cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan)
ISSN : 2548298X     EISSN : 25485024     DOI : -
Core Subject : Economy,
Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya secara berkala (setiap tiga bulan) yaitu setiap Maret, Juni, September, dan Desember, dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian, pengkajian, dan pengembangan bidang ekonomi dan keuangan, khususnya bidang akuntansi, manajemen, pasar modal hukum bisnis, perpajakan, sistem informasi, serta bidang ekonomi dan keuangan lainnya. Artikel yang dipublikasikan dalam EKUITAS dapat berupa Artikel Penelitian maupun Artikel Konseptual (non-penelitian).
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 3 (2022)" : 7 Documents clear
PERAN KEUANGAN MIKRO ISLAM TERHADAP KETAHANAN PANGAN PEDESAAN BERKELANJUTAN ERA REVOLUSI 4.0 Syamsuri Syamsuri; Rusyda Afifah Ahmad; Setiawan bin Lahuri; Mulyono Jamal
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 6 No 3 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.193 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2022.v6.i3.4807

Abstract

Makalah ini mengulas peran Lembaga Keuangan Mikro Islam (LKMI) dalam mewujudkan ketahanan pangan masyarakat pedesaan. Ketahanan pangan yang didefinisikan sebagai kondisi aman dari kelaparan atau ketersediaan makanan yang cukup, kemudahan akses dalam memperoleh makanan yang berkualitas dan bergizi, menjadi isu kajian yang terus menarik perhatian para pakar ekonomi. Hal itu karena ketahanan pangan merupakan salah satu indikator kesejahteraan dan bahkan strategi dalam menyelesaikan masalah kemiskinan. Problematika ini terus dialami masyarakat pedesaan khususnya, karena lemahnya dalam permodalan yang berdampak pada tingkat daya beli pangan. Akan tetapi pada aspek lain memberikan keuntungan bagi lembaga mikro konvensional dalam memanfaat situasai ini dengan meningkatkan suku bunga dan mengekang masyarakat menengah ke bawah. Maka, hadirnya LKMI dengan asas ta’awun melalui pembiayaan syariah dan program pemberdayaan di tengah masyarakat pedesaan layak untuk dikaji ulang karena menjadi solusi bagi masyarakat atas hambatan permodalan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat library research terhadap literatur yang berkaitan dengan keuangan mikro, dianalisa secara empiris, komparatif dan pemberian rekomendasi dengan beberapa karya teoritis, akhirnya makalah ini menyimpulkan bahwa LKMI memiliki peran dalam mewujudkan ketahanan pangan pada masyarakat pedesaan yaitu pengembangan ekonomi, adopsi teknologi baru, mekanisme pertanian yang lebih baik, peningkatan produktivitas, peningkatan standar hidup petani dan pemberantasan kemiskinan.
PENENTU KEEFEKTIFAN KREDIT USAHATANI: KASUS KELOMPOK IBU-IBU PENGAJIAN SEBAGAI PENGELOLA Jajat Sudrajat; Siti Sawerah; Nia Permatasari
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 6 No 3 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.12 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2022.v6.i3.4820

Abstract

Memahami beberapa faktor yang menentukan keefektifan kredit adalah aspek penting sebagai bahan rujukan bagi pengembangan kredit mikro, khususnya dalam pembiayaan usahatani yang diketahui sangat rumit. Studi ini bertujuan menganalisis faktor-faktor penentu keefektifan kredit usahatani yang diselenggarakan melalui suatu skema khusus oleh kelompok ibu-ibu pengajian. Skema kredit khusus tersebut menekankan pada peran aktif perempuan sebagai pengelola dan penerima kredit. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan metode studi kasus-kualitatif. Data untuk analisisnya bersumber dari hasil kaji tindak di dua lembaga keuangan mikro (LKM)- An-Nur dan Nurul Hidayah, di Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat. Hasilnya mengindikasikan bahwa beberapa faktor yang menjadi penentu keefektifan penyaluran kredit untuk petani, setidaknya akan meliputi empat aspek. Pertama, diterapkannya aspek mekanisme kredit yang sesuai dengan kondisi petani. Kedua, hadirnya dimensi modal spiritual dan modal sosial dari pengelola LKM yang kemudian berimplikasi pada tumbuhnya kepercayaan para petani. Ketiga, berfungsinya aspek pengawasan kredit yang berakar dari tingginya frekuensi pertemuan kelompok ibu-ibu pengajian dalam komunitas. Keempat, adanya stabilitas pendapatan petani sepanjang tahun sebagai implikasi dari usahatani sayuran yang merupakan sumber nafkah utama dari para petaninya.
OPTIMALISASI RETRIBUSI PELAYANAN PASAR UMUM KABUPATEN BLITAR Susilo Susilo
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 6 No 3 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.071 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2022.v6.i3.4977

