cover
Contact Name
Andry Herawati
Contact Email
andry.herawati@unitomo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnala3@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi
ISSN : 2581124X     EISSN : 25974092     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Redaksi Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi mengundang para peneliti untuk mengirimkkan artikel ilmiah berupa kajian ilmiah, karya penelitian dan ide-ide inovasi ilmmiah di Bidang Ilmu Administrasi khususnya terkait dengan pengembangan dan inovasi ilmu, isu-isu sosial yang mendukung pengembangan Ilmu Administrasi Bisnis, Managemen, dan industri kreatif. artikel yang dimuat melalui proses telaan dari reviewer sertra proses penyuntingan tim redaksi. Jurnal Ilmiah Administrasi dan Inovasi ternit dua kali dalam setahun dibulan Juli dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2019)" : 10 Documents clear
Analisis Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang Sedarmayanti, Sedarmayanti; Kurhayadi, Kurhayadi; Satrio, Gemma Duke
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.72 KB) | DOI: 10.25139/jai.v3i1.1955

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh organizational citizenship behavior dan motivasi terhadap kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang. Populasi pada penelitian ini adalah pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang, dengan jumlah sampel sebanyak 93 orang. Untuk menjawab perumusan, tujuan dan hipotesis penelitian maka analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda dengan bantuan program spss.Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis deskriptif didapatkan hasil bahwa organizational citizenship behavior yang dimiliki oleh kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang berada pada katagori baik, motivasi kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang berada pada katagori tinggi dan kinerja yang dimiliki oleh kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang berada pada katagori tinggi.Hasil penelitian dan pengujian hipotesis yang dilakukan menunjukan bahwa organizational citizenship behavior dan motivasi berpengaruh positif, atau searah simultan terhadap kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang, yaitu sebesar 51,3%. Sedangkan 48,7% ternyata dipengaruhi oleh faktor lain di luar lingkup penelitian ini. Secara parsial, organizational citizenship behavior dan motivasi berpengaruh positif, atau searah terhadap kinerja kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang, yaitu sebesar 28,9% untuk organizational citizenship behavior sedangkan motivasi sebesar 22,4%.Kata kunci: Organizational Citizenship Behavior, Motivasi, Kinerja.
Pengaruh Karakteristik Internal Perusahaan terhadap Kinerja Perusahaan Sektor Barang KonsumsiPengaruh Karakteristik Internal Perusahaan terhadap Kinerja Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Hartini, Hartini; Rahayu, Dwi Hartini
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (768.972 KB) | DOI: 10.25139/jai.v3i1.1956

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik internal perusahaan terhadap kinerja perusahaan pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja perusahaan yang diukur dengan return on asset, sedangkan variabel independen yang digunakan adalah umur perusahaan, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, likuiditas dan rasio hutang. Metode penelitian menggunakan analisis regresi berganda untuk data panel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 27 perusahaan yang bergerak di sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2013-2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa umur perusahaan dan rasio hutang memiliki pengaruh negatif terhadap return on asset dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif terhadap kinerja.Perusahaan yang telah lama berdiri harus dapat melakukan inovasi produk dan meningkatkan volume penjualan serta berhati-hati dalam menggunakan hutangnya demi kelangsungan hidup perusahaan.  Kata kunci:    likuiditas, pertumbuhan penjualan, leverage, ROA, ukuran   perusahaan, umur perusahaan
Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) TBK Kantor Cabang Bangkalan Lestari, Apriyana; Listyawati, Liling
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.115 KB) | DOI: 10.25139/jai.v3i1.1957

