cover
Contact Name
Muhammad Arif
Contact Email
muhammadarif@fis.uir.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
syarikat@journal.uir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 26543923     EISSN : 26216051     DOI : -
Core Subject : Economy,
SYARIKAT : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah meliputi hasil penelitian dan non-penelitian (kajian teoritis, aplikasi teori dan review) tentang masalah-masalah keilmuan yang tergabung dalam rumpun ekonomi syariah.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2024): Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah" : 20 Documents clear
Revitalisasi Sistem Ekonomi Syariah Terhadap Perkembangan Ekonomi Syariah Rusmiati
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 1 (2024): Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/syarikat.2024.vol7(1).9695

Abstract

Pada dasarnya karya ilmiah yang berjudul sistem ekonomi syariah membahas tentang tantangan-tantangan Indonesia dalam mengembangkan ekonomi syariah, potensi-potensi yang dimiliki Indonesia dalam mengembangkan ekonomi syariah serta sejauh mana perkembangan ekonomi syariah yang telah di capai oleh Negara Indonesia.Tujuan penulisan karya tulis ilmiah adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi tantangan bangsa Indonesia dalam mengembangkan ekonomi syariah, mengetahui potensi-potensi yang dimiliki Indonesia dalam mengembangkan ekonomi syariah serta mengetahui sejauh mana perkembangan ekonomi syariah yang telah di capai oleh Negara Indonesia. Data bahan acuan pembelajaran bersumber dari buku-buku. Selain itu, informasi lebih luas diperoleh dari penelusuran di internet. Metode yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa ada beberapa faktor yang masih menjadi tantangan dalam mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia, namun bukan berarti penerapan sistem ekonomi syariah menjadi sesuatu yang mustahil. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki banyak potensi dalam mengembangkan ekonomi syariah.
Manajemen Pengelolaan UMKM Budidaya Ikan Lele Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat dalam Perspektif Maqasid syariah (Studi Pada Budidaya Ikan Lele di Dusun Banyulegi, Pasuruan) Ulfatul Khoiriyah; Masruchin; Fitri Nur Latifah
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 1 (2024): Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/syarikat.2024.vol7(1).9992

Abstract

Manajemen perekonomian masyarakat Dusun Banyulegi mayoritas menggantungkan penghasilannya melalui budidaya ikan lele. Budidaya ikan lele sangat menjanjikan karena profit yang diperoleh dapat meningkatkan pendapatan. Masyarakat yang semula berada pada taraf dengan ekonomi menengah ke bawah dapat meningkatkan pendapatannya. Sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yang di peroleh melalui wawancara dan kuesioner kepada pendiri budidaya lele serta masyarakat yang mempunyai usaha budidaya ikan lele. Adapun data sekunder yang dipilah secara relevan sesuai dengan pembahasan peneliti. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Jika dilihat dari proses budidaya serta hasilnya dengan dikaitkan implementasi maqasid syariah yang telah sesuai dengan syarat implementasinya. Secara garis besar budidaya ikan lele adalah sebuah praktek usaha yang sebenarnya terakomodir dalam lingkup syariah secara tidak tertulis. Hasil pembahasan dengan manajemen perekonomian yang bagus maka profit yang dihasilkan melalui budidaya ikan lele telah meningkatkan pendapatan masyarakat yang sekaligus memberi efek berantai terhadap perekonomian dari segi hifdzu din, hifdzu nafs, hifdzu ‘aql, hifdzu nasl dan hifdzu maal.
Implementation of the Value Management of The Benefit of The People's Endowment Fund Through The BPKH Benefit Program (Case Study of BPKH Benefit Partners - BAZNAS RI) Efri Andini; Nur Fatwa
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 1 (2024): Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/syarikat.2024.vol7(1).10051

Abstract

The Hajj Financial Management Agency (BPKH) is a public legal entity established under the mandate of Law Number 34 of 2014 concerning the financial management of Hajj. One of the objectives of the financial management of Hajj is to increase the benefits for the benefit of Muslims through benefit programs. The BPKH benefit program is funded by the benefit value of the People's Endowment Fund and is a social assistance activity as well as the company's Corporate Social Responsibility (CSR), in accordance with the provisions of the law. Construction of religious facilities and infrastructure. The BPKH benefit program is a new thing that comes as another form of company's Corporate Social Responsibility (CSR). The purpose of this research is to conduct a literature study and a comparison on the management of the value of the benefits of the community endowment through the bpkh benefit program (a case study of the benefit partners of BPKH - BAZNAS RI). Social services to reduce poverty and ignorance in the country through education and da'wah activities as well as economic empowerment of the people. Therefore, the role of managing the value of the Ummah Endowment Fund which is transparent, sharia and accountable is indispensable.
The Influence Of Product Quality, Service Quality, and Promotion On The Decision To Saving of Bank Syariah Indonesia Customers In Malang City Nadia Intan Carolina; Khusnudin
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 1 (2024): Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/syarikat.2024.vol7(1).12992

