cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
timpublikasi@gunadarma.ac.id
Editorial Address
Jl. Margonda Raya 100 Depok, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
UG Journal
Published by Universitas Gunadarma
ISSN : 19784783     EISSN : -     DOI : -
UG Jurnal merupakan kumpulan jurnal penelitian dari semua fakultas yang ditulis oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Gunadarma. UG Jurnal terbit tiap sebulan sekali dan tiap bulannya memuat jurnal dari berbagai fakultas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 3 (2023)" : 6 Documents clear
ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL KARYAWAN PRODUKSI TEH HIJAU DI PT CANDI LOKA Alsen Medikano; Dita Apriani
UG Journal Vol 17, No 3 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT Candi Loka merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pangan yang mengolah teh hijau. Teknologi di bidang pangan saat ini berkembang pesat, sehingga mengakibatkan persaingan yang kompetitif. PT Candi Loka membutuhkan sumber daya manusia unggul untuk menghasilkan suatu produk yang berkualitas tinggi, apabila proses produksi dilaksanakan dengan tepat. Proses produksi dilakukan atas dasar permintaan konsumen yang semakin tinggi untuk mendapatkan produk tepat guna dan berkualitas global, sehingga menyebabkan beban kerja mental yang dirasakan oleh karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi proses produksi pengolahan teh hijau di PT Candi Loka dan mengidentifikasi beban kerja mental karyawan bagian produksi di PT Candi Loka. Guna mengetahui beban kerja mental karyawan bagian produksi di PT Candi Loka maka dilakukan pengukuran beban kerja mental menggunakan metode NASA-TLX. Beban kerja mental yang dirasakan Anggi sebesar 84,6 kategori sangat tinggi, Agus Prayitno sebesar 69,6 kategori tinggi, dan Gimin sebesar 56 kategori sedang. Faktor yang menyebabkan beban kerja mental adalah faktor usia yang berpengaruh pada kejenuhan dan kecepatan karyawan dalam bekerja untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Faktor pekerja yang berpengaruh pada tanggung jawab atas pekerjaannya untuk menghasilkan produk yang berkualitas.
EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN ATAS AKTIVITAS PENAGIHAN PIUTANG DAN PENGENDALIAN INTERNAL PADA UMKM Fani Yulia Rosyada
UG Journal Vol 17, No 3 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan evaluasi sistem informasi akuntansi atas aktivitas penagihan piutang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian adalah sistem penjualan PT. Mutiara Berlian Arwana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penjualan perusahaan sudah terkomputerisasi menggunakan Microsoft excel dan semua aktivitas masih dilakukan oleh Direktur saja. Hasil evaluasi sistem akuntansi informasi atas aktivitas penagihan piutang dilakukan oleh kurir, direktur tidak dapat mengecek atau mengetahui data pelanggan yang belum melakukan pembayaran. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan maka direkomendasikan pembuatan faktur penjualan dan laporan penjualan untuk membantu direktur dalam mengidentifikasi transaksi penjualan perusahaan.
PENGARUH WOM, KUALITAS PRODUK, BRAND AMBASSADOR DAN HARGA TERHADAP BRAND AWARENESS VIVO DI KOTA TANGERANG Syahrul Sahirul Alim; Widyatmini Widyatmini
UG Journal Vol 17, No 3 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth (WOM), kualitas produk, brand ambassdor, dan harga secara parsial maupun simultan terhadap brand awareness VIVO di Kota Tangerang. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kota Tangerang yang menggunakan smarthphone VIVO. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden pengguna VIVO di Kota Tangerang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linearitas, analisis regresi linier berganda, uji T dan uji F), serta koefisien determinasi. Peneliti menggunakan bantuan software SPSS versi 25 untuk melakukan perhitungaan setiap alat analisis. Berdasarkan hasil uji hipotesis parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel word of mouth (WOM), brand ambassador, dan harga berpengaruh secara signifikan terhadarp brand awareness smarthphone VIVO di Kota Tangerang. Berdasarkan hasil uji hipotesis simultan (uji F) menunjukkan bahwa word of mouth (WOM), kualitas produk, brand ambassador, harga berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap brand awareness smarthphone VIVO di Kota Tangerang.
JOB DEMANDS-RESOURCES (JD-R) DALAM MENGGAMBARKAN EMPLOYEE ENGAGEMENT (BEST PRACTICE) Klara Innata Arishanti
UG Journal Vol 17, No 3 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui dan menggambarkan employee engagement pada karyawan staf marketing PT. X yang dipengaruhi oleh model job demands-resources (JD-R). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatoris. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 92 orang staf marketing di PT. X. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan metode survei dengan alat ukur Utrecht Work Engagement Scale (UWES) yang terdiri dari 17 aitem untuk mengukur employee engagement dan alat ukur The Job Demands-Resources Questionnaire (2014) yang terdiri dari 40 aitem untuk menggambarkan job demands dan job resources. Penelitian ini menggunakan teknik analisis berganda dengan bantuan progam IBM SPSS 22.0 for Windows. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa job resources memiliki pengaruh signifikan terhadap employee engagement (p=0,000; p= <0,05) sedangkan job demands tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap employee engagement (p=0,077; p= >0,05).
