cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan)
ISSN : 2548298X     EISSN : 25485024     DOI : -
Core Subject : Economy,
Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya secara berkala (setiap tiga bulan) yaitu setiap Maret, Juni, September, dan Desember, dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian, pengkajian, dan pengembangan bidang ekonomi dan keuangan, khususnya bidang akuntansi, manajemen, pasar modal hukum bisnis, perpajakan, sistem informasi, serta bidang ekonomi dan keuangan lainnya. Artikel yang dipublikasikan dalam EKUITAS dapat berupa Artikel Penelitian maupun Artikel Konseptual (non-penelitian).
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2022)" : 7 Documents clear
PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PONDOK PESANTREN DI MADURA Nuzulul Qurnain; Gazali Gazali
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 6 No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.542 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5242

Abstract

Tujuan penelitian untuk menguji dan menganalisa kesadaran pribadi dan sikap mandiri memediasi pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa pesantren, tujuan ini terdiri dari: 1) Menguji dan menganalisa pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa pesantren, 2) Menguji dan menganalisa kesadaran pribadi memediasi pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa pesantren, 3) Menguji dan menganalisa sikap mandiri memediasi pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa pesantren. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan obyek penelitian yaitu Institut Ilmu Keislaman Annuqayah, Institut Dirosat Islamiyah Al-Amin, Universitas Islam Madura dan Pesantren Institut Agama Islam Al- Khairat. Analisa data dalam pengujian hipotesis penelitian menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan variabel pembelajaran kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa pesantren, diperoleh koefisien sebesar 0,48 dengan CR 4.327 dan P 0.000. P < 0.05,  kesadaran pribadi memediasi pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa pesantren berpengaruh signifikan, diperoleh hasil sobel test 2.821 diatas 1.98, dan p-value < 0.05, maka hipotesis diterima dan sikap mandiri memediasi pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa pesantren berpengaruh signifikan diperoleh hasil sobel test 3.650 diatas 1.98, dan p-value < 0.05, hipotesis diterima.
WORK LIFE HARMONY AKUNTAN: KAPAN DAN MENGAPA? Yessica Yessica; Sujoko Efferin
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 6 No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.975 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.4275

Abstract

Profesi akuntan, terutama yang bergerak di industri konsultasi, identik dengan karakteristik yang tidak fleksibel dan menyita waktu. Karakteristik tersebut membuat akuntan kesulitan jika harus menyeimbangkan secara kaku waktu yang dihabiskan dalam aspek pekerjaan dengan aspek lain di luar pekerjaan. Oleh karena itu, konsep work life harmony lebih sesuai dengan akuntan, dimana setiap orang memiliki komposisi unik yang sesuai untuknya. Perusahaan berusaha untuk memfasilitasi pencapaian tersebut melalui berbagai program work life. Namun, program work-life belum tentu mengakomodasi kebutuhan para karyawan secara universal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perusahaan dapat menyusun berbagai nilai organisasi dan aktivitas untuk memberdayakan akuntan. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif kualitatif dan bertujuan untuk memahami keterkaitan nilai-nilai organisasi dan pemberdayaan karyawan terhadap pencapaian work life harmony pada akuntan PT S. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai organisasi yang diterjemahkan menjadi beragam aktivitas pemberdayaan berkontribusi terhadap pencapaian harmoni akuntan, yang pada akhirnya tampak pada subjective well being dan psychological well being akuntan. Organisasi tetap memiliki keterbatasan dalam mendukung pencapaian work life harmony akuntan. Pada tahap dimana semuanya bergantung pada motivasi intrinsik akuntan, maka organisasi tidak bisa lagi membantu. Oleh karena itu, penting bagi akuntan untuk berusaha agar dapat mencapai harmoninya.  
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN GREEN PRODUCT Rina Wulandari; Miswanto Miswanto
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 6 No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.704 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5139

