cover
Contact Name
Meme Susilowati
Contact Email
meme.susilowati@machung.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
kurawal@machung.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Articles 73 Documents
BLACK BOX TESTING APLIKASI POINT OF SALES POST Danendra Khansa Pallas
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 1, Maret 2021
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Black box testing terhadap aplikasi POST dilakukan untuk melihat apakah aplikasi POST yang masih terbilang baru ini layak digunakan, terutama karyawan kasir yang lebih berpotensi melakukan kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja. Dipilihnya aplikasi POST karena tersedia pilihan paket gratis yang memiliki fitur yang lebih banyak dibanding kompetitor kebanyakan. Dipilihnya metode black box testing karena tidak memungkinkan untuk menggunakan metode white box testing yang memerlukan pengetesan sampai dengan pemrograman yang digunakan dalam aplikasi. Teknik yang digunakan dalam pengujian pada aplikasi POST adalah equivalence partitioning. Dipilihnya equivalence partitioning karena teknik tersebut adalah teknik yang paling mudah dan paling banyak digunakan dalam melakukan testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi POST dapat dikatakan layak karena tingkat severity yang diperoleh adalah S2 yang masih dapat ditoleransi. Dari 256 test case, yang dinyatakan gagal adalah 24 test case. Total halaman yang di tes berjumlah 100 halaman dan test case yang dinyatakan gagal terdapat pada 19 halaman aplikasi.
ANALISA KEBUTUHAN KEBUTUHAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERUSAHAAN DAGANG Gregorius Allan D.S.S
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 1, Maret 2021
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perubahan dalam dunia teknologi yang kian meningkat membuat manusia untuk memanfaatkan dan menggunakan teknologi sebaik mungkin. Hampir semua kegiatan dalam kehidupan manusia kini mengalami perubahan dari cara konvensional yang dilakukan dengan cara manual menjadi cara modern. Salah satunya adanya kegiatan jual beli sepatu. Ruang lingkup penjualan yang terbatas membuat penjual sepatu mengalami kesulitan dalam menjual dan mencari konsumen. Hal tesebut dikarenakan belum ada wadah khusus yang dapat membantu penjual sepatu dalammenjual produk mereka. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis mencoba membuat aplikasi penjualan sepatu berbasis web menggunakan standar IEEE 830-1998 yang dilengkapi dengan user interfaces, software interfaces, dan hardware interfaces . penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi sesuai kebutuhan perusahaansepatu agar dapat digunakan sebagai wadah penjualan sepatu.
SISTEM IDENTIFIKASI SIDIK JARI PADA DINAS KEPOLISIAN WILAYAH SIDOARJO DENGAN KOMBINASI METODE GALTON HENRY DAN TRANSFORMASI FOURIER Rudy Setiawan
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 1, Maret 2021
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Identifikasi sidik jari ini mengacu pada teori Galton-Henry, dimana dua sidik jari dapat dikatakan identik apabila memiliki pola dan minimal 12 titik minusi yang sama. Pada implementasinya digunakan pendekatan AFIS (Automated Fingerprint Indentification System), yaitu dengan menggunakan teori-teori image processing yang disesuakan dengan jenis input citra dan tujuan dari teori Galton-Hanry. Beberapa teori image processing yang digunakan adalah Interpolasi Bilinear, Histogram Equalization, Transformasi Fourier dan Gabor Filter.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sidik jari laten. Sidikjari laten yang dimaksud adalah citra sidik jari yang tidak secara langsung diambil melalui media pencitraan (seperti fingerprint reader). Sidik jari laten dapat diperoleh dari cap sidik jari ataupun dari tempat kejadian perkara (TKP).
ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI IBU SIAGA DENGAN PENDEKATAN METODE WATERFALL Frisky Nita Rahman Saputri; Wahyudi Harianto; Danang Aditya
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 1, Maret 2021
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan penduduk Indonesia peranan teknologi sangat membantu tenaga medis dalam penyampaian suatu informasi. Dengan memanfaatkan Teknologi mobile dapat dimanfaatkan sebagai penyalur informasi mengenai kesehatan terutama pada imunisasi dasar lengkap, dengan memberikan informasi jelas dan terperinci tentang jenis, manfaat, jangka waktu dan efek samping pemberian vaksin imunisasi sehingga dapat membuat orang tua sadar pentingnya imunisasi sehingga mematuhi dan melengkapi imunisasi dasar lengkap dengan begitu dapat memberikan kekebalan daya tahan tubuh bagi balita sehingga tidak mudah tertular atau terjangkit penyakit tertentu. Dengan perancangan aplikasi yang matang diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi programmer dalam mengkoding kedalam bahasa pemrograman. Perancangan aplikasi menggunakan empat model diagram UML (Unified Modeling Language) diantaranya ada beberapa macam diagram yaitu class, activity, sequence dan use case diagram sudah dapat mewakili. Dengan menggunakan pendekatan metode waterfall memberikan data terperinci dan terdokumentasi pada tahapannya.
