cover
Contact Name
Hafiz Muchti Kurniawan
Contact Email
hafezkurniawan84@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
hafezkurniawan84@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
JURNAL INOVASI EDUKASI
ISSN : 26543931     EISSN : 26543931     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL INOVASI EDUKASI Merupakan Jurnal Ilmiah yang memiliki fokus bidang Pendidikan sebagai wadah bagi peneliti untuk menuangkan hasil penelitiannya secara konseptual. terbit dua kali dalam setahun yakni bulan Februari dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2020): JURNAL INOVASI EDUKASI" : 5 Documents clear
Pengembangan Buku Kerja Berbasis Konstruktivisme Pada Perkuliahan Statistik Matematika Di Universitas Adiwangsa Jambi Melinda Yusri Rizki; Rian Novita
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 3 No. 2 (2020): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jie.v3i2.633

Abstract

Topik dalam kuliah statistik matematika saling berurutan dan terkait satu sama lain sehingga diperlukan pembelajaran yang berkelanjutan. Untuk melakukan pembelajaran berkelanjutan, mahasiswa perlu mengerjakan latihan yang tersedia di buku paket. Namun, buku paket yang digunakan mempunyai mempunyai soal yang bervariasi dan cukup banyak untuk mahasiswa Universitas Adiwangsa Jambi yang mempunyai perbedaan kemampuan matematika. Di samping itu mahasiswa juga belum terbiasa menghadapi soal dalam jumlah yang banyak dan bervariasi. Oleh karena itu, diperlukan suatu alat yang bisa membiasakan mahasiswa untuk belajar secara berkelanjutan dan terarah berupa sebuah buku kerja. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku kerja berbasis konstruktivisme yang valid, praktis dan efektif pada mata kuliah Statistik Matematika di Universitas Adiwangasa Jambi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang yang terdiri 3 tahap yaitu: tahap analisis muka-belakang (front-end analysis), tahap prototype dan tahap penilaian (assessment). Kegiatan pada tahap analisis muka belakang yang dilaksanakan meliputi wawancara dengan teman sejawat, menganalisis silabus matakuliah statistik matematika, menganalisis buku teks statistik matematika, dan mereview literatur tentang buku kerja. Berdasarkan hasil analisis muka belakang telah diperoleh prototipe buku kerja berbasis konstruktvisme yang kemuadian di kondultasikan kapada 3 dosen dari Universitas lain pada tahap praktikalitas buku kerja di uji cobakan kepada mahasiswa Program Studi matematika Universitas Adiwangsa Jambi yan mengambil mata kuliah statistik matematika pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Kegiatan ini diamati oleh 1 (satu) dosen pengamat. Efektivitas buku kerja berbasis konstuktvisme diselidiki bersamaaan dengan tahap praktikalitas. Aspek efektifitas yang diamati adalah tentang aktivitas da motivasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) buku kerja berbasis kontruktivisme sudah valid (meliputi validitas isi dan konstruk) dari sudut pandang pakar statistik matematika; 2) penggunaan buku kerja berbasis kontruktivisme dala proses perkuliahan tidak mengalami hambatan yang berarti buku kerja sudah praktis menurut mahasiswa dan dosen; dan 3) buku kerja kontruktivisme suda efektif hal ini tampak dari aktivitas mahasiswa dan motivasi belajar yang tinggi setelah perkuliahan berlangsung.
Studi Perbandingan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Learning Cycle 5E dan Model Learning Cycle 7E Desbi Kumalasari
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 3 No. 2 (2020): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jie.v3i2.761

Abstract

Guru memberikan begitu saja konsep tentang topic yang sedang dipelajari sehingga siswa tidak diberikan kesempatan untuk mengkonstruksikannya sendiri. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan mengubah cara penyajian materi agar siswa merasa lebih tertarik dan lebih banyak melibatkan siswa didalam proses pembelajaran. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kreatifitas seorang guru dalam memilih dan menggabungkan berbagai pendekatan, strategi ataupun model pembelajaran. Model yang dianggap sesuai untuk mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran siklus (learning cycle). Model ini merujuk pada pendekatan konstruktivisme. Model ini juga memperhatikan perbedaan individu yang terlihat dari fase pendahuluan yaitu menggali kemampuan awal siswa juga membiarkan mereka mengutarakan pengetahuan yang mereka miliki. Model pembelajaran learning cycle juga sesuai dengan pendapat Gagne mengenai sembilan peristiwa belajar. Dengan tujuan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan oleh sebab itu tema penelitian ini adalah Studi Perbandingan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Learning Cycle 5e dan Model Learning Cycle 7e dengan Pendekatan Saintifik di kelas VIII SMP. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif.
Hubungan Antara Tingkat Kecerdasan, Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar Matematika Siswa dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Mulyani
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 3 No. 2 (2020): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jie.v3i2.764

