cover
Contact Name
Indri Anugrah Ramadhani
Contact Email
indianugrah18@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
indianugrah18@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
ISSN : 23377607     EISSN : 23377593     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan" : 10 Documents clear
Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sd Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong Hairul Malik
Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.138 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v5i2.121

Abstract

berpartisipasi sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Sementara itu, partisipasi belajar siswa kelas VI SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong pada mata pelajaran IPA masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa melalui metode tutor sebaya dalam mata pelajaran IPA siswa kelas VI SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Partisipasi belajar siswa berupa partisipasi kontributif maupun inisiatif. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek siswa kelas VI SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan partisipasi belajar dalam pembelajaran IPA siswa kelas VI SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong melalui metode tutor sebaya. Rata-rata partisipasi belajar yang diperoleh sebesar 84,26% dengan peningkatan 21,30% dari siklus sebelumnya. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata partisipasi belajar siswa dari sebelum tindakan sampai siklus II secara berturut-turut 48,96% dan 62,96% dengan peningkatan sebesar 14%.
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Materi Pecahan Kelas III MI AL MA’ARIF Kota Sorong Hartini Hartini
Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.459 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v5i2.122

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI AL-MA’ARIF Kota Sorong pada mata pelajaran Matematika dengan pokok Pecahan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas III MI AL-MA’ARIF Kota Sorong Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan (observasi), dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keterampilan guru dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan CTL meningkat. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 84% (baik). Pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata persentase 93% (baik sekali). (2) Aktivitas siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan CTL meningkat. Pada siklus I rata-rata persentase 70,5% (baik). Pada siklus II persentase aktivitas siswa menjadi 85,5% (baik sekali). (3) Hasil belajar siswa pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan belajar klasikal 63% (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 82% (baik). Hal ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus II > 75% sehingga dinyatakan berhasil. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan menggunakan materi pecahan di MI AL-MA’ARIF Kota Sorong.
Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Kompetensi Dasar Operasi Hitung Pecahan Dalam Pemecahan Masalah Pada Kelas VI SD Inpres 35 Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2015/2016 Imas Eni
Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.075 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v5i2.123

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran tutor sebaya kompetensi dasar operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah pada Kelas VI SD Inpres 35 Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika khususnya kompetensi dasar operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah melalui pembelajaran tutor sebaya. Hal itu ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai KKM dalam tiap siklus dan persentase aktivitas kelas. Terbukti dari kondisi awal dengan nilai rata-rata awal atau pra siklus sebesar 64 yang tuntas 57% dan yang tidak tuntas 43%. Siklus I nilai rata – rata 69 yang tuntas 71% dan yang belum tuntas 29%. Pada siklus I belum mencapai ketuntasan karena tuntas tuntas jika hasilnya 85%. Sehingga diadakan siklus II. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata menjadi 81 dan mencapai ketuntasan 100%.
Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman Pada Siswa Kelas V SD Inpres 55 Kabupaten Sorong Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 Katharina Bame
Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.682 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v5i2.124

Abstract

: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan menulis Karangan berdasarkan pengalaman dengan metode tugas siswa kelas V SD Inpres 55 Kabupaten Sorong. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah siklus Kemmis dan Mac.Taggart, meliputi siklus I dan siklus II yang terdiri atas empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa tindakan perbaikan pembelajaran metode tugas telah mampu meningkatkan kemampuan menulis karangan berdasarkan pengalaman pada siswa kelas V SD Inpres 55 Kabupaten Sorong tahun pembelajaran 2015/2016. Peningkatan tampak pada nilai rata-rata ketuntasan perorangan siswa pada siklus I meningkat ke siklus II di atas KKM dan peningkatan terjadi pada nilai rata-rata ketuntasan klasikal di atas KKM. Dalam kegiatan proses belajar mengajar suasana belajar juga tampak meningkat pada motivasi dan kerjasama dalam kelompok. Siswa merasa lebih senang dan nyaman. Peningkatan juga nampak pada perencanaan pelaksanaan pembelajaran guru dari siklus I ke siklus II yang dinyatakan lebih baik.
Peningkatan Pemahaman Tentang Lembaga Lembaga Negara Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas Iv Sd Negeri 15 Raja Ampat Kabupaten Raja Ampat Tahun Pelajaran 2015/2016 Mohamad Tamin
Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.851 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v5i2.125

Abstract

Berdasarkan data hasil evaluasi belajar siswa tentang lembaga-lembaga Negara dapat diidentifikasi bahwa siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Raja Ampat mengalami kesulitan memahami lembaga–lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat dengan benar. Oleh karena itu, peneliti berusaha meningkatkan pemahaman siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn materi lembaga-lembaga Negara dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kela IV SD Negeri 15 Raja Ampat yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata pada siklus I sebesar 62,5 atau 46,42% dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 90 atau 85,71%. Berdasarkan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Dengan demikian, penggunaan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran tentang lembaga-lembaga Negara mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 15 Kabupaten Raja Ampat meningkat.
Penerapan Strategi Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VI SD Inpres 07 Kabupaten Sorong Pius Kosamah
Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.019 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v5i2.126

