cover
Contact Name
Meme Susilowati
Contact Email
meme.susilowati@machung.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
kurawal@machung.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Articles 74 Documents
SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN DAN CAREER TEST STUDY KASUS PADA CV. XYZ Yogi Eka Sakti; Hendro Poerbo Prasetiya
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Kurawal Volume 1, Nomor 1, Maret 2018
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2018.1.1.1-9

Abstract

Dalam menjalankan proses bisnis pendaftaran dan Career Test seringkali CV. XYZ mengalamikendala yang menyebabkan proses pendaftaran dan Career Test membutuhkan waktu yang lama. Hal inidisebabkan karena seluruh proses baik proses pendaftaran maupun Career Test dilakukan secara manual.Oleh karena itu, dibuatlah sistem informasi pendaftaran dan Career Test yang dapat dilakukan secaraonline.Metodologi yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metoda three major phases.Hasil dari pengembangan sistem yang telah dirancang dapat menampilkan informasi umum CV. XYZ,daftar universitas dan profiling kampus, halaman register yang digunakan untuk membuat account di CV.XYZ, halaman career test, dan halaman untuk mendaftar di universitas yang diinginkan. Selainpengembangan sistem untuk student, terdapat pengembangan sistem untuk admin.Hasil dari pengembangan sistem yang telah dirancang untuk admin dapat menampilkan formlogin untuk admin, dashboard laporan yang berisi informasi mengenai jumlah pendaftaran per tahun danlaporan siswa yang mendaftaran ke universitas dalam kurun waktu satu tahun, admin juga dapatmelakukan update pada data negara, universitas, jurusan, soal career test, security option dan detailuniversitas. Dengan adanya sistem ini, siswa dapat terbantu untuk mendapatkan informasi mengenaiuniversitas yang akan dituju dan lebih mudah dalam melengkapi dokumen syarat pendaftaran. Selain itu,dengan adanya sistem ini, proses career test lebih efektif dan efisien baik bagi perusahaan maupun bagisiswa dan siswi. Sedangkan bagi admin, sistem ini dapat memudahkan admin dalam melakukan rekapstudent dan mengumpulkan dokumen pendaftaran.
REENGINEERING WEBSITE UNIVERSITAS MA CHUNG MENGGUNAKAN FRAMEWORK “THE PERIODIC TABLE OF SEO SUCCESS FACTORS” Arif M. Alhana Anul Habib; Yudhi Kurniawan
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Kurawal Volume 1, Nomor 1, Maret 2018
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2018.1.1.10-20

Abstract

Dalam upaya memperluas koneksi dan kemitraan dengan berbagai instansi luar, pihak Universitasmembangun sebuah website resmi yang digunakan sebagai media informasi internal kepada pihakeksternal. Namun dalam pembuatan sebuah website tidak hanya melihat dari segi tampilan daninformasinya saja namun keramahan dengan mesin pencari yang kini menjadi salah satu sumberkunjungan terbesar perlu diperhatikan. Search Engine Optimization (SEO) adalah usaha-usaha dalammengoptimasi website terhadap mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik SERP. Mesinpencari menggunakan algoritma tertentu dalam mengurutkan hasil pencarian yang relevan dengan katakunci. Dengan mempraktekkan SEO itu berarti menyesuaikan website supaya bersahabat denganalgoritma tersebut sekaligus memudahkan mesin pencari dalam merayapi, mengindeks, dan memahamikonten website. Oleh karena itu, perancangan kembali official website Ma Chung dengan menerapkanfaktor-faktor penentu keberhasilan di hasil pencarian dibutuhkan sebagai upaya mengoptimalkan kinerjawebsite terhadap mesin pencari. Reengineering official website Ma Chung ini menggunakan framework“The Periodic Table of SEO Success Factors”.
PENERAPAN FUZZY AHP UNTUK PENINGKATAN KETEPATAN DAN EFEKTIVITAS PENILAIAN KINERJA KARYAWAN Wiji Setiyaningsih; Amak Yunus Eko Prasetyo
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Kurawal Volume 1, Nomor 1, Maret 2018
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2018.1.1.21-33

Abstract

Pada PT. Kimora Surabaya penilaian kinerja karyawan dari 15 cabang menggunakan 14 kriteriaberdasarkan posisi pada divisinya oleh setiap pimpinan divisi. Kriteria yang digunakan lebih cenderungpada penilaian yang bersifat subyektif. Penilaian dilakukan dengan pengisian form angket penilaianyang diisi oleh setiap pimpinan divisi, berikutnya pihak HRD mengkalkulasi secara manual hinggadidapatkan prosentase akhir. Proses penilaian tersebut dilakukan sekitar satu bulan, dan biasanyamengalami pengunduran waktu. Ketidaktepatan dalam penilaian kinerja karyawan berdampak padahasil akhir yang kurang tepat, sehingga menimbulkan kecemburuan sosial, komplain pada HRD, sertasemakin meningkatnya karyawan yang resign. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkan metode fuzzyAHP. Dari hasil penelitian dan uji coba didapatkan dengan penerapan fuzzy AHP maka penilaiankinerja karyawan ketepatan penentuan hasil akhir meningkat, dan efektivitas proses penilaiannya jugameningkat.
SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PADA KANTOR NOTARIS DAN PPAT HENDRO WINATA, SH. Fikri Akbar Hedianto; Meme Susilowati
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Kurawal Volume 1, Nomor 1, Maret 2018
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2018.1.1.34-39

