cover
Contact Name
Indri Anugrah Ramadhani
Contact Email
indianugrah18@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
indianugrah18@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
ISSN : 23377607     EISSN : 23377593     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan" : 11 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN DAN PENGUASAAN TEKNIK DASAR ATLETIK, LARI CEPAT/ SPRINT MELALUI SIRKUIT RUN 20 METER TUKAR TEMPAT, PADA PESERTA DIDIK KELAS : IX D MTS NEGERI MODEL SORONG TAHUN 2017-2018. Ansori, Ansori
Jurnal Pendidikan Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (19.971 KB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik analisis yang dilakukan adalah kuantitatif- kualitatif. Data kemampuan peserta didik didapat dari hasil tes keterampilan dan penguasaan peserta didik dan guru didapat dari hasil observasi. Sebagai sumber data adalah kelas IX- D semester 2 Sorong, dengan peserta didik sebanyak 26 orang. Pada siklus 1, pertemuan satu kali (1) dengan menggunakan langkah- langkah pembelajaran dalam strategi pembelajaran komando dan pada siklus II, pertemuan satu kali (1), langkah- langkah pembelajaran yang digunakan adalah melalui strategi pembelajaran Sirkuit Run 20 Meter Tukar Tempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran melalui Sirkuit Run 20 Meter Tukar Tempat, dapat meningkatkan keterampilan dan penguasaan teknik dasar, dapat memecahakan masalah Penjasorkes pada materi Lari cepat/ Sprint di kelas IX- D MTs Negeri Sorong. Pada siklus 1 ketuntasan kelas secara klasikal adalah 66,7% meningkat menjadi 85% pada siklus 2. Sedangkan secara individu, dari 24 peserta didik, terdapat 2 peserta didik yang belum mencapai nilai minimal 75, tetapi mereka sudah mengalami peningkatan nilai. Untuk kelima peserta didik ini diberikan pembelajaran remedial yang dilaksanakan setelah penelitian ini. Selain itu, diperoleh hasil pengamatan aktivitas peserta didik dan guru yang menunjukkan peserta didik dan guru aktif selama pembelajaran.
Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Viii C Mtsn Model Kota Sorong Tahun 2018 Miftahudin Miftahudin
Jurnal Pendidikan Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.664 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v7i1.205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar hasil belajar IPA materi sistem peredaran darah pada manusia Siswa Kelas VIII C MTsN Model Kota Sorong melalui pemanfaatan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pemanfaatan pendekatan saintifik dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. Peningkatan kemampuan hasi belajar hasil belajar IPA materi sistem peredaran darah pada manusia dapat dilihat melalui aspek mengamati siklus I sebesar 76 % meningkat menjadi sebesar 84 % pada siklus II. Partisipasi dalam menanya siklus 1 sebesar 66 % meningkat menjadi sebesar 97 % pada siklus II. Partisipasi dalam mengumpulkan informasi ( mencoba ) siklus I sebesar 61 % meningkat menjadi sebesar 81 % pada siklus II. Partisipasi dalam mengolah informasi ( menalar ) siklus I sebesar 53 % meningkat menjadi sebesar 72 % pada siklus II.
Pembelajaran CTL Sebagai Strategi Peningkatan General Life Skill Khususnya Kecakapan Berpikir Rasional Dan Kecakapan Berpikir Sosial Hermin Lempang
Jurnal Pendidikan Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.584 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v7i1.206

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 9 Kabupaten Sorong dengan penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Dengan penerapan CTL adalah pembelajaran dapat meningkatkan kecakapan berpikir rasional dan kecakapan sosial siswa. Data kemajuan hasil tindakan diperoleh dari angket kecakapan berpikir rasional kecakapan sosial, lembar observasi KBM, observasi tanya jawab wawancara, learning logs, jurnal guru, dan hasil ulangan. Hasil tindakan menunjukkan pada tiap-tiap siklus kecakapan berpikir rasional dan kecakapan sosial meningkat. Kecakapan berpikir rasional dan kecakapan sosial siswa pada kondisi awal sebesar 10%, dan 10% sedangkan pada akhir penelitian mencapai 80% dan 90%. Total pencapaian kecakapan berpikir rasional dan kecakapan berpikir sosial pada akhir penelitian sebesar 85% melampaui batas perkiraan yaitu sebesar 75%, dengan demikian pembelajaran CTL teruji yaitu dapat meningkatkan general life skill pada kecakapan berpikir rasional dan kecakapan berpikir sosial. Respon siswa secara kualitatif menyenangkan dan materi mudah dipahami. Hasil ketuntasan belajar meningkat dari 25% menjadi 90% sedangkan kinerja guru juga meningkat dari 75% menjadi 95%.
Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Baahasa Inggris Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Dan Kemampuan Psikomotorik Siswa Sd Islam Terpadu Kota Sorong Syams Kusumaningrum; Irna Ganda Setyawati
Jurnal Pendidikan Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.91 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v7i1.207

