cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. manggarai,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio
ISSN : 14441659     EISSN : 25029576     DOI : -
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio (JPKM) is published regularly twice a year in January and June by the Institute for Research and Community Service (LPPM), Santu Paulus College of Teacher Training and Education. This journal contains scientific articles from research in the fields of religion, education, social, culture, and humanities. The JPKM Editorial Team receives scientific articles that have never been published in journals or other media. The published article script has been evaluated through a review and editing process to fit the style of the JPKM.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio" : 16 Documents clear
KURIKULUM 2013 DAN KEMAMPUAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENERAPKANNYA Marselus Ruben Payong
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 8 No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio
Publisher : Unika Santu Paulus Ruteng

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.136 KB) | DOI: 10.36928/jpkm.v8i2.109

Abstract

Kurikulum2013 (K-13) akan segera diberlakukan secara menyeluruh pada jenjang pendidikan dasar dan menengah diseluruh Indonesia. Implementasi K-13 menuntut kesiapan guru sebagai salah satu ujung tombak pentingterutama kemampuan profesionalnya. Dari analisis terhadap hasil-hasil pendidikan dan juga hasil-hasilpenilaian terhadap kompetensi guru (UKG) terutama kompetensi pedagogic dan kompetensi professionalpada 2015 memperlihatkan bahwa guru di Indonesia belum siap menerapkan K-13 secara efektif. Karena ituprogram peningkatan profesionalisme guru secara berkelanjutan merupakan salah satu cara untuk membuatguru semakin siap dalam menerapkan K-13 dalam pembelajarannya. Tulisan ini mengkaji dua hal penting:karakteristik K-13 dan kesiapan guru terutama kemampuan profesionalnya dalam menerapkan K-13.
KETERAMPILAN BERTANYA: STRATEGI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN BERBAHASA ANAK USIA DINI Fransiskus De Gomes
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 8 No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio
Publisher : Unika Santu Paulus Ruteng

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (76.726 KB) | DOI: 10.36928/jpkm.v8i2.110

Abstract

Masa anak usia dini merupakan periode yang sangat penting bagi perkembangan anak pada masa selanjutnya. Jika anak mendapatkan banyak stimulasi dari lingkungannya maka kecerdasan anak akan semakin meningkat. Sebaliknya, jika anak memeroleh sedikit stimulasi, maka kecerdasan yang terbentuksemakin minim. Hal ini berimplikasi pada upaya memberikan stimulasi yang tepat bagi anak. Stimulasi terhadap aspek perkembangan anak harus dipertimbangan secara tepat agar tidak menimbulkan risiko pada anak. Salah satu strategi pengembangan kemampuan kognitif dan berbahasa anak usia dini adalah keterampilan bertanya. Keterampilan bertanya (pertanyaan) memotivasi anakuntuk terlibat dalam kegiatan mental sehingga mendapatkan pemahaman yang mendalam. Artikel ini merupakan telaah konsep stimulasi perkembangan anak
KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DALAM NOVEL “MIMI LAN MINTUNA” KARYA REMY SYLADO Yuliana Jetia Moon
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 8 No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio
Publisher : Unika Santu Paulus Ruteng

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.089 KB) | DOI: 10.36928/jpkm.v8i2.179

Abstract

Kekerasan terhadap Perempuan dalam Novel “Mimi Lan Mintuna” Karya Remy Sylado. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk-bentuk kekerasan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kekerasan pada tokoh-tokoh perempuan dalam novel Mimi Lan Mintuna karya Remy Sylado. Penelitian ini berbentuk deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa bentuk kekerasan, yaitu kekerasan fisik dan psikis, kekerasan nyata dan tersembunyi, kekerasan personal dan struktural, dan kekerasan berdasarkan area. Ada dua faktor penyebab kekerasan terhadap perempuan, yaitu faktor internal dan faktor ekternal
UNSUR-UNSUR DINAMIS DALAM PRIBADI MANUSIA DAN KEBUTUHAN PSIKOLOGISNYA Frans Laka Lazar
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 8 No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio
Publisher : Unika Santu Paulus Ruteng

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.484 KB) | DOI: 10.36928/jpkm.v8i2.180