Abstract

Kantor Notaris dan PPAT Hendro Winata, SH merupakan kantor yang menyediakan jasa hukum untukmembuat akta otentik dan wewenang lainnya yang telah diatur secara hukum. Kantor Notaris danPPAT Hendro Winata, SH sendiri sudah cukup lama dalam menjalankan praktek di Kota Malangsebagai daerah kerjanya. Saat ini seluruh proses administrasi yang ada di Kantor Notaris dan PPATHendro Winata, SH masih dikerjakan secara manual. Pencatatan manual tersebut menyebabkaninformasi mengenai suatu akta menjadi kurang akurat dan dapat hilang sewaktu-waktu. Oleh karenahal tersebut, diperlukan sebuah sistem informasi administrasi yang dapat membantu Kantor Notarisdan PPAT Hendro Winata, SH dengan memudahkan klien dalam memantau proses pembuatan aktadari perkiraan biaya, hingga notifikasi saat akta telah selesai dan juga membantu kantor itu sendiridalam pembukuan dan menjaga dokumentasi akta yang pernah dibuat serta pendataan klien yangpernah membuat akta di Kantor Notaris dan PPAT Hendro Winata, SH. Sistem ini akan dibangunberbasis web dan berjalan secara online.
SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI DESA DI KANTOR DESA SUMBERSEKAR Meme Susilowati; Dicky Chandra
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Kurawal Volume 1, Nomor 1, Maret 2018
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2018.1.1.40-44

Abstract

Kantor Desa Sumbersekar merupakan kantor desa yang terletak di daerah Dau, Malang. Kantor desa inibergerak pada bidang pelayanan masyarakat, seperti : Membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP), membuatKartu Keluarga (KK), dan membuat surat keterangan sesuai dengan keinginan warga, namun seiringberjalannya waktu Kantor Desa Sumbersekar mencetak surat dalam jumlah yang banyak, sehinggamenyulitkan proses perekapan surat serta No. Kop surat yang masih direkap secara manual. Sehinggamenyulitkan staf kantor desa untuk mencari No. Kop surat yang akan digunakan karena jumlah suratyang juga terhitung sangat banyak dan harus mencarinya di buku rekapan. Proses pembuatan surat jugamasih menggunakan Microsoft Word, meskipun itu menggunakan teknologi komputer tetapi itu masihsangat menyulitkan karena menyetikan isi surat tersebut secara manual dan juga tehitung sangat banyak.Proses pelaporan operasional tahunan maupun bulanan juga masih dilakukan secara manual. Sehinggastaf desa juga harus merekap menghitung jumlah surat yang keluar, surat yang gagal diterbitkan. Olehkarena itu, diperlukan sebuah sistem informasi administrasi desa yang dapat membantu pencatatannomor surat, membantu pembuatan surat, perekapan surat, pembuata KTP maupun KK, serta sebuahfitur pelaporan yang lengkap sehingga memudahkan kinerja dari kantor desa tersebut sendiri.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSEDIAAN PRODUKSI BUKU BERBASIS ONLINE PADA CV DIAN CEMERLANG Meme Susilowati; Natalia .
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Kurawal Volume 1, Nomor 1, Maret 2018
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2018.1.1.45-51

Abstract

CV Dian Cemerlang merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang berfokus memproduksi bukudengan berbagai macam jenis dan ukuran. Saat ini proses pencatatan persediaan pada perusahaanmasih manual yaitu berupa berkas. Pencatatan manual tersebut menyebabkan pertukaran informasiproduksi yang terpisah-pisah atau tidak saling terkait, sehingga akan lebih sulit untuk melakukanmelihat history seperti pemakaian bahan baku, mengecek stok bahan baku yang habis. Untukmenyelesaikan permasalahan tersebut, maka dibuatlah sistem informasi manajemen persediaan yangdapat membantu pencatatan produksi yang berjalan yang meliputi kartu stok bahan baku, notifikasiapabila ada stok bahan baku yang berada di batas minimum, stok hasil akhir produksi. Sistem inidibangun menggunakan metode penelitian yang terdiri dari lima tahap yaitu pengumpulan data,analisis data, design sistem, implementasi desain, dan evaluasi sistem. Hasil penelitian ini akanmenghasilkan desain user interface sistem berupa kartu stok bahan baku, notifikasi stok kritis dangrafik untuk memudahkan top management melihat laporan yang berkaitan dengan produksi.
ANALISIS SWOT DAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UKM ES PUTER DI KOTA MALANG Purnomo .; Yuswono Hadi
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Kurawal Volume 1, Nomor 1, Maret 2018
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2018.1.1.52-57

