cover
Contact Name
pramesti
Contact Email
fadesti@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
fadesti@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa
ISSN : 20870795     EISSN : 26220652     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
The main focus of this journal is to promote global discussion forums and interdisciplinary exchanges among academics, practitioners and researchers of visual arts and visual culture. Series will encourage practice and research innovation that focuses on visual arts and visual culture, contributing to a better understanding of the highly dynamic development of dynamic theories, practices and discourses of visual art and visual culture.
Arjuna Subject : -
Articles 180 Documents
PERMASALAHAN KEHIDUPAN KAUM URBAN SEBAGAI TEMAKARYA SENI LUKIS Arif Fiyanto
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 7, No 1 (2015)
Publisher : Institut Seni Indoensia Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1060.087 KB) | DOI: 10.33153/bri.v7i1.1575

Abstract

            Laporan penciptaan yang disusun dengan judul “Permasalahan Kehidupan Kaum Urbansebagai TemaKarya Seni Lukis” ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan terhadap tema yang diangkat, yaitu permasalahan kaum urbanyang hidup dalam permukiman kumuh dan termarginalkan.Dibalik kehidupan yang tragis, kesedihan dalam kemiskinan yang menghimpit tersebut menjadi rangsangan untuk perenungan dalam pembelajaran hidup, agar menjadi lebih waspada dan prihatin dalam menata pola kehidupan untuk massa depan.Tujuan dari laporan penciptaan ini adalah ,memahami dan mendalami tema kemudian memvisualisasikan  ide dasar tersebutdan menciptakan metafor dalam karya seni lukis terkait dengan judulyang diangkat.Proses penciptaan karyanya menggunakanbeberapatahapan, di antaranya adalah: pra perwujudan,  perwujudan, dan pasca perwujudan. Tahap pra perwujudan dibagibeberapa tahapan yang harusdilewati, yaitu: tahap observasi, tahap perenungan, tahap persiapan, tahap penggunaan teknik. Pada tahap observasi, dilakukan study pustaka, dan pendokumentasian.Setelah malalui tahap pra perwujudan, kemudian beranjak ke tahap perwujudan, yakni menjelaskan beberapa proses antara lain: pembuatan sket bentuk (rancangan), pembuatan background, pewarnaan, improvisasi, penggarapan detail, dan yang terakhir adalah proses finishing. Penciptaan karya yang terprogramakan berjalan lancar dengan hasil yang maksimal, bila terdapat kesatuan yang utuh atau saling mendukung antara pemilihan bahan yang tepat dengan kemampuan teknik garap yang baik. Kata kunci: penciptaankarya, problemasosial, masyarakat urban
ANALISIS FORMAL SENI LUKIS KARYA SOEGENG TOEKIO TAHUN 2000-2015 Satriana Didiek Isnanta
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 7, No 1 (2015)
Publisher : Institut Seni Indoensia Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (991.926 KB) | DOI: 10.33153/bri.v7i1.1577

Abstract

This article discusses the formal aesthetic work Soegeng Toekio years 2000-2015. It is based on the understanding that the aesthetic value of a work of art can be formed by the work itself, and standard views deserve is requiring the work itself, rather than coming from outside work which is seen as an extra factor aesthetic.The approach used is the aesthetic approach using aesthetic theory by De Witt H. Parker, in his book The Principles of Aesthetics (1920), quoted by The Lian Gie in the book "Philosophy of Beauty" mentions six principles of aesthetics form, namely: 1). The principle of organic unity, 2). The principle of theme, 3). The variation principle according to themes, 4). The principle of balance, 5). The principle of development, and 6). The principle of hierarchy.The works Soegeng Toekio studied from 2000 to 2015 year. The work can be grouped into two major parts, the first is the search for, where Soegeng Toekio started trying to break away from the grip wayang beber and looking for his own visual style (2000-2004) and the second, are the works that have been able to represent Soegeng Toekio’ visual styles (2005-2015). Keywords: Soegeng Toekio, painting, formal analysis, aesthetics De Witt H. Parker
FENOMENA KERIS TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT JAWA Kuntadi Wasi Darmojo
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 7, No 1 (2015)
Publisher : Institut Seni Indoensia Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.621 KB) | DOI: 10.33153/bri.v7i1.1579

