cover
Contact Name
Ade Indra Saputra
Contact Email
admin@literasikitaindonesia.com
Phone
+6285227281672
Journal Mail Official
admin@literasikitaindonesia.com
Editorial Address
-
Location
Kab. muaro jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Literasiologi
ISSN : 27455440     EISSN : 26563320     DOI : https://doi.org/10.47783/literasiologi
Core Subject : Education, Social,
Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan tradisi dan kehidupan pendidikan, sosial yang ramah dan damai walaupun hidup dengan keberagaman, kemajemukan semua dibingkai dengan persatuan dan kesatuan “bhineka tunggal ika” yang tertulis dan terpublish.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Literasiologi" : 13 Documents clear
PENERAPAN SUPERVISI KLINIS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGGUNAKAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DI SDN 199/X PETALING Tugiman Tugiman
Jurnal Literasiologi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.673 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v3i2.87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan membahas tentang penerapan supervisi klinis sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menggunakan model-model pembelajaran di SDN 199/X Petaling. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakn di SDN 199/X Petaling pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian guru sebanyak 3 orang yang merupakan guru kelas IV, V, dan VI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan persentase dan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerana supervise klinis dapat meningkatkan kompetensi pedagogic guru dalam menerapkan model-model pembelajaran di SDN 199/x Petaling dengan tindakan penampilan secara acak.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU PADA MUATAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS IV SDN 3/IX SENAUNG Ismawati Ismawati
Jurnal Literasiologi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.762 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v3i2.88

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan peneliti banyaknya siswa yang memiliki hasil belajar rendah. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan “Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Terpadu pada muatan Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Kooperatif tipe Make a match di kelas IV SDN 3/IX Senaung ”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV.A semester ganjil (satu) tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 siswa. waktu penelitian dilakukan pada bulan September sampai Oktober 2019. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan dengan mengunakan instrument observasi, lembar ovservasi, pengamatan, tes dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis dengan mengunakan reduksi data dan persentasi. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa melalui metode Kooperatif tipe Picture and picture dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar pada siklus I (46%) dan Siklus II (83%).
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS DALAM MENYUSUN SOAL ULANGAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN INDIVIDU DI SEKOLAH DASAR NEGERI WONOLELO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Ahmadi Ahmadi
Jurnal Literasiologi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.543 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v3i2.90

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal ulangan harian, sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui pembimbingan individu dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal ulangan harian dan ingin mengetahui berapa persen kenaikan kemampuan guru dalam menyusun soal ulangan harian setelah dilakukan pembimbingan individu. Prosedur tindakan yang dilakukan melalui 2 siklus. Tiap-tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan penelaahan serta refleksi. Tindakan pembimbingan individu dalam satu sekolah dilakukan oleh peneliti selaku kepala sekolah sedangkan sebagai pengamat atau kolaborator mengambil seorang guru kelas V di sekolah yang sama.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembimbingan individu dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyusun soal ulangan harian bagi guru kelas. Hal ini dibuktikan dengan naiknya nilai kemampuan menyusun soal ulangan harian dari 32,5 poin menjadi 65 poin pada siklus 1 dan 85,6 poin pada siklus 2. Sedangkan tindakan pembimbingan individu dalam satu sekolah dari kondisi awal 8,3 poin menjadi 87,5 poin pada siklus 1 dan 95% pada siklus 2.
SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN KKM BAGI GURU SD NEGERI WONOSARI KECAMATAN WONOSOBO KABUPTEN WONOSOBO Fadlilah Umi
Jurnal Literasiologi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.368 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v3i2.91

Abstract

Hasil pengamatan menunjukkan guru di SD Negeri Wonosari Kecamatan Wonosobo Kabupten Wonosobo banyak yang merasa kesulitan untuk menentukan KKM secara tepat. Sebagian guru merasa belum sepenuhnya memahami secara tuntas dan mendalam mengenai berbagai kriteria yang menjadi acuan penyusunan KKM. Oleh karena itu penetapan KKM lebih banyak didasarkan pada KKM yang berlaku pada tahun sebelumnya, tanpa disertai analisis yang mendalam dan cermat tentang berbagai kriteria yang dipersyaratkan untuk menyusun KKM. Kesulitan yang dialami oleh guru mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan sekolah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun dan menentukan KKM. Untuk itu, peneliti akan menerapkan supervisi akademik dalam upaya meningkatkan kemampuan guru SD Negeri Wonosari Kecamatan Wonosobo Kabupten Wonosobo dalam menyusun KKM.
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) SEBAGAI PONDASI PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM ERA REVOLUSI 4.0 DAN SOCIETY 5.0: TEKNIK DAN KEBERLANJUTAN PENDIDIKAN KARAKTER Suryawahyuni Latief
Jurnal Literasiologi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.296 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v3i2.92