PROTOTIPE DESAIN USER INTERFACE APLIKASI IBU SIAGA MENGGUNAKAN LEAN UX Dimas Ari Anggara; Wahyudi Harianto; Abdul Aziz
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 1, Maret 2021
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi memiliki peranan penting bagi kehidupan sehari-hari. Salah satunya aplikasi mobile yang dapat memberi pelayanan dengan mudah dan cepat. Namun, pada program imunisasi penerapan media teknologi informasi masih belum maksimal. Salah satu cara memaksimalkan teknologi informasi adalah aplikasi imunisasi berbasis android atau mobile apps. Dalam Aplikasi pada umumnya terdapat tampilan antarmuka yang harus dapat memudahkan pengguna sehingga dapat digunakan sesuai kebutuhan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan metode Lean UX sebagai proses perancangan prototipe user interface aplikasi Ibu Siaga dengan dua kali pengujian menggunakan cara mandiri atau team dan dua jenis kuesioner SEQ dan SUS untuk mencari feedback dari pengguna sehingga dapat mempercepat proses perancangan dan mengetahui nilai usabilitynya. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pengujian usability secara langsung kepada 54 responden. Hasil uji usability menggunakan kuesioner SEQ mendapat hasil “mudah digunakan” dan kuesioner SUS mendapatkan hasil “acceptable” maka prototipe yang telah dirancang oleh peneliti dan telah diuji usabilitynya sudah memenuhi tujuan dari penelitian ini yaitu prototipe dari aplikasi Ibu Siaga memiliki user experience yang baik, mudah digunakan dan dapat diterima oleh pengguna.
PENGAPLIKASIAN PERBANDINGAN METODE MOVING AVERAGE DAN EXPONENTIAL SMOOTHING UNTUK MENGETAHUI TREN PADA PRODUK KARTU XL DI TOKO OMAHKARTU CELLULER Adam Abdullah; Wahyudi Harianto; Danang Aditya Nugraha
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 1, Maret 2021
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dari tahun ke tahun penggunaan kartu perdana semakin meningkat yang mengakibatkan banyak bermunculan toko yang menjual kartu perdana tersebut. Dari banyaknya toko yang ada tidak semuanya telah menggunakan sistem digital dalam transaksi jual beli. Terdapat beberapa toko yang masih menggunakan teknik konvensional dalam melakukan pengolahan data penjualan. Sehingga diperlukan pengembangan sebuah aplikasi yang dapat membantu proses transaksi jual beli. Selain itu juga dapat memberikan pandangan terhadap jumlah penjualan pada 1 bulan kedepan. Aplikasi tersebut dibangun dan dirancang berbasis pemrograman website dengan menggunakan bahasa PHP untuk kepentingan implementasi metode peramalan yaitu, exponential smoothing dan moving average. Pada metode tersebut berfungsi untuk memprediksi jumlah penjualan kartu perdana khususnya pada kartu perdana XL. Perhitungan perbandingan diantara metode peramalan ialah dengan menggunakan nilai MSE, MAD dan MAPE. Hasil dari implementasi kedua metode peramalan tersebut dapat diketahui bahwa metode moving average adalah metode terbaik dikarenakan memiliki nilai kesalahan terkecil. Nilai kesalahan pada metode moving average untuk MAD, MSE dan MAPE adalah 11, 180, dan 37. Sedangkan pada metode exponential smoothing untuk MAD, MSE dan MAPE nilai kesalahannya 12, 186, dan 52.
IMPLEMENTASI METODE SMART PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN OBJEK WISATA DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA Antonius Yanto Haki; Syahminan .; Alexius Endy Budianto
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 2, Oktober 2021
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyaknya jenis objek wisata yang ada di Kabupaten Timor Tengah Utara yang membuat wisatawan bingung untuk menentukan objek wisata yang ingin dikunjungi dan dalam memilih tujuan, traveler harus mengatasi masalah.Jika motivasi untuk perjalanan cukup kuat, hambatan akan diatasi tetapi mereka mungkin mempengaruhi pilihan tujuan. Definisi pariwisata dapat dilihat dari sudut pandang dan juga tidak memiliki batasan-batasan yang pasti. Waktu dan biaya, misalnya, bandar adalah yang paling segera datang ke pikiran.SMART merupakan metode sistem pendukung keputusan multiatribut yang diambil dan dikembangkan oleh Edward pada tahun 1977. Adapun manfaat yang ingin dicapai penulis dalam penelitian ini Manfaat dari Penelitian ini yaitu agar memudahkan wisatawan dalam menentukan objek wisata yang ingin dikunjungi dengan prioritas jarak terdekat dan dapat diakses dari objek wisata yang paling bagus berdasarkan peringkat yang di peroleh dari perhitungan metode SMART.
