cover
Contact Name
Fiki Alghadari
Contact Email
lppm@stkipkusumanegara.ac.id
Phone
+6281949266491
Journal Mail Official
lppm@stkipkusumanegara.ac.id
Editorial Address
Lambaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STKIP Kusuma Negara Jakarta Jalan Raya Bogor KM.24 Cijantung, Jakarta Timur, 13770 Telp: (021) 87791773 E-mail: lppm@stkipkusumanegara.ac.id
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
Published by STKIP Kusuma Negara
ISSN : 20857144     EISSN : 26230380     DOI : 10.37640/jip
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state of the art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new technologies in the field of education. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a scientific journal containing and disseminating research findings, in-depth study, and innovative ideas in the field of education. Teacher and lecturer innovation in educational sector development can make a positive contribution to schools and educational institutions. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is published periodically (twice a year in January and July) by Research and Community Services in STKIP Kusuma Negara, with a total of 10 articles published every time (20 articles annually). The scope of this journal is: 1) English Education; 2) Civic Education; 3) Mathematics Education; 4) Science Education; 5) Early Childhood Education; 6) Primary Education; 7) Physical Education; 8) Any Education subject areas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2017)" : 14 Documents clear
Tantangan dan Peluang Perempuan dalam Berpolitik di Indonesia : Masyarakat Patriarki Herinto Sidik Iriansyah
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 8 No 2 (2017)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam negara yang menganut sistem nilai patriarkal, seperti Indonesia, kesempatan perempuan untuk menjadi politisi relatif terbatasi karena persepsi masyarakat mengenai pembagian peran antara laki-laki dan perempuan, yang cenderung bias kearah membatasi peran perempuan wanita pada urusan rumah tangga. Ketentuan UUD 1945 pasal 28 H ayat (2 ) yang menyatakan “Setiap orang berhak mendapatkan kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan”. Ketentuan yuridis tersebut menjadi landasan yang kuat bagi semua golongan warga negara untuk bebas dari diskriminasi sistematik dan struktural dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pada aspek politik. Perbedaan gender sebetulnya tidak menjadi masalah selama tidak melahirkan ketidak adilan gender. Namun ternyata perbedaan gender baik melalui mitos-mitos, sosialisai, kultur,dan kebijakan pemerintah telah melahirkan hukum yang tidak adil bagi perempuan. Pada masyarakat patriarki, nilai-nilai kultur yang berkaitan dengan seksualitas perempuan mencerminkan ketidaksetaraan gender menempatkan perempuan pada posisi yang tidak adil. Faktor budaya Indonesia yang feodal dan patriarki yang mengungkung perempuan untuk beraktualisasi pada ramah-ramah domestik. Secara tradisi perempuan ditempatkan pada posisi yang kurang menguntungkan yakni hanya berpusat pada aktifitas rumah tangga. Bahkan ada semacam jargon orangtua yang enggan menyekolahkan anak perempuannya karena nantinya hanya akan diambil sebagai istri dan mengurusi rumah tangga saja, sehingga menjadi sebuah nilai yang berlaku pada masyarakat dimana laki-laki ditempatkan kedudukannya lebih tinggi dibandingkan kedudukannya dengan wanita. Adanya pemahaman masyarakat yang konservatif atas tafsir ajaran agama. Hal ini dapat dilihat dari berbagai dalil atau hukum agama yang memberikan keistimewaan kepada pihak laki-laki. munculnya hegemoni negara yang masih sangat besar terhadap warga negara yang terlihat dari dukungan atas budaya patriarki dalam segala aspek. Secara yuridis formal Indonesia tidak membedakan antara laki-laki dan wanita dalam bidang politik. Namun karena kendala baik yang bersumber dari intern wanita itu sendiri maupun factor eksternal, maka partisipasi politik wanita dalam pertumbuhannya jauh lebih rendah dibanding partisipasi politik laki-laki. Peningkatan partisipasi politik wanita dapat diupayakan melalui pemanfaatan peluang yang ada, baik yang sudah diatur dalam undang-undang maupun lembaga-lembaga tingkat internasional yang menangani masalah wanita. Tantangan yang antara lain meliputi aspek budaya, sosiologi dan perspektif gender dalam masyarakat patriarki, tantangan tersebut hendaknya dijadikan dasar untuk menyusun strategi dan program-program yang dirancang untuk menumbuhkan kesadaran serta peningkatan pengetahuan kaum perempuan, kader potensial untuk dapat aktif dalam arena politik.