Abstract

The purpose of this study was to examine and analyze the effect of product quality, service quality and promotion on the saving decisions of Bank Syariah Indonesia customers in Malang City. The research approach used is quantitative research. The sampling technique in this study used the Non Probability Sampling technique with a purposive sampling method. The sample required is 85 respondents with the criteria of Bank Syariah Indonesia customers who have savings and savings accounts for the period January 27 2021 until now and are domiciled in Malang City. The data used in this study are primary data and secondary data. Data processing and analysis in this study used an analytical tool in the form of the SPSS version 24 application which aims to calculate statistical values in the form of data quality testing, classical assumption testing, hypothesis testing, and multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that product quality (X1) partially has a significant effect on saving decisions (Y), service quality (X2) partially has no significant effect on saving decisions (Y), Promotion (X3) partially has a significant effect on saving decisions. (Y), and product quality (X1), service quality (X2) and promotion (X3) simultaneously have a significant effect on saving decisions (Y).
Analisis Potensi Digital Marketing pada UMKM Industri Halal Muh. Ahsan Kamil; Muhammad Rasyid Ridlo
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 1 (2024): Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/syarikat.2024.vol7(1).13543

Abstract

UMKM memiliki kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi setiap bangsa. UMKM juga memiliki potensi pasar yang sangat besar, khususnya pada industri halal di Indonesia. Namun di era modern ini, semua aktivitas kehidupan, termasuk aktivitas UMKM di industri halal, perlu bersaing melalui digital marketing. Sehingga dirasa perlu adanya analisis kondisi dan potensi agar pelaku UMKM dapat segera melihat perlunya upaya yang harus dilakukan ke depan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis potensi digital marketing UMKM industri halal dengan menggunakan metode SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data penelitian kepustakaan. Hasil kajian menemukan bahwa UMKM industri halal memiliki potensi besar dengan berbagai kekuatan dan peluang serta memiliki kelemahan dan ancaman yang harus dimitigasi. Meskipun telah banyak kebijakan dan program yang telah dikeluarkan pemerintah dalam rangka memberikan dukungan kepada pelaku usaha UMKM, namun pemanfaatannya perlu dilakukan secara optimal. Batasan penelitian ini adalah berfokus pada analisa UMKM Industri halal di indonesia secara fenomenologis dang dibedah menggunakan pisau analisis SWOT.
Kajian Pemikiran Ekonomi Islam Abu ‘Ubaid Al-Qasim Bin Salam dan Relevansinya di Indonesia Samsidar; Misbahuddin; Siradjuddin; Ilma Radia Syam; Prades Arioato Silondae
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 1 (2024): Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/syarikat.2024.vol7(1).13675

Abstract

Sejak Al-Qur'an diturunkan beberapa abad yang lalu, konsep dan praktik ekonomi Islam telah berkembang dan hal ini terkadang memunculkan perkembangan baru dalam filsafat ekonomi Islam. Konsep ekonomi Islam tentulah harus berlandaskan pada Al-Qur’an, hadis dan sunah yang secara hukum maupun pengarahan kebijakan ekonomi termaktub di dalamnya, selain itu perlunya pengadaptasian dengan perubahan zaman serta disparitas tempat regional. Artikel ini mencoba mengungkap relevansi pemikiran ekonomi Abu ‘Ubaid al-Qasim bin Salam dalam tatanan perekonomian Indonesia yang bisa ditinjau dalam karyanya yang monumental berjudul kitab al-Amwal. Dalam kitab tersebut, dia menegaskan kembali gagasan ekonomi mendasar tentang keadilan sebagai landasan filosofis yang kokoh untuk pengembangan pemikiran ekonomi. Dalam kitabnya Abu 'Ubaid al-Qasim berpendapat, uang memiliki dua tujuan yaitu berfungsi sebagai patokan nilai tukar dan sebagai alat tukar yang masih berguna dalam ekonomi modern. Abu 'Ubaid al-Qasim setuju bahwa hegemoni pemerintah dalam perdagangan global sangat penting untuk memastikan kepatuhan terhadap hukum Al-Qur'an, hadis dan sunah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan paradigma fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran ekonomi Abu ‘Ubaid al-Qasim merefleksikan perlunya memelihara dan mempertahankan hak dan kewajiban masyarakat, menjadikan keadilan sebagai prinsip dan pegangan utama dalam menjalankan roda kepemerintahan serta menekankan rasa persatuan dan tanggung jawab bersama. Limitasi dalam penelitian ini terletak pada proses penelitian yaitu wawancara yang masih terbatas, peneliti menyadari bahwa dalam suatu penelitian selalu terdapat kelemahan.  
Pengaruh Religiusitas terhadap Niat Pembelian Produk Keuangan Syariah dengan Mediasi Literasi Keuangan Syariah Muria Indah Nur Rochmawati B.S; Wiwik Lestari
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 1 (2024): Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/syarikat.2024.vol7(1).15476

