalam pelaksanaannya penelitian ini mengumpulkan data primer yang diperoleh dari staff penyusunan anggaran dan program. Tenknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data yang diperoleh dengan cara kualitatif depada bagian keuangan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif mencakup transkip hasil wawancara, reduksi data, analisis, interpretasi data dan triangulasi. Dari hasil analisis data yang kemudian dapat ditarik kesimpulan.dan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan pengendalian kas yang ada di Dinas Komminfo Provinsi Sumatera Utara mengalami kekurangan dalam hal efisiensi anggarannya. Pengaruh anggaran kas yang ada terhadap pengendalian kas di dinas dapat dikatakan tidak efektif. Kata kunci: Penyusunan Anggaran, Laporan Anggaran, Dinas Komunikasi Dan Informatika, Sumatera Utara, Magang             This study aims to analyze corporate governance liquidity in the preparation of the budget for the Office of Communication and Informatics of North Sumatra Province and researchers want to find out how the preparation of the budget and reports on budget realization at the Office of Communication and Informatics of North Sumatra Province are appropriate or not. The method used in this study is a qualitative descriptive research method and in practice this research collects primary data obtained from budgeting and program staff. The data analysis technique used in this study is data obtained qualitatively from the financial department of the Communication and Informatics Office of North Sumatra Province. Data analysis techniques used in qualitative research include interview transcripts, data reduction, analysis, data interpretation and triangulation. From the results of data analysis, conclusions can then be drawn. And the results of the research conducted found that cash control in the Kominfo Office of North Sumatra Province experienced deficiencies in terms of budget efficiency. The influence of the existing cash budget on cash control in the department can be said to be ineffective. Keywords: Budget Preparation, Budget Report, Office of Communication and Informatics, North Sumatra, Internship
PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN USAHA RUMAHAN (Studi pada Aktifitas Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Desa Wisata Dewi Sri Di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang) Sigit Wahyudi; Abdul Wahid Mahsuni; Sulafah Fathin Khannanah
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 8 No. 1 (2023)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v8i1.19473

Abstract

Salah satunya kalangan wanita bisa tingkatkan keselamatan keluarganya dengan melaksanakan aktivitas upaya produktif rumah tangga, dengan memproduksi serta menjual makan rumahan,agar meningkatkan perekonomian. Kesempatan bidang usaha hidangan rumahan tengah terbuka karna hidangan rumahan ialah hidangan penting penduduk, dimana hidangan itu diperlukan tiap saat. Bidang usaha santapan rumahan tidak sangat susah dicoba, sebab ibu- ibu rumah tangga bisa melaksanakan aktivitas pembuatan ataupun memasak sekalian buat keluarganya serta materi bakunya gampang didapat di pasar- pasar konvensional. Aktivitas dedikasi warga ini, bermaksud buat ( 1) menggunakan kemampuan ibu rumah tangga guna mendapatkan pemasukan tambahan untuk menopang ekonomi keluarga.( 2) Tingkatkan perekonomian atau keselamatan keluarga. Luaran aktivitas dedikasi warga ini merupakan Ibu- ibu Rumah Tangga Desa Sidorejo, Kabupaten Malang bisa membenarkan manajemen upaya serta mencari kesempatan upaya yang bisa dicoba dari rumah tanpa wajib meninggalkan keluarga. Kata Kunci: Pemberdayaan, Ibu Rumah Tangga, Upaya Rumahan, Ekonomi Keluarga               One of them is that women can increase the safety of their families by carrying out household productive activities, by producing and selling home-cooked meals, in order to boost the economy. The opportunity for the home-cooked meal business is opening up because home-cooked meals are the main dish of the people, where these dishes are needed at any time. The home-based food business is not too difficult to try, because housewives can carry out manufacturing or cooking activities at the same time for their families and the raw materials are easily available in conventional markets. This community dedication activity intends to (1) use the ability of housewives to get additional income to support the family economy. (2) Improve the economy or family safety. The output of this community dedication activity is that the housewives of Sidorejo Village, Malang Regency can justify business management and look for business opportunities that can be tried from home without having to leave the family. Keywords: Empowerment, Housewife, Home Effort, Family Economy
STRATEGI STRATEGI PENGELOLAAN MODEL BISNIS BADAN USAHA MILIK DESA DI KABUPATEN JOMBANG Irfan Kharisma Putra; Ladito Risang Bagaskoro; Bayu Indra Pratama; M. Rizki Pratama; Ahmad Bachtiar Arif Arif
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 8 No. 1 (2023)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v8i1.19503

