cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL PANGAN
ISSN : 08520607     EISSN : 25276239     DOI : -
Core Subject : Agriculture, Social,
PANGAN merupakan sebuah jurnal ilmiah yang dipublikasikan oleh Pusat Riset dan Perencanaan Strategis Perum BULOG, terbit secara berkala tiga kali dalam setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 19 No. 2 (2010): PANGAN" : 8 Documents clear
Strategi Peningkatan Daya Saing BULOG Melalui Pendekatan Balanced Scorecard Suswono Suswono; Arief Daryanto; M. Husein Sawit; Bustanul Arifin
JURNAL PANGAN Vol. 19 No. 2 (2010): PANGAN
Publisher : Perum BULOG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33964/jp.v19i2.123

Abstract

Tujuan makalah ini adalah untuk (i) merancang sasaran strategik, key performance indicator (KPI), inisiatif strategik yang ditinjau melalui empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses internal bisnis dan pertumbuhan dan pembelajaran pada BULOG sebagai lembaga yang menjalankan fungsi PSO dan non PSO (komersial), dan (ii) membuat peta strategi berdasarkan pendekatan balanced scorecard (BSC). Penelitian ini menunjukkan dari empat perspektif BSC di BULOG untuk fungsi non PSO, sasaran strategiknya terdiri dari: (i) perspektif keuangan sebanyak 10 sasaran strategik, diantaranya meningkatkan penjualan dan menurunnya persentase biaya operasional; (ii) perspektif pelanggan sebanyak 4 sasaran strategik, diantaranya mampu memberikan produk dan layanan yang bercitra positif dan juga kompetitif kepada pelanggan, serta mampu memberikan jaminan ketepatan waktu pengiriman barang kepada pelanggan; (iii) perspektif bisnis internal sebanyak 10 sasaran strategik, diantaranya kemampuan menguasai industri hulu dan mampu memberikan jaminan mutu barang yang dikirim kepada pelanggan; dan (iv) perspektif pertumbuhan dan pembelajaran sebanyak 14 sasaran strategik, diantaranya mengembangkan penciptaan nilai (value creation) bagi organisasi dan kemampuan memetakan kebutuhan sumber daya organisasi untuk bisnis 5 tahun yang akan datang. Perspektif BSC di BULOG untuk fungsi bisnis PSO, sasaran strategik-nya terdiri dari: (i) perspektif keuangan sebanyak 7 sasaran strategik, di antaranya meningkatkan kemampuan untuk menentukan harga jual yang ideal dan mempertahankan delta; (ii) perspektif pelanggan sebanyak 3 sasaran strategik, diantaranya rumah tangga sasaran memperoleh beras dengan jumlah mutu, harga, waktu, dan tempat yang tepat serta petani memperoleh jaminan pasar dengan harga yang wajar; (iii) perspektif bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, fungsi bisnis PSO dan fungsi bisnis non PSO memiliki jumlah sasaran strategik yang sama karena kedua fungsi ini masih dijalankan dalam satu organisasi dan belum ada pemisahan sumber daya.The purpose of this study is to (i) formulate strategic objectives, Key Performance Indicators (KPIs), strategic initiatives which are reviewed through four perspectives: finance, customer, internal business process and growth & learning in BULOG as an institution that runs the function of PSO and non-PSO (commercial), and (ii) create BULOG’s strategic map as institution that runs the function of PSO and non-PSO (commercial) based on the Balanced Scorecard approach. The research method used is descriptive research techniques with a Balanced Scorecard approach. The study shows that from the four perspectives of BULOG BSC for non-PSO function, its strategic objectives consist of: (i) Financial perspective as much as 10 strategic objectives, including increasing sales and decreasing the percentage of operating costs; (ii) Customer perspective as much as 4 strategic objectives, among others, able to provide products and services that has a positive image and also competitive to the customer, and is able to guarantee timely delivery to customers; (iii) internal business perspective as much as 10 strategic objectives, including the ability to master the upstream industry and is able to provide quality assurance of the delivered goods to customers; and (iv) Growth and learning perspective as much as 14 strategic objectives, including developing value creation for the organization and the ability to map organization resource needs for business five years to come. From the four BULOG BSC perspectives for PSO business functions, its strategic objectives consist of: (i) Financial perspective as much as seven strategic objectives, including increasing the ability to determine the ideal price and maintenance delta; (ii) Customer perspective as much as three strategic objectives, including target households obtaining rice within the appropriate quality, price, time and place as well as farmers guaranteed a fair market price; (iii) internal business perspective and growth and learning perspective, PSO business functions and non-PSO business functions has the same number of strategic targets, because both functions are executed within one organization and there is no separation of resources.
Prospek Beras Dunia 2010: Akankah Kembali Bergejolak Agus Saifullah; Epi Sulandari
JURNAL PANGAN Vol. 19 No. 2 (2010): PANGAN
Publisher : Perum BULOG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33964/jp.v19i2.125