Abstract

Keris is a work of art that have aesthetic value and the value of philosophy that can be used as guidance and spectacle, the social life of Java. Kris culture in Indonesia has been known since the 10th century and has continued until now. Kris as objects tradition that has been handed down and there is a change in character bit by bit according the demands of time or the king ( ruler ). When seen his form dagger is an art that has achieved a high level of sophistication and qualifies it has a symbolic meaning, so that the existence of a dagger in the Java community, by most people had believed that the order of the social life of a man is not considered perfect in the achievement of social value if it does not have a keris. The existence of a dagger function in social life has undergone many shifts according to the demands of the times, even in the social and cultural life in contemporary times functions in supporting community has emerged an interesting phenomenon. Kris as non material Cultural Heritage (intangible ) has received recognition from UNESCO as it has among other things: the historical value, aesthetic, social function, philosophy , symbols and mystical . Keywords: Culture, Keris, Function and Society 
SIFAT DAN PERILAKU BURUK MANUSIA SEBAGAI SUMBER INSPIRASI PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS H., Hasan
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 7, No 1 (2015)
Publisher : Institut Seni Indoensia Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (843.283 KB) | DOI: 10.33153/bri.v7i1.1583

Abstract

Creation report compiled under the title "The nature and Bad Behavior Humans as a Source of Inspiration Creation of Art Works" is motivated by the problems associated with the bad behavior of human nature and the social life in this country and in the other hemisphere. The purpose of the report is the creation and deepen understanding of the theme and then visualized on the basic idea and created a metaphor in works of art related to the title is lifted. Methods used his creation stages include: pre-creation, creation and post-creation.After going through the pre-stage of creation, then moved to the stage of creation which explains some of the process include: design sketches and shapes composition, manufacture background, the removal of sketches and drafts composition forms on the canvas, coloring, details, improvisation, and finishing. In the creation of this post is a process gives fixatif works made in order to become more maximal and durable.The creation of the work will run smoothly with maximum results when there is a unified whole or mutual support between the selection of appropriate materials and work on good engineering capability in the process of creating the work that has been programmed, so the results are as expected.Keywords: bad behavior, human, creation of works, painting
KAJIAN IKONOGRAFI KARYA DULLAH “PRAKTIK TENTARA PENDUDUKAN ASING” Wisnu Adisukma
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 7, No 1 (2015)
Publisher : Institut Seni Indoensia Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (801.356 KB) | DOI: 10.33153/bri.v7i1.1585

Abstract

The article tittled The Iconography of Dullah’s artwork "Foreign Occupation Soldiers Practice" is intended to seek the textual and contextual meaning of Dullah’s art work. With iconographic approach will be obtained deeper and broader meaning from a work of art. Through this approach, the artwork will be a major concern in reviewing the history of art, nevertheless also necessary to understand the contextual and symbolic aspects. At the time of independence Dullah documentating the events related to the struggle of the Indonesian nation to seize and retain independence in his works. Dullah even led a group of young artists to paint directly of events during the occupation of Yogyakarta as an effort to document the history of the struggle of the nation. One of his very famous is"Foreign Occupation Soldiers Practice". This work depicts the atrocities of the Japanese army against the population Indonesia. It is a very strong art work is the "Foreign Occupation Soldiers Practice" that depicts cruelty colonizers against the indigenous population. In this case the work of "Foreign Occupation Soldiers Practice" finds its context as understood by tracing the socio-cultural history during the years 1930-1940. From the art work we can find out how the socio-historical situation of the community when the colonial era. Keywords :Dullah, Iconography, Praktik Tentara Pendudukan Asing.
KONSTRUKSI MEDIA Albertus Rusputranto Ponco Anggoro
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 7, No 1 (2015)
Publisher : Institut Seni Indoensia Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.9 KB) | DOI: 10.33153/bri.v7i1.1587

Abstract

Media institutions were never really neutral. They keep partisanship and ideology stand on each. Media also never really according to the broadcast media producers. Media has the power to menyempal and interpreted differently by the audience. Even so media or media agency always tries to frame (framing) of their products, constructing reality. The media, especially news, are often regarded as a representation of reality. By using the framing analysis terkuaklah construction of reality that media have tried to build on the audience and the resistance, such as what might be done spectators.Keywords: media, construction, framing analysis, reality.
STUDI PEMBUATAN MODEL KERAMIK MOZAIK SEBAGAI ELEMEN ESTETIS DINDING BERNUANSA LOKAL Henri Cholis; Prima Yustana
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 7, No 2 (2015)
Publisher : Institut Seni Indoensia Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1067.381 KB) | DOI: 10.33153/bri.v7i2.1589