Abstract

Snowball Throwing merupakan metode pembelajaran menggunakan media kertas bertuliskan suatu kata yang digulung berbentuk bola. Metode ini pada umumnya digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode snowball throwing terhadap penguasaan kosakata dan kemampuan psikomotorik pada pembelajaran Bahasa Inggris siswa SD Islam Terpadu Kota Sorong. Desain pada penelitian ini adalah eksperimen kuasi, yaitu Randomized Pre-Post Test Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 2 kelompok eksperimen dan kontrol yang masing-masing berjumlah 27 siswa. Terdapat dua instrumen dalam penelitian ini yaitu tes kosakata Bahasa Inggris dan tes kemampuan psikomotorik. Penelitian ini diuji menggunakan teknik non-parametrik, yaitu Mann Whitney U Test dan Wilcoxon Signed Ranks Test. Berdasarkan uji hipotesis 2 sampel berpasangan ditemukan bahwa ada nilai signifikansi penguasaan kosakata (p= 0,000) dan psikomotor (p=0,016) pada kelompok eksperimen lebih rendah dari batas kritis penelitian 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode snowball throwing berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kosakata Bahasa Inggris dan psikomotor siswa kelas 1 SD Islam Terpadu Kota Sorong.
The Effect Of Strategic Management, Organizational Commitment And Organizational Culture On Employees 'Work Achievement In Higher Education Muhammadiyah Indonesia Rustamadji Rustamadji; Che Mohd Zulkifli bin Che Omar
Jurnal Pendidikan Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.856 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v7i1.208

Abstract

This study examines the influence of three variables, namely strategic management of organizational commitment and organizational culture to work performance variable, and variable of three variables, namely strategic management of organizational commitment and organizational culture to sesame variable on employee at Muhammadiyah University of Indonesia. The sample used according to the calculation of cluster sampling probability proportionate to size model (PPS) with the formulation of Slovin obtained 386 employees at 12 muhammadiyah universities in Indonesia. The developed instrument combines part of the existing questionnaire related to strategic management, organizational commitment, and work performance, using the Likert Method of Successice Interval (MSI) scale. The use of regression analysis to test the hypothesis can be used if it meets the five underlying classical assumptions, namely normality, multicollinearity, heteroscedasticity, autocorrelation and linearity. Further testing hypothesis in this study using the F test, T test and Coefficient of Determination Test (R2). The results of this study concluded that strategic management of organizational and cultural commitment influences on employee performance, strategic management influence to organizational commitment, organizational commitment influence to strategic organization management culture, organizational commitment and organizational culture, together influence on employee performance.
Indonesia Master of Education Student’s Perceptions of Their Experience in Learning Tesol in the Tertiary Context in Australia Neni Djafar
Jurnal Pendidikan Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.695 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v7i1.209

Abstract

The aim of research study is to investigate the manner how experience in learning TESOL in tertiary context in Australia impacts on Indonesian M.Ed Students’ perception in the English language learning and in the English language teaching in their context. Although there have been many studies conducted with regard to the perceptions of international students with non-English backgrounds from Asian countries, there is no specific study yet conducted pertaining to how experience in learning TESOL in tertiary context in Australia impacts on Indonesian M.Ed Students’ perception in the English language learning and in the English language teaching in their context. The method used to collect data from the participants of the study consisting of eight of them is an individual semi-structured interview with openended questions and descriptive thematic analysis to analyze the data to generate the result of the study.
Penerapan Pembelajaran Model STAD (Student Team Achievement Devision) Dengan Variasi Kuis untuk meningkatkan Prestasi belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas IX ( Sembilan ) A MTs Negeri Kota Sorong Tahun Pembelajaran 2017/2018 Muhammad Abidin
Jurnal Pendidikan Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.797 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v7i1.210