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara tiga variabel yaitu tingkat kecerdasan (X1), motivasi berprestasi (X2), kebiasaan belajar matematika (X3) dengan prestasi belajar matematika siswa (Y). Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode Ex Post Fakto dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelatif. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA A SMA Negeri 6 kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi dan angket. Dari hasil uji hipotesis pertama disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kecerdasan dengan prestasi belajar matematika siswa semester 1 kelas XI IPA A SMAN 6 kota Bengkulu, dengan besarnya sumbangan 25.401%. Dari hasil uji hipotesis kedua disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika siswa semester 1 kelas XI IPA A SMAN 6 kota Bengkulu, dengan besarnya sumbangan 78.4073%. Dari hasil uji hipotesis ketiga disimpulkan bahwa: terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar matematika dengan prestasi belajar matematika siswa semester 1 kelas XI IPA A SMAN 6 kota Bengkulu, dengan besarnya sumbangan 64.464%. Dari hasil uji hipotesis keempat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kecerdasan, motivasi berprestasi, dan kebiasaan belajar matematika dengan prestasi belajar matematika siswa semester 1 kelas XI IPA A SMAN 6 kota Bengkulu. Makin tinggi tingkat kecerdasan (X1), motivasi berprestasi (X2), dan makin baik kebiasaan belajar matematika siswa (X3) maka makin tinggi pula prestasi belajar matematika yang dicapai siswa tersebut (Y). Besarnya kontribusi tingkat kecerdasan, motivasi berprestasi, dan kebiasaan belajar matematika secara bersama-sama adalah 81.2794% terhadap prestasi belajar matematika.
Studi Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pada Bidang Studi Matematika Pokok Bahasan Ruang Dimensi Tiga Mislakhudin; Dian Fitra
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 3 No. 2 (2020): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jie.v3i2.765

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi, aktifitas dan minat belajar siswa kelas X MA Miftahul Ishlah Tembelok pada pokok bahasan ruang dimensi tiga melalui pendekatan kontekstual. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Miftahul Ishlah Tembelok dengan jumlah 22 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanana tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam III siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi, aktivitas dan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika pada pokok bahasan ruang dimensi tiga melalui pendekatan kontekstual. Pada siklus I diperoleh nilai rata kelas 72,2 dengan ketuntasan belajar sebesar 81,82 %, serta aktivitas siswa sebesar 60,91 % dan tergolong cukup aktif. Pada siklus II perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 76,9 dengan ketuntasan belajar sebesar 90,91 %, serta aktivitas siswa sebesar 63,51% dan dikategorikan aktif. Pada siklus III perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 77,5 dengan ketuntasan belajar sebesar 100%, serta aktivitas siswa sebesar 64,29% dan tergolong aktif, serta adanya peningkatan minat siswa terhadap pelajaran Matematika. Jadi dari siklus ke siklus pembelajaran mengalami peningkatan sesuai dengan target pencapaian kurikulum yaitu ketuntasan minimal 85 % dan minimal mendapatkan nilai 65. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi, aktivitas dan minat belajar siswa terhadap bidang studi Matematika pada pokok bahasan ruang dimensi tiga kelas X MA Miftahul Ishlah.
Peran Etika dan Profesi Kependidikan Dalam Membangun Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Calon Guru MatematikaPeran Etika dan Profesi Kependidikan Dalam Membangun Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Calon Guru Matematika Ayu Listiyana Wahyuni; Cindy Alya Sari; Dinda Fitri Humaira; Friska Mahatri; Novita Sari
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 3 No. 2 (2020): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jie.v3i2.784

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika dan profesi pendidikan dalam mengembangkan nilai-nilai karakter pada calon guru matematika. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian studi kepustakaan dan pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan. Peneliti mengumpulkan data dengan membaca, menyelidiki, dan menganalisis publikasi dan artikel yang diperlukan untuk penelitian. Fungsi jurusan etika dan profesi pendidikan dalam membangun potensi nilai karakter siswa guru matematika sangatlah penting, sebagai calon guru harus mampu menggali nilai-nilai akhlak mulia sehingga dapat menjadi panutan bagi sekolah dan lingkungan bagi masa depan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5