cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
sipil@ft.unp.ac.id
Editorial Address
Jln Hamka, Padang Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education)
ISSN : 23023341     EISSN : 26226774     DOI : Prefix 10.24036/cived
Core Subject : Engineering,
Jurnal CIVED adalah Jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan tiga kali setahun, pada bulan Maret, Juni dan September oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Jurnal CIVED adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mahasiswa, akademisi, praktisi dan pengamat di bidang teknik sipil termasuk struktur, manajemen konstruksi, manajemen sumber daya air, transportasi, geoteknik, rekayasa lingkungan dan pembelajarannya.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2018): CIVED 2018" : 21 Documents clear
STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TAMATAN SMK DENGAN TAMATAN SMA PADA MATA KULIAH REKAYASA BATU DAN BETON TAHUN MASUK 2015-2016 Farid Muharman; Nurhasan Syah; Oktaviani Oktaviani
CIVED Vol 5, No 3 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.672 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i3.102497

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan prestasi belajar mahasiswa tamatan SMK dengan tamatan SMA pada mata kuliah Rekayasa Batu dan Beton Pogram Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 167 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Bangunan tahun masuk 2015-2016. Sampel penelitian sebanyak 118 orang mahasiswa diambil menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan yang diminta langsung pada administrasi jurusan dan nilai Rekayasa Batu dan Beton yang diminta langsung kepada dosen yang bersangkutan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata mahasiswa tamatan SMK 82,63, mahasiswa tamatan SMA 84,15. Hasil dari uji hipotesis menunjukan nilai  sig.(2-tailed) 0,134 > 0,05 serta nilai t hitung 1,508 < t tabel 1,98 sehingga Ho diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang berarti antara prestasi belajar mahasiswa tamatan SMK dengan mahasiswa tamatan SMA pada mata kuliah Rekayasa Batu dan Beton.  
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK) TERHADAP HASIL UJIAN NASIONAL (UN) SISWA JURUSAN BANGUNAN KELAS XII SMKN 1 PARIAMAN Ari Saputra M; Nurhasan Syah
CIVED Vol 5, No 3 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.89 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i3.102488

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang ujian nasional berbasis komputer (UNBK) terhadap hasil ujian nasional (UN) siswa jurusan bangunan kelas XII SMKN 1 Pariaman. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi sebanyak 86 orang siswa jurusan bangunan tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan sampel sebanyak 46 orang siswa semester genap Januari-Juni 2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proposional random sampling. Data yang didapat yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui penyebaran angket yang disebarkan kepada responden, sedangkan data sekunder didapatkan dari nilai hasil UN tahun ajaran 2017/2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) analisis data deskriptif, 2) Uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, 3) Analisis data inferensial yang terdiri dari uji korelasi dan koefesien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang UNBK terhadap hasil UN siswa Jurusan Bangunan Kelas XII SMKN 1 Pariaman. Hal ini diketahui dengan melihat besarnya kontribusi (sumbangan) variable X terhadap variable Y  yaitu sebesar 35,28%. Sedangkan 64,72% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENGGUNAKAN SOFTWARE SKETCHUP DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT Ozi Ilham Syaputra; Juniman Silalahi
CIVED Vol 5, No 3 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.402 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i3.102502

Abstract

Penelitian ini berawal dari pelaksanaan pembelajaran siswa Teknik Gambar Bangunan mengalami permasalahan dalam menggunakan aplikasi yang dimana beberapa siswa memiliki kemampuan yang kurang dalam menggunakan software sketchup serta lambat dalam mengerjakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana belajar siswa dapat terpenuhi dengan baik apabila kesulitan belajar siswa menggunakan software sketchup ditinjau dari faktor intern dan factor ekstern. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK Negeri 1 Sumatera Barat jurusan Teknik Gambar Bangunan dengan jumlah responden 31 siswa. Data penelitian berupa data primer yang didapatkan langsung dari responden dengan instrument berupa kuisioner yang disusun berdasarkan skalalikert dengan empat s kala. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada sub variable faktor intern, indicator factor biologis berada pada kategori cukup dan indicator factor psikologis juga berada pada kategori cukup yang berarti bahwa belajar siswa tersebut belum terpenuhi dengan baik. Untuk sub variable factor ekstern, indikatorfaktorkeluargadanfaktorsekolahberadapadakategoricukup yang berarti belajar siswa tersebut belum terpenuhi dengan baik, sedangkan indicator factor masyarakat berada pada kategori kurang yang berarti bahwa bahwa belajar siswa tersebut tidak terpenuhi dengan baik.
HUBUNGAN HASIL BELAJAR MMK DENGAN KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWAPLK FT-UNP Endang Suziana; Nurhasan Syah; Oktaviani Oktaviani; Fahmi Rizal
CIVED Vol 5, No 3 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.776 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i3.102493