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement Devisions) dengan variasi bermain kuis. Pembelajaran dengan kooperatif STAD memiliki keunggulan yang dapat mengatasi masalah yang ada. Karena dalam kooperatif STAD akan terjadi meningkatnya fungsi mental melalui percakapan dan interaksi lainnya, serta kerjasama antar siswa yang memiliki kemampuan yang heterogen. Begitu pula bermain kuis diyakini memiliki keunggulan menciptakan suasana pembelajaran yang mengasyikkan, karena berupa permainan tanya jawab antar kelompok. Dalam situasi demikian diharapkan siswa tidak akan mengantuk dan bosan belajar IPS Terpadu. Kegiatan bertanya dan menjawab adalah bentuk kegiatan berfikir, sedangkan belajar juga melalui proses berfikir.Sebagaimana layaknya penelitian tindakan kelas, maka penelitian ini akan dimulai dari siklus I yang pelaksanaannya melalui 4 (empat) tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Hasil pengamatan pembelajaran klasikal dari siklus I mencapai 54,22%, siklus II mencapai 66,15%, dan siklus III mencapai 84,61%. Peningkatan tersebut menunjukkan peningkatan semangat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS Terpadu.Hasil pengamatan pembelajaran kooperatif STAD dari siklus I mencapai 91,66%, siklus II mencapai 92,85%, dan siklus III mencapai 97,91%. Peningkatan tersebut menunjukkan peningkatan semangat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS Terpadu.
Meningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dengan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas X Akutansi SMK Muhammadiyah Aimas Surya Putra Raharja
Jurnal Pendidikan Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.275 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v7i1.211

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dengan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas X Akutansi SMK Muhammadiyah Aimas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Akutansi SMK Muhammadiyah Aimas dengan jumlah siswa 15. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Cooperatve Learning Tipe STAD dengan Pendekatan Scientific. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, siklus I dilaksanakan 4 kali kegiatan pembelajaran yang dilangsungkan dengan tes siklus I, demikian juga siklus ke II dilaksanakan 4 kali kegiatan pembelajaran yang dilanjutkan dengan tes siklus II. Hasil tes siklus I dan siklus II dianalisis secara kuantitatif dan data hasil observasi siswa dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika kelas X SMK Muhammadiyah Aimas pada siklus I diperoleh rata-rata 59.44. Pada siklus II diperoleh skor rata-rata 85,17. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan penerapan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Cooperatve Learning Tipe STAD dengan Pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah Aimas yang indikatornya berupa peningkatan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa dari kategori rendah pada siklus I sebesar 59,44 menjadi 85,17 pada siklus II yang berada pada kategori tinggi.
Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PPKN Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) pada Siswa Kelas Viii Smp Labschool Pulau Arar Kabupaten Sorong Roni Andri Pramita
Jurnal Pendidikan Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.708 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v7i1.212

Abstract

: Dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru memilih dan menggunakan strategi, model dan media pembelajaran salah satunya yaitu dengan model pembelajaran STAD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PPKn. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Lab School Pulau Arar yang berjumlah 20 siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui teknik tes dan teknik non tes. Teknik non tes yang digunakan adalah pengamatan, angket, dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: membuat rencana penelitian, merencanakan tindakan, pengamatan, dan merefleksikan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam prestasi belajar siswa dari siklus I dan Siklus II. Pada siklus I prosentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pelajaran PPKn sebesar 40% atau 8 siswa dan pada siklus II sebesar 90% atau 18 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan.
Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Vii Smp Lab. Stkip Muhammadiyah Arar pada Mata Pelajaran Ipa Menggunakan Diagram Alir dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Febrian Andi Hidayat; fathurrahman fathurrahman
Jurnal Pendidikan Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.308 KB) | DOI: 10.36232/pendidikan.v7i1.213

Abstract

Pada umumnya tingkat pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA yang dicapai siswa SMP Lab. Hasil Belajar Siswa di STKIP Muhammadiyah Arar termasuk kategori rendah. Banyak siswa yang merasa bosan dan kurang bersemangat dalam belajar. Hal ini disebabkan kerena kurang variatifnya pendekatan, model, maupun metode dalam pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas VII SMP Lab. STKIP Muhammadiyah Arar melalui pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Diagram Alir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Diagram Alir dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas VII SMP Lab. STKIP Muhammadiyah Arar, yaitu sebelum perbaikan siswa yang paham konsep hanya 36%, setelah siklus I mencapai 64,28% dan setelah pelaksanaan siklus II mencapai 79,3%.

Page 1 of 2 | Total Record : 11