cover
Contact Name
Saiful Almujab
Contact Email
saifulalmujab@unpas.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
journaloikos@unpas.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Published by Universitas Pasundan
ISSN : 25492284     EISSN : 25492284     DOI : -
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi is a scientific journal in Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan that serves as a media for publication of ideas, studies and quality research results related to Economic and Economic Education at universities, high schools and vocational schools to support the achievement of educational goals National in the field of economic education.
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2022): Oikos : Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi" : 1 Documents clear
PENGARUH PELATIHAN, PENGEMBANGAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KOMPETENSI GURU: Survey pada Guru di SMAN 1 Bandung Yudho Ramafrizal; S. Marten Yogaswara; Veri Aryanto Sopiansah
Oikos : Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi Vol. 6 No. 2 (2022): Oikos : Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi
Publisher : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/oikos.v6i2.6188

Abstract

Sebagai salah satu upaya investasi SDM di era globalisasi IPTEK, pendidikan menjelma sebagai kebutuhan, dalam proses pemenuhan pendidikan dan teknologi tersebut menuntut seorang guru memiliki kompetensi yang sesuai dengan standart yang telah ditetapkan. Tujuan tersebut akan tercapai apabila manajemen organisasi sekolah memilih tenaga didik yang berpengalaman, selain itu juga memberikan fasilitas pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kompetensi tenaga didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial, simultan dan dominan antara pelatihan, pengembangan dan pengalaman kerja terhadap kompetensi guru di SMAN 1 Bandung. Hasil Uji F pada penelitian ini menunjukkan 30.919 > 2.99, yang artinya secara simultan terdapat pengaruh signifikan yang kuat antara variabel Pelatihan, Pengembangan dan Pengalaman Kerja terhadap Kompetensi. Secara parsial hanya variabel Pelatihan dan Pengalaman Kerja yang berpengaruh terhadap Kompetensi, Hasil pada penelitian juga menunjukkan bahwa Pengalaman Kerja memiliki pengaruh dominan terhadap Kompetensi Kerja. Dampak penelitian ini diharapkan menjadi perhatian bagi setiap sekolah guna meningkatkan kompetensi guru dengan cara sesuai hasil penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 1