Abstract

            Sejauh ini level Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Jombang tergolong maju, akan tetapi dengan munculnya tantangan berbagai masalah yang semakin kompleks diperlukan strategi pengelolaan model bisnis yang tepat pula. Tanpa strategi pengelolaan yang tepat, fungsi BUMDes untuk membantu mempercepat kesejahteraan desa akan semakin lambat tercapai. Oleh karena itu studi ini menganalisis berbagai masalah dasar dalam pengelolaan model bisnis BUMDEs di Kabupaten Jombang dan kemudian memberikan rekomendasi tentang rumusan strategi penting untuk mengelola model bisnis BUMDes di Kabupaten Jombang agar lebih baik lagi. Peneliti menerapkan metode kualitatif untuk mengambil data hasil wawancara dari berbagai pemangku kepentingan yang memahami tentang pengelolaan model bisnis BUMDes di Kabupaten Jombang. Hasil wawancara digunakan karena peneliti mengharapkan kedalaman data yang tidak dapat ditangkap oleh data umum hasil statistik. Pada akhirnya peneliti menarik kesimpulan bahwa strategi yang diperlukan untuk meningkatkan pengelolaan model bisnis BUMDes di Kabupaten Jombang terdiri dari strategi kelembagaan dan strategi partisipasi masyarakat. Kata kunci: BUMDes, Ekonomi Desa, Pengelolaan, Bisnis Model             So far, the level of Village-Owned Enterprises (BUMDes) in Jombang Regency is considered advanced, but with the emergence of challenges, various problems that are increasingly complex require appropriate business model management strategies. Without the right management strategy, the function of BUMDes to help accelerate village welfare will be slower to achieve. Therefore, this study analyzes various basic problems in the management of business model BUMDes in Jombang Regency and then provides recommendations on the formulation of important strategies for managing business model BUMDes in Jombang Regency to be even better. Researchers applied qualitative methods to collect data from interviews from various stakeholders who understand the management of business model BUMDes in Jombang Regency. Interview results are used because researchers expect a depth of data that cannot be captured by general statistical data. In the end, the researcher concluded that the strategies needed to improve the management of business model BUMDes in Jombang Regency consisted of institutional strategies and community participation strategies. Keywords: Village-Owned Enterprises, Village Economic, management, business model
KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA BERPENGARUH TERHADAP KINERJA KARYAWAN J&T EXPRESS Supardi
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 8 No. 1 (2023)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v8i1.19285

Abstract

Kemajuan teknologi di era globalisasi saat ini telah merubah gaya hidup masyarakat yakni kecenderungan terhadap segala sesuatu yang simpel dan praktis. Salah satu hal yang paling menonjol adalah pembelian dan penggunaan jasa pengiriman barang yang memiliki keterjangkauan regional. J&T Express adalah salah satu jasa pengiriman barang yang diminati oleh masyarakat Indonesia. J&T Express merupakan perusahaan ekspedisi yang fokus memberikan kepuasan dan motivasi kerja kepada karyawan untuk meningkatkan semangat kerja sehingga karyawan mampu menghasilkan kinerja yang baik. Dengan adanya kinerja karyawan yang baik maka target dan tujuan perusahaan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan kerja dan motivasi kerja karyawan J&T terhadap kinerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah exsplanatory research dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden yang diambil secara acak dari beberapa kantor J&T yang tersebar di wilayah Bekasi Jawa Barat. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan yakni uji instrumen terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas data, uji asumsi klasik menggunakan uji mulktikolenieritas dan uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan kepuasan kerja dan motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan J&T baik secara simultan maupun secara parsial. Kata kunci: kepuasan kerja, motivasi kerja, kinerja             Advances in technology in the current era of globalization have changed people's lifestyles, namely the tendency towards everything that is simple and practical. One of the things that stands out the most is purchasing and using freight forwarders that have regional affordability. J&T Express is one of the goods delivery services that are in demand by the people of Indonesia. J&T Express is a shipping company that focuses on providing satisfaction and work motivation to employees to increase morale so that employees are able to produce good performance. With good employee performance, the company's targets and goals can be achieved. This study aims to analyze job satisfaction and work motivation of J&T employees on employee performance. The research method used is explanatory research with a total sample of 60 respondents taken randomly from several J&T offices spread across the Bekasi area, West Java. Source of data in this study using primary data and data collection techniques using questionnaires. The analytical method used is an instrument test consisting of validity and reliability tests, data normality tests, classic assumption tests using multicollinearity tests and heteroscedasticity tests, multiple linear regression analysis tests, and hypothesis testing. The results of the analysis show that job satisfaction and work motivation have a significant positive effect on the performance of J&T employees both simultaneously and partially. Keywords: job satisfaction, work motivation, performance

Page 1 of 1 | Total Record : 10