Kinerja Tugas Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Bersertifikat ISO 9001 di Jawa Barat: Studi Kausal antara Pemberdayaan, Komitmen Profesional, Integritas, dan Kinerja Tugas Oktavia Suwardana
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 8 No 2 (2017)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberdayaan, komitmen professional, dan integritas kinerja tugas. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kuantitatif, metode survey dan teknik analisis jalur. Populasi dalam penelitian adalah guru SMK Negeri yang bersertifikat ISO 9001 di Provinsi Jawa Barat. Sampel penelitian sebanyak 220 guru yang dipilih menggunakan teknik acak sederhana. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner serta dianalisis menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemberdayaan berpengaruh langsung positif terhadap kinerja tugas, perbaikan pemberdayaan akan mengakibatkan peningkatan kinerja tugas; (2) Komitmen professional berpengaruh langsung positif terhadap kinerja tugas, peningkatan komitmen professional akan mengakibatkan peningkatan kinerja tugas; (3) Integritas berpengaruh langsung positif terhadap kinerja tugas. peningkatan integritas akan mengakibatkan peningkatan kinerja tugas; (4) Pemberdayaan berpengaruh langsung positif terhadap integritas, perbaikan pemberdayaan akan mengakibatkan peningkatan integritas; (5) Komitmen professional berpengaruh langsung positif terhadap integritas, peningkatan komitmen profesional akan mengakibatkan peningkatan kinerja tugas.
Pengaruh Strategi Pembelajaran Induktif Metode Ceramah dengan Metode Diskusi dan Motivasi Belajar terhadap Pengetahuan Siswa tentang Keanekaragaman Hayati: Eksperimen di MTs Alhikmah Pulogadung Jakarta Tahun 2015 Ani Marlina
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 8 No 2 (2017)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari strategi pembelajaran induktif siswa terhadap keanekaragaman hayati yang berkaitan dengan strategi pembelajaran induktif melalui metode ceramah dan melalui metode diskusi dan motivasi belajar, pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan model ANAVA 2x2, pada siswa Madrasah Tsanawitah Al-HiPulogadung Jakarta Timur kelas VII yang keseluruhan sampelnya adalah 70 siswa yang dibagi kedalam 2 kelompok. Hasinya adalah sebagai berikut: 1). Terdapat perbedaan antara siswa yang diberikan strategi pembelajaran induktif melalui ceramah dengan diskusi 2) adanya interaksi antara strategi pembelajara induktif dengan motivasi belajar terhadap pengetahuan keanekaragaman hayati, 3) kelompok siswa yang proses motivasi belajarnya tinggi, pengetahuannya tentang keaekaragaman hayati lebih tinggi menggunakan strategi pembelajaran induktif melalui ceramah dari pada metode diskusi. 4) bagi motivasi belajar siswa yang lemah pengetahuan mereka tentang keaekaragaman hayati lebih baik menggunakan metode ceramah daripada metode diskusi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metod ceramah efektif untuk menaikkan tingkat pengetahuan siswatentang keanekaragaman hayati dengan mempertimbangkan motivasi belajar mereka.