Abstract

Seni mozaik sudah berkembang lama, tetapi di Indonesia, seni mozaik ini belum berkembang dan belum ada pengrajin gerabah atau industri keramik yang membuat produk keramik mozaik. Peluang inilah yang ditangkap oleh penulis untuk membuat  sebuah model keramik mozaik sebagai pengembangan varian produk kerajinan gerabah dan industri keramik di Indonesia. Dengan model tersebut diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk membuat mozaik sebagai elemen estetik dinding sekaligus untuk penguatan identitas budaya karena bernuansa lokal. Penelitian ini didesain sebagai penelitian eksperimen yang fokus pada 2 bagian. Pertama ujicoba komposisi bahan pencampur tanah liat, pewarnaan keramik dan pembuatan model keramik mozaik yang presisi serta mudah diaplikasikan oleh siapa saja termasuk orang yang tidak punya jiwa seni. Uji coba yang kedua fokus pada eksplorasi visual sebagai desain visual mozaik bernuansa lokal yang bersumber pada wayang beber, seni lukis kaca Cirebon dan ornamen batik.Luaran tahun pertama dari penelitian ini adalah model desain keramik mozaik yang terinspirasi oleh piksel dalam komputer dan seni kristik dalam bentuk buku panduan gambar, warna, ukuran dan tata letak keramik warna. Model ini diharapkan dapat mempermudah setiap orang untuk membuat karya seni mozaik dari keramik di dinding yang  didaftarkan HAKI. Luaran kedua penelitian ini adalah prototip bahan keramik mozaik yang terdiri dari kotak – kotak keramik sesuai dengan rancangan desainnya. Kata kunci: mozaik, seni, keramik, lokal.Mosaic has developed for a long time but it has not developed well in Indonesia and there is no artisan of earthenware nor ceramics industry producing mosaic of ceramics. This is a good chance the writers have to make a model of mosaic ceramics as the development of a variant product of earthenware handicrafts and ceramics industry in Indonesia. It is hoped that this model can make the society easier to make mosaic as the aesthetic element of a wall as well as to strengthen the cultural identity because the model has local nuance.This research is designed as an experiment focusing on two parts. First, to try out a composition of materials for mixing clay, colouring ceramics, and making a model for mosaic ceramics easily applied by anyone including those who do not have the spirit of art. The second tryout focuses on a visual exploration as a visual design of mosaic with local nuance originating in wayang Beber, Cirebon painting on glass and batik ornaments.The first year output of this research is a model of mosaic ceramics design inspired by pixel in computer and kristikin the form of a book containing guidance to colour, size, and layout of colour ceramics. This model is hoped to be able to make anybody easier to a mosaic work of art from ceramics at the wall and it will be registered to HAKI (Intellectual Property Right). The second output of this research is a prototype of the mosaic ceramic material consisting of ceramic boxes in accordance with the planned design. Key words        : mosaic, art, ceramic, and local
PENGEMBANGAN MODEL CINDERAMATA ETNIK DENGAN MUATAN KEARIFAN LOKAL CANDI SUKUH Effy Indratmo NS; Amir Gozali
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 7, No 2 (2015)
Publisher : Institut Seni Indoensia Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1562.078 KB) | DOI: 10.33153/bri.v7i2.1591

Abstract

Saat ini, dunia telah memasuki era industri kreatif. Untuk memenangkan persaingan tak cukup hanya berbekal unik dalam memproduksi sebuah komoditi. Kelokalan harus dieksploitasi secara positif dan Indonesia memiliki keuntungan karena memiliki kekayaan budaya yang bisa diolah. Penelitian ini adalah salah satu bagian dalam mengolah kearifan lokal menjadi sebuah komoditi. Mengolah kearifan lokal Candi Sukuh yang terletak di lereng Gunung Lawu di Karanganyar Jawa Tengah menjadi produk cinderamata.Cinderamata atau souvenir adalah benda yang dibawa pulang oleh wisatawan sebagai kenang-kenangan bagi perjalanannya. Cinderamata merupakan mata pencaharian sebagian masyarakat di sekitar Candi Sukuh. Meskipun demikian penjualan cinderamata dari masyarakat tersebut masih minim dan tidak berkembang. Beberapa penyebabnya adalah ketidakmampuan dari masyarakat untuk memproduksi sendiri, model yang sedikit, dan kualitas yang rendah.Metode yang digunakan adalah pendekatan Research and Development. Dengan metode tersebut, peneliti melakukan serangkaian langkah yaitu tahap studi pendahuluan (studi literatur dan studi lapangan), perencanaan (mengimplementasikan kearifan lokal Candi Sukuh menjadi rancangan bentuk cinderamata), pembangunan (membuat model, mencetak, menuang, dan memproduksi), uji coba kualitas cinderamata dan evaluasi, dan yang terakhir adaalah diseminasi. Kata kunci: candi Sukuh, cinderamata etnik, kearifan lokal. 
PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL KELURAHAN BALUWARTI SEBAGAI KAMPUNG WISATA BUDAYA DI SURAKARTA Much. Sofwan Zarkasi; Asmoro Nurhadi Panindias
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 7, No 2 (2015)
Publisher : Institut Seni Indoensia Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1157.908 KB) | DOI: 10.33153/bri.v7i2.1593