Abstract

Penggunaan teknologi dan komunikasi identik dengan kehidupan sosial masyarakat di era revolusi 4.0 dan kebutuhan dalam masyarakat (society) 5.0. Hal ini memerlukan tindakan preventif terhadap dampak negatif dari perkembangan tersebut sehingga individu dapat lebih bijaksana menghadapinya. Dampak negatif perkembangan teknologi sebagai bentuk kebutuhan masyarakat 5.0 yang diperoleh melalui televisi, media cetak maupun media sosial mengarah pada timbulnya degradasi moral dalam masyarakat Indonesia, seperti meningkatnya kasus korupsi, tindakan pelecehan, penghinaan, dan sebagainya. Oleh karena itu pendidikan karakter merupakan jalan yang ditempuh pemerintah melalui kebijakan pendidikan yang tertuang dalam kurikulum pendidikan nasional. Selanjutnya, pemerintah menetapkan PAUD sebagai pondasi pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana teknik dan keberlanjutan pendidikan karakter dalam era revolusi 4.0 dan society 5.0 melalui kajian pustaka dari berbagai sumber.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI PADA MATERI HIKMAH BERIMAN KEPADA HARI AKHIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VI A SD NEGERI 3/IX SENAUNG SEMESTER I TAHUN AJARAN 2019/2020 Aisyah Aisyah
Jurnal Literasiologi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.664 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v3i2.94

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan membahas tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI pada materi Hikmah beriman kepada hari akhir melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VI A SD Negeri 3/IX Senaung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian praktik dalam bentuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3/IX Senaung, dipilihnya sekolah ini sebagai tempat meneliti karena peneliti adalah sebagai guru mata pelajaran PAI di SD tersebut. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019 yaitu pada bulan Agustus September 2019 di Kelas VI A SD N 3/IX Senaung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI A SD N 3/IX Senaung. Jumlah siswa kelas VI A sejumlah 24 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obeservasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan persentase dan reduksi data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI pada materi Hikmah beriman kepada hari akhir di VI A SD Negeri 3/IX Senaung.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 1. A SDN 03/IX SENAUNG Husniatun Husniatun
Jurnal Literasiologi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.907 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v3i2.95

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan peneliti banyaknya siswa yang memiliki hasil belajar rendah. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran Picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1. A SDN 03/IX Senaung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I.A semester ganjil (satu) tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 siswa. waktu penelitian dilakukan pada bulan Oktober sampai Nopember 2019. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan dengan mengunakan instrument observasi, lembar ovservasi, pengamatan, tes dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis dengan mengunakan reduksi data dan persentasi. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa melalui metode Kooperatif tipe Picture and picture dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar pada siklus I (42%) dan Siklus II (87,5%).
BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYIAPKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN 202/IX BUKIT MAKMUR Siti Nurkayati
Jurnal Literasiologi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.274 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v3i2.96

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan membahas tentang upaya meningkatkan kompetensi guru dalam menyiapkan media pembelajaran melalui bimbingan kelompok di SDN 202/IX Bukit Makmur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari dua siklus dimana masing-msing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaa, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 202/IX Bukit Makmur pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian guru kelas dan guru mata pelajaran yang berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar obeservasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan persesntase dan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyiapkan media pembelajaran di SDN 202/IX Bukit Makmur dengan tindakan pemberian reward.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA TEMA SELAMATKAN MAKLUK HIDUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MUATAN PELAJARAN IPA BAGI SISWA KELAS VI SEMESTER 1 SD NEGERI 1 BINANGUN KECAMATAN WATUMALANG KABUPATE Nurhayati Nurhayati
Jurnal Literasiologi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.63 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v3i2.97

Abstract

Rendahnya hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa melatar belakangi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa mata pada pelajaran IPA Tema Selamatkan Makluk Hidup Materi Perkembangbiakan Pada Tumbuhan menggunakan model pembelajaran Discovery learning. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Binangun yang berjumlah 21 siswa. Jenis Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap pertemuan diadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada muatan pembelajaran IPA Tema Selamatkan Makluk Hidup. Penggunaan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Hasil keterampilan proses sains siswa dari pra siklus ke siklus II mengalami peningkatan, pada pra siklus 10% dengan rata-rata 18 pada pra siklus menjadi 95% dengan rata-rata 26 dengan kategori tinggi pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami kenaikan persentase ketuntasan pada awal pra siklus dari 43% dengan rata-rata nilai 64.05 menjadi 90% dengan rata-rata 88.33 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema indahnya keragaman di negeriku sub tema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku pada kelas VI SD Negeri 1 Binangun Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo.
PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENYUSUN RPP MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DI SDN 81 / IX AIR HITAM Panut Panut
Jurnal Literasiologi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.328 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v3i2.98

Abstract

Rendahnya kemampuan guru dalam menyusun RPP terlihat dari dari 8 (100%) orang guru hanya 2 (25%) guru yang mampu menyusun RPP dengan baik. Sedangkan 6 (75%) orang guru lainnya kemampuan dalam menyusun RPP masih rendah. Tujuan dari penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) melalui Bimbingan Kelompok di SDN 81 / IX Air Hitam. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah guru PNS yang berjumlah 7 orang. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan metode pengumpulan data mengunakan lembar observasi dan dokumentasi catatan lapangan selanjutnya dianalisis dengan persentasi dan reduksi data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan Pelaksanaan bimbingan kelompok dapat meningkat kemampuan guru dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan prinsip dan langkah-langkah penyusunan RPP dan Terjadi peningkatan kemampuan guru yang signifikan pada masing-masing komponen rencana pelaksanaan pembelajaran, khusus pada komponen penulisan Identitas, penulisan kompetensi inti dan penulisan kompetensi dasar dan hal ini ditandai dengan adanya tindakan pemberian reward.

Page 1 of 2 | Total Record : 13