cover
Contact Name
Imron Amrullah
Contact Email
imron.amrullah@unitomo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
fonema@unitomo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 26213257     EISSN : 26212900     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Dr. Soetomo dengan frekuensi terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Mei dan November. Jurnal ilmiah fonema berisi tulisan yang berasal dari hasil penelitian, kajian atau karya ilmiah di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2020)" : 12 Documents clear
Alih Kode dalam Instruksi Pelatihan Kepada Atlet Perisai Diri SMP YP 17 Surabaya Aisyah, Kiki Inayatul; Kusmiyati, Kusmiyati; Utami, Sri
Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : FKIP - Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.222 KB) | DOI: 10.25139/fn.v3i1.2233

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis alih kode dan faktor-faktor yang mempengaruhi adanya alih kode dalam instruksi yang diberikan oleh pelatih Perisai Diri SMP YP 17 Surabaya. Teori yang digunakan untuk mendeskripsikan jenis-jenis alih kode adalah teori dari Suwito, sedangkan dalam mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya alih kode, dalam penelitian ini menggunakan teori dari Chaer. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskripstif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah instruksi yang diberikan oleh pelatih kepada atlet Perisai Diri SMP YP 17 Surabaya, selama pertandingan berlangsung. Data penelitian yang berupa alih kode dalam instruksi yang diberikan oleh pelatih. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik simak catat dan teknik rekam, yang berguna untuk mengumpulkan data berupa instruksi yang diberikan oleh pelatih. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik dasar yaitu menyimak dan merekam instruksi yang diberikan oleh pelatih, dan teknik lanjutan yaitu mencatat hasil rekaman dengan translit data yang didapat. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diperoleh adanya dua jenis alih kode dalam instruksi yang diberikan oleh pelatih Perisai Diri SMP YP 17 Surabaya, yaitu alih kode intern dan alih kode ekstern. Setelah itu peneliti memperoleh faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya alih kode dalam instruksi yang diberikan oleh pelatih kepada atlet Perisai Diri SMP YP 17 Surabaya.
Sosioedukasi Tembang Waranggono pada Tayub di Kabupaten Tuban Wibowo, Arif; Widayati, Wahyu
Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : FKIP - Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.08 KB) | DOI: 10.25139/fn.v3i1.2263

Abstract

Tayub adalah salah satu bentuk seni pertunjukan tradisional yang tumbuh dan  berkembang  dengan  subur. Tayub  menghadirkan waranggono  yang  menari  dan  menyanyi  nyinden. Tayub yaitu tarian yang dilakukan oleh waranggono dan pengibing dengan iringan gamelan dan tembang. Biasanya untuk meramaikan pesta perkawinan dan sebagainya.   Tayub merupakan bentuk pertunjukkan tari rakyat di Jawa yang disajikan oleh penari perempuan (waranggono atau joged) diiringi dengan seperangkat gamelan berlaras selendro atau pelog disertai tembang.Dalam penelitian ini, peneliti tertarik meneliti dua hal yaitu (1) tentang penerimaan masyarakat terhadap tembang waranggono pada tayub di Kabupaten Tuban bagaimana penilaian masyarakat terhadap tembang berdasarkan teori sosiologi sastra. (2) nilai-nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam tembang waranggono pada tayub di Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian jenis  kualitatif   dengan   menggunakan metode deskriptif, yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan orang lain dan perilaku yang dapat diamati.  Penelitian  ini  memaparkan  tentang penerimaan masyarakat  Kabupaten Tuban dan nilai edukasi suatu tembang waranggono dalam pementasan di Kabupaten Tuban yang dianalisis dengan menggunakan teori sosiologi sastra dan nilai edukasi pendidikan. Hasil dari penelitian ini adalah berupa penerimaan masyarakat Kabupaten Tuban terhadap tembang waranggono dalam acara tayub, dan nila-nilai edukasi berupa nilai moral, religi, budaya dan sosial dalam tembang waranggoo yang dibawakan.
Dekonstruksi Jackques Derrida dalam Novel O Karya Eka Kurniawan Nugraha, Frenky Icksan; Saraswati, Ekarini; Widodo, Joko
Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : FKIP - Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.524 KB) | DOI: 10.25139/fn.v3i1.2394

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kritik oposisi biner, logosentrisme, dan differance. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bentuk dekonstruksi Jackques Derrida dalam novel O karya Eka Kurniawan adalah bentuk oposisi biner dengan membandingkan perjalanan monyet berevolusi dan terbantahkan dengan monyet sebagai bentuk tanda atau simbolis. Bentuk logosentrisme yang sebenarnya pada monyet adalah simbolis dari kehidupan manusia yang sesungguhnya mengalami penurunan moral sehingga hewan lebih baik dari manusia. Bentuk Differance yang merupakan kisah monyet sebagai kritik dan nasihat untuk pembaca bahwa semasa hidup harus berbuat kebaikan.
Konflik Psikis Dalam Novel Gado-Gado Poligami Karya Leyla Hana Dan Linda Nurhayati (Kajian Psikopragmatis) Widayati, Wahyu; Andharu, Devito
Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : FKIP - Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.91 KB) | DOI: 10.25139/fn.v3i1.2581