Abstract

Untuk mencapai tujuan sebagai kampung wisata budaya, dibutuhkan branding agar Baluwarti tertata dan terarah, memiliki satu tujuan, satu gaya, satu visual sehingga memiliki brand image atau citra di benak target konsumen. Tujuan dari kekaryaan seni ini adalah untuk memecahkan masalah dalam merancang destination branding identitas visual Baluwarti sebagai Kampung Wisata Budaya dengan menguatkan image tradisional dan klasik melalui media komunikasi visual. Perancangan ini menggunakan pendekatan A-A Procedure sebagai pentahapan komunikasi persuasif mulai dari usaha membangkitkan perhatian (attention) kemudian berusaha mempengaruhi orang untuk melakukan kegiatan (action) seperti yang diharapkan. Kemudian dalam mendapatkan data karakter kawasan Baluwarti    digunakan teori dari Kevin Lynch yang menyebutkan 5 elemen yang membentuk kawasan yaitu Path (jalur), Edge ( tepian ), District (kawasan), Nodes (simpul), Landmark (Tetenger) dan selain itu juga data dari Consumers journey (pengamatan kunjungan konsumen). Produk perancangan yang dihasilkan, berupa prototype pedoman sistem identitas termasuk eksplorasi dalam perancangan nama, logo, warna, tipografi berupa logo Baluwarti dan nama kampung di kawasan Baluwarti yang menjadi bagian rangkaian sistem identitas. Penguatan image tradisional menjadi acuan utama dalam perancangan ini mengingat Baluwarti masuk dalam kawasan Kraton Kasunanan Surakarta yang masih menjunjung tinggi nilai tradisi, diharapkan akan menunjukan keunikan, kekhasan dan kekuatan dari Baluwarti. Kata kunci : Identitas visual, destination branding, Baluwarti
HIASAN WAYANG PADA ATAP RUMAH TRADISIONAL KUDUS DALAM KAJIAN MAKNA DAN SIMBOLIS A., Afrizal
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 7, No 2 (2015)
Publisher : Institut Seni Indoensia Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (856.483 KB) | DOI: 10.33153/bri.v7i2.1595

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mencari jawaban atas pertanyaan mengenai sejarah terbentuknya hiasan wayang pada atap rumah tradisional Kudus. Pertanyaan tersebut meliputi: apa yang dimaksud dengan hiasan wayang; mengapa diciptakan; kapan mulai diciptakan; siapa pemrakarsanya; dan bagai mana arah perkembangannya. Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi penggunaan simbol hiasan wayang pada atap rumah tradisional Kudus merupkan perpaduan antara kepercayaan agama Hindu dengan kepercyaan agama Islam. Faktor internal bahwa masyarakat pada umumnya mereka itu mengenal tokoh- tokoh dalam pewayangan dengan baik dan di antaranya kebanyakan menganggap bahwa Bima sebagai tokoh idola dan legendaris mereka. Faktor eksternal adanya perubahan bentuk pada wayang-wayang yang dilakukan oleh para ulama agar tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam. Di antara wayang hasil karya para ulama atau wali tersebut adalah wayang purwa dan wayang kancil. Wayang Purwa yang terbuat dari kulit kerbau itu ditransformasikan menjadi wayang kulit yang bercorak Islami. Para wali penyebar Islam di Jawa pun mengubah cerita wayang dengan menyisipkan ajaran-ajaran dan pesan moral yang sesuai dengan ajaran Islam. Salah satu contoh ajaran moral Islam yang terkandung dalam cerita wayang dapat kita jumpai pada tokoh Bima dalam lakon “Bima Suci”.Ajaran moral Islam yang terkandung dalam lakon “Bima Suci” dibagi ke dalam empat tahapan, yakni syariat, tarekat, hakikat, dan makrifat.Hiasan pada atap rumah tradisonal Ku­dus, merupakan hiasan tiga dimensi, dan sebenarnya merupakan wujud dari sebuah wuwung. Secara umum bentuk hiasan pada atap rumah tradisional Kudus, dapat dikategori­kan menjadi dua macam. Ragam hias pertama oleh masyarakat setempat sering disebut sebagai bentuk hiasan wayangan.dan kedua  bentuk gelung wayang. Kata kunci : Ornamen, Wuwung 

Page 1 of 18 | Total Record : 180