cover
Contact Name
Noor Hasanah
Contact Email
jurnalptkftk@uin-antasari.ac.id
Phone
+6281255123605
Journal Mail Official
ekowahyu@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
Jl. A. Yani Km. 4,5 Banjarmasin (Kampus 1 UIN Antasari Banjarmasin
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal PTK dan Pendidikan
ISSN : 24601780     EISSN : 25492535     DOI : 10.18592/ptk
Core Subject : Education,
Jurnal PTK dan Pendidikan is educational journal containing classroom action research and current issues of educational research. This journal publish article biannually on June and December. This is open access journal and free charge of publication. This journal published by Teacher and Training Faculty State Islamic University of Antasari Banjarmasin.
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2017): Juli-Desember" : 27 Documents clear
Meningkatkan Partisipasi Aktif dan Hasil Belajar Menggunakan Model Cooperative Learning Time Token pada Materi Ikatan Kimia Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 8 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016 Nisa, Khoirotun
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2017): Juli-Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.715 KB) | DOI: 10.18592/ptk.v3i2.1953

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif  dan hasil belajar siswa kelas X.1 di SMAN 8 Banjarmasin pada materi ikatan kimia melalui model Cooperative Learning Time Token, aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan model Cooperative Learning Time Token, serta meningkatkan respon siswa kelas X.1 SMAN 8 Banjarmasin dengan menggunakan model Cooperative Learning Time Token.Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK yang diadopsi dari model “ Spiral Penelitian Tindakan” oleh Kemmis & Mc Taggart. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes (lembar observasi). Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan standar ketuntasan individu 75 dan secara klasikal tercapai minimal 75% siswa yang memperoleh nilai ≥ 75. Analisis deskriptif menunjukan bahwa pada materi Ikatan Kimia kemampuan guru dalam PBM menerapkan model Cooperative Learning Time Token adalah baik dan dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa kelas X.1 SMAN 8 Banjarmasin tahun pelajaran 2015/2016 persentase ketuntasan belajar sebesar 75,68% menjadi meningkat pada siklus II  persentase ketuntasan belajar menjadi 82,86%. Respon dan aktivitas siswa kelas X.1 SMAN 8 Banjarmasin memberikan respon positif terhadap penerapan model Cooperative Learning Time Token dalam kegiatan belajar mengajar.
Peningkatan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Tahun Pelajaran 2016/2017 Kabupaten Barito Kuala Riduan, Muhammad
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2017): Juli-Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.05 KB) | DOI: 10.18592/ptk.v3i2.1912

Abstract

Musyawarah guru mata pelajaran adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran demi pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah guru-guru Pendidikan Agama Islam Kabupaten Barito Kuala pada tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 23 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan musyawarh guru mata pelajaran dapat membantu meningkatkan guru Pendidikan Agama Islam dalam menyusun RPP. 
Using Product Package to Improve the Student's Writing Ability in Procedure Text at Seventh Grade of SMP Sunan Bonang Kraton Rusmawan, Putu; Rahmania, Desy
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2017): Juli-Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.039 KB) | DOI: 10.18592/ptk.v3i2.1740

Abstract

The objective of this research was to improve the students’ writing skill in procedure text by using product package for the seventh grade students on second semester 0f 2016-2017 academic years at SMP Sunan Bonang Kraton. This research used collaborative classroom action research design. This research was conducted in two cycles. The result of the post test at the end of meeting in first cycle showed that there were 40% students got ≤70. The second cycle, there were 18 students got score ≥ 70 with the highest score is 95 and lowest score is 66 and students’ success reached 90%.
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Konsep Hidrokarbon dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Media Adobe Flash pada Siswa Kelas XI MIA-3 MAN 3 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017 Chairunnisa, Cairunnisa
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2017): Juli-Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.395 KB) | DOI: 10.18592/ptk.v3i2.1911