Abstract

Kinerja karyawan adalah hasil kerja karyawan dalam menjalankan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang dibebankan kepada semua karyawan. Variabel yang terdiri dari kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi nonfinansial diyakini akan mempengaruhi kinerja karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Bangkalan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Semakin tinggi kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi nonfinansial maka semakin tinggi pula kinerja karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Bangkalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel yang terdiri dari kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi nonfinansial secara simultan dan parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan, serta untuk mengetahui variabel manakah dari kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi nonfinansial yang dominan berpengaruh terhadap kinerja karyawan.            Hasil pengujian menunjukkan nilai Fhitung sebesar 116.324, dengan nilai probabilitas 0,001 < 0,05 maka teruji bahwa kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi nonfinansial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Bangkalan. Hasil uji t menunjukkan adanya hubungan secara parsial, baik kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi nonfinansial terhadap kinerja karyawan, dan yang paling dominan adalah kompensasi finansial tidak langsung. Koefisien kolerasi berganda atau R2 sebesar 0,656 atau 65,6% menunjukkan bahwa kinerja dipengaruhi oleh kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi nonfinansial sebesar 65,6% sedangkan sisanya sebesar 34,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor atau variabel lain diluar kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi nonfinansial.            Kompensasi finansial tidak langsung, baik asuransi, jaminan kesehatan, dana pensiun, cuti/liburan dan fasilitas kantor harus tetap ditingkatkan untuk meningkatkan kirja karyawan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Bangkalan.Kata kunci : pengaruh, kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung, kompensasi nonfinansial, kinerja karyawan. 
Analisis Budaya Organisasi Pada Perusahaan Otomotif Di Indonesia Srihadi, Pebri Tutur; Saragih, Ferdinand D
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.527 KB) | DOI: 10.25139/jai.v3i1.1958

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui budaya organisasi pada salah satu perusahaan otomotif di indonesia serta mempelajari tingkat kesiapan perusahaan dalam penerapan budaya organisasi untuk menghadapi persaingan bisnis otomotif yang sangat ketat di indonesia. Budaya organisasi yang merupakan seperangkat nilai, kepercayaan dan makna bersama yang diberlakukan secara intensif dan melembaga diyakini akan memberikan manfaat kolektif yang dapat membuat budaya organisasi menjadi kuat yang memberikan kesuksesan bagi perusahaan dimana kesuksesan perusahaan sangat dipengaruhi oleh budaya organisasi dikarenakan budaya organisasi adalah konstruk terpenting dalam membangun dan mempertahankan kesuksesan perusahaan.Penelitian ini difokuskan pada pemetaan budaya organisasi pada salah satu perusahaan otomotif di indonesia berdasarkan pada budaya organisasi model Denison yang memiliki empat dimensi yaitu mission, consistency, involvement dan adaptability. Sample sejumlah 174 ditujukan pada karyawan pada seluruh divisi dan pada seluruh tingkat jabatan di perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan memiliki budaya organisasi yang kuat di tiap divisi kerja maupun pada hirarki perusahaan. Perusahaan memiliki capaian yang baik berdasarkan pada pengukuran empat dimensi budaya organisasi model Denison sehingga perusahaan dipandang memiliki kemampuan yang memadai guna menghadapi ketatnya persaingan pada industri otomotif di Indonesia. Kata Kunci: Budaya Organisasi, Mission, Consistency, Involvement, Adaptability
Strategi Peningkatan Kemandirian Desa Dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Festival Seblang Desa Olehsari - Banyuwangi) Permatasari, Safrieta Jatu; Mahararta, Made Bryan Pasek
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (988.122 KB) | DOI: 10.25139/jai.v3i1.1959

Abstract

Salah satu festival di Banyuwangi yang menampilkan nilai-nilai kultural dan komersial yaitu festival Seblang di Desa Olehsari yang dinilai mampu memberikan dampak multiplier terhadap perekonomian warga desa, khususnya dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung dan melakukan aktivitas ekonomi dan pariwisata di Desa Olehsari ini. Hal ini tentu tidak terlepas dari peran penting aparatur atau perangkat desa yang mampu menjadi driver of change dari pembangunan desa yang berjalan, arah pengembangan desa dan strategi yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan kemandirian desa dan pengembangan ekonomi masyarakat melalui event festival memiliki dampak yang cukup signifikan sebagai tambahan penghasilan warga dan dari iuran warga yang berjualan pada saat acara festival bisa dijadikan tambahan pemasukan desa melalui APBDes. Disamping festival seblang, pemerintah desa telah melakukan upaya lanjutan dengan diadakannya Kuliner Bengi Lan Lungguh Ngopi setiap sabtu malam minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pemerintah desa dalam mendukung strateginya membentuk Tim inovasi desa, yang memiliki tugas dan fungsi untuk menggali potensi baru yang bisa diangkat dan dikembangkan melalui program atau kegiatan lainnya, Sehingga diharapkan kedepan pemerataan ekonomi masayarakat di desa Olehsari bisa merata dan menyeluruh. Kata Kunci : Festival seblang, strategi peningkatan, kemandirian desa, pengembangan,  ekonomi.
Analisis Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang Sedarmayanti, Sedarmayanti; Kurhayadi, Kurhayadi; Satrio, Gemma Duke
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.72 KB) | DOI: 10.25139/jai.v3i1.1955

