cover
Contact Name
Ventje Jeremias Lewi Engel
Contact Email
ventje@ithb.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
dina_angela@ithb.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Telematika
ISSN : 18582516     EISSN : 25793772     DOI : -
Jurnal Telematika is a scientific periodical written in Indonesian language published by Institut Teknologi Harapan Bangsa twice per year. Jurnal Telematika publishes scientific papers from researchers, academics, activist, and practicioners, which are results from scientific study and research in the field of telematics and information technology.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2013)" : 8 Documents clear
Kecepatan dan Konsensus dalam Keputusan Stratejik di Lingkungan High Velocity: Sebuah Studi Literatur Samuel Tarigan
Jurnal Telematika Vol 8, No 1 (2013)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konsensus dan kecepatan keputusan stratejik adalah dua keluaran proses keputusan yang menjadi konstruk penting dalam proses strategi karena berpengaruh pada kinerja perusahaan (Rajagopalan, Rasheed, dan Datta 1993) terutama di lingkungan high velocity (Eishenhardt, 1989). Studi literatur ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi penelitian-penelitian terdahulu menyangkut kedua konstruk tersebut untuk memahami pengaruhnya pada kinerja perusahaan dan anteseden-anteseden dari keduanya. Hasil menunjukkan bahwa 1) baik kecepatan keputusan stratejik maupun konsensus pada umumnya meningkatkan kinerja, dan 2) anteseden keduanya dapat berada pada tingkat individu, tim manajemen puncak, proses, organisasi, dan industri. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan secara empirik untuk memahami apakah keduanya dapat dicapai secara bersamaan oleh manajemen puncak sehingga meningkatkan keberhasilan eskekusi strategi (Dooley, Fryxell, dan Judge, 2000), dan kinerja perusahaan secara keseluruhan, terutama di lingkungan high velocity. Consensus and strategic decision making speed are two decision process outcomes that are important in the field of strategy process because their influence on a firm’s performance (Rajagopalan, Rasheed, and Datta 1993), especially in high velocity environment (Eisenhardt, 1989). This literature review was conducted by identifying previous studies on both constructs in order to gain insights on their consequences on firm performance as well as their antecedents. Results show that 1) both strategic decision speed and consensus generally improve firm performance, and 2) their antecedents can be related to individual, top management team, process, organization, or industry factors. Further research can be done empirically in order to build understanding on whether both constructs can be achieved simultaneously by top management team such that the success of strategy execution (Dooley, Fryxell, and Judge, 2000) and the firm’s overall performance can be improved especially in high velocity environment
Pemanfaatan Arsitektur Informasi pada Pengembangan Sistem Informasi Pemeliharaan Jalan dan Lingkungan Tol (Studi Kasus: PT. Jasa Marga) Daniel Simbolon; Yosi Yonata; Tamsir Hasudungan Sirait
Jurnal Telematika Vol 8, No 1 (2013)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Jasa Marga cabang Purbalenyi Bandung bertugas mengelola operasional jalan tol pada ruas KM 67 sampai dengan KM 157. Salah satu bentuk pengelolaan jalan tol adalah inspeksi dan perbaikan di ruas jalan tol. Akan tetapi pengelolaan inspeksi dan perbaikan tersebut dirasa masih kurang optimal karena kurang baiknya arus informasi yang berakibat pada kurangnya koordinasi antar bagian dalam perusahaan. Untuk mengatasi permasalahan ini, sebuah sistem informasi terintegrasi dirancang untuk memungkinkan koordinasi antar bagian perusahaan, khususnya arus informasi yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan inspeksi dan perbaikan. Makalah ini membahas pengembangan sistem informasi yang berbasis arsitektur informasi, dengan penekanan pada arus informasi yang dibutuhkan dalam inspeksi dan perbaikan tol. PT. Jasa Marga Purbaleunyi is in charge of managing toll roads operaion on a segment KM 67 to KM 157. One form of toll roads management is inspection and repair on the toll roads. However, the management of the inspection and repair is still not optimal due to lack of good flow of information that resulted in a lack of coordination between the division of the company. To solve this problem, an integrated information system is designed to enable coordination between divisions of the company, especially the flow of information needed to conduct inspections and repairs. This paper discusses the development of information system based on information architechture, with an emphasis on the flaw of information needed in the inspection and repairs of the toll roads.
