cover
Contact Name
Suesthi Rahayuningsih
Contact Email
esthiachmad@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
majamath2017@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 2615465X     EISSN : 26144204     DOI : -
Core Subject : Education,
Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memuat kajian-kajian ilmiah tentang matematika dan pendidikan matematika antara lain pembelajaran matematika, matematika terapan , teknologi pembelajaran dan matematika murni, dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis. Jurnal yang terbit dua kali setahun, bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2022): Vol. 5 No. 2 September 2022" : 5 Documents clear
Implementasi Fault Tree Analysis pada Sistem Produksi Gula Semut sebagai Industri Kreatif Desa Gintangan Banyuwangi Auda Nuril Zazilah; Putu Ngurah Rusmawan; I Putu Sudhyana Mecha
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2022): Vol. 5 No. 2 September 2022
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v5i2.1992

Abstract

Logika Matematika sebagai dasar dari konsep Analisis Fault Tree dapat diimpelementasikan pada berbagai bidang. Sebagai industri kreatif, produksi gula semut di Dusun Gumuk Agung sangat berpotensi untuk dikembangkan karena melimpahnya sumber air nira dari pohon kelapa. Gula semut adalah gula aren berbentuk butiran seperti pasir yang dibuat dari nira. Permasalahan yang dihadapi yaitu sering terjadi kegagalan pada sistem produksi gula semut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode fault tree analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa defect pada proses produksi gula semut yaitu rasa asam, tidak berbentuk kristal, warna gelap dan serbuk tidak halus. Berdasarkan fault tree analysis, terdapat enam minimal cut-set yaitu nira tidak segera diolah, nira tidak disaring, buih saat pemanasan tidak dibuang, kadar air terlalu banyak, pengadukan kurang cepat, dan mengayak tidak dengan teliti. Solusi yang dapat diterapkan adalah menutup dengan rapat bumbung yang digunakan, kecuali pada bagian aliran masuknya nira, melakukan penyuluhan secara berkala dan membuat prosedur pengolahan gula semut. Selain itu, dibutuhkan adanya standarisasi ukuran kadar air, kecepatan pengadukan dan penambahan proses ayakan. Hasil ini diharapkan menjadi pedoman bagi para petani atau penderes agar diperoleh sistem produksi gula semut yang baik dan optimal untuk waktu berikutnya.
Desain Masalah Numerasi pada Aspek Konten Bentuk dan Ruang dengan Konteks Kearifan Lokal Jember untuk Melatih Kemampuan Berpikir Analitis Dimas Danar Septiadi
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2022): Vol. 5 No. 2 September 2022
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v5i2.2056

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengembangkan soal model PISA dengan menggunakan konteks kearifan local Kabupaten Jember yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jurnal ini merupakan jurnal pengembangan dengan mengadaptasi langkah-langkah Plomp. Untuk menguji kevalidan, peneliti menggunakan validasi ahli; untuk menguji kepraktisan, peneliti menggunakan uji reliabilitas dan uji validitas instrument; sedangkan keefektifan menggunakan uji respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ahli mengatakan pengembangan instrument ini dapat digunakan karena memenuhi kriteria valid dengan rata-rata 3,38. Hasil uji reliabilitas dan validitas menunjukkan bahwa hasil instrument ini reliable dengan rxy = 0.99, dan valid dengan rata-rata hasil uji validitas dengan kriteria sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Sedangkan hasil respon siswa menunjukkan respon positif atau 70.4% setuju dengan aspek yang ditanyakan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa soal model PISA dengan kearifan local jember yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif
Validitas Bahan Ajar Berupa Handout Berbasis Santifik Pada Siswa KelasVII SMP Pertiwi 2 Padang Teni Suriani; Arcenius Saruruk
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2022): Vol. 5 No. 2 September 2022
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v5i2.2096