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui dan menemukan konflik psikis yang terepresentasi di dalam novel Gado-Gado Poligami karya Leyla Hana dan Linda Nurhayati, (2) mengetahui dan menemukan latar belakang konflik psikis yang tersepresntasi di dalam novel Gado-Gado Poligami karya Leyla Hana dan Linda Nurhayati. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan psikopragmatis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif. Sumber data di dalam penelitian ini adalah novel Gado-Gado Poligami karya Leyla Hana dan Linda Nurhayati. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik close reading, yakni baca, simak, dan kutip (catat). Validitas data menggunakan teknik triangulasi. analisis data yang digunakan adalah teknik pembacaan model semiotik. Hasil analisis penelitan ,yaitu konflik psikis di dalam novel Gado-Gado Poligami karya Leyla Hana dan Linda Nurhayati, meliputi (1) kekecewaan, (2) cemburu,(3) iri, (4) sakit hati, dan (5) pertentangan batin. Sedangkan latar belakang terjadinya konflik psikis di dalam novel Gado-Gado Poligami karya Leyla Hana dan Linda Nurhayati yaitu adanya faktor kekerasan verbal dan faktor ketidakadilan.
Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Generasi Milenial Anwar, Shoim; Pramujiono, Agung; Astuti, Sri Budi; Ardianti, Mimas
Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : FKIP - Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.452 KB) | DOI: 10.25139/fn.v3i1.2679

Abstract

Generasi milenial adalah mereka yang lahir antara awal tahun 1980 hingga awal 2000-an. Sejalan dengan revolusi industri 4.0, ciri utama mereka adalah sulit melepaskan aktivitasnya dengan perangkat komputer beserta program dan aplikasi di dalamnya. Kondisi ini menjadikan pembelajaran bahasa Indonesia, termasuk sastra di dalamnya, harus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi digital dengan jaringan internet, khususnya terkait  media dan bahan pembelajaran. Karakter dan nilai-nilai positif pada generasi milenial  harus tetap dijaga, khususnya pada penggunaan bahasa di media sosial. Guru bahasa Indonesia harus menjadikan mereka sebagai mitra belajar dengan mengedepankan tumbuhnya sikap kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, kolaboratif, serta menghargai perbedaan sebagai konsekuensi lintas budaya.
Penyimpangan Ejaan pada Media Online Sukabumiupdate.com Fitriyani, Yani; Humaira, Hera Wahdah; Firdaus, Asep
Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : FKIP - Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.011 KB) | DOI: 10.25139/fn.v3i1.2756

Abstract

Abstrak.Penggunaan bahasa jurnalistik dalam media massa memiliki kaidah kebahasaan yang perlu diketahui. Bahasa yang terdapat dalam sebuah berita akan menambah pembendaharaan kata bagi masyarakat. Maka dari itu, penggunaan bahasa jurnalistik sangat diperhatikan kaidah penulisannya. Salah satu yang harus diperhatikan dalam penggunaan bahasa jurnalistik adalah ejaan. Terdapat penyimpangan ejaan pada berita yang dimuat dibeberapa media, terutama media online. Hal ini dikarenakan berita yang disampaikan oleh media online diharuskan cepat terbit. Sukabumiupdate.com merupakan media online lokal Sukabumi, di dalamnya terdapat beberapa rubrik salah satunya adalah rubrik Balewarga yang berisi opini masyarakat. Terdapat penyimpangan ejaan pada berita rubrik Balewarga. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan penyimpangan ejaan yang terdapat pada berita rubrik Balewarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa jurnalistik pada bidang ejaan dalam berita rubrik Balewarga edisi Maret 2020.
Alih Kode dalam Instruksi Pelatihan Kepada Atlet Perisai Diri SMP YP 17 Surabaya Aisyah, Kiki Inayatul; Kusmiyati, Kusmiyati; Utami, Sri
Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : FKIP - Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.222 KB) | DOI: 10.25139/fn.v3i1.2233

