cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 23562005     EISSN : 25984950     DOI : -
Core Subject : Science,
Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen adalah publikasi ilmiah yang memuat hasil penelitian dan kajian pemikiran bidang ilmu ilmu manajemen, baik di lingkup marketing, sumberdaya manusia dan keuangan. Dikelola oleh Prodi Magister Manajemen Universitas Pamulang, melaui proses review.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2020): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen" : 6 Documents clear
ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN PADA KANTOR CAMAT ASAKOTA KOTA BIMA Febi Astriani; Ita Purnama
Inovasi Vol 7, No 1 (2020): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.349 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v7i1.p42-51.5443

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimanakah gaya kepemimpinan pada Kantor Camat Asakota Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan sampel penelitian sebanyak 52 orang responden. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner, wawancara dan studi pusaka. Metode analisis data yang digunakan adalah uji t-test one sampel dan juga dengan menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan pada Kantor Camat Asakota Kota Bima lebih dari atau sama dengan 70% dari yang diharapkan (baik) yang dibuktikan dengan nilai uji t sebesar 107,364 dan Sig 0,000. Jika di bandingkan antara nilai thitung dengan t tabel maka thitung lebih besar dari ttabel (19,850>1,679), dan nilai Sig < 0,05 (0,000<0,05) artinya signifikan sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING SERTA KUALITAS PRODUK DENGAN INTEGRASI SWOT DAN BALANCE SCORECARD (STUDI KASUS PT. PURNAMAJAYA BHAKTI UTAMA) Sugiyarto Sugiyarto; Sarwani Sarwani
Inovasi Vol 7, No 1 (2020): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (836.096 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v7i1.p52-66.5444

Abstract

ABSTRAKTujuan Penelitian ini untuk menentukan pilihan strategi dengan melakukan  integrasi SWOT dan Balance  Scorecard sebagai upaya meningkatkan daya saing perusahaan serta meningkatkan kualitas produk. Metode Penelitian ini digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari penelitian kepustakaan serta dari data perusahaan. Sedangkan data primer diperoleh langsung dari responden melalui penelitian lapangan atau observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil yang diperoleh untuk penentuan kriteria balance scorecard  untuk PT Purnamajaya Bhakti Utama, total skor nilai 75%, persentase tersebut  menunjukan  kondisi PT. Purnamajaya Bhakti Utama berada  pada kondisi  sehat dengan kategori A. Sedangkan dari  hasil  FGD  diperoleh  nilai  bobot kinerja keuangan berada pada posisi sangat sehat dengan kategori AAA dengan nilai skor tertimbang sebesar 91% dan  untuk perspektif  pelanggan pada posisi sehat dengan kategori   AA  dengan  nilai  skor  tertimbang sebesar 81.25%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Strategi pemasaran dengan Integrasi SWOT dan Balance Scorecard yang diterapkan manajemen PT. Purnamajaya Bhakti Utama dapat meningkatkan daya saing dan kualitas produk.Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Balance Scorecard
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN JUMLAH PENYALURAN PADA UNIT PENGELOLA DANA BERGULIR (UPDB) DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KABUPATEN TANGERANG Surya Budiman; Ugeng Budi Haryoko; Munir Abdillah Abdillah
Inovasi Vol 7, No 1 (2020): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.635 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v7i1.p1-15.5440

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang lebih tepat terhadap peningkatan jumlah penyaluran yang dijalankan oleh UPDB Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang. Strategi pasar meliputi Segmenting, Targeting dan Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan Analisis Persaingan Model Lima Kekuatan Porter, analisis matriks IFE, analisis matriks EFE, analisis matriks IE serta analisis matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukan implementasi strategi pemasaran UPDB saat ini dilihat dari analisis matriks IE berada pada titik temu IFE 276 dan EFE 332 yang berarti pada Kuadran Tumbuh dan Membangun, strategi bauran pemasaran dengan fokus utama pada harga dengan bunga layanan rendah, serta dari analisis IFE dengan jumlah kekuatan IFE 1,91 dan jumlah kelemahan 0,85 maka UPDB memiliki posisi interval yang relatif kuat, sedangkan jika dilihat dari analisis matriks EFE dengan jumlah peluang sebesar 1,92 dan ancaman EFE sebesar 1,40 UPDB merespon dengan baik terhadap kesempatan dan ancaman yang ada. Dengan jumlah skor EFE 3,32 maka strategi UPDB secara efektif memanfaatkan peluang yang ada dan meminimilisasi potensi dampak yang merusak dari ancaman internal. Strategi pemasaran yang lebih tepat menurut hasil analisis SWOT diperoleh beberapa program kerja dari beberapa alternative strategi yang bisa di jalankan oleh UPDB seperti meningkatkan promosi, menjalin kordinasi kemitraan, meningkatkan teknologi, melakukan perluasan pasar, membuat aturan terhadap regulasi top up, meningkatkan hubungan, kompetensi, kemampuan dan meningkatkan informasi layanan pick up service.Kata Kunci :     Analisis SWOT, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Strategi Pemasaran.
PERANAN BADAN USAHA MILIK DESA TERHADAP PENGELOLAAN POTENSI DESA BAGI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KAJIAN PADA BUMDES MALAR WALATRA, DESA SUBANG, KECAMATAN SUBANG, KABUPATEN KUNINGAN, JAWA BARAT WILLFRIDUS DEMETRIUS SIGA
Inovasi Vol 7, No 1 (2020): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.359 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v7i1.p32-41.5445