Abstract

Tujuan penelitian ini menguji pengaruh green poduct knowledge pada keputusan pembelian green product dengan green trust sebagai variabel mediasi. Tujuan penelitian ini juga menguji pengaruh moderasi perceived price pada hubungan antara green trust dengan keputusan pembelian green product. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research yang bertujuan untuk menguji dan menjelaskan hubungan kausal antara variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan berupa data primer. Metode purposive sampling digunakan sebagai teknik penentuan sampel. Proses mendapatkan data dilaksanakan dengan cara survei yang berbentuk kuesioner. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan 192 responden yang merupakan konsumen The Body Shop. Penelitian ini memakai structural equation modeling (SEM) untuk menguji hipotesis. Temuan penelitian ini sebagai berikut. Green product knowledge dan green trust memiliki pengaruh positif pada keputusan pembelian green product. Selain itu, green trust mampu memediasi hubungan antara green product knowledge dan keputusan pembelian green product. Terakhir, perceived price mampu memoderasi pengaruh antara green trust dan keputusan pembelian green product.
KRITIK TERHADAP PEMBERLAKUAN TEORI AGENSI DALAM PENGELOLAAN DANA DESA DI SUKU BOTI Yolinda Yanti Sonbay
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 6 No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.704 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memotret pemberlakuan teori agensi di Suku Boti dalam pengelolaan dana desa (dalam hal ini hubungan keagenan antara pemerintah sebagai agen dan masyarakat Suku Boti sebagai principal) serta membandingkannya dengan teori fungsionalisme. Metode penelitian yang digunakan adalah etnografi. Teknik pengumpulan data, dilakukan dengan dua cara yakni observasi dan wawancara etnografis. Alur penelitian menggunakan 9 langkah Spradley. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengelolaan dana desa di Suku Boti, teori agensi tidak berlaku. Adapun yang berlaku adalah teori fungsionalsime dimana nilai Budaya Hailaka sebagai budaya dari masyarakat Suku Boti menjadi acuan dan kerangka utama dalam bertindak dibandingkan dengan aturan pemerintah. Masyarakat Suku Boti telah menjadikan nilai Budaya Halaika sebagai pedoman hidup. Budaya Halaika menjadi nilai terpenting dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat termasuk dalam pengelolaan dana desa. Budaya Halaika mengkonstruksi seluruh aspek kehidupan masyarakat Suku Boti.  
PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Luh Komang Candra Dewi; Suwignyo Widagdo; Luh Kadek Budi Martini; Ida Bagus Raka Suardana
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 6 No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.677 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh digital marketing dan custumer relationship marketing terhadap pembentukan brand image pada sebuah hotel di Bali, mengetahui dan menganalisis pengaruh brand image terhadap keputusan wisatawan di sebuah hotel di Bali, dan pengaruh digital marketing terhadap keputusan wisatawan di hotel ini, melalui mediasi brand image. Peneliti menggunakan tiga jenis variabel. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan program SPSS dan suatu instrumen dikatakan valid jika r ≥ 0,30 dan jika nilainya dibawahnya dianggap tidak valid sehingga dapat dilakukan eliminasi variabel yang dimaksud, sambil menghitung nilai reliabilitas menggunakan nilai Cronbach alpha di atas 0,6. Kesimpulan yang diperoleh adalah digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, digital marketing tidak berpengaruh positif terhadap keputusan wisatawan; Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan, customer reationship marketing berpengaruh terhadap brand image, dan customer relationship berpengaruh terhadap keputusan wisatawan. Secara tidak langsung digital marketing tidak berpengaruh positif terhadap keputusan wisatawan melalui brand image dimana brand image tidak mampu memediasi hubungan antara digital marketing dan keputusan wisatawan.
OPTIMALISASI KODE ETIK APARAT PENGAWASAN INTERN PEMERINTAH (APIP): MENELADANI SIFAT RASULULLAH SAW Wisnu Widya Asmara; Hamidah Hamidah
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 6 No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.39 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5233

Abstract

Peran Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dalam melaksanakan pengendalian internal dapat terwujud jika didukung dengan auditor yang mematuhi kode etik profesi. Namun, setelah kode etik profesi telah ditetapkan dalam Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia (SAIPI) ditahun 2014, pada kenyataannya kasus korupsi dan fraud tetap terjadi di Indonesia. Tulisan ini mencoba memberikan pandangan baru dengan memasukkan unsur religi atau nilai keagamaan, khususnya agama Islam, yaitu sifat Rasulullah SAW yang digunakan sebagai teladan dalam optimalisasi Kode Etik APIP. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah menggunakan literature review untuk mendapatkan kesimpulan dari sumber data yang ada dan menjelaskan secara mendalam tentang pentingnya meneladani sifat Rasulullah SAW dalam menerapkan kode etik APIP. Temuan yang dihasilkan dalam artikel ini menjelaskan bahwa terdapat keterkaitan yang erat antara sifat-sifat Rasulullah SAW dalam mengoptimalkan penerapan kode etik APIP. Kesimpulan yang diperoleh adalah pentingnya meneladani empat sifat terpuji yang telah dicontohkan Rasulullah SAW yang terdiri dari sifat siddiq yang dapat memperkuat prinsip integritas dan objektifitas, amanah yang dapat memperkuat penerapan prinsip kerahasiaan dan perilaku professional, fatanah yang dapat diterapkan seiring dengan prinsip kompetensi dan tabligh yang dapat diterapkan dalam prinsip akuntabel.
PEMENUHAN TANGGUNGJAWAB EKONOMIK-SOSIO-EKOLOGI:BENARKAH MEMICU KEBERLANJUTAN KINERJA KEUANGAN? Akhmad Riduwan; Andajani Andajani
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 6 No 2 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.164 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5274

