cover
Contact Name
Sarkadi
Contact Email
sarwahita@unj.ac.id
Phone
+6285881133995
Journal Mail Official
sarwahita@unj.ac.id
Editorial Address
Kampus A Universitas Negeri Jakarta Gedung Ki Hajar Dewantara Lt.6 - 7, Jalan Rawamangun Muka, Jakarta 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 02167484     EISSN : 25978926     DOI : https://doi.org/10.21009/sarwahita
The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Sarwahita, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Community Services, People, Local Food Security; Training, Marketing, Appropriate Technology, Design; Community Empowerment, Social Access; Student Community Services; Border Region, Less Developed Region; Education for Sustainable Development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 01 (2020): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat" : 10 Documents clear
PENDAMPINGAN KEGIATAN DIPPING PUTING PADA TERNAK KAMBING PERAH DI DESA TURGO, TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA Clara Ajeng Artdita; Morsid Andityas; Ronny Martien; Maria Advensia Eka Setyaningrum; Achmad Fauzi
Bahasa Indonesia Vol 17 No 01 (2020): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/sarwahita.171.01

Abstract

Abstract Dipping is one of the main process for the stage of milking process and it serves to prevent the the bacteria infected the udder on post-milking process. Mastitis can occur because of this stage not being carried out. The program partner is in the Turgo village, Turi, Sleman, Yogyakarta. This partner has obstacles in the magement of Ettawa crossbreed (PE) goat productivity including milking goat Standard Operating Management (SOP). The purpose of t his community service is to make farmer feel easier to do the dipping method by using herbal-based products sprayer to be applied to PE goats after milking to prevent occurence of mastitis. The method of this program is introducing PE goat cultivation by applying the concept of good farming practices and the importance of preventing mastitis, utilizing home yard to plant Piper betle linn. As a basis for making teat dip sprayer, and improving the productivity of PDE goat as dairy goat with herbal teat dip sprayer using ionic gelation method. Teat dip sprayer technology on dairy goats is expected to increase the productivity of PE goat milk in this partner “Kelompok Ternak”. The result is an increasing of farmer’s understanding and the sustainability of milking SOP of dipping with herbal products which easy to apply (sprayer); So that the livestock health and productivity are increases, then it will impact in economic of this farmer community.Abstrak Dipping merupakan proses pencelupan puting ambing ternak perah yang termasuk ke dalam tahapan proses pemerahan susu dan berfungsi untuk mencegah berkembangnya bakteri paska pemerahan. Kasus mastitis dapat terjadi akibat tahapan ini tidak dilakukan usai pemerahan. Mitra program ini adalah kelompok ternak di desa Turgo, Turi, Sleman, Yogyakarta. Mitra ini memiliki kendala dalam manajemen pengelolaan kambing PE produktif termasuk Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam pemerahan susu kambing. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memudahkan petani peternak dalam melakukan metode dipping dengan produk berbahan herbal untuk diaplikasikan pada ternak perahnya usai dilakukan pemerahan sebagai agen antibakterial untuk mencegah kejadian mastitis. Metode yang akan dilakukan melalui program ini yaitu memperkenalkan budidaya kambing PE dengan menerapkan konsep good farming practices dan pentingnya pencegahan mastitis, memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami daun sirih hijau sebagai dasar pembuatan dipping sprayer, dan memperbaiki produktivitas ternak perah dengan herbal dipping sprayer menggunakan metode ionic gelation. Pemanfaatan teknologi dipping sprayer pada kambing perah diharapkan dapat meningkatkan produktivitas susu kambing PE di Kelompok Ternak mitra ini. Hasil akhir berupa terbentuknya pemahaman peternak serta keberlanjutan SOP pemerahan berupa dipping dengan produk yang mudah pengaplikasiannya (spray dipping) sehingga ternak sehat, produktivitas meningkat, dan ekonomi masyarakat pedesaan mampu terangkat.
BIMBINGAN TERPADU OLIMPIADE SAINS NASIONAL BIDANG MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 MERAUKE Rian Ade Pratama; Dessy Rizki Suryani; Andi Saparuddin Nur
Bahasa Indonesia Vol 17 No 01 (2020): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/sarwahita.171.04