Pengembangan Sistem Penilaian Kualitas Pelayanan dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Evasaria Sipayung; Arief Samuel Gunawan
Jurnal Telematika Vol 8, No 1 (2013)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumah Sakit Advent Bandung (RSAB), yang berlokasi di Jl. Cihampelas No. 161, merupakan salah satu rumah sakit swasta yang ada di Jawa Barat. RSAB ingin terus meningkatkan kepuasan pasien dengan memberikan pelayanan yang berkualitas. Kepuasan pasien sangat erat kaitannya dengan pengelolaan terhadap feedback dari pasien. Saat ini RSAB memiliki kesulitan dalam menilai kualitas pelayanan jasa dan tingkat kepuasan pasien terutama dalam hal mengolah feedback dari pasien. Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) yang merupakan salah satu metode untuk mengukur tingkat kepuasan pasien (sudut pandang pasien). Penelitian ini menghasilkan sistem penilaian kualitas pelayanan yang dikembangkan dengan menerapkan metode IPA. Sistem yang dikembangkan memiliki kemampuan dalam mengolah data feedback dari pasien menghasilkan informasi yang berguna untuk mengambil keputusan. Hasil penelitian dari pengujian terhadap sistem yang dikembangkan membantu rumah sakit dalam mengolah data feedback dari pasien menjadi informasi untuk pengambilan keputusan peningkatan kualitas pelayanan. Bandung Adventist Hospital (BAH) in Jl. Cihampelas No. 161 is a private hospital located in West Java. BAH want to improve patient satisfaction by providing quality service. Patient satisfaction is very closely related to the management of patient's feedback. BAH have difficulty in assessing the quality of service and level of patient satisfaction, especially in terms of processing patients' feedback into useful information. This research applied Importance Performance Analysis (IPA) method to measure the level of satisfaction from the patient's point of view. This research also generates service quality assessment system developed by applying IPA. The system has ability to process patient's feedback data to produce useful inforrmation for decision making. The result of research from system testing help to process patient's feedback data into useful information fro decision-making to improve the quality of service.
Sistem Wawancara Virtual untuk Penerimaan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika di ITHB dengan Metode Natural Language Processing Harry Hartanto; The Houw Liong; Inge Martina
Jurnal Telematika Vol 8, No 1 (2013)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Institut Teknologi Harapan Bangsa khususnya jurusan Teknik Informatika memiliki sistem penerimaan mahasiswa baru dengan metode wawancara secara langsung oleh kepala departemen. Metode natural language processing, adalah metode yang memproses input teks menjadi kata-kata kunci jawaban user. Proses-proses yang terlibat adalah stemming, parsing, dan scoring. Stemming adalah proses untuk mencari kata dasar. Sistem sudah mempunyai kumpulan kata dasar yang dikenali dan disimpan di dalam lexicon. Hasil stemming akan diberi atribut yang berupa bobot dan tipe kata. Proses selanjutnya adalah parsing yaitu merangkai kata-kata dasar menjadi struktur kalimat. Parsing seperti ini disebut bottom-way parsing. Proses terakhir adalah scoring yaitu menghitung bobot dan menilai jawaban user. Hasil akhir dari sistem adalah mengkalkulasikan semua nilai dari setiap jawaban dan menampilkan total skor dari user tersebut. Institut Teknologi Harapan Bangsa majoring in Informatics Engineering in particular has a new admission system by doing direct interview by the head of department. Natural Language Processing is a method for processing the input text into the user answer keywords. Processes involved are stemming, parsing and scoring. Stemming is a process for finding base form of the word. System already has dictionary of known words that called lexicon. The result of stemming will be given attributes that consist of weight and type of the word. The next process is parsing that will build those base words into sentence structure. Such parsing is so called bottom-way parsing. The final proccess is scoring that will calculate the score of the user answer. The end result of the system is to calculate all the values of each answer and display  the total score of that user.
Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty (di Rumah Makan REE) Sandria Sarim; Ari Setiawan; Roy Freddy Sihombing
Jurnal Telematika Vol 8, No 1 (2013)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

REE adalah salah satu restoran yang berada di kota Bandung, memiliki keunggulan menyajikan hidangan khas Indonesia dan suasana tempat tahun 70an. Agar dapat bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah meningkatkan loyalitas pelanggan. Loyalitas tersebut dapat dicapai jika pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh restoran. Sampel dalam penelitian ini adalah 150 orang pelanggan dari REE. Structural Equation Modelling (SEM) dijalankan dengan perangkat lunak AMOS untuk melakukan analisis data. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa dari lima hipotesis, hanya tiga hipotesis yang dapat diterima, yaitu: Total Quality Management dan Empowering Employee. Keduanya secara positif dan signifikan mempengaruhi Customer Satisfaction, yang secara positif dan signifikan mempengaruhi Customer Loyalty. Penelitian ini juga menghubungkan hasil penelitian terhadap implikasi teoritis maupun manajerial.
Desain dan Implementasi Antena Susunan Mikrostrip Patch Persegi Panjang Empat Elemen pada 2,3 GHz Menggunakan Teknik Pencatuan dengan Distribusi Dolph -Tchebyscheff Dina Angela; Yuyu Wahyu; Tony Porayauw
Jurnal Telematika Vol 8, No 1 (2013)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini melakukan perancangan dan realisasi sebuah antena, yang terdiri atas susunan empat mikrostrip patch persegi panjang yang dicatu secara seri menggunakan distribusi Dolph-Tchebyscheff. Antena ini dirancang untuk dapat bekerja pada frekuensi 2,3 GHz karena frekuensi tersebut digunakan untuk Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) sehingga antena ini dapat digunakan untuk aplikasi WiMAX. Makalah ini menjelaskan proses desain, realisasi, hingga pengukuran. Desain dimulai dengan perhitungan secara teoritis berdasarkan teori desain antena mikrostrip dan teori distribusi Dolph-Tchebyscheff. Kemudian, hasil perhitungan tersebut dioptimalisasi dengan bantuan suatu perangkat lunak desain antena hingga memperoleh karakteristik antena sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Keluaran akhir dari penelitian ini adalah sebuah prototipe antena susunan mikrostrip patch persegi panjang empat elemen yang bekerja pada frekuensi 2,3 GHz. Parameter antena, seperti VSWR, polarisasi, pola radiasi, bandwidth, dan gain, juga diukur. Pada akhir proses penelitian ini, hasil pengukuran dibandingkan dengan hasil perhitungan teoritis dan simulasi. Antenna array consist of four rectangular microstrip patch antennas with serial feeding using Dolph-Tchebyscheff distribution will be design in this research. This antenna works at 2.3 GHz because the frequency is used for Worldwide Interoperability for Microwave Access (WIMAX) so that the antenna can be applied for WIMAX applications. This paper decribes the process design, realization, and measurement. The design is started with theoritical calculations based on the theory of micristrip antenna design and theory of Dolph-Tchebyscheff distribution. Then, the result of the calculations are optimized using antenna design software to obtain the antenna characteristics according to the desired specifications. The output of this research is a prototype of rectangular microstrip patch antenna array which can work at 2.3 GHz. The antenna parameters, such as VSWR, polarization, radiation pattern, bandwidth, and gain, are measured. At the end of the process, the measurement results are compared with the theoritical calculation and simulation results.
Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Malcolm Baldrige Health Care Criteria for Performance Excellence 2011-2012 (Studi Kasus: Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih – Unit Pelayanan Medik) Arief Samuel Gunawan; Antonius Sigit
Jurnal Telematika Vol 8, No 1 (2013)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih (RSBSA) adalah salah satu rumah sakit daerah yang mengalami transisi menjadi sebuah badan layanan umum. Selama proses transisi, telah dilakukan banyak perombakan proses bisnis untuk mencapai visi dan misinya. Untuk mengetahui apakah kinerja yang dilakukan sudah efektif, RSBSA merasa perlu untuk mengukur kinerjanya di bagian pelayanan medik. RSBSA juga memerlukan wadah untuk menampung masukan dari pasien untuk mengetahui pelayanan yang dirasakan dan pelayanan yang diharapkan. Pengukuran kinerja serta pengolahan feedback yang dilakukan, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi RSBSA dalam keputusan yang mendukung RSBSA untuk semakin meningkatkan kinerjanya. Pengukuran kinerja dalam unit pelayanan medik menggunakan tiga kategori dari Malcolm Baldrige Criteria for Health Care Excellence 2011-2012, yaitu Workforce Focus, Operation Focus, dan Results. Sistem pengukuran kinerja sendiri dibuat secara web-based dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Aplikasi menampilkan skor kategori serta feedback dari pasien yang diperoleh.Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih (RSBSA) is one of the regional hospital in transition into a public service board. During the transition, RSBSA has done a lot of adjustment of its business processes to achieve its vision and mission. To find out whether the performance done is effective, RSBSA needs to measure its performance on medical service unit. RSBSA also need a system to process feedbacks from its patient to determine the perceived service and expected service. Performance measurement and feedback processing is expected to provide benefits for management to make decision for further enhancemet. Performance measurement in the medical service unit uses threee categories of the Malcolm Baldrige Criteria for Health Care Excellence 2011-2012, they are Workforce Focus, Operation Focus, and Result. Performance measurement system is developed as web-based application using programming language PHP. Application displays the score categories as well as feedback obtained from the patients.
Penerapan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) untuk Menentukan Strategi Perawatan Fasilitas Produksi Kain Ari Setiawan; Yoon Mac Kinley Aritonang
Jurnal Telematika Vol 8, No 1 (2013)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. IS sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi tekstil dihadapkan pada permasalahan downtime yang berasal oleh kerusakan mesin. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meminimasi downtime adalah dengan menyusun strategi perawatan. Reliability Centered Maintenance merupakan metode untuk memilih, mengembangkan, dan membuat alternatif strategi perawatan berdasarkan kriteria operasional, ekonomi dan keamanan. Berdasarkan metode RCM, ditentukan mesin stenter finish pada bagian Dyeing dan Finishing sebagai sistem kritis yang akan dianalisis. Selanjutnya dengan menggunakan metode RCM didapatkan komponen-komponen kritis dari mesin yang seringkali menyebabkan kerusakan downtime machine. Untuk setiap komponen tersebut akan ditentukan jadwal perawatan yang sesuai. Jadwal perawatan untuk masing-masing mode kegagalan dibuat berdasarkan tingkat kekritisan mesin dari nilai severity, occurrence, dan detection setiap mode kegagalan. Jadwal perawatan yang dibuat mencakup jadwal pembersihan komponen, pelumasan, serta pengecekan masing-masing komponen mesin. PT. IS is a textile company faces machine downtime problems. One of the efforts to reduce machine downtime is to develop maintanance strategies. RCM is a method used to choose, develop, and make alternative maintanance strategies based on the operational, economic, adn security criteria. Stenter finish machine is rated as a critical system to be analyzed. Furthermore, by using the RCM method the critical components of the equipment which often cause damage to machine downtime can also be defined. Afterwards, an approriate maintanance shcedule to reduce machine downtime will be develop for each of the component above.

Page 1 of 1 | Total Record : 8