Abstract

Harga beras dunia menjelang dan awal tahun 2010 kembali bergejolak. Ada kekhawatiran gejala tersebut akan menjadi pengulangan saat krisis harga beras dunia terjadi tahun 2008. Banyak kesamaan variabel yang menjadi penyebab kenaikan harga beras pada dua tahun tersebut. Namun kenyataannya, kenaikan harga beras tahun 2010 berlangsung lebih singkat dan tidak setajam tahun 2008. Mengapa ini terjadi. Salah satu faktor yang diperkirakan sangat berperan adalah kuatnya stok beras yang dikuasai pemerintah. Dengan kekuatan stok yang dimiliki atau dikendalikan pemerintah, negara eksportir beras menjadi tidak reaktif terhadap perkembangan pasar beras dunia dengan membatasi atau melarang ekspor. Minimum export price (MEP) juga tidak dilakukan. Sedang di negara importir, keharusan untuk menghimpun stok juga tidak berlangsung lama. Dengan panen awal tahun yang baik, pasokan ke pasar dunia juga bertambah dan suasana menjadi normal. Namun kedepan, apabila gangguan el-nino terhadap produksi cukup besar, hal ini dapat merubah arah perdagangan beras dunia. Kewaspadaan ini diperlukan. Harga beras dunia diperkirakan masih akan naik, meskipun tidak setajam tahun 2008. Dalam situasi pasar beras dunia yang masih belum stabil dan masih tingginya permintaan beras dunia, peluang Indonesia sebagai eksportir terbuka apabila kenaikan produksi dapat dipertahankan secara konsisten dan menghasilkan surplus. Namun demikian untuk dapat bersaing dengan negara lain, banyak faktor yang harus disiapkan dan diperbaiki.World rice prices by the end of 2009 and at the beginning of 2010 started to fluctuate again. A fear of recurring world rice price crisis in 2008 has risen. There are many similar variables which caused the rice increase during those two years. However, in fact the rice incease in 2010 occured shortly in terms of time and less sharp than that of 2008. Why did it happen? One of the major factors causing the increase was related to the strength of the government rice stock. With such strong stock controlled by the government, the rice exporting countries were not being too reactive to the world rice market and did not limit or ban exports. Minimum Export Price (MEP) was also not being imposed by the government. Meanwhile, the thirst of importing countries to pile up their own stock also did not occur too long. Good harvest at the beginning of the year will add more supply to the world market which later create a normal situation to the market. However, if El Nino or climate change creates quite significant disturbance to production in the coming years, this will change the direction of world rice market. Such awareness is indeed necessary. The rice prices in the late of 2010 are still forecast to increase eventhough not as sharp as that of 2008. In the unstable world rice market and high world rice demand, the opportunity of Indonesia being an exporter is still wide open if the production increase can be maintained consistently and create surplus to the market. Notwithstanding this, there is a lot of factors needed to be prepared and improved in order to be able to compete with other exporting countries.
Aksesibilitas Pangan: Faktor Kunci Pencapaian Ketahanan Pangan di Indonesia Handewi Purwati Salim Rachman
JURNAL PANGAN Vol. 19 No. 2 (2010): PANGAN
Publisher : Perum BULOG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33964/jp.v19i2.128

