cover
Contact Name
Hafiz Muchti Kurniawan
Contact Email
hafezkurniawan84@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
hafezkurniawan84@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
JURNAL INOVASI EDUKASI
ISSN : 26543931     EISSN : 26543931     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL INOVASI EDUKASI Merupakan Jurnal Ilmiah yang memiliki fokus bidang Pendidikan sebagai wadah bagi peneliti untuk menuangkan hasil penelitiannya secara konseptual. terbit dua kali dalam setahun yakni bulan Februari dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2021): JURNAL INOVASI EDUKASI" : 9 Documents clear
Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Manajemen Proyek Pembangunan Diploma Iv Manajemen Pemerintahan Feb Universitas Jambi Dahmiri; Sigit Indrawijaya; Rista Aldilla Syafri
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 4 No. 2 (2021): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.37 KB) | DOI: 10.35141/jie.v4i2.27

Abstract

Salah satu upaya untuk menciptakan proses belajar yang efektif adalah melalui Cooperative Learning Tipe Jigsaw karena sangat sesuai untuk subjek-subjek seperti pelajaran ilmu social, literature, sebagian pelajaran ilmu pengetahuan ilmiah dan bidang-bidang lainnya yang tujuan pembelajaran lebih kepada penguasaan konsep dari pada penguasaan kemampuan. Metode pembelajaan kooperatif tipe jigsaw, mahasiswa bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Setiap anggota kelompok dituntut bertanggungjawab terhadap hasil belajarnya, karena keberhasilan kelompok didasarkan atas sumbangan masing-masing anggota kelompok. Dengan demikian, setiap mahasiswa termotivasi untuk belajar, saling mendorong dan saling membantu antar anggota kelompok untuk belajar secara optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw mempunyai pengaruh yang positip terhadap hasil belajar (aspek kognitif). Hal ini dapat dijelaskan bahwa aktivitas dalam pembelajaan kooperatif teknik jigsaw berbeda dengan metode diskusi kelompok. Dapat dijelaskan bahwa dalam metode pembelajaan kooperatif teknik jigsaw, mahasiswa bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Setiap anggota kelompok dituntut bertanggungjawab terhadap hasil belajarnya, karena keberhasilan kelompok didasarkan atas sumbangan masing-masing anggota kelompok. Dengan demikian, setiap mahasiswa termotivasi untuk belajar, saling mendorong dan saling membantu belajar secara optimal antar anggota kelompok.
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Berbasis 3d Pageflip Pada Materi Ikatan Kimia Di Kelas X Sma Attaufiq Kota Jambi Pudya Zuheiria
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 4 No. 2 (2021): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.403 KB) | DOI: 10.35141/jie.v4i2.29

Abstract

Ilmu kimia adalah mata pelajaran dalam rumpun sains yang bertujuan agar peserta didik mampu menguasai berbagai konsep dan prinsip kimia untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri karena kimia selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Dalam meningkatkan pembelajaran kimia di sekolah, sudah seharusnya guru dapat merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik agar tercapai kompetensi yang harus dicapai. Misalnya dengan memperbaharui atau meningkatkan kualitas bahan ajar menjadi lebih menarik
Kemampuan Siswa Smp Dalam Menyimak Isi Berita Angga warda prasakti
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 4 No. 2 (2021): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jie.v4i2.26

Abstract

Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) menjumlahkan skor siswa, (2)menjumlahkan skor keseluruhan siswa, (3) mempersentasekan data. Hasil penelitian ini menunjukanbahwa kemampuan siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Muaro Jambi dalam menyimak isi berita padakategori baik dengan persentase 81,8%, berada pada interval 75%-84%. Penelitian menunjukanbahwa siswa kelas VIII A dalam menyimak isi berita yang ditayangkan tergolong baik dan siswa tidakmengalami kesulitan dalam menyimak.
Pengembangan Buku Kerja Berbasis Konstruktivisme Pada Perkuliahan Statistik Matematika Di Universitas Adiwangsa Jambi Melinda Yusri Rizki; Rian Novita
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 4 No. 2 (2021): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jie.v4i2.55

