cover
Contact Name
Dr. Yana Setiawan, S.Pd., MM
Contact Email
yanasetiawan@upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
henimulyani@upi.edu
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan
ISSN : 2337408X     EISSN : 26563266     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Publishes papers in the field of accounting and finance of Education that give a contribution to the development of accounting education, accounting science, and finance. We accept mainly research-based articles related to accounting science and finance. The scopes of the topics include [1] Education include : Accounting Education, Financing Education, Accounting Learning Model, Entrepreneur in Accounting, Accounting Learning Media [2] Accounting Science include : Management Accounting, Financial Accounting, Public Sector Accounting, Sharia Accounting, Accounting Information Technology, Auditing, Professional Ethics, Accounting Education, [3] Banking and Finance.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017" : 8 Documents clear
PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP PENGELUARAN ZAKAT DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA Sumiyati, Ani
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v5i1.15379

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran profitabilitas, pengeluaran zakat dan ukuran perusahaan, serta memverifikasi pengaruh profitabilitas terhadap pengeluaran zakat dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada bank umum syariah di Indonesia. Profitabilitas diukur dengan menggunakan Return On Assets (ROA) dan ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan total aset. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Moderated Regression Analysis (MRA) untuk menganalisis data. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 48 data observasi dari delapan bank umum syariah di Indonesia selama periode 2011-2016. Temuan penelitian ini adalah profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengeluaran zakat dan ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap pengeluaran zakat. Penelitian ini juga menemukan bahwa ukuran perusahaan dalam penelitian ini hanya berperan sebagai variabel prediktor dalam model hubungan yang dibentuk. Kata kunci: Bank Umum Syariah, MRA, Profitabilitas,  Ukuran Perusahaan, Zakat Perusahaan
ANALISIS KESEHATAN BANK MENGGUNAKAN MODEL RGEC (RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNING, CAPITAL) PADA BANK UMUM SWASTA NASIONAL DEVISA Lathifah, Lina
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v5i1.15402

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan bank umum swasta nasional devisa menggunakan model RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, Capital) periode 2012-2015. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Penelitian ini melakukan penilaian terhadap empat faktor RGEC, faktor Risk Profile melalui rasio NPL dan LDR, faktor Good Corporate Governance, faktor Earning melalui rasio ROA dan NIM, dan faktor Capital melalui rasio CAR.Hasil penelitian mengenai penilaian tingkat kesehatan bank berdasarkan model RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, Capital) menunjukkan bahwa Bank Danamon pada umumnya memiliki kinerja keuangan yang baik dengan rata-rata perolehan tingkat kesehatan bank berada pada PK 1 (Peringkat Komposit 1) dan berpredikat sebagai bank yang sangat sehat. Berbeda dengan perolehan Bank Ekonomi Raharja yang pada umumnya memiliki kinerja keuangan dengan rata-rata perolehan tingkat kesehatan bank berada pada PK 2 (Peringkat Komposit 2) dan berpredikat sebagai bank yang sehat. Adapun Bank Mega pada umumnya memiliki kinerja keuangan yang baik dengan rata-rata perolehan tingkat kesehatan bank berada pada PK 1 (Peringkat Komposit 1) dan berpredikat sebagai bank yang sangat sehat. Sejalan dengan hal tersebut, Bank Nusantara Parahyangan juga pada umumnya memiliki rata-rata perolehan tingkat kesehatan bank yang berada pada PK 1 (Peringkat Komposit 1) dan berpredikat sebagai bank yang sangat sehat. Adapun Pan Indonesia Bank pada umumnya memiliki kinerja keuangan yang baik dan rata-rata perolehan tingkat kesehatan bank berada pada PK 1 (Peringkat Komposit 1) dan berpredikat sebagai bank yang sangat sehat. Kata kunci : Tingkat Kesehatan Bank, Model RGEC
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK SETIA BHAKTI BANDUNG Ramdani, Muhammad Iqbal
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v5i1.15403