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk membahas pentingnya aksesibilitas rumah tangga terhadap pangan sebagai faktor kunci untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia. Analisis didasarkan pada telaahan studi pustaka dengan menggunakan data sekunder sebagai sumber informasi. Dalam perspektif sistem ekonomi pangan, ketahanan pangan memiliki tiga pilar utama yaitu subsistem ketersediaan distribusi, dan konsumsi. Pentingnya aksesibiltas rumah tangga terhadap pangan dalam pencapaian ketahanan pangan di Indonesia didasarkan pada pertimbangan berikut : (i) Ketahanan dan ketersediaan pangan di tingkat nasional,regional, wilayah merupakan syarat keharusan tetapi itu saja tidak cukup, (ii) Terjaminnya ketahanan pangan tingkat rumah tangga merupakan syarat kecukupan bagi tercapainya ketahanan pangan lokal, regionaln, nasional, global, (iii). Bukti empiris menunjukkan bahwa di wilayah tahan pangan dan terjamin masih ditemukan proporsi rumah tangga rawan pangan yang cukup tinggi (20 – 30 persen), dan (iv) Kasus rawan pangan dan insiden busung lapar di berbagai daerah pada kondisi ketersediaan pangan nasional (dan wilayah) cukup baik. Kebijakan untuk meningkatkan aksesibilitas rumah tangga terhadap pangan bertujuan untuk : (i) meningkatkan akses rumah tangga terhadap pangan dalam jumlah, kualitas, merata dan terjangkau, dan (ii) meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga melalui keanekaragaman konsumsi pangan yang bergizi dan berimbang.This paper aims to describe the importance of food accessibility as a key factor to achieve food security in Indonesia. The analysis based on a review of literature by using secondary data. In the perspective of food economy, food security consists of three sub systems, namely availability, distribution, and consumption. The importance of household’s food accessibility for achieving food security in Indonesia based on these reasons: (i) food availability at the national, regional and local level as a necessary condition but is not sufficient, (ii) food security at a household level as a sufficient condition to achieve food security at a local, regional, national and global level, (iii) empirically shows that food insecurity at household level is still occur (20-30 percent) at the food security areas; and (iv) areas with the good in food availability is still found incident of household food insecurity or cases of stunting. Therefore, improvement in household’s food accessibility should be rise as an important issue to achieve food security in Indonesia. The goal of this policy is: (i) to increase household’s food accessibility in term of quantity, quality, save, and affordable and (ii) to increase food security at a household level through a diversify food consumption with a nutrition proportionally.
Perubahan Pola Konsumsi Pangan Beras, Jagung dan Terigu Konsumen Indonesia Periode 1999-2009 dan Implikasinya Bagi Pengembangan Bahan Bakar Ramah Lingkungan Berbasis Pangan Ujang Sumarwan
JURNAL PANGAN Vol. 19 No. 2 (2010): PANGAN
Publisher : Perum BULOG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33964/jp.v19i2.129