Abstract

Abstract This article discusses a new concept of complete guidance of the national science olympiad in the field of mathematics. This guidance is carried out periodically with the aim of providing new experiences for students in preparation for the 2020 national science olympiad. Assistance for national science olympiad guidance is carried out in three main steps. First, the results of observations made to discuss students and schools in the implementation of national science olympiad guidance at school. In this observation, an explanation was obtained about the school where the community service had not contributed to the national science olympiad five years ago. Second is the socialization stage. At this stage of socialization is the initial part made. The socialization consisted of the socialization of the national science olympiad guidebook and online technical guidance socialization with Edmodo application platform. Socialization is carried out in accordance with predetermined planning. The third is the evaluation stage. The evaluation stage is the final stage of the national science olympiad guidance. This final phase is fully supported in the implementation of integrated guidance. Evaluation of the National Science Olympiad book and evaluation of the use of Edmodo application in online guidance. The evaluation book consists of revised material that is suitable for junior high school level learning material and high-level evaluation material. Online tutoring evaluation is done by activating student guidance in online tutoring. Abstrak Artikel ini membahas tentang suatu konsep baru bimbingan terpadu olimpiade sains nasional dalam bidang matematika. Bimbingan ini dilakukan secara berkala dengan tujuan untuk memberikan pengalaman baru untuk siswa dalam persiapan olimiade sains nasional tahun 2020. Pelaksanaan bimbingan terpadu olimpiade sains nasional dilakukan dalam tiga tahapan utama. Pertama, adalah tahapan observasi yang dilakukan untuk mengetahui permasalahan siswa dan sekolah dalam pelaksanaan bimbingan olimpiade sains nasional disekolah. Pada observasi ini diperoleh penjelasan bahwa sekolah yang menjadi tempat pengabdian belum berkontribusi dalam olimpiade sains nasional pada lima tahun belakangan. Kedua adalah tahapan sosialisasi. Pada tahapan sosialisasi ini merupakan pengenalan awal prosedur bimbingan terpadu. Sosialisasi terdiri dari sosialisasi buku panduan olimpiade sains nasional dan sosialisasi teknis bimbingan online dengan platform aplikasi Edmodo. Sosialisasi dilakukan secara bertahap sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan. Ketiga adalah tahapan evaluasi. Tahapan evaluasi merupakan tahapan akhir dari bimbingan terpadu olimpiade sains nasional. Tahapan akhir ini mengevaluasi secara keseluruhan dalam pelaksanan bimbingan terpadu. Evaluasi buku olimpiade sains nasional dan evluasi penggunaan aplikasi Edmodo dalam bimbingan online. Evaluasi buku terdiri dari pemisahan materi yang sesuai dengan materi pembelajaran tingkat sekolah menengah pertama dan mengevaluasi seluruh kesalahan dalam penulisan-penulisan. Evaluasi bimbingan online dilakukan dengan mengaktifkan secara terjadwal aktifitas siswa dalam bimbingan online.
PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FORUM GURU SD MUHAMMADIYAH KECAMATAN BEJI KOTA DEPOK Mayarni; Susanti Murwitaningsih
Bahasa Indonesia Vol 17 No 01 (2020): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/sarwahita.171.05

Abstract

Abstract This activity aims to run Tridarma tertiary institutions. And also to play a role in increasing teacher knowledge. teacher knowledge in implementing the K13 curriculum well. The government has required all schools to use K13. The survey results there are still many teachers who do not fully understand K13. Therefore, K13 worshop is needed to deepen the teacher's insight in implementing K13. This community service is carried out by the FKIP-Uhamka faculty and student team. This activity is in the form of a workshop to make learning tools including making lesson plans, teaching materials, LKPD, learning media and assessment instruments. located at SD Muhammadiyah 3 Beji District, Depok city, for 2 days. The results of this activity are expected to add to the knowledge and skills of local teachers in implementing K13. Findings during the activity most of the teachers did not understand how to make LKPD, complaining about the contents of the theme book material is too shallow even though the task of the teacher who must develop learning material. This activity benefits both institutions. As part of the Uhamka promotion event and increase teacher knowledge in implementing K13. Abstrak Kegiatan ini bertujuan untuk menjalankan Tridarma perguruan tinggi. Dan juga untuk ikut berperan dalam meningkatkan pengetahuan guru, dalam terlaksananya kurikulum K13 dengan baik. Pemerintah sudah mengharuskan semua sekolah menggunakan K13. Hasil survei menyatakan bahwa masih banyak guru yang belum sepenuhnya paham akan K13. Oleh karena itu, worshop K13 sangat diperlukan guna memperdalam wawasan guru dalam penerapan K13. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh Tim dosen dan mahasiswa FKIP-Uhamka. Kegiatan ini berupa worshop membuat perangkat pembelajaran diantaranya membuat RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran dan Intrumen Penilaian. Kegiatan berlangsung selama dua hari, bertempat di SD Muhammadiyah 3 Kecamatan Beji Kota Depok. Hasil kegiatan ini diharapkan menambah pengetahuan dan keterampilan guru guru setempat dalam menerapkan K13. Temuan selama kegiatan berlangsung sebagian besar guru belum memahami cara membuat LKPD, mengeluhkan isi buku tema, dimana materinya terlalu dangkal. Guru belum paham bahwa merupakan tugas guru yang harus mengembangkan materi yang ada di buku tema tersebut. Materi yang ada dibuku tema adalah materi yang paling minimal harus dikuasai siswa. Kegiatan ini memberi manfaat dari kedua lembaga. Sebagai bagian dari ajang promosi Uhamka dan menambah pengetahuan guru dalam penerapan K13.
PELATIHAN MENGIDENTIFIKASI KESULITAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR DENGAN MENGGUNAKAN SKPK PADA SISWA SMA DI MGBK SMA JAKARTA TIMUR Dede Rahmat Hidayat; Lara Fridani; Ahmad Faris Al Ansyari; Diani Olga Rachmawati
Bahasa Indonesia Vol 17 No 01 (2020): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/sarwahita.171.08