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) di SMK Setia Bhakti Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan bentuk desain Post-Test Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran B dan X Administrasi Perkantoran C SMK Setia Bhakti Bandung yang masing-masing berjumlah 35 siswa dan 38 siswa. Alat pengumpulan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan memberikan tes dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dengan  menunjukkan  = 2,34 sedangkan  1,994 artinya  > , maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI), serta berarti bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction
PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM BANK UMUM KONVENSIONAL DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2013-2016 Yuliyanti, Leni
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v5i1.15408

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan yang terbagi kedalam empat komponen rasio keuangan yaitu permodalan, risiko kredit, risiko likuiditas, dan rentabilitas  terhadap harga saham bank umum konvensional di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2016. Permodalan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Capital Adequacy Ratio (CAR), risiko kredit diukur dengan menggunakan Non Performing Loan (NPL), risiko likuiditas diukur dengan menggunakan Loan to Deposit Ratio (LDR), rentabilitas diukur dengan menggunakan Return On Asset (ROA), sedangkan harga saham dalam penelitian ini diukur melalui harga saham penutupan tahunan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 10 bank selama 4 tahun penelitian. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier multipel data panel. Berdasarkan hasil pengujian keberartian koefisien regresi (Uji F) menunjukkan bahwa model regresi dapat digunakan untuk mengambil suatu kesimpulan. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa permodalan berpengaruh positif terhadap harga saham, risiko kredit berpengaruh negatif terhadap harga saham, rentabilitas berpengaruh positif terhadap harga saham, risiko likuiditas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap harga saham. Kata Kunci : Permodalan, risiko kredit, risiko likuiditas, harga saham
PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Azis, Dede
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v5i1.15409

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa di kelas XI Farmasi SMK PGRI 2 Cimahi dalam pembelajaran akuntansi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi pada jurnal umum perusahaan dagang dalam mata pelajaran akuntansi. Fenomena yang terjadi di SMK PGRI 2 Cimahi khususnya dikelas XI Farmasi ini mengenai hasil belajar siswa yang masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh sebuah data berupa nilai Ujian Tengah Semester (UTS) pada mata pelajaran akuntansi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan kelas eksperimen dan kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI Farmasi 1 dan XI Farmasi 2, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI Farmasi 1 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas XI Farmasi 2. Pengujian hipotesis menggunakan Uji t.Berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa H0 di tolak sedangkan alternatif diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kontekstual dengan kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran kontekstual. Maka dari itu penggunaan model pembelajaran kontekstual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Contextual Teaching Learning, Hasil Belajar
PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH Putri, Friska Larassati
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v5i1.15384

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan mudharabah  terhadap profitabilitas bank syariah yang diproksikan dengan ROA (Return On Assets) dengan studi pada Bank Syariah Mandiri periode 2003-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode deskriptif dan asosiatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode studi dokumentasi dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui website Bank Syariah Mandiri periode 2003-2015. Analisis statistik yang yang digunakan adalah analisis korelasi product  moment dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS versi 20.0 for windows.  Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebesar 15,29%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembiayaan mudharabah mempengaruhi 15,29% terhadap profitabilitas Bank Syariah Mandiri, dan sisanya sebesar  84,71% dipengaruhi oleh variabel  lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Meskipun pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap profitabillitas menunjukan hasil sebesar 15,29%, namun tidak signifikan. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa pembiayaan mudharabah tidak berpengaruh terhadap profitabilitas bank syariah. Kata kunci : pembiayaan mudharabah, profitabilitas.
Front Matter Vol 5 No 1 Tahun 2017 Setiawan, Yana
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v5i1.16026

Abstract

Front Matter Vol 5 No 1 Tahun 2017
Back Matter Vol 5 No 1 Tahun 2017 Setiawan, Yana
JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpak.v5i1.16029

Abstract

Back Matter Vol 5 No 1 Tahun 2017

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 11, No 1 (2023): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 10, No 1 (2022): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 9, No 2 (2021): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 9, No 1 (2021): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 8, No 2 (2020): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 8, No 1 (2020): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 7, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2019 Vol 7, No 2 (2019): JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 2, No 2 (2014) Vol 1, No 2 (2013) Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN JULI 2018 Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2018 Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2018 Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017 Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2017 Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2016 Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2016 Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015 Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2015 Vol 3, No 1 (2015) Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2014 Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2014 Vol 1, No 2 (2013): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2013 Vol 1, No 1 (2013): JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN 2013 More Issue