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN PADA KUALITAS APLIKASI TICBOX ONLINE SURVEY PT. INOVASI CIPTA ABADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL Syalis Ibnih Melati Istini; Teguh Prabowo
UG Journal Vol 17, No 3 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ketatnya persaingan dalam dunia bisnis menuntut perusahaan mengatur strategi bisnis yang terus berevolusi, salah satunya yang dikenal dengan internet marketing. Internet marketing memungkinakan perusahaan untuk tetap memasarkan produknya secara bebas tanpa dibatasi ruang dan waktu. PT Inovasi Cipta Abadi adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa konsultasi piranti lunak membuat produk online riset (TICBOX) sebagai pencari solusi yang terbaik dan komunikasi dua arah antara Produsen dan Konsumen agar tetap terjalin dengan baik. Salah satu cara yang digunakan untuk mempertahankan kualitas dari TICBOX adalah dengan mengukur kepuasan konsumen terhadap website tersebut, Kualitas TICBOX diukur dengan menggunakan metode WebQual 4.0 yang mempunyai 4 variabel yaitu usability, information quality, interaction quality dan overall impression dilakukan dengan melalui uji korelasi dan regresi berganda yang diperuntukkan untuk melihat hubungan ada tidak nya pengaruh veriabel tersebut terhadap kepuasan konsumen,diperoleh nilai R adalah 0.798 atau lebih besar dari pada nilai R tabel yaitu 0.637 hal ini menunjukan bahwa antara variable bebas dan variable terikat mempunyai pengaruh, besarnya pengaruh antara variable tersebut dilihat dari nilai Adjusted R Square yaitu 0.625, yang berarti antara variable bebas (Usability, Quality Information, Quality Interaction) memiliki pengaruh 62.5% terhadap kepuasan pelanggan.
STUDI PERSEPSI KENYAMANAN RUANG MASJID PUSPITEK TANGERANG Dwi Candra Wirawan; Yudi Nugraha Bahar
UG Journal Vol 17, No 3 (2023)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana deskripsi tentang kenyamanan ruang pada Masjid Bahrul Ulum yang berada di Puspiptek, Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kenyamanan ruang pada Masjid Bahrul Ulum yang dinilai berdasarkan persepsi pengguna dan pengelola. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengenai sirkulasi, pengerangan, penghawaan, kebisingan, dan fasilitas masjid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah, metode observasi, metode dokumentasi dan yang terakhir adalah metode kuantitatif yaitu menghimpun data-data menggunakan instrumen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner/angket. Hasil dari penelitian tentang kenyamanan ruang Masjid Bahrul Ulum dengan persentase dikaji tiap indikator yakni; sirkulasi masjid menurut persepsi pengelola dan pengguna, penerangan masjid, penghawaan masjid, kebisingan masjid dan fasilitas masjid. Kesimpulannya adalah kenyaman ruang pada Masjid Bahrul Ulum menurut persepsi pengguna dan pengelola termasuk kategori nyaman, memiliki desain bangunan yang sesuai dengan teori tentang kenyamanan ruang.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 17, No 5 (2023) Vol 17, No 4 (2023) Vol 17, No 3 (2023) Vol 17, No 2 (2023) Vol 17, No 1 (2023) Vol 16, No 12 (2022) Vol 16, No 11 (2022) Vol 16, No 10 (2022) Vol 13, No 11 (2019) Vol 12, No 12 (2018) Vol 16, No 9 (2022) Vol 16, No 8 (2022) Vol 16, No 7 (2022) Vol 16, No 6 (2022) Vol 16, No 5 (2022) Vol 16, No 4 (2022) Vol 16, No 3 (2022) Vol 16, No 2 (2022) Vol 16, No 1 (2022) Vol 13, No 4 (2019) Vol 15, No 12 (2021) Vol 15, No 11 (2021) Vol 15, No 10 (2021) Vol 15, No 9 (2021) Vol 15, No 8 (2021) Vol 15, No 7 (2021) Vol 15, No 6 (2021) Vol 15, No 5 (2021) Vol 15, No 4 (2021) Vol 15, No 3 (2021) Vol 15, No 2 (2021) Vol 15, No 1 (2021) Vol 14, No 12 (2020) Vol 14, No 11 (2020) Vol 14, No 10 (2020) Vol 14, No 9 (2020) Vol 14, No 8 (2020) Vol 14, No 7 (2020) Vol 14, No 6 (2020) Vol 14, No 5 (2020) Vol 14, No 4 (2020) Vol 14, No 3 (2020) Vol 14, No 2 (2020) Vol 14, No 1 (2020) Vol 13, No 12 (2019) Vol 13, No 9 (2019) Vol 10, No 12 (2016) Vol 10, No 3 (2016) Vol 9, No 9 (2015) Vol 9, No 5 (2015) Vol 8, No 6 (2014) Vol 8, No 5 (2014) Vol 8, No 4 (2014) Vol 8, No 3 (2014) Vol 8, No 2 (2014) Vol 8, No 1 (2014) Vol 7, No 11 (2013) Vol 7, No 9 (2013) Vol 7, No 8 (2013) Vol 7, No 7 (2013) Vol 7, No 6 (2013) Vol 7, No 5 (2013) Vol 7, No 4 (2013) Vol 7, No 3 (2013) Vol 7, No 2 (2013) Vol 7, No 1 (2013) Vol 6, No 12 (2012) Vol 6, No 11 (2012) Vol 6, No 10 (2012) Vol 6, No 9 (2012) Vol 6, No 6 (2012) Vol 6, No 5 (2012) Vol 6, No 4 (2012) Vol 6, No 2 (2012) Vol 6, No 1 (2012) Vol 1, No 1 (2000) More Issue