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa Handout berbasis saintifik pada siswa kelas VII SMP Pertiwi 2 Padang yang valid. Handout tersebut sebagai pendukung kegiatan pembelajaran dengan scientific approach (5M) yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Handout ini dapat membantu siswa dalam memahami materi aritmatika sosial dengan menerapkan 5M dalam pembelajaran. Kualitas produk berupa handout yang dikembangkan dilengkapi dengan kuis dan beberapa soal latihan. Handout ini dapat meningkatkan pemahaman belajar matematika siswa dan dirancang dengan menggunakan kurikulum 2013. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan siswa sebagai bahan ajar alternatif dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Tetapi karena keterbatasan peneliti, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini siswa kelas VII SMP Pertiwi 2 Padang dengan jumlah siswa 18 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur kualitas bahan ajar yang dikembangkan adalah penilaian Handout untuk mengukur kevalidan. Validasi bahan ajar berupa Handout berbasis saintifik divalidasi oleh dua validator ahli dalam bidang pendidikan matematika dan satu validator ahli dalam bidang bahasa. Berdasarkan hasil validasi secara keseluruhan menunjukkan Handout berbasis saintifik sudah valid dengan pencapaian persentase 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahan ajar berupa Handout berbasis saintifik pada materi Aritmatika Sosial sudah valid dan layak digunakan untuk tahap berikutnya. Kata Kunci: Validitas; Handout berbasis Saintifik
Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa PGSD dalam Pembelajaran Blended Learning Ema Butsi Prihastari; Bettri Yustinaningrum
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2022): Vol. 5 No. 2 September 2022
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v5i2.2132

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar mahasiswa PGSD UNISRI sebagai calon guru SD pada pembelajaran matematika pasca pandemic dengan menerapkan blended learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel sebanyak 55 mahasiswa dengan dominasi perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dengan penyebaran secara online, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi hasil belajar mahasiswa semester genap Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik analisis data dengan statistic deskriptif dan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa motivasi belajar mahasiswa PGSD dalam pembelajaran matematika dengan blended learning pada pasca pandemic dominan pada kategori Cukup sebesar 78%. Kemudian, pada kategori Rendah sebanyak 20% dan kategori Tinggi hanya 2%. Skor tertinggi ada pada indicator: a) memiliki tanggungjawab terhadap tugasnya, b) melakukan tugas dengan sebaik-baiknya, c) menyelesaikan tugas dengan usahanya. sedangkan indicator yang lain ada dalam kategori Cukup. Dari hasil dapat diketahui bahwa motivasi belajar mahasiswa masih belum maksimal. Maka, diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran matematika khususnya menyiapkan calon guru Sekolah Dasar yang handal dan berkualitas.
Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VI SD Inpres Lisabheto: Dominika Anvrina Iry; Wahyuningsih Wahyuningsih; Tanti Diyah Rahmawati
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2022): Vol. 5 No. 2 September 2022
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v5i2.2143

Abstract

The method used in this study is Classroom Action Research (CAR) using teaching aids to find out whether there is an increase in learning outcomes and the motivation of students in class VI SD Inpres Lisabheto in mathematics, especially material building. Based on the pre -survey results, explaining that many student learning outcomes in pre -cycles have not yet reached the KKM, as well as the low motivation to learn students. This can be seen at the first meeting with an average learning outcome of 65.85 completeness level of 50% and the second meeting averaged 75.78 disjolized 1 so that the completeness level of 68.75%. Because there are learning outcomes that have not yet reached the KKM, they will be continued. On average in the second cycle the first meeting was 90.01 completeness level of 100% and at the second meeting an average of 95.63 with a completeness level of 100%. In this second cycle it has reached KKM with a value of ? 66. While the motivation of student learning in the first cycle with an average of 49.9 and the second cycle reaches 62.8. Based on the average learning motivation in cycle 1 and cycle 2 it can be concluded that the media of teaching aids can affect student motivation so that it provides maximum learning outcomes after evaluating class VI at SD Inpres Lisabheto Academic Year 2021/2022

Page 1 of 1 | Total Record : 5