cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
timpublikasi@gunadarma.ac.id
Editorial Address
Jl. Margonda Raya 100 Depok, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
UG Journal
Published by Universitas Gunadarma
ISSN : 19784783     EISSN : -     DOI : -
UG Jurnal merupakan kumpulan jurnal penelitian dari semua fakultas yang ditulis oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Gunadarma. UG Jurnal terbit tiap sebulan sekali dan tiap bulannya memuat jurnal dari berbagai fakultas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 7 (2020)" : 6 Documents clear
META ANALISIS: PERKEMBANGAN SEDIAAN INSEKTISIDA BOTANI TERHADAP TOKSISITAS SERANGGA Risnawati, Risnawati
UG Journal Vol 14, No 7 (2020)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Serangga hama datang dan memakan tanaman untuk keberlangsungan hidup serangga tersebut. Namun petani sangat dirugikan dengan kehadiran serangga tersebut di pertanamannya apabila tidak dilakukan tindakan pengendalian untuk mengurangi populasi serangga hama yang ada. Salah satu tin dakan yang resikonya lebih kecil dibandingkan dengan penggunaan insektisida kimiawi sintetik yaitu pemanfaatan tanaman yang aktif terhad ap serangga hama sebagai cara untuk mengendalikannya. Pengendali tersebut dikenal dengan insektisida botani. Sediaan insektisida botani terus mengalami perkembangan sebagai alternatif pengendalian terhadap serangga hama yang aman serta ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan memetakan perkembangan sediaan insektisida botani berdasarkan tingkat toksisitasnya terhadap serangga hama. Pemetaan perkembangan sediaan insektisida botani ini menggunakan studi literatur. Pemetaan perkembangan sediaan insektisi da botani meliputi sediaan sederhana, ekstrak kasar, ekstrak campuran, fraksinasi ekstrak, dan formulasi nanoemulsi ekstrak tanaman tunggal maupun campuran.
DESAIN SOLDIER PILE DENGAN PLAXIS PADA BASEMENT GEDUNG BERTINGKAT Yuliani, Uppit
UG Journal Vol 14, No 7 (2020)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembangunan gedung bertingkat saat ini perlu memanfaatkan lahan dengan baik terutama area parkir bawah tanah atau basement. Stabilitas tanah penting diperhatikan pada konstruksi dinding penahan tanah khususnya area basement karena lingkungan sekitar gedung bertingkat menjadi pemicu faktor ketidakstabilan tanah. Salah satu solusinya adalah memasang tiang yang ramah lingkungan yaitu soldier pile. Dinding penahan tanah ini pelaksanaan pemasangannya tidak menimbulkan suara yang bising , penggunaannya dalam bentuk tiang pancang beton yang disusun berbaris di sekeliling area yang akan dipasang hingga membentuk dinding. Dari segi ekonomi cukup hemat karena material langsung dibuat di tempat. Pelaksanaan dimulai dengan menyelidiki tanah di proyek yang ada, tanah merupakan unsur penentu baik atau tidaknya dasar bangunan. Pada konstruksi bawah tanah seperti basement tekanan tanah lateral yang aktif harus ditahan menggunakan dinding penahan tanah yang kuat. Setelah mengetahui keadaan tanah langkah selanjutnya adalah menentukan struktur soldier pile seperti diameter, tulangan, kedalaman tiang pancang d an lainnya yang cocok untuk digunakan pada proyek. Besar diameter bergantung dari tinggi basement yang diinginkan dan beban horizontal. Analisis untuk mengetahui kestabilan lereng pada tanah dan menguji kekuatan dinding penahan tanah dilakukan secara manu al dan menggunakan program PLAXIS. Kelebihan jika menggunakan software PLAXIS lebih praktis dibanding manual yang umumnya ahli dalam menggunakan perhitungan angka. Hasil dari penelitian adalah dapat melihat besar deformasi yang terjadi pada dinding penahan tanah serta faktor keamanan yang dapat menentukan kekuatannya.
PERAN HUMAS PEMERINTAH SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PUBLIK (STUDI PADA BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH KOTA BOGOR) Mauliqa, Rafiqa
UG Journal Vol 14, No 7 (2020)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagai sebuah instansi pemerintahan atau badan publik Pemerintah Kota Bogor memiliki kewajiban memberikan informasi secara terbuka dan transparan kepada publik atau masyarakat.Peran Humas yakni menjadikan pemerintah se bagai pendengar suara dari masyarakat dan membuat suara pemerintah didengar oleh masyarakat melalui penyiaran kegiatan pemerintah melalui berbagai media komunikasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran humas pemerintah sebagai sarana komunikasi publik.Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling.Hasil penelitian ini adalah Humas dan Protokol Setdakot Bogor telah melaksanakan 3 peran tersebut yaitu Fasilitator Komunikasi (Communication Facilitator), Fasilitator Proses Pemecahan Masalah (Problem Solving Process Fasilitator), dan Teknisi Komunikasi (Communication Techinician). Peran Penasehat Ahli (Expert Prescriber) tidak termasuk peran karena Humas dan Protoko l Setdakot Bogor bukan merupakan lembaga yang berdiri sendiri melainkan ada dibawah naungan dan bertanggungjawab kepada Sekretariat Daerah jadi pimpinan tertinggi untuk di lembaganya dipegang oleh Sekretariat Daerah.