Abstract

Potensi sektor yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Blitar adalah pasar umum. Hal ini disebabkan karena penerimaan retribusi pelayanan pasar umum di Kabupaten Blitar mempunyai kontribusi yang cukup besar terhadap total penerimaan retribusi. Namun, penerimaan retribusi yang selama ini diperoleh belum optimal akibat adanya permasalahan dari sisi internal maupun eksternal. Berdasarkan hasil analisis menggunakan ATP dan SWOT, diperoleh strategi utama untuk mengoptimalkan penerimaan retribusi pelayanan pasar yakni (1) melakukan pembinaan terhadap petugas retribusi mengenai pemahaman tarif (2) menerapkan sistem e-retribusi (3) menaikkan tarif retribusi untuk pedagang yang mempunyai kemampuan membayar lebih tinggi dari tarif resmi (4) menurunkan tarif retribusi untuk pedagang yang mempunyai kemampuan membayar lebih rendah dari tarif resmi (5) mencetak karcis retribusi dengan besaran nominal yang sesuai dengan perda yang berlaku (6) melakukan revitalisasi pasar (7) melakukan sosialisasi kepada pedagang agar memiliki sikap disiplin dalam mentaati peraturan pasar pagi dan pasar siang, dan (8) melakukan sosialisasi kepada petugas retribusi agar tertib memberikan karcis kepada pedagang.
INTERNALISASI LILLAHI TA’ALA DALAM KONSTRUKSI KONSEP AKUNTANSI “GIVING” Sri Luayyi
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 6 No 3 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.729 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2022.v6.i3.5195

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membangun konsep akuntansi “giving” dengan menginternalisasikan Lillahi Ta’ala. Penulis meleburkan dua paradigma, yaitu paradigma Islam dan kritis, sedangkan fenomenologi digunakan sebagai bagian dari metode dan alat analisis yang menghasilkan fenomenologi Islam kritis. Peneliti menemukan fenomena bahwa semakin banyak pengeluaran untuk zakat, infaq, shodaqoh semakin meningkatkan penghasilan PT.AML dari tahun ke tahun. Loman merupakan fenomena yang timbul karena keyakinan pemilik perusahaan, bahwa rizki yang didapatkan dari hasil usahanya bukan hanya miliknya, melainkan ada hak orang lain yang harus didistribusikan. Bagi perusahaan, pembukuan sesuai SAK bukan hal penting dalam menjalankan operasional usaha, sehingga selama ini perusahaan hanya menggunakan pembukuan sederhana yang isinya penerimaan dan pengeluaran. Praktik akuntansi pada PT. AML menunjukkan bahwa SAK tidaklah satu-satunya alat untuk mencapai keberhasilan sebuah usaha. Berangkat dari sifat loman telah memunculkan praktik akuntansi baru yang tidak sama dengan SAK. Konsep akuntansi “giving”, yang dibangun dalam penelitian ini adalah sebuah konsep yang dibangun atas dasar loman lillahi Ta’ala, dengan mengalokasikan seberapa besar manfaat yang mampu diberikan perusahaan untuk kesejahteraan orang lain, hal itulah yang menjadi novelty dalam penelitian ini.
DETERMINANTS OF AUDIT QUALITY: THE EFFECT OF OWNERSHIP STRUCTURE AND AUDIT COMMITTEE ACTIVITIES Agnes Silvia Ananda; Nurmadi Harsa Sumarta; Kingkin Kurnia Trio Satriya; Prihatnolo Gandhi Amidjaya
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 6 No 3 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.341 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2022.v6.i3.5214

Abstract

This study examines the effect of ownership structure and audit committee activities on audit quality in Indonesian listed companies. The ownership structures studied consisted of managerial, institutional, government, foreign, and family ownership. The population of our study consists of 506 listed companies in Indonesian Stock Exchange between 2015 and 2020 with 317 total samples. Audit quality is proxied by the earnings surprise benchmark. Ownership structure is measured using the percentage of ownership. Audit committee activity is measured using the number of meetings held. Research data is analyzed with logistic regression analysis using SPSS statistic program. Our findings suggest that managerial, institutional, foreign, and family ownership as well as audit committee activities significantly affect audit quality while government ownership does not have significant effect. The findings of this research are designed to give information and feedback on the company's shareholders, assist the organization in delegating audit committee responsibilities, and provide readers with extra knowledge.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN INVESTASI CRYPTOCURRENCY PADA KAUM MILENIAL I Gusti Ayu Diah Perayunda; Luh Putu Mahyuni
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 6 No 3 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.6 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2022.v6.i3.5224

