cover
Contact Name
Henry Trias Puguh Jatmiko
Contact Email
miko.alabidin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
pend.bindo@hikmahuniversity.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia)
ISSN : 26229420     EISSN : 26225573     DOI : -
Jurnal Lentera merupakan Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkala mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitian berupa pengajaran dan pendidikan Bahasa Indonesia. Secara khusus, jurnal ini berisi penelitian tentang pengajaran, pendidikan, bahasa, sastra, dan integrasi nilai Islam
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia)" : 6 Documents clear
Tone Language: Alih Kode Diplomasi Kebahasaan Pada Mahasiswa STKIP Al Hikmah dalam Program Keterampilan Abad 21 Asia Yuwafi, Muhammad Hamdan; Pamungkas, Deny; Mustafa, Ali
Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia) Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia)
Publisher : Jurnal Lentera merupakan Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkala mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitian berupa pengajaran dan pendidikan Bahasa Indonesia. Secara khusus, jurnal ini berisi penelitian tentang pengajaran, pen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.22 KB)

Abstract

Abstrak Kegiatan interaksi sosial atau berkomunikasi dapat mendorong seseorang untuk memanfaat potensi penggunaan bahasa. Penggunaan bahasa ini dapat divariasikan berdasarkan aspek situasional maupun kondisi dengan sarat makna sosial. Bahkan dalam proses interaksi seorang penutur sangat  memungkinkan dirinya untuk mengganti bahasa baik disengaja maupun tidak. Peristiwa inilah yang  disebut dengan peralihan bahasa atau  alih kode bahasa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk alih kode pada program keterampilan abad 21 ASEAN. Selanjutnya penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konstruksi diplomasi kebahasaan pada program keterampilan abad 21 ASEAN. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Wujud data pada penelitian ini berupa teks dokumen percakapan dan transkrip dari hasil wawancara. Data diperoleh melalui teknik observasi, catat, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik interaktif yang mengaitkan ketiga komponen yakni data display, data reduction dan conclusion drawing atau verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alih kode dapat dilihat baik sebagaian maupun terjadi secara keseluruhan. Kata kunci: alih kode, diplomasi kebahasaan, mahasiswa
Feminisme Radikal: Peran Mahasiswi Menekan Tingkat Praktik Prostitusi di Kampus Surabaya Dandy, Achmad
Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia) Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia)
Publisher : Jurnal Lentera merupakan Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkala mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitian berupa pengajaran dan pendidikan Bahasa Indonesia. Secara khusus, jurnal ini berisi penelitian tentang pengajaran, pen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.765 KB)

Abstract

Abstrak   Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah menelaah pengaruh dan tindakan mahasiswi beraliran feminism radikal dalam upaya menekan tingkat praktik prostitusi di kampus Surabaya. Aliran feminisme radikal menganggap praktik prostitusi sama sekali bukan tentang profesi, tuntutan hidup, atau apapun yang sejenisnya, melainkan mutlak sebagai sebuah degradasi sifat kemanusiaan dan diskriminasi terhadap perempuan dalam belenggu patriarki. Pada penelitian ini digunakan pendekatan studi kasus. Peneliti berusaha memaknai dan memahami kejadian serta pandangan pada subjek penelitian dalam rangka mengulas lebih dalam tentang fenomena feminisme radikal mahasiswi terhadap prostitusi di kampus yang di tinjau dari segi sosial. Berdasarkan pengambilan dan penganalisisan data yang telah didapatkan, maka hasil yang telah diperoleh ialah adanya pengaruh aspek feminisme radikal terhadap mahasiswi Surabaya, pendeskripsian tindakan yang dilakukan oleh mahasiswi berpaham feminisme radikal, dan pengaruh tindakan feminisme radikal mahasiswi Surabaya terhadap upaya menekan tingkat praktik prostitusi di kampus. Kata Kunci: Feminisme, feminisme radikal, mahasiswi, prostusi.
Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Media Lalipop Siswa Kelas VII-D SMP Negeri I Gedangan Sidoarjo Suparmi, Meliana
Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia) Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia)
Publisher : Jurnal Lentera merupakan Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkala mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitian berupa pengajaran dan pendidikan Bahasa Indonesia. Secara khusus, jurnal ini berisi penelitian tentang pengajaran, pen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.944 KB)