Abstract

topik dalam mata kuliah statistik matematika saling berurutan dan terkait satu samalain sehingga diperlukan pembelajaran yang berkelanjutan. Untuk melakukan pembelajaranberkelanjutan, mahasiswa perlu mengerjakan latihan yang tersedia di buku paket. Namun,buku paket yang digunakan mempunyai soal yang bervariasi dan cukup banyak untukmahasiswa Universitas Adiwangsa Jambi yang mempunyai perbedaan kemampuanmatematika. Di samping itu, mahasiswa juga belum terbiasa menghadapi soal dalam jumlahyang banyak dan bervariasi. Oleh karena itu, diperlukan suatu alat yang bisa membiasakanmahasiswa untuk belajar secara berkelanjutan dan terarah berupa sebuah bukukerja.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku kerja berbasis konstruktivismeyang valid, praktis dan efektif pada mata kuliah Statistik Matematika di UniversitasAdiwangsa Jambi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari 3 tahapyaitu: tahap analisis muka-belakang (front-end analysis), tahap prototype dan tahappenilaian (assessment). Kegiatan pada tahap analisis muka belakang yang dilaksanakanmeliputi wawancara dengan teman sejawat, menganalisis silabus matakuliah Statistikmatematika , menganalisis buku teks statistik matematika, dan mereview literatur tentangbuku kerja. Berdasarkan hasil analisis muka belakang telah diperoleh prototipe buku kerjaberbasis konstruktivisme yang kemudian dikonsultasikan kepada 3 dosen dari Universitaslain. Pada tahap praktikalitas, buku kerja di uji cobakan kepada mahasiswa Progam StudiMatematika Universitas Adiwangsa Jambi yang mengambil mata kuliah statistik matematikapada semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Kegiatan ini diamati oleh 1 (satu) dosenpengamat. Efektifitas buku kerja berbasis konstruktivisme diselidiki bersamaan dengantahap praktikalitas. Aspek efektifitas yang diamati adalah tentang aktivitas dan motivasibelajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) buku kerja berbasiskonstruktivisme sudah valid (meliputi validitas isi dan konstruk) dari sudut pandang pakarStatistik Matematika; 2) penggunaan buku kerja berbasis konstruktivisme dalam prosesperkuliahan tidak mengalami hambatan yang berarti. Buku kerja sudah praktis menurutmahasiswa dan dosen; dan 3) buku kerja berbasis konstruktivisme sudah efektif. Hal initampak dari aktivitas mahasiswa dan motivasi belajar yang tinggi setelah perkuliahanberlangsung.
Kajian Psikologis Watak Tokoh Dalam Novel Korupsi Karya Pramoedya Ananta Toer Serta Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Husni Dwi Syafutri; Doni Rizaldi; Metra Bodi
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 4 No. 2 (2021): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jie.v4i2.86

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pandangan secara psikologi mengenai korupsi; (2) pemaknaan masyarakat mengenai korupsi; (3) bagaimana watak seorang koruptor dalam novel; (4) relevansi kajian psikologis watak tokoh dalam novel korupsi karya Pramoedya Ananta Toer dengan pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis melakukan pengumpulan data dengan teknik studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Adapun manfaat penelitian ini untuk memperkaya pengkajian dan pengapresiasian karya sastra Indonesia, membantu pembaca memahami gambaran unsur korupsi dalam novel korupsi karya Pramoedya Ananta Toer, menghubungkan novel korupsi karya Pramoedya Ananta Toer dengan psikologi sastra, serta relevansinya dengan pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil analisis menerangkan bahwa: 1) psikologi mempengaruhi seseorang melakukan tindakan korupsi; 2) korupsi merupakan tindakan pencurian uang demi kepentingan pribadi maupun kelompok; 3) watak seseorang memicu suatu tindakan korupsi; dan (4) relevansi kajian psikologis watak tokoh dalam novel korupsi karya Pramoedya Ananta Toer dengan pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi.
Studi Pendahuluan Tentang Profil Berpikir Relasional Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Kognitif Impulsif Dan Reflektif Ulfa Husnah
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 4 No. 2 (2021): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jie.v4i2.124