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk membahas perubahan pola konsumsi beberapa pangan pokok konsumen Indonesia selama kurun waktu 1999-2009. Selama periode tersebut, konsumsi kalori yang berasal dari padi-padian menurun, namun konsumsi kalori yang berasal dari makanan jadi mengalami kenaikan. Selama periode tersebut konsumsi beras dan jagung rata-rata per kapita perminggu mengalami penurunan, namun terjadi kenaikan konsumsi tepung beras dan terigu. Walaupun konsumsi beras per kapita mengalami penurunan, namun produksi padi selama periode 10 tahun tersebut justru mengalami kenaikan. Konsumsi beras sangat rendah pada konsumen yang termasuk golongan pengeluaran rendah namun meningkat pada konsumen golongan pengeluaran 200-500 ribu dan kemudian menurun pada konsumen golongan pengeluaran tinggi. Konsumsi jagung sangat tinggi pada konsumen golongan pengeluaran rendah, namun konsumsi jagung akan terus menurun dengan semakin meningkatnya pengeluaran konsumen. Konsumsi terigu rendah pada konsumen golongan pengeluaran rendah, namun konsumsi tersebut semakin tinggi dengan semakin tingginya pengeluaran. Terjadinya penurunan konsumsi rata-rata jagung per kapita, tidak berdampak kepada produksi jagung nasional selama 10 tahun terakhir sebab telah terjadi kenaikan yang sangat tinggi yaitu sebesar 85persen. Kenaikan produksi jagung disebabkan oleh naiknya luas panen dan produktivitas lahan. Tanaman jagung tampaknya akan memiliki nilai ekonomi yang semakin penting karena jagung dibutuhkan untuk pangan, pakan dan bahan baku energi ramah lingkungan. Perubahan pola konsumsi pangan pokok ini memberikan informasi dan implikasi penting bagi pengembangan bisnis BULOG di masa depan.This article is to discuss the changes in food consumption pattern of Indonesian consumers of some staple foods during 1999-2009. Statistical data showed that the consumption of cereal products declined however; calorie consumption of prepared foods and beverages increased. The average consumption of rice and corn per capita per week decreased, however rice and wheat flours consumption increased during that period. Rice consumption of low income consumers was lower as compared to high income consumer. Corn consumption was high among low income consumers but it started to decline as their income increased. Wheat flour consumption of low income consumers was low but it started to increase as their income increased. Although the average corn consumption per capita decreased but corn production increased significantly by 85% from 1999 to 2009. The increase in corn harvested areas and higher corn productivity were the two major factors contributed to the increase of corn production in Indonesia during that period. The economic value of corns has been predicted to continue to rise because corn is used for foods, feeds and fuels. The changes in food consumption patterns will provide important information including its implication on BULOG’s business development in the future.
Revitalisasi KUD Untuk Penguatan Lembaga Sosial Ekonomi di Pedesaan Masyhuri Masyhuri
JURNAL PANGAN Vol. 19 No. 2 (2010): PANGAN
Publisher : Perum BULOG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33964/jp.v19i2.130

Abstract

Sesuai dengan UUD 1945, badan usaha yang diharapkan berperan penting dalam perekonomian adalah koperasi. KUD (Koperasi Unit Desa) adalah koperasi yang berkembang, dominan, dan tersebar luas di pedesaan Indonesia dalam Orde Baru. Sejak Orde Reformasi, koperasi diliberalisasikan sehingga banyak koperasi dimunculkan. Akhirnya KUD yang semula dirancang untuk menjadi satu-satunya koperasi di pedesaantak berkembang. Demikian juga koperasi-koperasi lain yang ada tidak terarah sehingga di pedesaan tidak ada lagi koperasi yang kuat. Dengan tiadanya koperasi yang kuat berarti kelembagaan petani menjadi lemah, kesejahteraan petani tidak lagi dapat ditingkatkan. Bagaimana caranya agar di pedesaan tumbuh koperasi yang kuat memerlukan jawaban segera. Sebenarnya KUD walaupun ada kelemahannya tapi mempunyai potensi yang besar. Karena itu mengembangkan kelembagaan sosial di pedesaan adalah merevitalisasi KUD. Revitalisasi tersebut pada dasarnya mencakup 5 hal, yaitu : (i) kebijakan pembangunan masyarakat yang pro KUD, (ii) reformasi organisasi dan usaha KUD, (iii) penguatan SDM KUD, (iv) pengembangan kerjasama KUD, (v) pengembalian citra KUD.According to the UUD 1945, business organization should be developed in the economy is cooperative. KUD (Koperasi Unit Desa=Village Cooperative) is the only developed cooperative, dominant, and widespread all over the country in Indonesia during the New Order. Since the reformed order, cooperative has been liberalized so many cooperative exist. Finally KUD which was originally developed into the only strong cooperative in the rural area, became underdeveloped. Besides, other cooperatives did not developed as well. Without existing strong cooperative, the farmer institution become weak, their welfare is not increased. How to developed a strong institution in the rural area, need suitable solution. Actually although KUD has some weaknesses, it has many advantages and potential. Therefore KUD revitalization is a must to develop rural institution in the country. The revitalization is compose of 5 items : (i) Community Development Policy that is pro to KUD, (ii) organization business KUD reform, (iii) strengthened human resource at KUD, (iv) develope cooperation, (v) building image of KUD.
Strategi Pencapaian Swasembada Kedelai dengan Pengembangan Sumber Protein Nabati Alternatif Achmad Subagio
JURNAL PANGAN Vol. 19 No. 2 (2010): PANGAN
Publisher : Perum BULOG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33964/jp.v19i2.134