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Es Puter di Kota Malang juga masih menghadapi berbagaipermasalahan salah satunya adalah pemasaran. Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkankeunggulan bersaing yang berkelanjutan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang ataujasa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: mendapat gambaran mengenai strategi pemasaran untukmeningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan strategi pemasaran yangtelah dilakukan dengan mengidentifikasi dan menjelaskan kekuatan dan kelemahan (lingkunganinternal) serta peluang dan ancaman (lingkungan eksternal) serta merumuskan srtategi pemasaran EsPuter yang tepat melalui analisis SWOT (Strengths, Weaknesess, Opportunities, dan Threats).Penelitian ini dilakukan di UKM Es Puter Malang. Metode Penelitian menggunakan pengumpulandatanya dengan dokumentasi, wawancara dan observasi, jenis penelitian deskriptif. Hasil dari analisisefektifitas strategi pemasaran menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan.
PEMANFAATAN DATA SUMBER DAYA MANUSIA PERGURUAN TINGGI DENGAN DATA MART UNTUK MELIHAT PERFORMA DAN PORTOFOLIO DOSEN Hendro Poerbo Prasetiya; Meme Susilowati
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Kurawal Volume 1, Nomor 1, Maret 2018
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2018.1.1.58-64

Abstract

Sebuah perguruan tinggi perlu memantau dan pengukuran kinerja terus-menerus untuk memastikanapakah kinerja dan portofolio dosen sesuai dengan parameter yang telah ditentukan atau tidak. Salahsatu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan memanfaatkan Informasi visualisasi denganmenggunakan Data Mart. Dengan membangun Data Mart, data kinerja dan portofolio dosen akandikelompokkan sesuai kebutuhan yang mengandung informasi penting sehingga mudah dibaca dandipahami, sehingga pimpinan perguruan tinggi dapat segera melihat dan mengambil keputusan yangdibutuhkan dengan cepat dan tepat. .
DESAIN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERINTEGRASI LIMA SIKLUS PADA USAHA JASA LAUNDRY Meme Susilowati; Nanndyto Satria
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Kurawal Volume 1, Nomor 2, Oktober 2018
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2018.1.2.65-72

Abstract

Quickly Laundry merupakan salah satu penyedia jasa laundry yang masih melakukan pencatatan keuangan secara manual untuk membuat laporan laba dan rugi. Tidak ada perhitungan rinci yang memungkinkan manajer dan supervisor untuk mengetahui nilai aset perusahaan secara menyeluruh. Tanpa adanya laporan akuntansi, manajer dan supervisor tidak dapat memantau posisi keuangan perusahaan yang sangat berguna untuk mengetahui perkembangan perusahaan dan menentukan kebijakan di masa yang akan datang. Oleh karena itu Quickly Laundry memerlukan sistem informasi akuntansi yang dapat mengintegrasikan laporan keuangan akuntansi berdasarkan data transaksi yang ada. Penelitian ini menghasilkan desain sistem informasi akuntansi yang mengintegrasikan lima siklusnya. Desain lengkap sesuai proses bisnis akuntasi mulai dari jurnal umum, buku besar, neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca saldo setelah penyesuaian hingga tiga laporan keuangan yaitu laporan rugi laba, laporan perubahan modal dan neraca akhir dan jurnal penutup. Untuk mencapai tujuan tersebut makan penelitian dilakukan dengan metode analisis dan desain berorientasi objek sehinggan menghasilkan Diagram Use case, diagram aktivitas, diagram kelas. Desain juga dilengkapi dengan table kebutuhan user, sitemap dan user interface untuk memudahkan implementasi pemrograman.
ANALISIS KESENJANGAN TERHADAP PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015 PADA CV. TIRTA MANGKOK MERAH Yoan Crismanto; Sunday Noya , ST., MprocgMgnt
Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Kurawal Volume 1, Nomor 2, Oktober 2018
Publisher : Universitas Ma Chung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33479/kurawal.2018.1.2.73-81

Abstract

CV. Tirta Mangkok Merah adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri air mineral. Masalah yang dihadapi adalah tidak maksimalnya penerapan sistem manajemen mutu. Hal tersebut terjadi karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh perushaan, sehingga mengakibatkan karyawan tidak dapat memahami prosedur-prosedur yang sesuai dengan sistem manajemen mutu yang ada.Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan mengenai penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 di perusahaan, maka akan diindentifikasi mengenai permasalahan apa saja yang menyebabkan penerapan tidak dapat berjalan secara penuh. Kemudian faktor-fator tersebut akan dianalisis dengan menggunakan metode Gap Analysis dan Fault Tree Analysis (FTA).Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu Gap Analysis dan FTA, maka diketahui bahwa perusahaan telah dapat meningkatkan presentase penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 berdasarkan range presentase peniliaian sebesar 73%-97% dari sebelumnya sebesar 58%-90%.