Abstract

Abstract The community service is one of task in tri dharma perguruan tinggi, for this session, community service activity have aims to train guidance and counseling teachers in identifying career decision-making difficulties for students using the SKPK (Career Decision Making Difficulties Questionnaire /CDDQ). Difficulties in career decision making are still experienced by high school students. The form of career decision in question is determining the choice of further study. Most students are not know where they will continue their education. The training on the use of SKPK was attended by 20 high school BK teachers in East Jakarta. Systematic activities consist of a general explanation of the importance of analyzing the difficulty of career decision making in high school to further carry out SKPK filling tests and how to analyze SKPK data entry results to be made in a data processing format. Based on preliminary data before the activity was carried out all teachers stated that there had never been an instrument that specifically analyzed the difficulties of career decision making, the impact was that there were no career BK services specifically directed at how to overcome the difficulties of career decision making. source of accurate information obtained through the assessment. Abstrak Pengabdian kepada masyarkat merupakan salah satu tugas dalam tri dharma perguruan tinggi, Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melatih guru-guru bimbingan dan konseling dalam mengidentifikasi kesulitan pengambilan keputusan karir pada siswa dengan menggunakan SKPK (Skala kesulitan Pengambilan keputusan Karir). Kesulitan pengambilan keputusan karir masih banyak dialami oleh siswa SMA. Bentuk keputusan karir yang dimaksud adalah menentukan pilihan studi lanjutan. Sebagian besar siswa tidak mengetahui secara pasti kemana mereka akan melanjutkan Pendidikan. Pelatihan penggunaan SKPK dihadiri oleh 20 orang guru Bimbingan dan Konseling SMA di Jakarta Timur. Sistematika kegiatan terdiri dari penjelasan umum mengenai pentingnya menganalisis kesulitan pengambilan keputusan karir di SMA untuk selanjutnya melakukan ujicoba pengisian SKPK dan cara menganalisis hasil entri data SKPK untuk dibuat dalam format pengolahan data. Berdasarkan data awal sebelum kegiatan dilaksanakan seluruh guru menyatakan bahwa belum pernah ada instrument yang secara spesifik menganalisis kesulitan pengambilan keputusan karir, dampaknya adalah tidak ada layanan Bimbingan dan Konseling karir yang secara spesifik diarahkan kepada cara mengatasi kesulitan pengambilan keputusan karir tersebut, Program Bimbingan dan Konseling karir yang dijalankan tidak memiliki sumber informasi yang akurat yang diperoleh melalui asessmen.
PENYULUHAN PENDIDIKAN KEBENCANAAN UNTUK GURU-GURU SD-SMP NEGERI 01 SATU ATAP PULAU PARI Nandi Kurniawan; Eko Siswono
Bahasa Indonesia Vol 17 No 01 (2020): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/sarwahita.171.09