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara komperhensif faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan investasi cryptocurrency pada kaum milenial di kota Denpasar. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuisioner berbasis web google form yang melibatkan 100 responden investor milenial yang aktif berinvestasi jual beli cryptocurrency di kota Denpasar. Data diolah dan dianalisis menggunakan aplikasi software SmartPLS3. Hasil penelitian menunjukkan financial experience dan overconfidence tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi cryptocurrency. Hanya risk tolerance yang berpengaruh terhadap keputusan investasi cryptocurrency. Temuan lain juga menunjukkan bahwa overconfidence dan risk tolerance tidak mampu memediasi hubungan antara financial experience terhadap keputusan investasi cryptocurrency. Adanya penelitian ini berimplikasi pada tingkat wawasan dan kesadaran akan tingkat risiko investasi yang dimiliki oleh investor, sehingga keputusan yang diambil dapat lebih efektif, mengingat cryptocurrency merupakan investasi yang bersifat high risk. Penelitian ini menawarkan model empiris yang menjelaskan faktor yang mempengaruhi keputusan investasi cryptocurrency pada kaum milenial dengan menggunakan model penelitian yang menggabungkan faktor psikologis dan demografis yang menggunakan dua variabel mediasi pada investasi cryptocurrency, sehingga penelitian ini penting dilakukan guna menambah kontribusi pada kajian literatur.   Kata kunci: financial experience, overconfidence, risk tolerance, keputusan investasi cryptocurrency, cryptocurrency, milenial
PENGARUH LIFESTYLE, COMPUTER SELF EFFICACY, PERSEPSI MANFAAT, DAN RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SIA BERBASIS E-COMMERCE Imelda Dian Rahmawati; Mohammad Nasih
EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) Vol 6 No 3 (2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya(STIESIA) Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.808 KB) | DOI: 10.24034/j25485024.y2022.v6.i3.5258

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lifestyle, computer self efficacy, serta persepsi manfaat, dan persepsi risiko terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada PT GO-JEK Indonesia. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada 14 kantor cabang GO-JEK Indonesia yang berada di wilayah Jawa Timur. Populasi dalam penelitian yaitu perwakilan staf dan karyawan, khususnya staf akuntan PT GO-JEK Indonesia yang bertugas di 14 kantor cabang tersebut, yakni sebanyak 34. Karena jumlah populasi minim, maka teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, sehingga sampel penelitian ini sebanyak populasi yang ada, yakni 34 orang karyawan staf akuntan GO-JEK. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner dan dianalisis dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan lifestyle, computer self efficacy, persepsi manfaat, dan persepsi risiko berpengaruh terhadap minat penggunaan sistem akuntansi berbasis e-commerce pada PT GO-JEK. Strategi PT GO-JEK dalam mengantisipasi perkembangan revolusi industri 4.0, adalah meningkatkan wawasan, skill, pengetahuan, dan kemampuan SDM agar memiliki lifestyle yang adaptif, computer self efficacy yang tinggi, persepsi manfaat, dan persepsi risiko yang baik, dengan memberikan pendidikan dan pelatihan tentang transformasi teknologi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 8 No 1 (2024) Vol 7 No 4 (2023) Vol 7 No 3 (2023) Vol 7 No 2 (2023) Vol 7 No 1 (2023) Vol 6 No 4 (2022) Vol 6 No 3 (2022) Vol 6 No 2 (2022) Vol 6 No 1 (2022) Vol 5 No 4 (2021) Vol 5 No 3 (2021) Vol 5 No 2 (2021) Vol 5 No 1 (2021) Vol 4 No 4 (2020) Vol 4 No 3 (2020) Vol 4 No 2 (2020) Vol 4 No 1 (2020) Vol 3 No 4 (2019) Vol 3 No 3 (2019) Vol 3 No 2 (2019) Vol 3 No 1 (2019) Vol 2 No 4 (2018) Vol 2 No 3 (2018) Vol 2 No 2 (2018) Vol 2 No 1 (2018) Vol 1 No 4 (2017) Vol 1 No 3 (2017) Vol 1 No 2 (2017) Vol 1 No 1 (2017) Vol 20 No 4 (2016) Vol 20 No 3 (2016) Vol 20 No 2 (2016) Vol 20 No 1 (2016) Vol 19 No 4 (2015) Vol 19 No 3 (2015) Vol 19 No 2 (2015) Vol 19 No 1 (2015) Vol 18 No 4 (2014) Vol 18 No 3 (2014) Vol 18 No 2 (2014) Vol 18 No 1 (2014) Vol 17 No 4 (2013) Vol 17 No 3 (2013) Vol 17 No 2 (2013) Vol 17 No 1 (2013) Vol 16 No 4 (2012) Vol 16 No 3 (2012) Vol 16 No 2 (2012) Vol 16 No 1 (2012) Vol 15 No 4 (2011) Vol 15 No 3 (2011) Vol 15 No 2 (2011) Vol 15 No 1 (2011) Vol 14 No 4 (2010) Vol 14 No 3 (2010) Vol 14 No 2 (2010) Vol 14 No 1 (2010) Vol 13 No 4 (2009) Vol 13 No 3 (2009) Vol 13 No 2 (2009) Vol 13 No 1 (2009) Vol 12 No 4 (2008) Vol 12 No 3 (2008) Vol 12 No 2 (2008) Vol 12 No 1 (2008) Vol 11 No 4 (2007) Vol 11 No 3 (2007) Vol 11 No 2 (2007) Vol 11 No 1 (2007) Vol 10 No 4 (2006) Vol 10 No 3 (2006) Vol 10 No 2 (2006) Vol 10 No 1 (2006) Vol 9 No 4 (2005) Vol 9 No 3 (2005) Vol 9 No 2 (2005) Vol 9 No 1 (2005) Vol 8 No 4 (2004) Vol 7 No 4 (2003) More Issue