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh organizational citizenship behavior dan motivasi terhadap kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang. Populasi pada penelitian ini adalah pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang, dengan jumlah sampel sebanyak 93 orang. Untuk menjawab perumusan, tujuan dan hipotesis penelitian maka analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda dengan bantuan program spss.Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis deskriptif didapatkan hasil bahwa organizational citizenship behavior yang dimiliki oleh kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang berada pada katagori baik, motivasi kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang berada pada katagori tinggi dan kinerja yang dimiliki oleh kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang berada pada katagori tinggi.Hasil penelitian dan pengujian hipotesis yang dilakukan menunjukan bahwa organizational citizenship behavior dan motivasi berpengaruh positif, atau searah simultan terhadap kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang, yaitu sebesar 51,3%. Sedangkan 48,7% ternyata dipengaruhi oleh faktor lain di luar lingkup penelitian ini. Secara parsial, organizational citizenship behavior dan motivasi berpengaruh positif, atau searah terhadap kinerja kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang, yaitu sebesar 28,9% untuk organizational citizenship behavior sedangkan motivasi sebesar 22,4%.Kata kunci: Organizational Citizenship Behavior, Motivasi, Kinerja.
Pengaruh Karakteristik Internal Perusahaan terhadap Kinerja Perusahaan Sektor Barang KonsumsiPengaruh Karakteristik Internal Perusahaan terhadap Kinerja Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Hartini, Hartini; Rahayu, Dwi Hartini
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (768.972 KB) | DOI: 10.25139/jai.v3i1.1956

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik internal perusahaan terhadap kinerja perusahaan pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja perusahaan yang diukur dengan return on asset, sedangkan variabel independen yang digunakan adalah umur perusahaan, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, likuiditas dan rasio hutang. Metode penelitian menggunakan analisis regresi berganda untuk data panel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 27 perusahaan yang bergerak di sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2013-2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa umur perusahaan dan rasio hutang memiliki pengaruh negatif terhadap return on asset dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif terhadap kinerja.Perusahaan yang telah lama berdiri harus dapat melakukan inovasi produk dan meningkatkan volume penjualan serta berhati-hati dalam menggunakan hutangnya demi kelangsungan hidup perusahaan.  Kata kunci:    likuiditas, pertumbuhan penjualan, leverage, ROA, ukuran   perusahaan, umur perusahaan
Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) TBK Kantor Cabang Bangkalan Lestari, Apriyana; Listyawati, Liling
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.115 KB) | DOI: 10.25139/jai.v3i1.1957

Abstract

Kinerja karyawan adalah hasil kerja karyawan dalam menjalankan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang dibebankan kepada semua karyawan. Variabel yang terdiri dari kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi nonfinansial diyakini akan mempengaruhi kinerja karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Bangkalan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Semakin tinggi kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi nonfinansial maka semakin tinggi pula kinerja karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Bangkalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel yang terdiri dari kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi nonfinansial secara simultan dan parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan, serta untuk mengetahui variabel manakah dari kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi nonfinansial yang dominan berpengaruh terhadap kinerja karyawan.            Hasil pengujian menunjukkan nilai Fhitung sebesar 116.324, dengan nilai probabilitas 0,001 < 0,05 maka teruji bahwa kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi nonfinansial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Bangkalan. Hasil uji t menunjukkan adanya hubungan secara parsial, baik kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi nonfinansial terhadap kinerja karyawan, dan yang paling dominan adalah kompensasi finansial tidak langsung. Koefisien kolerasi berganda atau R2 sebesar 0,656 atau 65,6% menunjukkan bahwa kinerja dipengaruhi oleh kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi nonfinansial sebesar 65,6% sedangkan sisanya sebesar 34,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor atau variabel lain diluar kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi nonfinansial.            Kompensasi finansial tidak langsung, baik asuransi, jaminan kesehatan, dana pensiun, cuti/liburan dan fasilitas kantor harus tetap ditingkatkan untuk meningkatkan kirja karyawan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Bangkalan.Kata kunci : pengaruh, kompensasi finansial langsung, kompensasi finansial tidak langsung, kompensasi nonfinansial, kinerja karyawan. 
Analisis Budaya Organisasi Pada Perusahaan Otomotif Di Indonesia Srihadi, Pebri Tutur; Saragih, Ferdinand D
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.527 KB) | DOI: 10.25139/jai.v3i1.1958

