cover
Contact Name
Meme Susilowati
Contact Email
meme.susilowati@machung.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
kurawal@machung.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 2, Oktober 2021" : 8 Documents clear
IMPLEMENTASI METODE SMART PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN OBJEK WISATA DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA Antonius Yanto Haki; Syahminan .; Alexius Endy Budianto
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 2, Oktober 2021
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyaknya jenis objek wisata yang ada di Kabupaten Timor Tengah Utara yang membuat wisatawan bingung untuk menentukan objek wisata yang ingin dikunjungi dan dalam memilih tujuan, traveler harus mengatasi masalah.Jika motivasi untuk perjalanan cukup kuat, hambatan akan diatasi tetapi mereka mungkin mempengaruhi pilihan tujuan. Definisi pariwisata dapat dilihat dari sudut pandang dan juga tidak memiliki batasan-batasan yang pasti. Waktu dan biaya, misalnya, bandar adalah yang paling segera datang ke pikiran.SMART merupakan metode sistem pendukung keputusan multiatribut yang diambil dan dikembangkan oleh Edward pada tahun 1977. Adapun manfaat yang ingin dicapai penulis dalam penelitian ini Manfaat dari Penelitian ini yaitu agar memudahkan wisatawan dalam menentukan objek wisata yang ingin dikunjungi dengan prioritas jarak terdekat dan dapat diakses dari objek wisata yang paling bagus berdasarkan peringkat yang di peroleh dari perhitungan metode SMART.
IMPLEMENTASI BEHAVIOR TREE PADA PERILAKU NPC DI GAME SIDESCROLLER Adrianus Junaidi; Amak Yunus; Anggri Sartika Wiguna
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 2, Oktober 2021
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Side scrolling adalah sebuah genre game yang dimana player akan bergerak sepanjang alur permainan kesatu arah untuk menyelesaikan semua misinya. Genre game ini memungkinkan pemain untuk melompat, berlari dan juga bertarung melawan berbagai musuh. Untuk dapat menjadikan sebuah game yang menarik maka sangat diperlukan sebuah Non-Player Character (NPC) yang mempunyai kemampuan kecerdasan buatan untuk menampilkan game agar dapat terlihat lebih alami dan adiktif. Pada game ini, NPC memiliki perilaku yang beragam, terdiri dari menyerang, patroli, mengejar, dan meledakkan diri. Untuk dapat mengatur serta mengontrol perilaku ini, penulis menggunakan algoritma behavior tree yang berfungsi untuk mengatur perilaku tersebut dalam bagan berbentuk pohon.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BIMBINGAN BELAJAR MENGGUNANAKAN MODEL PROTOTYPING Hari Lugis Purwanto
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 2, Oktober 2021
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2021.4.2.104 - 119

Abstract

Dalam era digital saat ini, pengelola bimbel (bimbingan belajar) di tuntut untuk bisa memberikan pelayanan melalui media digital yang menawarkan kemudahan dan kecepatan. Di balik manajemen bimbel selama ini yang masih konvensional, berbagai permasalahan muncul dan semakin menumpuk mulai dari pencatatan pembayaran, pencatatan dalam laporan harian Siswa serta monitoring kegiatan Siswa. Perkembangan jumlah Siswa tidak diikuti dengan perbaikan system pengelolaan akademik yang masih konvensional sehingga permasalahan semakin menumpuk setiap harinya. Dalam pembangungan system informasi akademik bukanlah persoalan mudah karena biaya yang diperlukan cukup besar dan tidak memakan waktu yang tidak sedikit. Ketidakmampuan user dalam mengidentifikasi kebutuhannya adalah factor pendorong tidak sesuainya system digital yang terbentuk. Prototyping merupakan model pengembangan system yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan terbentuknya system informasi akadmik bimbingan belajar, bimbel menjadi mampu meningkatkan kualitas pelayanan terhadap seluruh pelanggannya. Berkat penerapan prototyping, dalam proses pembangunan system akademik bimbel mampu meminimalisir kesalahan atau ketidak tepatan analisa kebutuhan system karena segala kekurangan dalam system yang akan di bangun akan terdeteksi pada setiap uji coba prototype program untuk kemudian di revisi dan prototype di uji kembali.
KOMPARASI SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA STUDI KASUS DATA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM BUDI UTAMA BALI Ferdi Ari Hendrawan; Anggri Sartika Wiguna; Danang Aditya Nugraha
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 2, Oktober 2021
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2021.4.2.120 - 141

Abstract

Dalam dunia teknologi informasi karna melimpahnya data juga menjadi tantangan untuk menemukan pola pengetahuan yangb baru. Dalam penelitian ini di fokuskan pada pengolahan data untuk pengambilan keputusan atau SPK. Menggunakan data mining sebagai alat yang memiliki peran penting untuk pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengambilan keputusan pada nasabah kredit dan mengetahui hasil tingkat akurasi data kredit di koperasi Simpan Pinjam Budi Utama Bali. Penelitian ini menggunakan metode Algoritma C4.5 dan Algoritma Naive Bayes pada Algoritma C4.5 untuk tindak keputusannya menggunkan pohon keputusan yaitu Decision Tree yang mana akan dibandingkan dengan metode kedua yaitu Algoritma Naive Bayes pada penguian Algoritma Naive Bayes yang di uji adalah tingkat ke akurasian pada data yang diambil menggunakan Connfusion Matrix dari kedua metode tersebut akan di komparasi.
PERENCANAAN STRATEGIS SI/TI PADA UNIVERSITAS MA CHUNG Azha Satirah Khairunnisa; Yudhi Kurniawan
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 2, Oktober 2021
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2021.4.2.142 - 154