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh bukti apakah pemenuhan tanggungjawab ekonomik-sosio-ekologi merupakan determinan yang mampu memicu keberlanjutan kinerja keuangan. Pemenuhan tanggungjawab ekonomik-sosio-ekologi diproksi dengan indeks pengungkapan tanggungjawab ekonomik, tanggungjawab lingkungan, dan tanggungjawab sosial berdasarkan standar General Reporting Initiative (GRI); sedangkan keberlanjutan kinerja keuangan diproksi dengan persistensi laba. Penelitian ini mengambil sampel 69 perusahaan publik Indonesia yang termasuk dalam lima sektor industri, dengan periode observasi 10 tahun. Multiple univariate regression model diterapkan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan tanggungjawab ekonomik-sosio-ekologi memicu keberlanjutan kinerja keuangan perusahaan. Hasil penelitian ini membuka implikasi bagi praktik bisnis. Pertama, pemenuhan tanggungjawab ekonomik-sosio-ekologi penting dilakukan perusahaan untuk memeroleh legitimiasi dan dukungan stakeholder. Kedua, pemenuhan tanggungjawab ekonomik-sosio-ekologi penting untuk diungkapkan kepada publik agar stakeholder dapat menilai risiko dan prospek perusahaan berdasarkan faktor sosial dan lingkungan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 8 No 1 (2024) Vol 7 No 4 (2023) Vol 7 No 3 (2023) Vol 7 No 2 (2023) Vol 7 No 1 (2023) Vol 6 No 4 (2022) Vol 6 No 3 (2022) Vol 6 No 2 (2022) Vol 6 No 1 (2022) Vol 5 No 4 (2021) Vol 5 No 3 (2021) Vol 5 No 2 (2021) Vol 5 No 1 (2021) Vol 4 No 4 (2020) Vol 4 No 3 (2020) Vol 4 No 2 (2020) Vol 4 No 1 (2020) Vol 3 No 4 (2019) Vol 3 No 3 (2019) Vol 3 No 2 (2019) Vol 3 No 1 (2019) Vol 2 No 4 (2018) Vol 2 No 3 (2018) Vol 2 No 2 (2018) Vol 2 No 1 (2018) Vol 1 No 4 (2017) Vol 1 No 3 (2017) Vol 1 No 2 (2017) Vol 1 No 1 (2017) Vol 20 No 4 (2016) Vol 20 No 3 (2016) Vol 20 No 2 (2016) Vol 20 No 1 (2016) Vol 19 No 4 (2015) Vol 19 No 3 (2015) Vol 19 No 2 (2015) Vol 19 No 1 (2015) Vol 18 No 4 (2014) Vol 18 No 3 (2014) Vol 18 No 2 (2014) Vol 18 No 1 (2014) Vol 17 No 4 (2013) Vol 17 No 3 (2013) Vol 17 No 2 (2013) Vol 17 No 1 (2013) Vol 16 No 4 (2012) Vol 16 No 3 (2012) Vol 16 No 2 (2012) Vol 16 No 1 (2012) Vol 15 No 4 (2011) Vol 15 No 3 (2011) Vol 15 No 2 (2011) Vol 15 No 1 (2011) Vol 14 No 4 (2010) Vol 14 No 3 (2010) Vol 14 No 2 (2010) Vol 14 No 1 (2010) Vol 13 No 4 (2009) Vol 13 No 3 (2009) Vol 13 No 2 (2009) Vol 13 No 1 (2009) Vol 12 No 4 (2008) Vol 12 No 3 (2008) Vol 12 No 2 (2008) Vol 12 No 1 (2008) Vol 11 No 4 (2007) Vol 11 No 3 (2007) Vol 11 No 2 (2007) Vol 11 No 1 (2007) Vol 10 No 4 (2006) Vol 10 No 3 (2006) Vol 10 No 2 (2006) Vol 10 No 1 (2006) Vol 9 No 4 (2005) Vol 9 No 3 (2005) Vol 9 No 2 (2005) Vol 9 No 1 (2005) Vol 8 No 4 (2004) Vol 7 No 4 (2003) More Issue