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi desa, kapasitas kelembagaan, dan sumber daya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Penelitian ini menggunakan metodologi Penelitian Berbasis Masyarakat dengan pendekatan studi partisipatif, yang dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu; penilaian, wawancara mendalam, studi kelompok, dan Diskusi Kelompok Fokus (FGD). Seluruh proses melibatkan semua pemangku kepentingan resmi termasuk pemerintah desa, manajemen BUMDes, pengawas BUMDes, Dewan Pemerintahan Desa, tokoh masyarakat, Lembaga Komunitas Desa, Kerjasama Antar Desa, dan Organisasi Pemuda. Metode ini diterapkan selama proses penilaian, pengumpulan data nyata, konfirmasi temuan, rekomendasi, dan tindak lanjut. Hasil penelitian dan studi menunjukkan bahwa BUMDes Malar Walatra memiliki peran positif dalam mengembangkan potensi desa yang memberikan manfaat signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung bagi masyarakat setempat. Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pengembangan pariwisata telah membawa dampak signifikan pada peningkatan pendapatan warga dan Pendapatan Asli Desa (PADes) melalui peraturan internal BUMDes, menampung pekerja baru, memperluas lapangan kerja, dan jumlah orang yang secara langsung atau tidak langsung terpapar dengan potensi desa yang dikembangkan oleh BUMDes. Selain pariwisata, hasil penelitian dan studi temuan juga merekomendasikan kopi dan gula aren yang dapat dikembangkan menjadi produk unggulan BUMDes Malar Walatra sebagai potensi desa. Kata kunci: potensi desa, kapasitas, BUMDes, Penelitian Berbasis Masyarakat
PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS TERHADAP STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI RITEL MINIMARKET DI KOTA BANDUNG Dicky Jhon Anderson Butarbutar; Annisa Lisdayanti
Inovasi Vol 7, No 1 (2020): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.583 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v7i1.p16-23.5441

Abstract

ABSTRAKPerkembangan teknologi pada era globalisasi saat ini menuntut semua industri untuk selalu meningkatkan kinerja pemasaran dan efisiensi dalam menjalankan usahanya. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk perusahaan yang bergerak pada industri ritel menjadi sebuah kendala dalam menjalankan bisnisnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan internal dan lingkungan eksternal terhadap strategi pemasaran. Metode dalam penelitian ini regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh industri ritel minimarket di kota Bandung tahun 2018 sebanyak 442. Metode pengambilan sampel menggunakan menghitung ukuran sampel yang dilakukan dengan menggunakan teknik Slovin dengan alpha 10%, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 82 minimarket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 55.9% variasi variabel dependen strategi pemasaran dapat dijelaskan melalui variabel independen yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Secara simultan variabel lingkungan internal dan lingkungan eksternal berpengaruh terhadap strategi pemasaran. Hal yang sama juga terjadi pada pengujian secara parsial yang menunjukan variabel lingkungan internal dan lingkungan eksternal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap strategi pemasaran industri ritel pada minimarket di Kota Bandung. Kata Kunci:Lingkungan Bisnis, Lingkungan Internal & Eksternal, Strategi Pemasaran
PENGARUH INOVASI PRODUK DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. UNILEVER INDONESIA Purwanti Purwanti; Sarwani Sarwani; Denok Sunarsi
Inovasi Vol 7, No 1 (2020): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.673 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v7i1.p24-31.5442

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inovasi Produk dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Unilever Indonesia. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini Inovasi Produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 41,5%, uji hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05. Brand Awareness  berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 43,5%, uji  hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05. Inovasi Produk dan Brand Awareness  secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 52,8%, uji hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.      Kata Kunci: Inovasi Produk, Brand Awareness , Keputusan Pembelian.

Page 1 of 1 | Total Record : 6