Abstract

Kebutuhan kedelai nasional yang terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan kesadaran masyarakat tentang manfaat kedelai bagi kesehatan menyebabkan swasembada kedelai menjadi sulit terjangkau. Pemerintah telah mengupayakan peningkatan produksi nasional dengan jalan ekstensifikasi berupa perluasan lahan, maupun intensifikasi sebagai usaha meningkatkan produktivitas lahan persatuan luas. Namun, usaha ini menghadapi kendala bahwa kenyataannya kedelai adalah tanaman subtropis yang membutuhkan siang hari yang panjang, sehingga produktivitasnya menjadi rendah. Strategi tambahan yang cukup bijak untuk mencapai swasembada adalah mengurangi kebutuhan nasional akan kedelai dengan jalan memberikan alternatif komoditi lain. Konsumen mempunyai pilihan untuk tidak menggunakan kedelai, ketika mengolah sebuah produk, karena ada komoditi lain yang dapat menggantikannya dengan nilai kompetitif lebih baik atau setara jika dibandingkan kedelai. Dengan demikian, tarikan kebutuhan kedelai nasional menjadi lebih longgar, yang akhirnya berujung pada semakin sempitnya jarak antara kebutuhan dengan produksi kedelai nasional. Dalam pendekatan diversifikasi horisontal ini, harus dipilih potensi lokal yang murah, berkesinambungan dan cocok ditanam di lahan yang belum termanfaatkan, agar tidak hanya sekedar proses shifting terhadap komoditi lain yang lebih penting. Salah satu komoditi yang mempunyai karakteristik tersebut adalah koro-koroan. Kandungan protein dari koro-koroan ini cukup tinggi (18 – 25%), menjadikan komoditi ini dapat digunakan sebagai bahan pangan sumber protein alternatif pengganti kedelai. Untuk menjamin keberhasilan dari program diversifikasi kedelai ini, maka pengembangan koro-koroan harus dilakukan secara komprehensif, meliputi: (i) penguasaan teknologi produksi, pasca panen dan pengolahan; dan (ii) rekayasa sosial untuk mendorong masyarakat mau menggunakan dan mengkonsumsi koro-koroan dan produknya, sehingga petani akan terdorong menanam dan investor mau berinvestasi pada bisnis di komoditi ini.National soybean consumption continues to increase along with population growth and public awareness about the health benefits of soybean. Indeed, it causes difficulty to reach the national self-sufficiency. The government has made efforts in increasing national production of soybean by extending the form of land expansion, and intensification in the mean of increasing land productivity. However, these efforts face the constraint that soybean is a subtropical plant, resulting in the low productivity in Indonesia. Accordingly, additional strategies are needed to achieve self-sufficiency, such as reducing the national demand by provide some alternative commodities, those can substitute soybean (horizontal diversification). Consumers will have option to not use soybean, because there are other commodities that can replace it with a competitive values better or equal when compared to soybean. Thus, the attraction of the national soybean demand will be more loose, which eventually led to the narrowness of the distance between the demand and the production. In this approach of horizontal diversification, indigenous potencies should be used, which are cheap, sustainable and suitable grown on land that has not been exploited. So, it will be not just shifting to other commodities, those may be more important. One of commodities that have these characteristics is non-oilseed legumes. These plant seeds contain a high concentration of protein by 18 – 25% of the seed, considering as a suitable source of protein for replacing soybean. Furthermore, to ensure the success of this horizontal diversification of soybean, the development of non-oilseed legumes must be comprehensive, covering: (i) mastery of production, post harvest and processing technology; and (ii) social engineering to encourage people to use and consume the non-oilseed legumes and their products, so that farmers will be encouraged to plant, and investors want to invest in this commodity business.
Budidaya Jamur Kuping Dan Tiram Dengan Teknologi Pengendalian Suhu Mad Yamin
JURNAL PANGAN Vol. 19 No. 2 (2010): PANGAN
Publisher : Perum BULOG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33964/jp.v19i2.137

