cover
Contact Name
Abdul Halim Fathani
Contact Email
jpm@unisma.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpm@unisma.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JPM : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 24424668     EISSN : 26564564     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JPM : Jurnal Pendidikan Matematika (Journal of Mathematics Education) published by Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education in Malang Islamic University. Publish twice a year in February and August. Contains writings that are taken from the results of the research as well as the results of deep (conceptual) thinking in the field of mathematics education and learning. The focus and scope of this journal include: (1) Development of a model, (2) Media development, (3) Development of mathematics teaching materials, (4) Knowledge of pedagogical content, (5) Evaluation of mathematics learning, (6) The process of mathematical thinking, (7) Study of the theory and practice of mathematics learning, and (8) Study of mathematical integration.
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)" : 2 Documents clear
KONSEPSI PENGETAHUAN MATEMATIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG TAHUN 2015/2016 PADA MATERI GEOMETRI Safrina, Maya; Darmawan, Puguh
JPM : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.72 KB) | DOI: 10.33474/jpm.v2i1.204

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konsepsi pengetahuan matematis mahasiswa program studi pendidikan matematika universitas kanjuruhan malang pada materi geometri. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif. Lokasi penelitian di Universitas Kanjuruhan Malang dengan subjek 6 mahasiswa program studi pendidikan matematika. Instrumen penelitian meliputi peneliti, soal tes, rubrik penilaian tes, pedoman wawancara, lembar validasi dan alat rekam. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) dua mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan konseptual ukuran ruas garis, (2) tiga mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan konseptual ukuran sudut, (3) satu mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan konseptual definisi sudut bersuplemen, (4) satu mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan konseptual definisi sudut berkomplemen, (5) satu mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan konseptual sifat refleksif kongruensi, (6) satu mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan konseptual simbol kongruensi sudut, (7) satu mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan konseptual definisi dua garis saling tegak lurus, (8) empat mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan prosedural dalam memperoleh sudut lurus, (9) satu mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan prosedural postulat pengurangan, (10) satu mahasiswa mengalami miskonsepsi pengetahuan prosedural sifat refleksif dan (11) satu mahasiswa  mengalami miskonsepsi pengetahuan prosedural kongruensi ruas garis.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO (PMBP) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Abidin, Zainal
JPM : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
Publisher : Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.094 KB) | DOI: 10.33474/jpm.v2i1.209

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran matematika berbasis  portofolio untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research), dengan langkah-langkah  pengembangan: (1)  investigasi awal (preliminary investigation) atau kajian awal; (2) rancangan (design); (3) realisasi/konstruksi  (realization/construktion); (4)  uji validasi ahli, uji coba (kepraktisan dan keefektifan), revisi; dan (5) implementasi (implementation). Hasil kajian menunjukkan bahwa hasil pengembangan model pembelajaran matematika berbasis portofolio pada siswa SMP memenuhi kriteria kualitas produk (model) yang valid, praktis, dan efektif. Hasil implementasi model menunjukkan bahwa model pembelajaran matematika berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP. Hasil kajian ini dapat dipertimbangkan untuk dipergunakan sebagai model alternatif dalam  pelaksanaan pembelajaran persamaan linear dua variabel di SMP.

Page 1 of 1 | Total Record : 2