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis alih kode dan faktor-faktor yang mempengaruhi adanya alih kode dalam instruksi yang diberikan oleh pelatih Perisai Diri SMP YP 17 Surabaya. Teori yang digunakan untuk mendeskripsikan jenis-jenis alih kode adalah teori dari Suwito, sedangkan dalam mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya alih kode, dalam penelitian ini menggunakan teori dari Chaer. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskripstif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah instruksi yang diberikan oleh pelatih kepada atlet Perisai Diri SMP YP 17 Surabaya, selama pertandingan berlangsung. Data penelitian yang berupa alih kode dalam instruksi yang diberikan oleh pelatih. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik simak catat dan teknik rekam, yang berguna untuk mengumpulkan data berupa instruksi yang diberikan oleh pelatih. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik dasar yaitu menyimak dan merekam instruksi yang diberikan oleh pelatih, dan teknik lanjutan yaitu mencatat hasil rekaman dengan translit data yang didapat. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diperoleh adanya dua jenis alih kode dalam instruksi yang diberikan oleh pelatih Perisai Diri SMP YP 17 Surabaya, yaitu alih kode intern dan alih kode ekstern. Setelah itu peneliti memperoleh faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya alih kode dalam instruksi yang diberikan oleh pelatih kepada atlet Perisai Diri SMP YP 17 Surabaya.
Sosioedukasi Tembang Waranggono pada Tayub di Kabupaten Tuban Wibowo, Arif; Widayati, Wahyu
Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : FKIP - Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.08 KB) | DOI: 10.25139/fn.v3i1.2263

Abstract

Tayub adalah salah satu bentuk seni pertunjukan tradisional yang tumbuh dan  berkembang  dengan  subur. Tayub  menghadirkan waranggono  yang  menari  dan  menyanyi  nyinden. Tayub yaitu tarian yang dilakukan oleh waranggono dan pengibing dengan iringan gamelan dan tembang. Biasanya untuk meramaikan pesta perkawinan dan sebagainya.   Tayub merupakan bentuk pertunjukkan tari rakyat di Jawa yang disajikan oleh penari perempuan (waranggono atau joged) diiringi dengan seperangkat gamelan berlaras selendro atau pelog disertai tembang.Dalam penelitian ini, peneliti tertarik meneliti dua hal yaitu (1) tentang penerimaan masyarakat terhadap tembang waranggono pada tayub di Kabupaten Tuban bagaimana penilaian masyarakat terhadap tembang berdasarkan teori sosiologi sastra. (2) nilai-nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam tembang waranggono pada tayub di Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian jenis  kualitatif   dengan   menggunakan metode deskriptif, yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan orang lain dan perilaku yang dapat diamati.  Penelitian  ini  memaparkan  tentang penerimaan masyarakat  Kabupaten Tuban dan nilai edukasi suatu tembang waranggono dalam pementasan di Kabupaten Tuban yang dianalisis dengan menggunakan teori sosiologi sastra dan nilai edukasi pendidikan. Hasil dari penelitian ini adalah berupa penerimaan masyarakat Kabupaten Tuban terhadap tembang waranggono dalam acara tayub, dan nila-nilai edukasi berupa nilai moral, religi, budaya dan sosial dalam tembang waranggoo yang dibawakan.
Dekonstruksi Jackques Derrida dalam Novel O Karya Eka Kurniawan Nugraha, Frenky Icksan; Saraswati, Ekarini; Widodo, Joko
Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : FKIP - Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.524 KB) | DOI: 10.25139/fn.v3i1.2394

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kritik oposisi biner, logosentrisme, dan differance. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bentuk dekonstruksi Jackques Derrida dalam novel O karya Eka Kurniawan adalah bentuk oposisi biner dengan membandingkan perjalanan monyet berevolusi dan terbantahkan dengan monyet sebagai bentuk tanda atau simbolis. Bentuk logosentrisme yang sebenarnya pada monyet adalah simbolis dari kehidupan manusia yang sesungguhnya mengalami penurunan moral sehingga hewan lebih baik dari manusia. Bentuk Differance yang merupakan kisah monyet sebagai kritik dan nasihat untuk pembaca bahwa semasa hidup harus berbuat kebaikan.
Konflik Psikis Dalam Novel Gado-Gado Poligami Karya Leyla Hana Dan Linda Nurhayati (Kajian Psikopragmatis) Widayati, Wahyu; Andharu, Devito
Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 No 1 (2020)
Publisher : FKIP - Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.91 KB) | DOI: 10.25139/fn.v3i1.2581

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui dan menemukan konflik psikis yang terepresentasi di dalam novel Gado-Gado Poligami karya Leyla Hana dan Linda Nurhayati, (2) mengetahui dan menemukan latar belakang konflik psikis yang tersepresntasi di dalam novel Gado-Gado Poligami karya Leyla Hana dan Linda Nurhayati. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan psikopragmatis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif. Sumber data di dalam penelitian ini adalah novel Gado-Gado Poligami karya Leyla Hana dan Linda Nurhayati. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik close reading, yakni baca, simak, dan kutip (catat). Validitas data menggunakan teknik triangulasi. analisis data yang digunakan adalah teknik pembacaan model semiotik. Hasil analisis penelitan ,yaitu konflik psikis di dalam novel Gado-Gado Poligami karya Leyla Hana dan Linda Nurhayati, meliputi (1) kekecewaan, (2) cemburu,(3) iri, (4) sakit hati, dan (5) pertentangan batin. Sedangkan latar belakang terjadinya konflik psikis di dalam novel Gado-Gado Poligami karya Leyla Hana dan Linda Nurhayati yaitu adanya faktor kekerasan verbal dan faktor ketidakadilan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12