Abstract

Pada umumnya budidaya jamur kuping dan tiram dilakukan pada dataran tinggi dengan ketinggian 800 m dpl (di atas permukaan laut). Oleh karena itu, sampai saat ini para petani jamur menggunakan lahan-lahan di dataran tinggi tersebut untuk pembudidayaan jamur kuping dan tiram. Perlu terobosan baru dalam melakukan budidaya jamur dengan menggunakan teknologi pengendalian suhu, sebagaimana yang sudah dilakukan di negara-negara maju seperti Jepang, yaitu budidaya jamur dengan pengendalian suhu pada 15o C menggunakan mesin pendingin. Dengan teknologi pengendalian suhu tersebut, budidaya jamur dapat dilakukan di dataran rendah. Pada tulisan ini akan diuraikan hasil hasil penelitian yang telah dilakukan di Fakultas Teknologi Pertanian, IPB Bogor. Hasil Penelitian yang telah dilakukan oleh Sri Daryani dkk (1999) dengan teknik pengendalian suhu pada rumah jamur,telah menghasilkan dalam skala laboratorium hasil panen jamur kuping mencapai 84.8 % dari berat media. Sedangkan hasil panen jamur tiram mencapai 78.2 %, dengan pengendalian suhu 17oC , juga menghasilkan panen yang terbesar, yaitu 424 gram untuk jamur kuping dan 391 gram untuk jamur tiram per bag log. Pertumbuhan jamur akan lebih cepat pada rumah jamur dengan suhu 21oC dan ada kecenderungan bahwa pertumbuhan jamur di dalam rumah jamur dengan suhu terkendali, memberikan hasil yang lebih baik yaitu diameter Pileus dan diameter Stipa yang lebih lebar dan lebih tebal. Dari uraian di atas, maka sudah saatnya bagi para pengusaha Jamur untuk menggunakan Teknologi pengendalian suhu dalam budidaya jamur.Cultivation of Tiram Mushroom and kuping Mushroom usually done at high land about 800 m above sea level . That’s why the Mushroom’s Farmers always using high land for example land at Puncak or at Dieng Mountain and another high land. We need new inovation, how the farmers could doing Tiram Mushroom and Kuping Mushroom cultivation at the lower land using temperature control technology which has done at Japan or western countries. Japan has developed Temperature control technology about 15oC for Mushroom cultivation using Refrigeration machine which temperature control at 15oC. There for the mushroom cultivation could be done at lower land. At this paper will describe about reseach which has done at Faculty of Agricultural Technology, Bogor Agriculture Institute (IPB Bogor). Sri Daryani et al (1999) has found on her reseach that Mushroom in the green house which temperature control give harvest result about 84.8% of mushroom baglog weight. The result of Tiram Mushroom harvest is 78.2 %, at temperature control abaout 17oC. Also give the greatest harvest 424 gram of kuping Mushroom and 391 gram of Tiram Mushroom for every bag log, Mushroom grows faster at Green house by temperature of 21oC , diameter of Pileus wider and diameter of Stipa more thick. So, this time the mushroom farmers could do mushroom cultivation on the lower land by using temperature control green house. 
Analisis Pengambilan Keputusan Manajemen Rantai Pasok Bisnis Komoditi dan Produk Pertanian Marimin Marimin; Alim Setiawan Slamet
JURNAL PANGAN Vol. 19 No. 2 (2010): PANGAN
Publisher : Perum BULOG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33964/jp.v19i2.184

