cover
Contact Name
Asep Saepulrohman
Contact Email
komputasi@unpak.ac.id
Phone
+62251-8363419
Journal Mail Official
komputasi@unpak.ac.id
Editorial Address
Jalan Raya Pakuan PO. BOX 452, Bogor, Indonesia
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika
Published by Universitas Pakuan
ISSN : 16937554     EISSN : 26543990     DOI : 10.33751
Scientific Journal of Computer and Mathematical Science (Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika) is initiated and organized by Department of Computer Science, Faculty of Mathematics and Science, Pakuan University (Unpak), Bogor, Indonesia to accommodate the writing of research results for the academics and institutions other. Komputasi journal was originally launched in 1992, and published online since 2007 with ISSN version p-ISSN: 1693-7554 and version of the daring of e-ISSN: 2654-3990 in 2018 (SK No. 0005.26543990/JI.3.1/SK.ISSN/2018.10-15 October 2018 (starting Vol. 16, No. 1, January 2019). The journal is a publication media for original manuscripsts related information technology development and science written in Bahasa Indonesia which is published twice times a year (January and July).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 2 (2021): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika" : 6 Documents clear
PENYELESAIAN MODEL EPIDEMI SIR MENGGUNAKAN METODE RUNGE-KUTTA ORDE EMPAT DAN METODE ADAMS-BASHFORTH-MOULTON Laurensius Ian Setiawan; Sudi Mungkasi
KOMPUTASI Vol 18, No 2 (2021): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika
Publisher : Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/komputasi.v18i2.3623

Abstract

Model epidemi SIR (Susceptible-Infected-Recovered) telah diterapkan secara luas untuk simulasi penyebaran penyakit menular. Makalah ini menyajikan skema numeris metode Runge-Kutta orde empat dan metode Adams-Bashforth-Moulton untuk menyelesaikan model SIR. Lebih lanjut, makalah ini menyajikan penyelesaian model SIR yang dihasilkan dengan simulasi komputer. Hasil simulasi atas kedua metode tersebut memberikan rata-rata nilai mutlak selisih yang sangat kecil. Dengan demikian, skema numeris dan hasil simulasi dalam makalah ini dapat dipercaya kebenarannya. Dalam melakukan simulasi penyebaran penyakit menular, penggunaan dua metode yang berbeda disarankan agar hasil simulasi diyakini benar.
PERBANDINGAN KINERJA ALGORITMA STRING MATCHING BOYER-MOORE & KNUTH-MORRIS-PRATT PADA SEO WEB SERVER Sena Ramadona Cakrawijaya; Bambang Kriswantara
KOMPUTASI Vol 18, No 2 (2021): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika
Publisher : Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/komputasi.v18i2.3246

Abstract

Algoritma pencocokan string mencoba menemukan posisi di mana satu atau beberapa pola (juga disebut string) terjadi dalam teks. Penelitian ini membandingkan algoritma Knuth-Morris-Pratt dan Boyer-Moore untuk mencocokkan algoritma di internet atau dokumen web. Pada internet atau dokumen web, pencarian adalah proses penting untuk proses ekstraksi konten. Oleh karena itu, panjang tag HTML diperiksa untuk menentukan algoritma mana yang lebih cocok untuk proses pencocokan. Eksperimen kami menunjukkan bahwa algoritma yang dipilih adalah algoritma pencocokan pola terbaik dengan kinerja 12 kali lipat lebih cepat dibandingkan yang algoritma lain dalam worst-case untuk SEO HTML tags dokumen server web. Hasil tersebut berbeda dengan literatur sebelumnya yang menunjukan kinerja sebaliknya
IMPLEMENTASI ALGORITMA C.45 UNTUK KLASIFIKASI DETEKSI SERANGAN PADA PROTOKOL JARINGAN Irma Anggraeni; Siska Andriani
KOMPUTASI Vol 18, No 2 (2021): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika
Publisher : Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/komputasi.v18i2.3562

Abstract

Media internet telah menjadi bagian dari kehidupan manusia dalam kebutuhan komunikasi sebagai salah satu faktor kemajuan teknologi. Dengan semakin banyaknya penggunaan jaringan internet, keamanan menjadi aspek yang penting. Keamanan internet dilakukan untuk menghindari serangan terhadap jaringan tersebut. Untuk dapat mengetahui aktivitas penyerangan dalam suatu jaringan, dapat dilihat dari trafik pada jaringan tersebut. Anomali trafik merupakan kondisi tidak stabil yang terjadi pada suatu jaringan. Berdasarkan pendeteksian data trafik, dapat dilakukan analisis untuk mengetahui serangan-serangan yang terjadi pada jaringan. Data trafik jaringan akan diolah dengan klasifikasi dengan menggunakan Algoritma C.45.. Penelitian ini bertujuan untuk membuat analisis serangan dengan mengetahui anomali pada jaringan internet di prodi Ilmu Komputer. Dalam penelitian ini akan dilakukan beberapa tahapan yaitu pengumpulan data menggunakan wireshark, tahap preporessing, kemudian dilakukan proses klasifikasi. Setelah mendapatkan hasil klasifikasi, selanjutnya dilakukan analisis. Hasil klasifikasi didapatkan tingkat akurasi yaitu sebesar 93,67 %.
IMPLEMENTASI COMPUTER GENERATED IMAGERY PADA ANIMASI PEMBUATAN LUBANG RESAPAN BIOPORI Boldson Herdianto Situmorang; Tjut Awaliyah Zuraiya; Mochammad Ramdhani
KOMPUTASI Vol 18, No 2 (2021): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika
Publisher : Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/komputasi.v18i2.2519