IMPLEMENTASI BEHAVIOR TREE PADA PERILAKU NPC DI GAME SIDESCROLLER Adrianus Junaidi; Amak Yunus; Anggri Sartika Wiguna
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Kurawal Volume 4, Nomor 2, Oktober 2021
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Side scrolling adalah sebuah genre game yang dimana player akan bergerak sepanjang alur permainan kesatu arah untuk menyelesaikan semua misinya. Genre game ini memungkinkan pemain untuk melompat, berlari dan juga bertarung melawan berbagai musuh. Untuk dapat menjadikan sebuah game yang menarik maka sangat diperlukan sebuah Non-Player Character (NPC) yang mempunyai kemampuan kecerdasan buatan untuk menampilkan game agar dapat terlihat lebih alami dan adiktif. Pada game ini, NPC memiliki perilaku yang beragam, terdiri dari menyerang, patroli, mengejar, dan meledakkan diri. Untuk dapat mengatur serta mengontrol perilaku ini, penulis menggunakan algoritma behavior tree yang berfungsi untuk mengatur perilaku tersebut dalam bagan berbentuk pohon.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DESA Meme Susilowati; Samuel Ari Yudha Anggara
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Kurawal Volume 5, Nomor 1, Maret 2022
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan ini merupakan penulisan dari topik perancangan sistem informasi perencanaan desa yang dilakukan di Desa Sumbersekar. Penulisan ini bertujuan untuk membuat dan mengimplementasikan perencanaan desa secara digital sehingga memudahkan dalam mengolah, menyimpan, dan mengelola data perencaan desa. Sistem perencanaan desa yang diimplementasi dalam Desa Sumbersekar berbentuk website dengan menggunakan bahasa pemograman PHP versi 5. Metode yang digunakan dalam meracang dan membangun sistem informasi perencanaan desa ini yaitu berdasar pada teori yang digagas oleh Kendall dalam bukunya yaitu Three Major Phases. Dalam teori tersebut terdapat tiga proses utama dalam merancangan dan membangun sistem yaitu tahapan Analsis yang di mana tahapan ini adalah tahapan tentang pengumpulan dan penggambaran data-data perencanaan, kemudian tahapan Design yang bertujuan menggambarkan data-data yang dibutuhkan, dan kemudian pada tahapan Implementasi akan mulai proses coding dan testing. Hasil dari Sistem Informasi Perencanaan Desa ini adalah penginputan dan penyimpanan data perencanaan yang nantinya akan diolah menjadi sebuah dokumen RPJM dan RKP Desa yang dibutuhkan desa sesuai dengan periode yang berlaku.
SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN DAN CAREER TEST STUDY KASUS PADA CV. XYZ Yogi Eka Sakti; Hendro Poerbo Prasetiya
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Kurawal Volume 1, Nomor 1, Maret 2018
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2018.1.1.1-9

Abstract

Dalam menjalankan proses bisnis pendaftaran dan Career Test seringkali CV. XYZ mengalamikendala yang menyebabkan proses pendaftaran dan Career Test membutuhkan waktu yang lama. Hal inidisebabkan karena seluruh proses baik proses pendaftaran maupun Career Test dilakukan secara manual.Oleh karena itu, dibuatlah sistem informasi pendaftaran dan Career Test yang dapat dilakukan secaraonline.Metodologi yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metoda three major phases.Hasil dari pengembangan sistem yang telah dirancang dapat menampilkan informasi umum CV. XYZ,daftar universitas dan profiling kampus, halaman register yang digunakan untuk membuat account di CV.XYZ, halaman career test, dan halaman untuk mendaftar di universitas yang diinginkan. Selainpengembangan sistem untuk student, terdapat pengembangan sistem untuk admin.Hasil dari pengembangan sistem yang telah dirancang untuk admin dapat menampilkan formlogin untuk admin, dashboard laporan yang berisi informasi mengenai jumlah pendaftaran per tahun danlaporan siswa yang mendaftaran ke universitas dalam kurun waktu satu tahun, admin juga dapatmelakukan update pada data negara, universitas, jurusan, soal career test, security option dan detailuniversitas. Dengan adanya sistem ini, siswa dapat terbantu untuk mendapatkan informasi mengenaiuniversitas yang akan dituju dan lebih mudah dalam melengkapi dokumen syarat pendaftaran. Selain itu,dengan adanya sistem ini, proses career test lebih efektif dan efisien baik bagi perusahaan maupun bagisiswa dan siswi. Sedangkan bagi admin, sistem ini dapat memudahkan admin dalam melakukan rekapstudent dan mengumpulkan dokumen pendaftaran.