Abstract

Manajemen rantai pasok bisnis komoditi dan produk pertanian berbeda dengan manajemen rantai pasok bisnis komoditi non-pertanian, karena: (i) komoditi dan produk pertanian bersifat mudah rusak, (ii) proses penanaman, pertumbuhan dan pemanenan tergantung pada iklim dan musim, (iii) hasil panen memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi, (iv) komoditi dan produk pertanian bersifat kamba sehingga produk pertanian sulit untuk ditangani. Seluruh faktor tersebut harus dipertimbangkan dalam desain manajemen rantai pasok komoditi dan produk pertanian guna mendapatkan sistem rantai pasok yang komprehensif, efektif, efisien, responsif dan berkelanjutan. Manajemen rantai pasok bisnis komoditi dan produk pertanian bersifat kompleks, probabilistik dan dinamis. Konsekuensinya, faktor yang perlu dipertimbangkan dalam merancang sistem manajemen rantai pasok-nya bersifat kompleks yang memerlukan dukungan analisis pengambilan keputusan yang handal. Beberapa metode analisis pengambilan keputusan yang dapat digunakan dalam kajian pengembangan manajemen rantai pasok komoditas dan produk pertanian antara lain adalah metode Perbandingan Eksponensial (MPE) untuk pemilihan komoditas unggulan, analisis deskriptif rantai pasok dengan pendekatan Asian Productivity Organization (APO), metode Hayami untuk analisis nilai tambah rantai pasok, metode Data Envelopment Analysis (DEA) dan Supply Chain Operation Reference (SCOR) serta Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk analisis pengukuran kinerja manajemen rantai pasok bisnis komoditi dan produk pertanian. Aplikasi teknik dan metode tersebut serta faktor kunci yang mendukung sukses penerapannya berhasil divirifikasi dengan baik pada contoh kasus penilaian kinerja rantai pasok sayuran dataran tinggi.The implementation of agricultural products business supply chain management has a significant difference with the other products in terms of stochastic and dynamic behavior as a result of some factors such as (i) perishable characteristics (ii) seasonal for cultivation, growth and harvesting (iii) various shape and size on final yield (iv) voluminous. These factors should be considered in designing a comprehensive, effective, efficient, responsive and sustainable agricultural products supply chain management. As a consequence, the decision making involved is becoming more complex than common manufacturing application which are pragmatic, deterministic and static. Some of the decision methods for developing and analysing the agriculture product supply chain management discussed in this paper include Exponential comparison method for prospective products selection, Asian Productivity Organization (APO) approach for agricultural products supply chain management descriptive analysis, Hayami method for added value analysis Data Envelopment Analysis (DEA), Supply Chain Operation Reference (SCOR) and Analytic Hierarchy Process (AHP) for agricultural product supply chain management performance analysis. The application of those methods and the corresponding key sucess factors in the implementation have been verified in the case of highland vegetable products supply chain management. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2010 2010


