cover
Contact Name
Erfan Wahyudi
Contact Email
erfan.wahyudie@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
erfan.wahyudie@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
EXPLORE
ISSN : 2087894     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2020)" : 13 Documents clear
Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital SMAN 1 Sakra Erniwati, Surni; zaeniah, Zaeniah
Jurnal Explore Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : STMIK Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35200/explore.v10i1.365

Abstract

Abstrak – Perpustakaan  bagian yang sangat erat kaitannya dengan siswa, dimana perpustakaan sebagai tempat menyediakan literatur-literatur yang mendukung kegiatan pembelajaran. Selain siswa, guru, mahasiswa, dosen dan masyarakat sangat membutuhkan perpustakaan yang menyediakan literatur-literatur untuk mendukung dalam pembelajaran. Perpustakaan pada umumnya seperti gudang buku, di mana buku-buku, jurnal, hasil penelitian dan majalah berada di rak-rak yang tertata dengan sangat rapi. Sehingga untuk membacanya harus datang ke perpustakaan dan mencari buku yang butuhkan. Dengan perkembangan teknologi informasi, perpustakaan dituntut untuk menyediakan sumber-sumber informasi dalam bentuk elektronik. Pemanfaatan informasi dalam bentuk elektronik saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern masyarakat. Hal ini harus dilakukan untuk memenuhi tuntutan terhadap mutu layanan perpustakaan, resource sharing, mengefektifkan sumber daya manusia, efisiensi waktu dan keragaman informasi yang dikelola. Perpustakaan yang baik adalah perpustakaan yang menerapkann konsep E-CRM. Customer Relationship Management (CRM) yang merupakan strategi untuk memperoleh, mengkonsolidasi, menganalisa data, untuk kemudian digunakan untuk berinteraksi dengan customer (pengguna perpustakaan: siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan masyarakat), dengan demikian akan tercipta suatu pandangan yang komprehensif terhadap customer dan hubungan yang lebih baik dengan customer sedangkan E-CRM merupakan CRM yang diterapkan secara elektronik dengan menggunakan web browser, internet dan media elektronik lainnya.
SISTEM INFORMASI ABSENSI SISWA MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL BERBASIS WEB PADA MAN 2 UNGGULAN MATARAM Juhartini, Juhartini
Jurnal Explore Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : STMIK Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35200/explore.v10i1.352

Abstract

Sistem Informasi Absensi Siswa di MAN 2 Unggulan Mataram masih dilakukan secara manual, sistem yang berjalan belum berbasis web dan penginputan absensinya pun masih menggunakan Microsoft Excel. Sehingga membuat Badan Kurikulum kerepotan dengan hal ini terlebih lagi banyak pegawai yang tidak mengerti sepenuhnya dengan Microsoft Excel yang menjadi satu-satunya untuk menginputkan absensi siswa pada MAN 2 Unggulan Mataram. Sistem Informasi Absensi Siswa ini dirancang dengan tujuan untuk mengganti pencatatan data absensi secara manual menjadi terkomputerisasi yaitu untuk meminimalisasi tingkat kesalahan atau kecurangan dalam pencatatan dan mengelola data absensi siswa. Sistem Informasi Absensi Siswa ini dapat mempermudah dan mempercepat  waktu memperoses data absensi siswa. Dengan adanya sistem yang terkomputerisasi untuk mendorong siswa lebih disiplin dalam peningkatan kehadiran setiap harinya
RANCANG BANGUN APLIKASI PENYEDIA LAYANAN JASA FOTOGRAFER DAN VIDEOGRAFER BERBASIS ANDROID arfian, ferdi indra; Kurniawan, Endang
Jurnal Explore Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : STMIK Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35200/explore.v10i1.293