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui budaya organisasi pada salah satu perusahaan otomotif di indonesia serta mempelajari tingkat kesiapan perusahaan dalam penerapan budaya organisasi untuk menghadapi persaingan bisnis otomotif yang sangat ketat di indonesia. Budaya organisasi yang merupakan seperangkat nilai, kepercayaan dan makna bersama yang diberlakukan secara intensif dan melembaga diyakini akan memberikan manfaat kolektif yang dapat membuat budaya organisasi menjadi kuat yang memberikan kesuksesan bagi perusahaan dimana kesuksesan perusahaan sangat dipengaruhi oleh budaya organisasi dikarenakan budaya organisasi adalah konstruk terpenting dalam membangun dan mempertahankan kesuksesan perusahaan.Penelitian ini difokuskan pada pemetaan budaya organisasi pada salah satu perusahaan otomotif di indonesia berdasarkan pada budaya organisasi model Denison yang memiliki empat dimensi yaitu mission, consistency, involvement dan adaptability. Sample sejumlah 174 ditujukan pada karyawan pada seluruh divisi dan pada seluruh tingkat jabatan di perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan memiliki budaya organisasi yang kuat di tiap divisi kerja maupun pada hirarki perusahaan. Perusahaan memiliki capaian yang baik berdasarkan pada pengukuran empat dimensi budaya organisasi model Denison sehingga perusahaan dipandang memiliki kemampuan yang memadai guna menghadapi ketatnya persaingan pada industri otomotif di Indonesia. Kata Kunci: Budaya Organisasi, Mission, Consistency, Involvement, Adaptability
Strategi Peningkatan Kemandirian Desa Dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Festival Seblang Desa Olehsari - Banyuwangi) Permatasari, Safrieta Jatu; Mahararta, Made Bryan Pasek
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (988.122 KB) | DOI: 10.25139/jai.v3i1.1959

Abstract

Salah satu festival di Banyuwangi yang menampilkan nilai-nilai kultural dan komersial yaitu festival Seblang di Desa Olehsari yang dinilai mampu memberikan dampak multiplier terhadap perekonomian warga desa, khususnya dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung dan melakukan aktivitas ekonomi dan pariwisata di Desa Olehsari ini. Hal ini tentu tidak terlepas dari peran penting aparatur atau perangkat desa yang mampu menjadi driver of change dari pembangunan desa yang berjalan, arah pengembangan desa dan strategi yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan kemandirian desa dan pengembangan ekonomi masyarakat melalui event festival memiliki dampak yang cukup signifikan sebagai tambahan penghasilan warga dan dari iuran warga yang berjualan pada saat acara festival bisa dijadikan tambahan pemasukan desa melalui APBDes. Disamping festival seblang, pemerintah desa telah melakukan upaya lanjutan dengan diadakannya Kuliner Bengi Lan Lungguh Ngopi setiap sabtu malam minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pemerintah desa dalam mendukung strateginya membentuk Tim inovasi desa, yang memiliki tugas dan fungsi untuk menggali potensi baru yang bisa diangkat dan dikembangkan melalui program atau kegiatan lainnya, Sehingga diharapkan kedepan pemerataan ekonomi masayarakat di desa Olehsari bisa merata dan menyeluruh. Kata Kunci : Festival seblang, strategi peningkatan, kemandirian desa, pengembangan,  ekonomi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10