Filter By Issues
All Issue Vol. 32 No. 1 (2023): PANGAN Vol. 31 No. 3 (2022): PANGAN Vol. 31 No. 2 (2022): PANGAN Vol. 31 No. 1 (2022): PANGAN Vol. 30 No. 3 (2021): PANGAN Vol. 30 No. 2 (2021): PANGAN Vol. 30 No. 1 (2021): PANGAN Vol. 29 No. 3 (2020): PANGAN Vol. 29 No. 2 (2020): PANGAN Vol. 29 No. 1 (2020): PANGAN Vol 29, No 1 (2020): PANGAN Vol. 28 No. 3 (2019): PANGAN Vol 28, No 3 (2019): PANGAN Vol 28, No 2 (2019): PANGAN Vol. 28 No. 2 (2019): PANGAN Vol 28, No 1 (2019): PANGAN Vol 28, No 1 (2019): PANGAN Vol. 28 No. 1 (2019): PANGAN Vol 27, No 3 (2018): Vol 27, No 3 (2018): PANGAN Vol. 27 No. 3 (2018): PANGAN Vol 27, No 2 (2018): PANGAN Vol. 27 No. 2 (2018): PANGAN Vol. 27 No. 1 (2018): PANGAN Vol 27, No 1 (2018): PANGAN Vol 26, No 3 (2017): PANGAN Vol. 26 No. 3 (2017): PANGAN Vol. 26 No. 2 (2017): PANGAN Vol 26, No 2 (2017): PANGAN Vol. 26 No. 1 (2017): PANGAN Vol 26, No 1 (2017): PANGAN Vol 25, No 3 (2016): PANGAN Vol. 25 No. 3 (2016): PANGAN Vol 25, No 3 (2016): PANGAN Vol 25, No 2 (2016): PANGAN Vol. 25 No. 2 (2016): PANGAN Vol 25, No 1 (2016): PANGAN Vol. 25 No. 1 (2016): PANGAN Vol 24, No 3 (2015): PANGAN Vol. 24 No. 3 (2015): PANGAN Vol 24, No 2 (2015): PANGAN Vol. 24 No. 2 (2015): PANGAN Vol 24, No 1 (2015): PANGAN Vol. 24 No. 1 (2015): PANGAN Vol 23, No 3 (2014): PANGAN Vol. 23 No. 3 (2014): PANGAN Vol 23, No 3 (2014): PANGAN Vol 23, No 2 (2014): PANGAN Vol. 23 No. 2 (2014): PANGAN Vol 23, No 1 (2014): PANGAN Vol. 23 No. 1 (2014): PANGAN Vol. 22 No. 4 (2013): PANGAN Vol 22, No 4 (2013): PANGAN Vol. 22 No. 3 (2013): PANGAN Vol 22, No 3 (2013): PANGAN Vol 22, No 2 (2013): PANGAN Vol 22, No 2 (2013): PANGAN Vol. 22 No. 2 (2013): PANGAN Vol. 22 No. 1 (2013): PANGAN Vol 22, No 1 (2013): PANGAN Vol 21, No 4 (2012): PANGAN Vol 21, No 4 (2012): PANGAN Vol. 21 No. 4 (2012): PANGAN Vol 21, No 3 (2012): PANGAN Vol. 21 No. 3 (2012): PANGAN Vol. 21 No. 2 (2012): PANGAN Vol 21, No 2 (2012): PANGAN Vol. 21 No. 1 (2012): PANGAN Vol 21, No 1 (2012): PANGAN Vol 20, No 4 (2011): PANGAN Vol. 20 No. 4 (2011): PANGAN Vol. 20 No. 3 (2011): PANGAN Vol 20, No 3 (2011): PANGAN Vol. 20 No. 2 (2011): PANGAN Vol 20, No 2 (2011): PANGAN Vol. 20 No. 1 (2011): PANGAN Vol 20, No 1 (2011): PANGAN Vol. 19 No. 4 (2010): PANGAN Vol 19, No 4 (2010): PANGAN Vol. 19 No. 3 (2010): PANGAN Vol 19, No 3 (2010): PANGAN Vol 19, No 2 (2010): PANGAN Vol. 19 No. 2 (2010): PANGAN Vol 19, No 1 (2010): PANGAN Vol. 19 No. 1 (2010): PANGAN Vol. 18 No. 4 (2009): PANGAN Vol 18, No 4 (2009): PANGAN Vol 18, No 3 (2009): PANGAN Vol. 18 No. 3 (2009): PANGAN Vol 18, No 2 (2009): PANGAN Vol. 18 No. 2 (2009): PANGAN Vol 18, No 1 (2009): PANGAN Vol. 18 No. 1 (2009): PANGAN Vol 17, No 3 (2008): PANGAN Vol. 17 No. 3 (2008): PANGAN Vol. 17 No. 2 (2008): PANGAN Vol 17, No 2 (2008): PANGAN Vol 17, No 2 (2008): PANGAN Vol 17, No 1 (2008): PANGAN Vol. 17 No. 1 (2008): PANGAN Vol. 16 No. 1 (2007): PANGAN Vol 16, No 1 (2007): PANGAN Vol. 15 No. 2 (2006): PANGAN Vol 15, No 2 (2006): PANGAN Vol 15, No 1 (2006): PANGAN Vol. 15 No. 1 (2006): PANGAN More Issue