Abstract

Latar belakang masalah penelitian adalah, beberapa guru pamong berpandangan bahwa mereka kurang puas terhadap kemampuan mengajar mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK). Sebagai mata kuliah prerequisite seharusnya mata kuliah Metode Mengajar Khusus (MMK) berpengaruh pada kemampuan mengajar mahasiswa PLK, namun kenyataan umumnya nilai mata kuliah MMK yang tinggi tidak sejalan dengan kemampuan mengajar mahasiswa PLK yang dianggap tidak mumpuni oleh para guru pamong. sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara hasil belajar MMK dengan kemampuan mengajar mahasiswa PLK FT UNP pada semester Januari-Juni 2018 di SMKN 1 Padang, SMKN 5 Padang, SMKN 1 Sumbar.Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 40 responden. Penelitian menggunakan instrumen angket sebagai variabel bebas yang memakai skala likert.Jumlah item dalam lembar angket adalah 50 item yang disebar kepada guru pamong pada saat penelitian.Instrumen penelitian menggunakan indikator kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.Hasil penelitian menunjukkan variabel hasil belajar MMK dan kemampuan mengajar mahasiswa PLK tidak memiliki hubungan yang signifikan. Hal itu  terbukti dari hasil analisis data rhitung 0,123 dan rtabel 0,312. Apabila rhitung  < rtabel, ini berarti Ho diterima dan Ha ditolak maka tidak terdapat hubungan. Arah hubungan antara kedua variabel bersifat negatif.
HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR ILMU UKUR TANAH SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMKN 5 PADANG Januardy Ilham; Totoh Andayono
CIVED Vol 5, No 3 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (871.201 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i3.102498

Abstract

-Salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar adalah minat belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar Ilmu Ukur Tanah siswa Kelas X Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton di SMKN 5 Padang.Metode penelitian ini adalah korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi nilai Ujian Akhir Semester. Teknik Analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS Versi 17.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar Ilmu Ukur Tanah siswa Kelas X Jurusan  Teknik Konstruksi Batu dan Beton di SMKN 5 Padang. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi lebih besar dari r tabel yaitu 0.489 > 0.413 dan nilai signifikansi 0.018 < 0.05.
PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SMK NEGERI 4 PARIAMAN Aryana Syafty Bugis; Revian Body; Totoh Andayono
CIVED Vol 5, No 3 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.408 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i3.102489

Abstract

Penyebab rendahnya mutu pendidikan di sekolah ialah belum maksimalnya pelaksanaan manajemen yang diterapkan di setiap sekolah, salah satunya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi guru tentang pelaksanaan MBS di SMK Negeri 4 Pariaman ditinjau dari partisipasi, transparansi dan akuntabilitas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang mengumpulkan informasi dan menyajikan data secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta tentang persepsi guru terhadap pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMK Negeri 4 Pariaman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di SMK Negeri 4 Pariaman, tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, seluruh populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 59 guru yang terdiri atas guru PNS 49 orang dan Guru Honorer 10 orang. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan skala Likert yang terdiri dari 4 pilihan jawaban. Jumlah item pernyataan pada angket penelitian sebanyak 43 item. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa persepsi guru terhadap pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMK Negeri 4 Pariaman dengan rumus Syahron diperoleh persentase dukungan dana (65%), dukungan tenaga (67%), dukungan pemikiran (64%), dukungan material/fasilitas (63%), pengambilan keputusan (63%), kemudahan mengakses informasi (64%), palaporan (62%), pertemuan untuk membahas laporan pertanggungjawaban (62%).  
ANALISIS KESULITAN BELAJAR STATIKA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG Ridho Lazeryanda; Juniman Silalahi; Fitra Rifwan
CIVED Vol 5, No 3 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (726.978 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i3.102503