Abstract

Unsur-Unsur Dinamis dalam Pribadi Manusia dan Kebutuhan Psikologisnya. Kebutuhan psikologis manusia sebenarnya berasal dari motivasi bawa sadar atau aspek bawa sadar khususnya pada Dimensi II menurut teori Konsistensi Transendensi Diri yaitu antara bidang kebaikan sejati dan kebaikan palsu. Bidang kebaikan sejati kalau dimotivasi oleh unsur nilai transendensi diri, sedangkan bidang kebaikan palsu kalau dimotivasi oleh unsur bawa sadar atau unsur sadar yang tidak sesuai dengan transendensi diri. Bisa saja tampak di luarnya baik tetapi sebenarnya tidak asli dan sejati. Jadi terjadi inkonsistensi antara diri ideal dan diri actual. Banyak persoalan psikologis sering muncul baik yang ringan maupun patologi berat karena kebutuhan psikologis manusia tidak terpenuhi. Jika kebutuhan-kebutuhan psikologis misalnya kebutuhan akan rasa aman, cinta, harga diri, dan aktualisasi diri tidak terpuaskan, maka seseorang akan merasa tidak nyaman, tidak bahagia, kecewa, putus asa, marah, stress, dan berbagai hal negatif lainnya; dan jika terpenuhi, maka seseorang akan merasa bahagia dengan hidup dan karyanya
PERAN PEDAGOGI BAHASA DAN SASTRA DALAM PENDIDIKAN HUMANIORA Yohanes Mariano Dangku
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 8 No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio
Publisher : Unika Santu Paulus Ruteng

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.948 KB) | DOI: 10.36928/jpkm.v8i2.181

Abstract

Peran Pedagogi Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Humaniora. Saat ini krisis nilai sedang terjadi. Itu menyalahkan hampir semua hal termasuk bidang pendidikan. Bagaimana lembaga bahasa memberdayakan pendidikan bahasa dan sastra untuk menghadapinya? Pedagogi bahasa dan pedagogi sastra dapat membantu untuk memediasi nilai-nilai etika dalam proses belajar mengajar. Jadi guru bahasa dapat memberdayakan bahasa untuk belajar dan membentuk kepribadian peserta didik.
MODEL “LONTO LEOK” DALAM KATEKESE KONTEKSTUAL GEREJA LOKAL MANGGARAI Agustinus Manfred Habur
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 8 No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio
Publisher : Unika Santu Paulus Ruteng

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.199 KB) | DOI: 10.36928/jpkm.v8i2.183

Abstract

Model “Lonto Leok” dalam Katekese Kontekstual Gereja Lokal Manggarai. Katekese sebagai proses pendidikan iman selalu bersifat kontekstual karena iman pada hakekatnya selalu terlibat dalam pergumulan hidup yang konkrit. Katekese Gereja lokal Manggarai harus bersifat kontekstual. Dia harus menyentuh cita rasa pergumulan iman umat setempat. Pendekatan yang cocok adalah model “lonto leok”. Katekese “lonto leok” merupakan musyawarah iman melalui mana umat membahas persoalanya secara bersama-sama dalam terang iman Kristen. Katekese “lonto leok” sudah berjalan selama ini di KBG-KBG. Penekanan pada hermeneutik praktis yang digunakan di dalamnya membuat katekese “lonto leok” belum sungguh-sungguh menghantar umat kepada perjumpaan pribadi dengan Kristus, Sang Sabda kehidupan. Ke depan katekese “lonto leok” mesti mengedepankan hermeneutik paska, yang melihat hidup sebagai misteri panggilan, di dalamnya tersembunyi jejak-jejak Allah yang menyapa manusia untuk senantiasa terlibat dalam pembangunan Kerajaan Allah di tengah dunia. Dengan cara ini katekese “lonto leok” dapat membimbing umat Manggarai menjadi pribadi-pribadi yang beriman solid, mandiri, dan solider.
LUBANG RESAPAN BIOPORI (LRB): ALTERNATIF TEKNOLOGI SEDERHANA PANEN HUJAN DALAM RANGKA PELESTARIAN AIR Wahyuni Purnami
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 8 No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio
Publisher : Unika Santu Paulus Ruteng

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.213 KB) | DOI: 10.36928/jpkm.v8i2.186