Pengaruh Pemberian Tes Formatif yang Diberikan Umpan Balik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 88 Jakarta Ayu Wulandari
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 8 No 2 (2017)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pemberian tes formatif yang diberikan umpan balik terhadap hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ”terdapat pengaruh pemberian tes formatif yang diberikan umpan balik terhadap hasil belajar matematika siswa”. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 88 Jakarta Kelas VII (tujuh) pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012.Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen.Variabel bebas pada penelitian ini adalah pemberian tes formatif yang diberikan umpan balik sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa.Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus product moment didapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus alpha sebesar rhitung = 0,872 > 0,334 = rtabel maka dapat disimpulkan bahwa instrument reliabel. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,072 < 0,161 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,057 < 0,161 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel diperoleh dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,185 < 1,861 = Ftabel, hal ini berarti populasi dari dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat thitung= 2,378 > 2,002 = ttabel dengan menggunakan taraf signifikansi ? = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka terdapat pengaruh pemberian tes formatif yang diberikan umpan balik terhadap hasil belajar matematika siswa
Penerapan Model E-Learning pada Materi Kubus dan Balok pada Siswa Kelas VIII SMPN Se-Kecamatan Banyu Urip Kabupaten Purworejo Ditinjau dari Motivasi Belajar Nurina Kurniasari Rahmawati
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 8 No 2 (2017)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran E-learning memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok, (2) apakah motivasi belajar tinggi memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada materi kubus dan balok, (3) apakah terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP N se-Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo.yang berjumlah 768 siswa. Sampel penelitian berjumlah 61 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, dan angket dengan skala Likert, Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan dengan Sel tak Sama. Uji analisis variansi memberikan hasil bahwa model pembelajaran E-learning memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok, motivasi belajar tinggi memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada materi kubus dan balok, tetapi motivasi belajar sedang tidak memberikan hasil belajar yang lebih baik dari motivasi belajar rendah pada materi kubus dan balok, serta tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok
Eksperimentasi Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) Berbantuan Macromedia Flash Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015 Arie Purwa Kusuma
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 8 No 2 (2017)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pembelajaran matematika saat ini masih banyak yang menggunakan metode konvensional seperti ceramahyaitu guru menerangkan di depan kelas sedangkan siswa mencatat, mendengarkan dan mengerjakan soal latihan yang diberikan guru, metode ini menitikberatkan pada penyampaian materi atau bahan ajar secara langsung, mengembangkannya diperlukan model pembelajaran yang cocok. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran SAVI memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran Konvensional pada materi kubus dan balok, (2) apakah motivasi belajar tinggi memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari motivasi belajar sedang dan rendah pada materi kubus dan balok, (3) apakah terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP N 1 Purworejo. Pengambilan sampel dengan teknik stratified cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, dan angket dengan skala Likert, instrumen penelitian telah diuji cobakan dan sudah memenuhi validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan dengan Sel tak Sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan Macromedia Flash memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok, tidak ada perbedaan hasil belajar antara motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah pada materi kubus dan balok, tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok.
Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Inggris Siswa di SMPN Negeri Kabupaten Tangerang Dini Fitriani
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 8 No 2 (2017)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran terhadap keterampilan membaca bahasa inggris siswa, (2) adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap keterampilan membaca bahasa inggris siswa (3) adanya pengaruh interaksi metode pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap keterampilan membaca bahasa inggris siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan analisis ANOVA dua jalur. Sampel berukuran 48 siswa kelas VIII SMP Negeri di kabupaten Tangerang yang dipilih dengan teknik sampling bertahap yaitu : teknik sampling purposiv digunakan untuk menentukan tempat (sekolah) penelitian, teknik sampling acak sederhana digunakan untuk menentukan kelas penelitian (kelas eksperimen dan kelas kontrol), dan teknik sampling sistematis digunakan untuk menentukan anggota sampel dalam kelas penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Satu Atap Tamiang di Kabupaten Tangrang Banten. Pengumpulan data dilaksanakan dengan melakukan percobaan untuk metode pembelajaran penugasan, teknik kuisioner melalui angket untuk mendapatkan data kecerdasan emosional dan tes melalui tes tulis bentuk pilihan ganda untuk keterampilan membaca bahasa Inggris siswa. Analisis data terdiri dari : analisis statistik deskriptif, uji persyaratan analisis data (uji normalitas dan homogenitas), dan uji hipotesis dengan ANOVA dua jalur. Uji statistik digunakan uji probabilitas (Sig.). Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret sampai Juli 2014. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh metode pembelajaran penugasan terhadap keterampilan membaca bahasa Inggris siswa dengan nilai Sig. 0,031 < 0,05, terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap keterampilan membaca bahasa Inggris siswa dengan nilai Sig. 0,001 < 0,05, dan tidak terdapat pengaruh interaksi metode pembelajaran terhadap keterampilan membaca bahasa Inggris siswa dengan nilai Sig. 0,144 > 0,05
Pengelolaan Pendidikan bagi Anak Didik Pemasyarakatan: Studi Kasus: Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Salemba-Jakarta Pusat Eka Rista Harimurti
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 8 No 2 (2017)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The right to have an education can not be discriminated among children. It is particulary for them who have a problem with the law as the child prisoners. One of The Child Correction Institutions is Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Klas II A Salemba. As a Child Correction Institutions, LAPAS Klas II A Salemba with the aim of establishing PKBM LAPAS Klas II A Salemba fulfillment of child rights to education. This is in line with the vision and mission of LAPAS Klas II A Salemba is to nurture and educate prisoners and inmates in order to restore the relations with the community by providing a stock of knowledge and skills can be expected to function in a reasonable and able to participate in development. In the implementation of Educational for juvenile, LAPAS Klas II A Salemba use management functions in education, there are (1). Educational Planning. (2). Education Organizing. (3). Education Controlling. All management functions are used by LAPAS Klas II A Salemba for the management of correctional education for juvenile to run well.
Pengaruh Persepsi atas Kompetensi Guru dan Peran Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris: Survey pada MTs Swasta di Kabupaten Tangerang Aris Setyawan
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 8 No 2 (2017)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan survei dan bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh persepsi atas kompetensi guru terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris, pengaruh orang tua terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris, pengaruh persepsi atas kompetensi guru dan peran orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di 2 MTs Swasta di Kabupaten Tangerang dengan sampel 100 siswa. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling yaitu peneliti mencampurkan subyek-subyek didalam populasi sehingga semua subyek dianggap sama. Pengumpulan data menggunakan instrument: angket, dan pengumpulan nilai bahasa inggris siswa. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik korelasi dan regresi ganda. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis statistik deskriptif dan uji persyaratan data (uji normalitas dan uji linieritas), sebelum uji regresi dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2016 sampai bulan April 2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kompetensi guru (X1) dan peran orang tua (X2) terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris (Y), hal ini dibuktikan oleh Fhitung =115,089 dan sig. 0,000 < 0.05. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kompetensi guru (X1) terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris (Y), hal ini dibuktikan oleh nilai thitung = 2,372 dan sig. 0,020 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan peran orang tua (X2) terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris (Y), hal ini dibuktikan oleh thitung = 2,887 dan sig.0,005 < 0,05. Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu Y= -40,730+0,229X1+0,258X2
Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Aminah Zuhriyah
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 8 No 2 (2017)
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran adakah perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa kelas VII SMP Islam Alfajar Jatiasih Bekasi yang belajar dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen terhadap kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol di SMP Islam Al-Fajar Bekasi, yang masing-masing berjumlah 30 orang. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian Normalitas dengan Uji Liliefors menghasilkan untuk kelompok A yaitu siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD, diperoleh nilai Lhitung = 0,0973 dan untuk kelompok B yaitu siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional diperoleh nilai Lhitung = 0,1286 dengan Ltabel untuk n = 30 pada a = 0,05 diperoleh nilai sebesar 0,161, sehingga hasil Lhitung lebih kecil dari Ltabel, maka data berasal dari populasi berdistribusi normal. Dalam pengujian homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh nilai Fhitung = 1,29, sedangkan Ftabel = 1,84, dengan demikian disimpulkan bahwa varians kedua kelompok adalah homogen. Hasil penelitian menggunakan Uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,866 > 1,66), dengan demikian hipotesis yang diterima adalah Hi, yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa kelas VII SMP Islam Al-Fajar Bekasi yang belajar dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Konvensional.

Page 1 of 2 | Total Record : 14