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai implementasi model Cooperative Script yang dibantu media Adobe Flash pada bahan hidrokarbon di kelas XI MIA-3 MAN 3 Banjarmasin pada tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi, peningkatan hasil belajar kognitif dan afektif, aktivitas siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Script yang dibantu oleh media Adobe Flash. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas, dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi dan analisis serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA -3 MAN 3 Banjarmasin berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengujian, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan motivasi siswa pada siklus I 68,68% menjadi 76,89% pada siklus II, (2) peningkatan kelengkapan hasil belajar kognitif siswa dari 82,05% menjadi 87,09%, (3) Peningkatan hasil pembelajaran afektif siswa dari 69,54% menjadi 79,33%, (4) aktivitas siswa dalam kriteria yang sangat aktif, (5) Model naskah koperasi dibantu media Adobe Flash mendapat respon positif dari siswa.
Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas VI Tahun Pelajaran 2017/2018 Huda, Fathul
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2017): Juli-Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.636 KB) | DOI: 10.18592/ptk.v3i2.1958

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata Pelajaran yang memfokuskan pada pembentukkan warga negara yang memahami dan mampu melakssanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarekter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. PKn bertujuan untuk memberi pengetahuan mengenai hal yang berkaitan dengan kewarganegaraan. Aktualisasi Pancasila harus mulai digaungkan mulai dari berbagai lingkungan pendidikan. Utamanya adalah pendidikan dasar, sehingga nilai-nilai Pancasila dapat diinternalisasi dalam kehidup sehari-hari. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kelas tersebut pada saat tes awal adalah 64. Kemudian pada pertemuan kedua dalam siklus 1. Secara garis besar siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 12 siswa dan 11 siswa yang belum mencapai KKM, atau dengan persentase 52 persen telah mencapai KKM dan 48 persen sisanya masih belum mencapai KKM sebesar 75. Rata-rata nilai yang telah dicapai kelas VI SDN Dengkol 03 adalah 71. Siklus kedua menunjukkan terjadi peningkatan dibanding pertemuan sebelumnya. Peningkatan tersebut adalah secara keseluruhan ketuntasan kelas VI pada meteri proses perumusan Pancasila sebagai dasar Negara dan nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar Negara, siswa yang mencapai KKM sebanyak 20 siswa atau 87 persen dan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 3 siswa atau 13 persen, dengan nilai rata-rata adalah 75.
Penerapan Model Team Games Tournament (TGT) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Khususnya pada Materi Pemecahan Masalah Bilangan Romawi di SDN Pagentan 5 Tahun Ajaran 2016/2017 Herliani, Nanik
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2017): Juli-Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.159 KB) | DOI: 10.18592/ptk.v3i2.1959

Abstract

Pembelajaran Matematika  di kelas IV SDN Pagentan 5 pada materi pemecahan masalah bilangan romawi, belum sepenuhnya berpusat pada siswa. Hal inilah yang mengakibatkan hasil belajar siswa kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model TGT dalam meningkatkan pembelajaran Matematika kelas IV SDN Pagentan 5 singosari kabupaten Malang dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Pagentan 5 Singosari kabupaten Malang  dengan subjek penelitian sebanyak 40 siswa, 27 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Tagard. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGT berhasil diterapkan dalam pembelajaran Matematika sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil observasi penerapan pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 12.5% dari UH  ke siklus I. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 22,5%. Dengan menggunakan model TGT hasil belajar dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 22,5%
Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Randuagung 01 pada Pelajaran IPS Tahun Pelajaran 2017/2018 Minartin, Minartin
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2017): Juli-Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.254 KB) | DOI: 10.18592/ptk.v3i2.1956