Abstract

: Pada umumnya pelajaran Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, menakutkan, kurang menarik, membosankan bagi sebagian siswa di semua jenjang pendidikan di Indonesia. Hal ini juga terjadi pada peserta didik di SD Inpres 07 Kabupaten Sorong Semester II dengan standar kompetensi melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah. Kompetensi dasar memecahkan masalah perbandingan dan skala, indikator memecahkan masalah skala. Dari hasil ulangan tes formatif Matematika kelas VI semester II hanya 3 siswa dari 13 siswa yang mendapatkan nilai di atas 65. Hal ini menunjukkan pembelajaran kurang berhasil. Untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap mata pelajaran Matematika maka diadakan perbaikan pembelajaran Matematika melalui PTK sebanyak 2 siklus dengan menerapkan Student Team Achievement Division (STAD). Dari data pra siklus, siklus I, dan siklus II dapat peneliti rangkum, bahwa telah terjadi peningkatan hasil perbaikan pembelajaran. Sebelum perbaikan, siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 65 ada 3 siswa dari 13 siswa atau 23,07%. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus I meningkat menjadi 8 siswa dari 13 siswa atau 61,54 %. Kemudian pada perbaikan siklus II lebih meningkat lagi menjadi 12 siswa dari 13 yang telah tuntas KKM setara dengan 92,31%.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Bilangan Dengan Menggunakan Alat Peraga Kartu Bilangan Siswa Kelas 1 Sd Negeri 4 Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2015/2016 Satnauli Sirait
Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.365 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v5i2.127

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengurutkan bilangan dengan menggunakan alat peraga kartu bilangan pada pembelajaran Matematika kelas 1 siswa SD Negeri 4 Kabupaten Sorong tahun pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 4 Kabupaten Sorong dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada proses pembelajaran pada siklus I, bahwa proses pembelajaran Matematika memperlihatkan bahwa tingkat pemahaman siswa secara klasikal masih dibawah standar KKM kelas 60 dan nilai rata-rata kelas adalah 68% atau hanya 15 anak yang tuntas dari 22 anak. Hasil evaluasi siklus II menunjukkan perubahan peningkatan pemahaman siswa pada materi Matematika yakni sebesar 85% atau sebanyak 19 siswa yang tuntas belajarnya dan terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 86,36%.
Pengintegrasian Pendidikan Nilai-Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Aljabar Dan Aritmetika Sosial Di SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong Sinutomo Sinutomo
Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.969 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v5i2.128

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah dengan pengintegrasian pendidikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan karakter siswa, serta meningkatkan kemampuan siswa menjadi manusia yang mandiri, kreatif, dan berwawasan kebangsaan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong sebanyak 30 orang. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik tes dan non-tes dengan menganalisis aktivitas mengajar guru dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan nilai karakter siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal ini dilihat dari persentase siswa yang berada pada tahapan perkembangan mulai berkembang meningkat pada setiap pertemuan, yaitu 28%, 36%, 56% dan 72%. Terjadi peningkatan prestasi siswa, pada tes awal sampai tes siklus dua yaitu: 28%, 64%, 76%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pengintegrasian pendidikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan nilai karakter siswa serta meningkatkan kemampuan siswa menjadi manusia yang mandiri, kreatif dan berwawasan kebangsaan.
Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Profesionalitas Guru Smp/Mts Muhammadiyah Di Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat Sulardi Sulardi
Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.379 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v5i2.129

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh langsung: (1) Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Profesionalitas Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong (2) Iklim Organisasi Sekolah terhadap Profesionalitas Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong dan (3) Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik. Populasi adalah kepala sekolah dan wakilnya, komite sekolah, guru, dan Murid dari SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Sampel diambil dengan teknik Stratified Random Sampling sejumlah 191 orang. Hasil penelitian, Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Profesionalitas Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan antara Iklim Organisasi Sekolah terhadap Profesionalitas Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Kesimpulan, terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Profesionalitas Guru, terdapat pengaruh yang signifikan antara Iklim Organisasi Sekolah terhadap Profesionalitas Guru, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah SMP/MTs Muhammadiyah di Kabupaten Sorong.
Penggunaan Metode Bervariasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Matematika Tentang Bilangan Romawi Di Sd Inpres 1 Kabupaten Sorong Moch Zainuri
Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.463 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v5i2.130

Abstract

Peningkatan hasil belajar siswa sangat tergantung pada metode pembelajaran dan alat peraga. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika tentang Bilangan Romawi di SD Inpres 1 Kabupaten Sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres 1 Kabupaten Sorong yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Setelah dilakukan penelitian menggunakan 2 siklus, tujuan pembelajaran dapat tercapai pada siklus ke II dengan ketuntasan mencapai 25 % pada hasil penilaian proses dan pada tes formatif meningkat menjadi 75 %, yang berarti ketuntasan belajar sudah meningkat diatas standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) belajar siswa di SD Inpres 1 Kabupaten Sorong.

Page 1 of 1 | Total Record : 10