ANALISIS DIMENSI KUALITAS PELAYANAN PADA HOTEL "X" BANDUNG Satriadi, Sendi
UG Journal Vol 14, No 7 (2020)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kualitas merupakan suatu hal yang sangat penting dan tak terkecuali dalam hal pelayanan. Apabila kualitas pelayanan yang diberikan pihak perusahaan dirasakan baik oleh konsumen maka perusahaan tersebut mampu menghadapi persaingan bisnis dengan kompetitornya. Penelitian ini merupakan kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisa dimensi kualitas pelayanan yang diberikan Hotel “X” Bandung dilihat dari harapan atau ekspektasi pelanggan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan teknik purposive sampling yaitu tamu di Hotel ”X” Bandung yang sesuai dengan karakteristik-karakteristik sampel berjumlah 57 orang. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner Service Quality yang diadaptasi dari alat ukur Hill N.(2007) sebagai pengembangan dari alat ukur Zeithaml V.A (1988). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi tangible, dimensi reliability dan dimensi responsiveness (kecekatan) berada p ada kategori sedang. Berbeda dengan dimensi empathy yang berada pada kategori tinggi sedangkan dimensi assurance berada pada kategori rendah.
LOYALITAS PELANGGAN RESTORAN KOREA Wibowo, Kenes Pranandari
UG Journal Vol 14, No 7 (2020)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk memberi gambaran dari pelanggan restoran Korea dengan membandingkan nilai mean empirik. Dengan teknik purposive sampling, responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan karakteristik, yaitu merupakan pelanggan restoran Korea yang berada di wilayah Jabodetabek dan minimal tiga kali pergi ke restoran Korea dalam 1 bulan terakhir. Untuk mengukur loyalitas pelanggan ini digunakan kuesioner yang disusun berdasarkan aspek loyalitas pelanggan yang terdiri dari loyalitas kognitif (cognitive loyalty), loyalitas afektif (affective loyalty), loyalitas konatif (conative loyalty), dan loyalitas tindakan (action loyalty). Hasil penelitian ini menunjukkan mean empirik loyalitas pelanggan laki-laki, pelanggan dengan frekuensi 6-10 kali ke restoran dalam sebulan terakhir, dan yang berpenghasilan 1 sampai dengan 5 juta perbulan lebih tinggi dibandingkan dengan kategori yang lain .
PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP PERILAKU ORGANISASI KEWARGANEGARAAN: TINJAUAN META-ANALISIS Huda, Nurul
UG Journal Vol 14, No 7 (2020)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui hubungan sebenarnya antara persepsi dukungan organisasi dan perilaku kewarganegaraan dalam organisasi. Dalam studi meta-analisis ini menggunakan 20 studi primer yang dipublikasikan dari tahun 2008-2019 dan melibatkan 5061 responden. Koreksi untuk dua artefak yang digunakan yaitu kesalahan pengambilan Analisis ringkasan memberikan dukungan untuk hipotesis bahwa pengaruh dukungan organisa si yang dirasakan memiliki korelasi pada perilaku warga organisasi. Hasil menunjukkan bahwa karyawan yang mendapatkan persepsi dukungan organisasi yang baik akan mempengaruhi perilaku kerja karyawan untuk meningkatkan efektivitas organisasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 17, No 5 (2023) Vol 17, No 4 (2023) Vol 17, No 3 (2023) Vol 17, No 2 (2023) Vol 17, No 1 (2023) Vol 16, No 12 (2022) Vol 16, No 11 (2022) Vol 16, No 10 (2022) Vol 13, No 11 (2019) Vol 12, No 12 (2018) Vol 16, No 9 (2022) Vol 16, No 8 (2022) Vol 16, No 7 (2022) Vol 16, No 6 (2022) Vol 16, No 5 (2022) Vol 16, No 4 (2022) Vol 16, No 3 (2022) Vol 16, No 2 (2022) Vol 16, No 1 (2022) Vol 13, No 4 (2019) Vol 15, No 12 (2021) Vol 15, No 11 (2021) Vol 15, No 10 (2021) Vol 15, No 9 (2021) Vol 15, No 8 (2021) Vol 15, No 7 (2021) Vol 15, No 6 (2021) Vol 15, No 5 (2021) Vol 15, No 4 (2021) Vol 15, No 3 (2021) Vol 15, No 2 (2021) Vol 15, No 1 (2021) Vol 14, No 12 (2020) Vol 14, No 11 (2020) Vol 14, No 10 (2020) Vol 14, No 9 (2020) Vol 14, No 8 (2020) Vol 14, No 7 (2020) Vol 14, No 6 (2020) Vol 14, No 5 (2020) Vol 14, No 4 (2020) Vol 14, No 3 (2020) Vol 14, No 2 (2020) Vol 14, No 1 (2020) Vol 13, No 12 (2019) Vol 13, No 9 (2019) Vol 10, No 12 (2016) Vol 10, No 3 (2016) Vol 9, No 9 (2015) Vol 9, No 5 (2015) Vol 8, No 6 (2014) Vol 8, No 5 (2014) Vol 8, No 4 (2014) Vol 8, No 3 (2014) Vol 8, No 2 (2014) Vol 8, No 1 (2014) Vol 7, No 11 (2013) Vol 7, No 9 (2013) Vol 7, No 8 (2013) Vol 7, No 7 (2013) Vol 7, No 6 (2013) Vol 7, No 5 (2013) Vol 7, No 4 (2013) Vol 7, No 3 (2013) Vol 7, No 2 (2013) Vol 7, No 1 (2013) Vol 6, No 12 (2012) Vol 6, No 11 (2012) Vol 6, No 10 (2012) Vol 6, No 9 (2012) Vol 6, No 6 (2012) Vol 6, No 5 (2012) Vol 6, No 4 (2012) Vol 6, No 2 (2012) Vol 6, No 1 (2012) Vol 1, No 1 (2000) More Issue