Abstract

ABSTRACT                 The writing ability of VII-D students in SMPN 1 Gedangan are still low. It is proved by their writing scores on the previous meeting about short story. Based on the previous meeting, 80% of the students scored under the minimum criteria of mastery learning, which means only 20% of them succeeded in writing short story. The data obtained from 32 students shows that only seven of them scored more than 65, while 25 of them scored under 65. Regarding on those condition, the researcher believes that there are two factors that influenced it; teacher and student. Thus, the researcher will use lalipop as one of the media to improve students? ability in writing short story.  There are three research problems that will be analyzed in this study. Those are (1) how is the improvement of students? ability in writing short story by using lalipop, (2) how is the change of students? behavior after joining class about writing short story using lalipop. Thus, the objectives of this study are (1) to describe the improvement of students? ability in writing short story by using song as a media (2) to describe the change of students? behavior after joining class about writing short story using lalipop. Moreover, this research is a classroom action research. There were two cycles, which are stage one and two. The subject of this study is student?s skill in writing short story using lalipop. There are two variables in this study, which are the ability to write short story and lalipop as a media. The data are collected through test, observation, journal, questionnaire, interview, and photo as documentation. This study used quantitative and qualitative as data analysis techniques. Those two techniques will be analyzed by comparing the result of the tests from the first cycle with the second cycle. Based on the data analyzed in this study, it can be concluded that by using lalipop as a media, the students? writing ability are improved. After using lalipop, there is also a significant change in the students? attitude toward writing class. The students of VII-D in SMPN 1 Gedangan became more enthusiast in learning process, especially in writing. Furthermore, by considering the results of the study above, it is hoped that Bahasa Indonesia teacher will use lalipop as a media in writing short story. Kata kunci: keterampilan,  menulis cerpen, media lalipop
Critical Discourse Analysis: Keterbacaan dan Konteks Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (Sistem Pendidikan Nasional) Hartanto, Wido
Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia) Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia)
Publisher : Jurnal Lentera merupakan Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkala mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitian berupa pengajaran dan pendidikan Bahasa Indonesia. Secara khusus, jurnal ini berisi penelitian tentang pengajaran, pen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.895 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menunjukkan tingkat keterbacaan wacana sebagai faktor terpenuhinya kepemahaman dalam membaca Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI) nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan teoretis penelitian menggunakan Critical Discourse Analysis Norman Fairclough. Sumber data penelitian adalah UU RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Analisis keterbacaan wacana UU RI nomor 20 tahun 2003 dikaji berdasarkan analisis tekstual, analisis praktik wacana, dan dimensi praktik sosial budaya. Berdasarkan analisis tekstual diketahui tingkat keterbacaan wacana rendah dipengaruhi panjang kalimat dan kerumitan kata atau frasa. Berkaitan praktik wacana, DPR memproduksi undang-undang pendidikan berdasarkan realitas dan citra postif. Warga negara Indonesia sebagai konsumen teks diharapkan memiliki kesamaan interpretasi. Pemerintah hendaknya memperhatikan produksi kata dalam UU RI nomor 20 tahun 2003 agar mudah dipahami oleh warga Indonesia. Selain itu, konteks yang digunakan dalam UU RI nomor 20 tahun 2003 harus memahami kondisi keberagaman sosial budaya Indonesia. Keberadaan teks UU RI nomor 20 tahun 2003 merupakan upaya penanaman pemahaman mengenai sistem pendidikan Indonesia. Apabila keterbacaan wacana, khususnya UU RI nomor 20 tahun 2003 memiliki tingkat rendah tentu menimbulkan kerumitan dalam memahami. Hal ini menegaskan bahwa bahasa menjadi salah satu komponen penentu kebijakan dalam dunia pendidikan.   Kata kunci :  critical discours analysis (CDA), undang-undang pendidikan, keterbacaan
Logika Bahasa dalam Kolom Lingua Jawa Pos Pangastuti, Miftah Widiyan
Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia) Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia)
Publisher : Jurnal Lentera merupakan Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkala mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitian berupa pengajaran dan pendidikan Bahasa Indonesia. Secara khusus, jurnal ini berisi penelitian tentang pengajaran, pen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.661 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis logika bahasa pada beberapa kutipan di Kolom Lingua Koran Jawa Pos. Kutipan yang diambil berasal dari Celana dan Sruwal karya Budi Darma, Seperti Menghantamkan Bola ke Tembok karya Muna Masyari, dan Bahasa dan Nama Klub Sepak Bola karya Holy Adib. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dengan kajian pustaka dan pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis konten atau analisis isi data meliputi analisis teks sintaksis. Hasil dari penelitian ini ialah terdapat penganalisisan logika bahasa berdasarkan dua jenis fungsi bahasa, yakni hubungan antara klausa berupa syarat, koordinatif dan subordinatif, serta bagian inti dan bukan inti dalam kalimat. Bagian inti terperinci menjadi pengklasifikasian subjek dan predikat inti dan bagian bukan inti meliputi keterangan, pelengkap, apositif, dsb. Katakunci: Logika Bahasa, Fungsi Bahasa, Hubungan Antar Klausa, dan Bagian Kalimat
Ejaan van Ophuijsen (1901—1947) dalam Iklan Tempo Doeloe dan Kebermaknaannya dalam Pengembangan Bahasa Indonesia Sudaryanto, Sudaryanto; Rahayu, Anita; Wakhidah, Siti
Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia) Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Lentera (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Indonesia)
Publisher : Jurnal Lentera merupakan Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang berkala mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil penelitian berupa pengajaran dan pendidikan Bahasa Indonesia. Secara khusus, jurnal ini berisi penelitian tentang pengajaran, pen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (960.975 KB)

Abstract

Abstrak Ejaan van Ophuijsen merupakan ejaan Bahasa Indonesia yang pertama kali dalam huruf Latin. Ejaan tersebut dicetuskan oleh sarjana bahasa Melayu berkewarganegaaran Belanda, Charles Adriaan van Ophuijsen. Berkat bantuan Engku Nawawi gl. St. Makmur dan M. Taib St. Ibrahim, Ophuijsen berhasil menyusun buku Kitab Logat Melajoe yang terbit pada tahun 1901. Hal itu kemudian menjadi penanda waktu atas berlakunya Ejaan van Ophuijsen di Indonesia sampai pada tahun 1947. Ejaan itu digunakan di dalam iklan-iklan tempo doeloe, terutama yang dipublikasikan di media massa cetak pada saat itu. Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan teknik baca dan catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan dengan teknik padan referensial dan teknik padan ortografis. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Ejaan van Ophuijsen betul-betul digunakan dalam iklan-iklan tempo doeloe terutama yang terbit dalam rentang waktu 46 tahun (1901?1947) dan kemudian memiliki kebermaknaan terhadap pengembangan Bahasa Indonesia, khususnya materi ejaan Bahasa Indonesia.   Kata Kunci: Ejaan van Ophuijsen, iklan tempo doeloe, pembinaan Bahasa Indonesia

Page 1 of 1 | Total Record : 6