Abstract

Aplikasi Penyedia Layanan Jasa Fotografer Dan Videografer Berbasis Android merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menyediakan layanan bagi para fotografer dan videografer untuk memasarkan dan mengelola jasanya.Jasa fotografer dan videografer sering kali dibutuhkan untuk mendokumentasikan sebuah acara ataupun hal-hal yang dianggap sangat penting. Dengan aplikasi ini orang-orang akan lebih mudah menemukan jasa fotografer dan videografer. Penggunaan aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah bagi penyedia jasa dan orang yang akan memesan untuk menentukan kapan pelayanan akan dilakukan. Aplikasi ini dirancang menggunakan UML (Unified Modelling Language) dan dibuat menggunakan bahasa pemrograman java android dan MySQL untuk mengolah database, yang mana aplikasi ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah pihak yang bersangkutan.
PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Islami, Anggun Variasi
Jurnal Explore Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : STMIK Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35200/explore.v10i1.364

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi gerak lurus dengan menggunkana media belajar Quipper School. Sebelumnya peneliti mendapatkan kurangnya minat siswa dalam mengulang materi pembelajaran dirumah secara manual sehingga prestasi belajar siswa menjadi rendah. Pada penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan kelas melalui Best Practice dimana guru dan peneliti menceritakan pengalaman terbaik dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi oleh pendidik dan tenaga kependidikan sehingga mampu memperbaiki mutu layanan pendidikan dan pembelajaran. Penggunaan Quipper School sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan prenstasi belajar siswa. Terlihat dari hasil tes pada siklus kedua yang mengalami peningkatan pada prestasi belajar dengan tingkat ketuntasan hingga 94,42% sedangkan pada siklus sebelumnya hanya 74,82%. Selain prestasi belajar, Quipper School juga dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar.
PENERAPAN SPANNING TREE PROTOCOL UNTUK MENCEGAH TERJADINYA LOOPING PADA FRAME ETHERNET Subli, Moh.; -, Hoiriyah; Wahyudi, Erfan
Jurnal Explore Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : STMIK Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35200/explore.v10i1.358

Abstract

Spanning Tree Protocol (STP) adalah layanan yang memungkinkan LAN switch dan LAN bridge terinterkoneksi secara berlebih dengan cara menyediakan mekanisme untuk mencegah loop yang tidak diinginkan dalam jaringan yang terjadi pada bridge. Tanpa adanya STP, pada frame Ethernet akan terjadi loop untuk periode tak terbatas di dalam waktu jaringan dengan link berlebihan secara fisik. Untuk mencegah loop pada frame Ethernet, STP memblok beberapa port dari frame Ethernet  sehingga hanya satu jalur yang aktif ada di antara setiap pasang segmen LAN (collision domain). Hasil STP adalah loop frame Ethernet tidak terbatas yang membuat LAN dapat digunakan. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa Redundant link tidak untuk keseimbangan beban, karena hanya satu link aktif. Cara kerja Spanning Tree Protocol adalah menggunakan algoritma spanning tree yang secara otomatis menemukan topologi jaringan dan membentuk suatu jaringan tunggal yang optimal melalui suatu bridge jaringan dengan menugasi fungsi-fungsi yang ada pada setiap bridge. STP Menghentikan terjadinya loo-loop network pada network layer 2 (bridge atau switch). STP secara terus menerus memonitor network untuk menemukan semua link, memastikan bahwa tidak ada loop yang terjadi dengan cara mematikan semua link yang redundant. STP menggunakan algoritma yang disebut Spanning Tree Algorithm (STA) untuk menciptakan sebuah topologi database, kemudian mencari dan menghancurkan link-link redundant. Dengan menjalankan STP, frame-frame hanya akan diteruskan pada link-link utama yang dipilih oleh STP.
PENERAPAN DIGITAL SIGNATURE SCHEME DENGAN METODE SCHNORR AUTHENTICATION Wahyudi, Erfan; Efendi, Muhammad Masjun; Subli, Moh; Subki, Ahmad; Alfian, Muhammad Rijal
Jurnal Explore Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : STMIK Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35200/explore.v10i1.360