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih banyaknya mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang  yang mengalami kesulitan belajar mata kuliah Statika. Sehingga mendapat nilai rendah pada mata kuliah tersebut.Penelitian deskriptif ini dengan populasi sebanyak 69 mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2016 dan 2017. Sampel diambil sebanyak 59 orang mahasiswa menggunakan teknik pengambilan sampel stratified propotional random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan skala likert 5 pilihan jawaban dan 34 butir pernyataan positif-negatif. Data yang didapat kemudian diolah untuk mencari deskripsi data, frekuensi, persentase tiap indikator dan persentase keseluruhan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar Statika mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan terjadi pada seluruh indikator (Indikator pemahaman materi Statika dan kemampuan menghitung mata kuliah Statika) pada kategori sedang.
PERAN DOSEN PEMBIMBING TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN KEPENDIDIKAN (PPLK) MAHASISWA FT-UNP SEMESTER JULI-DESEMBER 2017 Endriadi Endriadi; Revian Body
CIVED Vol 5, No 3 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.538 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i3.102494

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan menyajikan data secara sistamatis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta tentang peran dosen pembimbing terhadap pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) mahasiswa FT-UNP semester Juli-Desember 2017. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran dosen pembimbing terhadap pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) mahasiswa FT-UNP semester Juli-Desember 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah melaksanakan PPLK FT-UNP semester Juli-Desember 2017. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 160 mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan skala likert yang terdiri dari 4 pilihan jawaban. Jumlah item pernyataan pada angket penelitian sebanyak 35 item. Hasil penelitian untuk mengetahui peran dosen pembimbing terhadap pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) mahasiswa FT-UNP semester Juli-Desember 2017. Sub indikator memberikan layanan orientasi dengan persentase 69 % dikategorikan cukup, sub indikator latihan terbimbing dengan persentase 66 % dikategorikan cukup, sub indikator latihan mandiri dengan persentase 67 % dikategorikan cukup, sub indikator ujian kinerja mengajar mahasiswa dengan persentase 66 % dikategorikan cukup. Kesimpulan dari hasil penelitian ini untuk mengetahui peran  dosen pembimbing terhadap pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) mahasiswa FT-UNP semester Juli-Desember 2017 dikategorikan cukup.
PENGARUH HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 4 PARIAMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Adhitio Maldini.Js Maldini Js; M Giatman
CIVED Vol 5, No 3 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.048 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i3.102485

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan belum sepenuhnya menumbuhkan minat siswa untuk berwirausaha sesuai yang diharapkan, padahal telah diberikan pembelajaran kewirausahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi 24 orang siswa kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Pariaman. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling, alasannya karena populasi kurang dari 100, maka dalam penelitian ini seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa angket dengan menggunakan skala likert yang terdiri dari 5 pilihan jawaban. Jumlah item pernyataan di dalam angket penelitian sebanyak 34 item. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata harga Mean minat berwirausaha siswa dikategorikan baik dengan persentase 41,66% sedangkan hasil belajar menurut kualifikasi nilai rapor diperoleh persentase 100% dengan kategori baik. Jadi dapat diartikan bahwa hasil belajar kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan tahun pelajaran 2017/2018,  jadi dapat disimpulkan bahwa jika hasil belajar kewirausahaan semakin baik maka semakin baik minat berwirausaha dan sebaliknya.
HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PADANG Andika Rahmadani; Fahmi Rizal; Fitra Rifwan
CIVED Vol 5, No 3 (2018): CIVED 2018
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.367 KB) | DOI: 10.24036/cived.v5i3.102499

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Padang pada mata palajaran Gambar Konstruksi Bangunan dapat mengindikasikan kurangnya dukungan lingkungan keluarga siswa terhadap aktivitas belajar mereka. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan siswa tersebut. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian ini merupakan siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Padang tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 26 siswa yang diambil menggunakan teknik Total Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah; 1) Analisis deskriptif, 2) Uji persyaratan analisis, yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, dan 3) Uji Hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang cukup kuat dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan dengan nilai korelasi sebesar 0,549  dan nilai segnifikansi sebesar 0,004 ≤ nilai α = 0,05, serta nilai koefisien determinasi sebesar 30,1%, yang berarti lingkungan keluarga memberikan sumbangan sebesar 30,1% terhadap hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan yang diraih siswa tersebut.

Page 1 of 3 | Total Record : 21