Abstract

Pertumbuhan produk keuangan syariah di Indonesia cukup menarik perhatian, hal tersebut karena niat membeli produk keuangan syariah masyarakat Indonesia yang relatif rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap niat membeli produk keuangan syariah dengan mediasi literasi keuangan syariah. Metode penelitian menggunakan survei dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini merupakan masyarakat Jawa Timur yang beragama Islam dan sudah berpendapatan. Sampel yang digunakan sebanyak 346 responden, dengan teknik non-probality dalam mengambil sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap niat membeli produk keuangan syariah. Literasi keuangan syariah secara signifikan memediasi pengaruh religiusitas terhadap niat beli produk keuangan syariah. Tetapi pengaruh langsung religiusitas terhadap niat beli lebih tinggi daripada melalui mediasi literasi keuangan syariah. Keterbatasan dalam penelitian ini terdapat pada sampel yang kurang merata di wilayah Jawa Timur.
Pertumbuhan Industri Halal Berbasis Usaha Mikro Kecil (UMK) Syahidin; M. Nasor; Agus Hermanto
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 1 (2024): Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/syarikat.2024.vol7(1).15736

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar dunia memiliki peluang yang sangat besar untuk berperan aktif dalam industri halal global. Melalui Usaha Mikro Kecil (UMK) yang menjadi tonggak perekonomian Indonesia, pemerintah membuat kebijakan sertifikasi halal terhadap pelaku usaha UMK sehingga mampu bersaing di pasar global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberi gambaran mengenai pertumbuhan industri halal berbasis usaha mikro kecil. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dimana data yang digunakan adalah data skunder yang diperoleh dari artikel ilmiah dan dokumen lainnya yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peran UMK dalam perekonomian Indonesia sangat penting termasuk dalam perkembangan industri halal. Hal tersebut menjadi perhatian pemerintah sehingga melahirkan kebijakan sertifikasi halal untuk pelaku usaha baik perorangan maupun badan usaha. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah meningkatkan nilai jual produk Indonesia di pasar global meskipun dalam praktiknya masih terdapat kendala baik dalam pengembangan UMK sendiri maupun proses sertifikasi halal yang dilakukan.
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Perspektif Ekonomi Syariah Sintia Handayani; Saifuddin; Rika Damayanti
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 1 (2024): Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/syarikat.2024.vol7(1).15987

Abstract

Indonesia dengan kekayaan alamnya memiliki potensi besar pada sektor pariwisata salah satunya adalah wilayah-wilayah pedesaan yang asri mampu menjadi daya tarik tersendiri. Pengembangan desa wisata sebagai bentuk upaya dalam memberi nilai jual wilayah pedesaan sebagai destinasi wisata sehingga mampu memberdayakan masyarakat secara mandiri untuk memenuhi kebutuhannya dan lapangan kerja perspektif ekonomi syariah. Tujuan penelitian adalah untuk menilai efektivitas pengembangan desa wisata dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat dalam perspektif ekonomi syariah. Artikel ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan literature review.  Data based diperoleh dengan menggunakan bantuan alat pencarian referensi Publisg or Perish dengan kata kunci “Pengembangan Desa Wisata” pada Google Scholar dengan maximum nubmer of result 100 dan akan diambil 27 artikel dengan high cites dan hanya 7 artikel yang kemudian akan dianalisis sesuai kebutuhan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan desa wisata mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan mampu membuka lapangan kerja di sekitar. Namun terdapat beberapa kendala terkait dukungan pemerintah desa, pendanaan, fasilitas, infrastruktur, kualitas sumber daya manusia, dan sebagainya.
Pemberdayaan Ekonomi Muallaf Melalui Dana Sosial Islam Ismiyati; Hasan Mukmin; Khairullah
Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah Vol. 7 No. 1 (2024): Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/syarikat.2024.vol7(1).16239

Abstract

Muallaf sebagai seseorang yang melakukan konversi keyakinan memperoleh perhatian dalam agama Islam sebab masih lemahnya keyakinan di dalam hatinya. Hal tersebut dibuktikan dengan disyariatkannya zakat sebagai salah satu dana sosial yang ada di dalam Islam dan menjadikan muallaf bagian dari kelompok penerima zakat yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pemberdayaan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum pemberdayaan ekonomi muallaf melalui dana sosial Islam. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah literatur review dimana metode ini merupakan penelitian yang menggunakan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan ekonomi terhadap muallaf telah dilakukan oleh berbagai lembaga keagamaan baik diberikan secara konsumtif maupun produktif. Muallaf diberikan perhatian perihal kebutuhan dasarnya dan diberikan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas dirinya sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan secara mandiri.

Page 1 of 2 | Total Record : 20