Abstract

Otentikasi (authentication) merupakan identifikasi yang dilakukan oleh masing-masing   pihak  yang  saling  berkomunikasi,   maksudnya  beberapa  pihak yang berkomunikasi harus mengidentifikasi satu sama lainnya. Informasi yang didapatkan oleh satu pihak dari pihak lain harus diidentifikasi untuk memastikan keaslian informasi  yang diterima.  Tanda tangan  digital adalah suatu mekanisme otentikasi yang memungkinkan  pembuat pesan menambahkan  sebuah kode yang bertindak    sebagai   tanda   tangannya.   Skema   yang   dapat   digunakan    untuk melakukan  proses  tanda  tangan  digital  terhadap  suatu  pesan  juga  bermacam - macam.  Skema  otentikasi  dan  tanda  tangan  digital  Schnorr  merupakan  skema tanda tangan digital yang mengambil keamanan dari permasalahan menghitung logaritma diskrit. Masalah   pertama,   membuktikan   keaslian   dokumen,   dapat   dilakukan dengan teknologi  pemberian  cap air dan tanda tangan digital. Pemberian  cap air juga  dapat  digunakan  untuk  menjaga   hak  milik  intelektualitas,   yaitu  dengan menandai  dokumen  atau  hasil  karya  dengan  ?tanda  tangan?  pembuat.  Masalah kedua biasanya berhubungan dengan akses kontrol, yaitu berkaitan dengan pembatasan orang yang dapat mengakses informasi. Dalam  hal  ini  pengguna  harus  menunjukkan  bukti  bahwa  memang  dia adalah pengguna yang sah, misalnya dengan menggunakan kata sandi aspek/servis dari security  biometric  (ciri-ciri khas orang),  dan sejenisnya. Dalam penelitian ini melakukan simulasi otentikasi digital signature dengan  menerapkan  metode  hash SHA 1, tanda tangan digital tidak  mudah untuk di kelabui. Kata kunci:  Authentication, Digital Signature, Encryption
PENGEMBANGAN JARINGAN HOTSPOT MENGGUNAKAN MIKROTIK ROUTERBOARD RB951UI-2HND PADA SMKN 2 SELONG Subki, Ahmad; Karim, Muh Nasirudin; Juhartini, Juhartini
Jurnal Explore Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : STMIK Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35200/explore.v10i1.43

Abstract

Teknologi informasi sudah merambah ke berbagai bidang termasuk pendidikan, semakin berkembang teknologi informasi sekarang ini, maka kebutuhan akan informasi saat ini semakin meningkat pula. Saat ini setiap orang membutuhkan informasi dalam waktu yang cepat, singkat dan akurat oleh karena itu dibutuhkan sarana yang dapat mendukung teknologi informasi tersebut, salah satunya adalah koneksi internet. Pembuatan Hotspot ada beberapa hal yang sangat diutamakan, seperti pembagian bandwith, pembagian user serta kemudahan-kemudahan lain yang bisa meningkatkan kinerja dari SMKN 2 Selong.
APLIKASI SOFTWARE R PADA ANALISIS ANGKA HARAPAN HIDUP DI JAWA TIMUR MENGGUNAKAN ESTIMATOR P-SPLINE Andriani, Helmina; Alfian, Muhammad Rijal
Jurnal Explore Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : STMIK Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35200/explore.v10i1.361

Abstract

Derajat kesehatan yang tinggi dapat digunakan sebagai indikator keberhasilan program kesehatan dan program pembangunan sosial ekonomi yang secara tak langsung dapat meningkatkan angka harapan hidup (AHH). Secara keseluruhan AHH Jawa Timur mengalami peningkatan, namun masih terdapat beberapa kabupaten/kota yang memiliki AHH relatif rendah, seperti di Probolinggo yang hanya mencapai 61,78 tahun atau Sampang 64,39 tahun. Sementara Kota Blitar mencapai 72,99 tahun. Secara teori, salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan data AHH adalah PDRB perkapita. Semakin tinggi pendapatan seseorang maka akan semakin tinggi pula kemampuan seseorang untuk membayar berbagai pungutan yang ditetapkan pemerintah, misalnya biaya kesehatan. Pengaruh PDRB perkapita terhadap AHH di Jawa Timur dapat diestimasi menggunakan estimator p-spline. Metode ini merupakan gabungan dari dua macam pendekatan spline yaitu regresi spline dan smoothing spline. Software yang cukup populer dalam pengolahan data adalah software R, yaitu perangkat lunak pengolahan data yang lebih powerfull dibandingkan dengan software statistik lainnya, terutama dalam hal manipulasi, pemodelan, machine learning dan simulasi data. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis data AHH di Jawa Timur menggunakan estimator p-spline dengan bantuan software R. Langkah penelitian meliputi pendekatan model AHH dengan regresi nonparametrik spline, menentukan jumlah knot, menghitung nilai GCV untuk jumlah knot yang diperoleh, menentukan lokasi knot, menghitung parameter pemulus, mendapatkan estimator p-spline, mendapatkan estimasi model dan interpretasi hasil. Pada penelitian ini ditunjukkan syntax R yang digunakan dalam pengolahan data AHH. Model regresi nonparametrik menggunakan estimator p-spline pada analisis data AHH di Jawa Timur menunjukkan hasil bahwa pada interval tertentu: (a) kenaikan PDRB perkapita sebesar satu satuan maka AHH akan cenderung bertambah, maksimal sebesar 12,632 tahun, (b) kenaikan PDRB perkapita sebesar satu satuan maka AHH akan cenderung berkurang, maksimal sebesar 10,903 tahun. Kata kunci:  angka harapan hidup; penalized spline; R
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BARANG ASET DINAS PERDAGANGAN KABUPATEN JOMBANG (SIMBADAG) MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER masykur, ali; kurniawan, endang
Jurnal Explore Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : STMIK Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35200/explore.v9i2.323