Abstract

Universitas Ma Chung merupakan sebuah Universitas swasta Pengembangan teknologi SI/TI pada Unversitas Ma Chung terus dilakukan tetapi tata kelola terhadap Sistem Informasi/Teknologi Informasi masih belum terlaksana secara optimal dan juga petunjuk penggunaan Sistem Informasi/Aplikasi masih belum terlaksana secara baik. Selama ini pengelolaan SI/TI masih tidak terstruktur sehingga evaluasi pencapaian dan kinerja pengelolaan SI/TI tidak dapat diukur. Oleh karena itu diperlukannya dokumen Perencanaan Strategi SI/TI. Masalah yang dapat diidentifikasi pada penelitian yaitu, belum adanya dokumen perencanaan strategis SI/TI sehingga mengakibatkan evaluasi pencapaian terhadap kinerja pengelolaan SI/TI tidak dapat diukur dan tidak dapat dievaluasi atau di monitor. Dalam penelitian ini hanya Menggali kebutuhan pembuatan dokumen perencanaan strategis SI/TI dalam lingkup hanya di Universitas Ma Chung. Dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan melihat lingkungan bisnis serta SI/TI secara internal dan eksternal sesuai kondisi saat ini. Penelitian menggunakan metode Ward and Peppard. Dari hasil analisis strategis SI/TI yang telah dilakukan didapatkan hasil kesimpulan bahwa strategi bisnis yang ada di Universitas Ma Chung dapat sejalan dan dibantu dengan strategi SI/TI yang ada. Jadi, diharapkan kedepannya perencanaan strategi SI/TI ini dapat terus dilakukan.
PENERAPAN METODE ALGORITMA SHUFFLE RANDOM PADA GAME 2D PERTUALANGAN PEMUDA DESA Fransiskus Heri; Amak Yunus; Alexius Endy Budianto
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 2, Oktober 2021
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2021.4.2.155 - 168

Abstract

Game 2D Pertualangan Pemuda Desa adalah karakter seorang pemuda desa yang sangat prosesif untuk menjaga kawasannya dari para pendatang yang akan merusak atau mengganggu kawasan tempat tinggalnya. Game ini memiliki genre action dimana game ini dapat berpindah ke kiri, kanan, menyerang dan melompat. Untuk dapat menjadikan sebuah game yang menarik maka sangat diperlukan musuh yang mempunyai sebuah kemampuan kecerdasan buatan untuk menampilkan game agar lebih terlihat alami dan efektif. Pada game ini, musuh memiliki kemampuan masing-masing yaitu terdiri dari menyerang, mengejar, serta memiliki kemampuan untuk muncul dengan posisi yang berubah atau teracak. Untuk dapat mengatur serta mengontrol pengacakan, penulis menggunakan algoritma shuffle random yang berfungsi untuk mengatur pengacakan urutan posisi kemunculan pada musuh dalam game yang akan dibuat oleh peneliti.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI REPOSITORI DIGITAL DOKUMEN INTERNAL BERBASIS WEB Vincentius Alfredo; Meme Susilowati
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 2, Oktober 2021
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2021.4.2.169 - 182

Abstract

Rancang bangun sistem Informasi repositori desa dilaksanakan di Desa Sumber Sekar untuk membantu proses pengarsipan yang ada . Adapun dengan repositori yang akan dibuat, dapat meminimalisir data yang tersebar, data yang corrupt, dan pencurian data dikarenakan alur proses penyimpanan data yang tersentralisasi sehingga memudahkan proses monitoring, controlling, dan juga back up. Penelitian ini menghasilkan sistem Informasi repositori desa.Dalam proses rancang bangun menggunakan metode three major’s phases yang terbagi menjadi analisis, desain, dan implementasi. Sistem akan dibuat menggunakan PHP dan menggunakan web (web-based system) dan pada laporan akan mencakup data gathering, data flow analysis, data entry design, input design, output design, mindmap, logical database, hasil tangkapan layar dan juga hasil testing pada sistem informasi repositori desa. Hasil dari penelitian ini adalah sistem Informasi repositori untuk dokumen internal Desa Sumber Sekar.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAANWILAYAH (STUDI KASUS : DUSUN GODHEAN – DESA KUCUR) Sandhy Septarian Manoradja; Hendro Poerbo Prasetiya; Yudhi Kurniawan
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 2, Oktober 2021
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2021.4.2.183 - 201

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem informasi geografis untuk pemetaan wilayah di Kabupaten Malang tepatnya desa Kucur.Pemerintah desa Kucur menginginkan pengembangan dalam sistem informasi desa. Pengembangan sistem informasi geografis di wilayah desa merupakan salah satu dari upaya penataan data. Sistem informasi geografis memiliki kemampuan untuk menganalisis, mengembangkan dan menyajikan hasil geografis dan dapat digunakan sebagai pendukung sistem informasi desa karena dapat menampilkan data spasial dan nonspasial. Proses dalam penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cyecle (SDLC). Perancanganpeta yang ditampilkan dalam sistem ini menggunakan leaflet yang bersifat Open Source, serta perangkat lunak PHP yang digunakan dalam membangun aplikasi ini dengan dukungan MySQL sebagai database server.Sistem informasi geografis ini diharapkan akan membantu pemerintah desa untuk menunjang pengembangan sistem informasi desa yang diharapkan, sehingga kepala desa dan perangkat desa Kucur dapat menyajikan informasi dalam bentuk pemetaan yang akan menggambarkan wilayah desanya serta dapat melihat gambaran lokasi dan kondisi rumah penduduk, lokasi dan Pendidikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8