Abstract

Lubang Resapan Biopori (LRB): Alternatif Teknologi Sederhana Panen Hujan dalam Rangka Pelestarian Air. Ketersediaan air merupakan kebutuhan utama untuk berlangsungnya suatu kehidupan. Ketersediaan air sudah semestinya dijaga dan dilestarikan, demi tercukupinya kebutuhan bagi semua makhluk hidup yang terus bertumbuh dan berkembang. Wilayah Manggarai, khususnya di daerah Ruteng, mempunyai kecenderungan curah hujan yang tinggi, tapi bukan hal yang mustahil sering mengalami kekeringan pada musim kemarau dan banjir serta longsor pada musim hujan. Sudah saatnya air hujan harus dipanen dalam rangka pelestarian air dan mencegah banjir serta longsor. Salah satu teknologi sederhana yang berpihak pada ciptaanNya dalam upaya pelestarian air adalah pembuatan Lubang Resapan Biopori (LRB). Lubang Resapan Biopori merupakan teknologi panen hujan dengan mengoptimalkan kerja hewan dan mikroorganisme tanah untuk membuat pori-pori tanah guna memperluas bidang penyerapan air ke dalam tanah. Selain bermanfaat untuk menjaga kelestarian air tanah, lubang resapan biopori juga dapat membantu penanganan sampah organik rumah tangga dan pembuatan kompos sehingga mempunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi.
PENANAMAN PENGALAMAN LITERASI DINI MENURUT PEMIKIRAN TOMPKINS DAN HOSKISSON Florianus Dus Arifian
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 8 No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio
Publisher : Unika Santu Paulus Ruteng

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (82.098 KB) | DOI: 10.36928/jpkm.v8i2.187

Abstract

Penanaman Pengalaman Literasi Dini menurut Pemikiran Tompkins dan Hoskisson. pengalaman literasi perlu ditanam sejak dini agar anak dapat menguasai dan mencintai bahasa tulis. namun, penanaman pengalaman literasi dini merupakan gagasan kompleks. oleh karena itu, perlu ada kajian eksplanatif atasnya. dari pemikiran tompkins dan hoskisson tampak bahwa ada tiga poin penting terkait penanaman pengalaman literasi dini, yakni konsep tentang bahasa tulis, munculnya anak dalam membaca, dan munculnya anak dalam menulis. Dalam konsep tentang bahasa tulis, anak membangun persepsi tentang fungsi bahasa tulis, teks, kata, dan alfabet dengan didasarkan pada konteks sekitar. sementara itu, munculnya kemampuan membaca dan menulis pada anak sangat membutuhkan konteks, pendekatan proses dan integratif, dan rancangan ruang belajar literasi yang kondusif.
DISCOURSE SEMANTIC ANALYSIS ON STUNDENTS RECOUNT TEXT OF SMUK ST. IGNATIUS LOYOLA Hieronimus C. Darong
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 8 No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio
Publisher : Unika Santu Paulus Ruteng

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.849 KB) | DOI: 10.36928/jpkm.v8i2.188

Abstract

Discourse Semantic Analysis on the Students’ Recount Text of SMUK St. Ignatius Loyola. This study aims at describing and analyzing the register category, namely field, tenor, and mode of the texts. The object of the research was fifteen recount texts from which the three register categories were analyzed. The texts were modified into clauses which will, in turn, be analyzed in accordance with the goal of analysis, that is, to investigate the register category of field, tenor, and mode. The steps of analysis were based on the concept of Systemic Functional Linguistics (SFL).
ANALISIS KESALAHAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA YANG TERKATEGORI SULIT PADA UASBN Eliterius Sennen; Sabina Ndiung; Kanisius Supardi
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 8 No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio
Publisher : Unika Santu Paulus Ruteng

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1834.182 KB) | DOI: 10.36928/jpkm.v8i2.189

Abstract

Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Dasar dalam MenyelesaikanSoal-Soal Matematika yang Terkategori Sulitpada UASBN. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa SD di Kabupaten Manggarai dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang terkategori sulit, mendesripsikan letak kesalahan siswa SD di Kabupaten Manggarai dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang terkategori sulit, dan mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan siswa SD di Kabupaten Manggarai dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang terkategori sulit. Target penelitian ini adalah mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa SD, mengetahui letak kesalahan, dan mengetahui faktor penyebab kesalahan. Hasil penelitian deskriptif ini menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang terkategori sulit pada UASBN meliputi: kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan keterampilan. Letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal adalah: kesalahan dalam memahami soal, kesalahan dalam menemukan hubungan antara konsep, kesalahan dalam membuat model matematika, kesalahan dalam mengerjakan soal, dan kesalahan dalam menentukan hasil akhir. Faktor penyebab kesalahan adalah kurangnya pemahaman terhadap soal, kurangnya pemahaman terhadap konsep, kesulitan menemukan hubungan antar konsep, kurangnya penguasaan terhadap prosedur penyelesaian, dan ketidaktelitian atau kecerobohan.

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 15 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 14 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 14 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 13 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 13 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 12 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 12 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 11 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 11 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 10 No. 2 (2018): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 10 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 9 No. 2 (2017): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 9 No. 1 (2017): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 8 No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 8 No. 1 (2016): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 7 No. 2 (2015): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 7 No. 1 (2015): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio More Issue