Abstract

Menghadapi revolusi industry 4.0, Dinas Perdagangan Kabupaten Jombang memerlukan sistem manajemen aset berbasis online untuk mempermudah mengontrol aset lebih sistemik dan efisien. Oleh karena itu, perlu dibangun sebuah sistem informasi manajemen aset Dinas Perdagangan Jombang (SIMBADAG) untuk mengatasi permaslahan tersebut. SIMBADAG dibangun menggunakan teknologi web memakai bahasa pemrograman PHP (Personal Home Page) dan HTML (Hypertext Markup Language) serta menggunakan database MySQL, sehingga dapat memusatkan data informasi aset Dinas Perdagangan Jombang. SIMBADAG dilengkapi dengan fitur login sebagai keamanyannya dan tampilan menu atau penggunaan fitur yang mudah  dipahami (user friendly). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara pegawai dinas, studi pustaka untuk mencari referensi terkait penelitian rancang bangun SIMBADAG dan observasi lapangan pada Dinas Perdagangan Kabupaten Jombang. hasil uji coba,diketahui bahwa SIMBADAG dapat memudahkan dalam  penyusunan, pengelolaan, penyimpanan serta pencarian data aset dan laporan Dinas Perdagangan Jombang
SISTEM INFORMASI PELAPORAN KINERJA PEGAWAI DINAS LINGKUNGAN HIDUP (DLH) KOTA MOJOKERTO ilham prayogi, mukhammad; Kurniawan, Endang
Jurnal Explore Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : STMIK Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35200/explore.v10i1.319

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh pegawai dinas lingkungan hidup adalah proses pelaporannya yang masih manual dikarenakan menggunakan kertas. Seperti: 1) Pelaporan kinerja harian kurang maksimal di karenakan masih menggunkan kertas manual yang di lakukan setipa hari jelas kurang efisiensi, 2) Pelaporan biasanya di kumplkan setiap jam akhir kerja dan sangat buang ? buang waktu kalo kerja nya jauh dari kantor DLH karena setelah kerja itu baru ngumpulin form kinerja hari ini, 3) Pengajuan peralatan juga masih membingungkan karena masih di tulis manual dan nggak tau pengajuan itu di acc atau tidaknya.Sebagai upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, peneliti telah mencoba membangun sebuah Aplikasi E-kinerja berbasis Android sudah dirancang menggunakan Unifield modeling language (UML) dan sistem berbasis web dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP sedangkan sistem berbasis android dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman java dan database MySQL yang bisa membantu para pegawai dan pengawas dinas lingkungan hidup Kota Mojokerto dalam melakukan pelaporan kinerja harian dan pengajuan peralatan pegawai.Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan blackbox testing disimpulkan bahwa sistem dapat digunakan untuk memberikan informasi bagi pegawai dan pengawas yang baik dan bermanfaat bagi pihak-pihak yang terkait dengan Dinas

Page 1 of 2 | Total Record : 13