Abstract

Computer Generated Imagery merupakan penerapan lanjutan dalam bidang komputer grafis. Penggunaan teknik Computer Generated Imagery untuk memberikan efek khusus dapat menghasilkan animasi yang lebih kelihatan nyata dan menarik perhatian. Proses komunikasi massa pada intinya ialah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan. Komunikasi massa dapat disajikan dalam bentuk animasi. Penggunaan teknologi Computer Generated Imagery dapat memberikan efek khusus pada adegan dalam animasi sehingga tampak begitu nyata dan seperti hidup. Penelitian ini akan membuat animasi pembuatan lubang resapan biopori menggunakan teknik Computer Generated Imagery sebagai media sosialisasi sehingga masyarakat akan tertarik untuk berperan serta mendukung pelestarian lingkungan hidup khususnya dalam menanggulangi krisis air tanah. 
MODEL PEMBANGKIT LISTRIK ELEMEN GANDA DENGAN PANEL SURYA DAN TURBIN BERBASIS INTERNET OF THINGS Agus ismangil; Febriansyah Ardyahadistia
KOMPUTASI Vol 18, No 2 (2021): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika
Publisher : Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/komputasi.v18i2.3442

Abstract

Kebutuhan akan sumber daya listrik sangat meningkat setiap tahunnya bagi seluruh aspek. Tetapi tidak dibarengi dengan penyediaan cadangan energi listrik untuk digunakan.berdasarkan masalah yang ada dibuatlah alat penghasil energi listrik yang memanfaatkan dua sumber energi alam yang tidak akan habis,yaitu aingin dan matahari.dimana alat yang dibuat menggabungkan turbin angin dengan panel surya sehingga dapat menghasilkan energi listrik sebagai cadangan energi yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Alat yang dibuat mengubah cahaya matahari dan angin yang diterima oleh alat dan dirubah menjadi energi listrik yang kemudian energi listrik tersebut akan disimpan di dalam sebuah aki kering 12V yang ketika dibutuhkan akan bisa kapan saja digunakan dengan bantuan power inverter 70W untuk keperluan listrik sehari-hari. Alat yang dibuat menggunakan penyimpanan data melalui sistem Internet Of Thinks.
GAME EDUKASI SENYAWA IONIK SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN FINITE STATE MACHINE Retnani Latifah; Ilham Azis; Rita Dewi Risanty
KOMPUTASI Vol 18, No 2 (2021): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika
Publisher : Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/komputasi.v18i2.3629

Abstract

Senyawa ionik merupakan salah satu bentuk senyawa kimia yang memiliki muatan dan berjumlah cukup banyak sehingga beberapa orang kesulitan untuk mempelajari. Meskipun beberapa game edukasi kimia sudah dikembangkan, namun yang berfokus pada senyawa ionik cukup jarang ditemukan. Demikian juga dengan game edukasi kimia yang memanfaatkan adanya agen cerdas untuk membuat game menjadi lebih interaktif dan bertipe petualangan. Penelitian ini mengembangkan suatu game edukasi senyawa ionik berbasis android yang memiliki sebuah agen cerdas sebagai non-player character (NPC) yang perilaku otomatisnya dirancang menggunakan metode Finite State Machine (FSM). Dari hasil pengujian diperoleh bahwa agen cerdas sudah berjalan sesuai dengan rancangan FSM dan semua fungsi juga bekerja sesuai harapan dengan kendala minor. Selain itu, responden juga menyebutkan bahwa game ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dengan reliabilitas kuesioner mencapai 0.854, walaupun tingkat kemudahannya masih perlu ditingkatkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 20, No 2 (2023): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 20, No 1 (2023): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 19, No 2 (2022): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 19, No 1 (2022): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 18, No 2 (2021): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 18, No 1 (2021): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 17, No 2 (2020): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 17, No 1 (2020): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 16, No 2 (2019): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 16, No 1 (2019): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 15, No 2 (2018): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 15, No 1 (2018): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 14, No 2 (2017): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 14, No 2 (2017): JURNAL KOMPUTASI Vol 14, No 1 (2017): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 14, No 1 (2017): JURNAL KOMPUTASI Vol 13, No 2 (2016): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 13, No 2 (2016): JURNAL KOMPUTASI Vol 12, No 2 (2015): KOMPUTASI Vol 12, No 2 (2015): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 9, No 1 (2012): Komputasi Vol 9, No 1 (2012): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 8, No 1 (2011): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 8, No 1 (2011): KOMPUTASI Vol 7, No 1 (2010): Vol. 7, No. 1, Juli 2010 Vol 6, No 11 (2009): Vol. 6, No. 11, Januari 2009 Vol 5, No 1 (2008): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 4, No 8 (2007): Vol. 4, No. 8, Juli 2007 Vol 4, No 7 (2007): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 3, No 6 (2006): Vol. 3, No. 6, Juli 2006 More Issue