Abstract

Penggunaan model examples dan non-examples diharapkan akan dapat mendorong siswa untuk menuju pemahaman yang lebih dalam mengenai materi yang ada. Pada siklus I jumlah siswa yang telah tuntas belajar sebanyak 15 siswa dan yang belum tuntas mencapai 13 siswa atau dengan prosentase ketuntasan statistik klasikal adalah hanya 54 % dengan tingkat kehadiran 100%. KKM pada mata pelajaran IPS kelas IV adalah 70. Pada siklus kedua yang dilaksanakan pada 3 Oktober 2017 terjadi peningkatan pada hasil tes formatif yang dilakukan oleh siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari jumlah yang tuntas mencapai 26 dan tidak tuntas hanya 2 orang saja atau dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 93%.
Pembentukan Karakter Anak Melalui Pembelajaran Cerita Dongeng Nusantara Jamilah, Jamilah
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2017): Juli-Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.798 KB) | DOI: 10.18592/ptk.v3i2.1962

Abstract

Tulisan ini mengkaji bagaimana cara pembentukan karakter anak melalui materi pembelajaran cerita dongeng nusantara. Materi ini dapat diajarkan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Nilai-nilai karakter pada cerita dongeng nusantara di antaranya adalah: 1) nilai moral individual, seperti: kepatuhan, pemberani, rela berkorban, dll, 2) nilai moral sosial, seperti: bekerja sama, suka menolong, kasing sayang, dll, 3) nilai religiusitas, seperti: percaya adanya Tuhan dan kuasaNya, tawakkal, sabar dll. Pembelajaran cerita dongeng dapat dilaksanakan dengan strategi reading guide, assessment search, focused listing. 
Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Melakukan Wudhu Melalui Metode Pemberian Motivasi Reward atau Hadiah di Kelas Satu MIS Misbahussalam Tahun Pelajaran 2015-2016 Noor, Muhammad
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2017): Juli-Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.477 KB) | DOI: 10.18592/ptk.v3i2.1954

Abstract

Kemampuan siswa untuk melakukan wudhu merupakan hal penting dalam melakukan ibadah. Siswa kelas satu yang cenderung kurang fokus dan suka bermain menyebabkan rendahnya kemampuan siswa untuk berwudhu. Maka digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berwudhu. Kemampuan siswa dalam wudhu ditingkatkan dengan memberikan motivasi reward atau hadiah. Dari hasil penelitian didapatkan hasil pada siklus satu sebesar 50% siswa yang berkemampuan baik. Pada siklus dua dan siklus tiga terdapat kenaikan sebesar 60% dan 70%. Sehingga mendapatkan kesimpulan bahwa kemapuan siswa untuk wudhu meningkat dengan memberikan motivasi reward atau hadiah.
MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIME TOKEN PADA MATERI IKATAN KIMIA SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 8 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Nisa, Khoirotun
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 3, No 2 (2017): Juli-Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.715 KB) | DOI: 10.18592/ptk.v3i2.1953

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif  dan hasil belajar siswa kelas X.1 di SMAN 8 Banjarmasin pada materi ikatan kimia melalui model Cooperative Learning Time Token, aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan model Cooperative Learning Time Token, serta meningkatkan respon siswa kelas X.1 SMAN 8 Banjarmasin dengan menggunakan model Cooperative Learning Time Token.Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK yang diadopsi dari model ? Spiral Penelitian Tindakan? oleh Kemmis & Mc Taggart. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes (lembar observasi). Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan standar ketuntasan individu 75 dan secara klasikal tercapai minimal 75% siswa yang memperoleh nilai ? 75. Analisis deskriptif menunjukan bahwa pada materi Ikatan Kimia kemampuan guru dalam PBM menerapkan model Cooperative Learning Time Token adalah baik dan dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa kelas X.1 SMAN 8 Banjarmasin tahun pelajaran 2015/2016 persentase ketuntasan belajar sebesar 75,68% menjadi meningkat pada siklus II  persentase ketuntasan belajar menjadi 82,86%. Respon dan aktivitas siswa kelas X.1 SMAN 8 Banjarmasin memberikan respon positif terhadap penerapan model Cooperative Learning Time Token dalam kegiatan belajar mengajar.

Page 1 of 3 | Total Record : 27