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir relasional siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi bangun datar ditinjau dari perbedaan gaya kognitif impulsif dan reflektif. Berpikir relasional merupakan kemampuan siswa dalam memahami setiap langkah-langkah yang dilakukan dalam memecahkan masalah serta mengetahui alasan setiap langkah tersebut dilakukan.Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berpikir relasional siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi bangun datar yang masih rendah. Ciri dari berpikir relasional yaitu siswa dapat berpikir dengan membangun hubungan dari berbagai objek/konteks yang terkait satu sama lain. Siswa bergaya kognitif impulsif memenuhi satu dari tujuh indikator pemahaman relasional yaitu dapat menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, sedangkan siswa bergaya kognitif reflektif memenuhi dua dari tujuh indikator pemahaman relasional yaitu dapat menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari dan dapat mengklarifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut.
Efektiftas Video Pembelajaran Fisika Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Selama Covid 19 Syamiah Alfi; Agung Tralisno
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 4 No. 2 (2021): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jie.v4i2.702

Abstract

Pandemi COVID-19, membawa perubahan yang mendalam diberbagai sektor kehidupan tanpa terkecuali sektor pendidikan. Akibat pandemi ini, mengakibatkan pemerintah memutuskan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring atau online.Kenyataannya pembelajaran secara daring memiliki kendala. Guru dan siswa harus menyesuaikan diri terhadapa proses pembelajaran daring, selain itu juga, koneksi jaringan internet yang masih terkendala di daerh tertentu. Untuk mengoptimalkan proses pembelajaran daring maka solusi yang dapat digunakan adalah menggunakan media pembelajaran berbasis video. Dari hasil penelitian yang relevan, video pembelajaran sudah efektif sebagai solusi dalam pembelajaran daring. Didalam video pembelajaran berisi materi, rumus dan praktikum fisika yang mampu memberikan kemudahan siswa untuk belajar memahami materi. Video dapat diputar secara berulang-ulang kapan saja dan dimana saja. Pembelajaran menggunakan video dapat diterapkan dengan mengirimkan video kepada siswa untuk dipelajari melalui messanger seperti WA dan Telegram atau dengan memanfaatkan Youtube untuk mengupload video agar dapat diakses oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan manfaat dan informasi mengenai pemanfaatan media pembelajaran berbasis video sebagai alternatif dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 ini. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi pustaka atau telaah pustaka.
Media Origami dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Matematika pada Konsep Geometri di Sekolah Agung Tralisno
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 4 No. 2 (2021): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jie.v4i2.720

Abstract

Geometri merupakan salah satu cabang matematika yang mempelajari ukuran, bentuk, dan posisi bentuk bangun 2 dimensi dan 3 dimensi. Bentuk-bentuk geometri tentu sangat mudah untuk dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat membuat para siswa merasa tidak asing lagi dengan bentuk geometri disaat mereka mempelajarinya. Namun geometri juga merupakan salah satu materi matematika yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dasar dalam geometri. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang lebih menarik dan bervariasi agar dapat meningkatkan minat, pemahaman serta keterampilan siswa terhadap materi geometri yang diajarkan. Berdasarkan hasil kajian dari berbagai literatur, bahwa pembelajaran dengan menggunakan media bantu origami dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam mengatasi problematika pembelajaran matematika pada konsep geometri di sekolah. Kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep geometri yang bersifat abstrak dapat diatasi dengan adanya media bantu origami dalam pembelajaran. Selain itu, pembelajaran menggunakan media bantu origami juga dapat meningkatkan keterampilan spasial siswa dalam memvisualisasikan objek-objek geometri. Sehingga, dengan keterampilan spasial yang baik siswa dapat menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan geometri.
Improving Students’ English Skills through Peer Tutoring Method Pudiyono; Titi Wahyukti; Atik Muhimatun A; Zulfa Nabila; Akhmad Nurhadi
JURNAL INOVASI EDUKASI Vol. 4 No. 2 (2021): JURNAL INOVASI EDUKASI
Publisher : Universitas Adiwangsa Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35141/jie.v4i2.777

Abstract

The purpose of the research is to improve students’ English skills through Peer Tutoring Method. The research was conducted in order to solve the problem encountered in the classroom; the students lack of interested in English. The design of this research was qualitative. It was obtained through observation and questionnaire tests. The writers apply them to know the improvement of students’ English skills through Peer Tutoring Method. Through questionnaire tests, the writers reflected students’ performance in a meeting for the second cycle. The writers took 2 cycles. The subjects of this research were third semester of University of Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen in academic year 2022/2023. On first cycle, students felt bored, lack of confidence, and common mistake in English. On second cycle, the students’ motivation increased, students’ enthusiastic increased, and students’ English skills increased. The result of this research showed the using of peer tutoring method in the teaching and learning process was effective to improve students’ English skills.

Page 1 of 1 | Total Record : 9