Abstract

Abstract This counseling activity is an activity to provide education about disaster for the community through education in this case school teachers. This activity aims to create teachers who have the knowledge to become facilitators and instructors for students in disaster disasters and mitigation, so that it is expected to create a generation of students who are ready and responsive to natural disasters in the present and the future. -SMP one roof 01 kelurahan pari island as many as 18 people. The process of this activity was in August-September 2019. The counseling method was carried out in the form of lectures, presentations and questions and answers. The results of the activity obtained the knowledge of teachers about disaster has increased after compared in the pre-test and post-test scores. So hopefully this kind of activity can increase the capacity of a teacher as a facilitator and instructor in schools in dealing with various disaster threats in Indonesia. Abstrak Kegiatan penyuluhan ini merupakan kegiatan untuk memberikan edukasi tentang kebencanaan bagi masyarakat melalui pendidikan dalam hal ini guru-guru sekolah. Kegiatan ini bertujuan menciptakan guru-guru yang memiliki pengetahuan untuk menjadi fasilitator dan instruktur bagi siswa dalam kebencanaan dan mitigasi bencana, sehingga diharapkan tercipta suatu generasi siswa yang siap dan tanggap terhadap bencana alam di masa kini maupun masa mendatang.Sasaran Penyuluhan ini adalah Guru guru SD-SMP satu atap 01 kelurahan pulau pari sebanyak 18 orang. Proses kegiatan ini pada bulan agustus-september 2019. Metode penyuluhan dilaksanakan dalam bentuk ceramah, presentasi dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan didapatkan pengetahuan guru-guru tentang kebencanaan mengalami peningkatan setelah dibandingkan dalam nilai pre tes dan post tes. Sehingga diharapkan kegiatan semacam ini dapat meningkatkan kapasitas seorang guru sebagai fasilitator dan instruktur di sekolah dalam menghadapi berbagai ancaman bencana di Indonesia.
PENINGKATAN PENGETAHUAN TERHADAP BAHAYA LINGKUNGAN PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR SAWARNA 1 KECAMATAN BAYAH KABUPATEN LEBAK PROVINSI BANTEN Aris Munandar; Ode Sofyan Hardi; Rayuna Handawati
Bahasa Indonesia Vol 17 No 01 (2020): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/sarwahita.171.07

Abstract

Abstract Recognizing the dangers that threaten the environment for students is important because it can spread information to the environment in the school itself, spread to the home and community environment. Through socialization and simulation students are directly involved in the effort to recognize the dangers. The activity will be held on Friday September 14, 2019, 09.00 am - finished in Sawarna 1 Elementary School, Bayah District. Lebak The number of participants 35 students. Implementation activities were divided into 2 sessions, namely the delivery of material and simulations. Before the material is presented, the pretest is conducted, after the material is given a post-test. Submission of knowledge includes: the delivery of material, giving quizzes, games. Introduction of existing types of disasters, namely: earthquakes, tsunamis, landslides, floods, typhoons, fires, volcanoes erupt. The introduction of disaster types is important so that students get a correct understanding of the types of disasters that exist. The next material is about which locations should be addressed and avoided (fields, houses, buildings, beaches, plateaus, trees, rivers). In general, the evaluation results and simulation results can be run according to the objectives. Participants who are third-grade elementary school students can understand the types of disasters, disasters that may occur in their environment, can understand the destination when an earthquake or tsunami occurs. Students can mention the characteristics of a tsunami. Students can follow the simulation while singing. He hopes after getting the right understanding can be transmitted to other friends, as well as family and society in general. The absence of changes to the question about tsunamis is expected to be able to create other models and strategies, students have not yet correctly understood about the tsunami disaster. Broader socialization needs to be done through scout activities and others. Abstrak Pengenalan bahaya yang mengancam lingkungan pada siswa menjadi penting karena dapat menyebarkan informasi kepada lingkungan di sekolah sendiri, menyebar kerumah dan lingkungan masyarakat. Melalui sosialisasi dan simulasi siswa terlibat langsung dalam usaha untuk mengenal bahaya. Kegiatan dilaksanakan pada hari jumat tanggal 14 September 2019, Jam 09.00- selesai di Ruang kelas SD Sawarna 1 Kecamatan Bayah Ka. Lebak. Jumlah peserta 35 siswa terdiri dari 20 siswi dan 15 siswa. Kegiatan pelaksanaan dibagi menjadi 2 sesi, yaitu penyampaian materi dan simulasi. Sebelum disampaikan materi dilakukan pretest, setelah penyampaian materi diberikan post-test. Penyampaian pengetahuan meliputi : penyampaian materi, memberikan kuis, permainan. Pengenalan jenis bencana yang ada yaitu : gempa bumi, tsunami, tanah longsor, banjir, angin putting beliung/topan, kebakaran, gunung meletus. Pengenalan jenis bencana penting agar siswa mendapatkan pemahaman yang benar tentang jenis bencana yang ada. Materi selanjutnya tentang lokasi mana yang harus dituju dan dihindari (lapangan, rumah, gedung, pantai, dataran tinggi, pohon, sungai). Secara umum dari hasil evaluasi dan hasil simulasi dapat berjalan sesuai dengan tujuan. Peserta yang merupakan siswa sekolah dasar kelas tiga sekolah dapat memahami jenis bencana, bencana yang mungkin terjadi dilingkungannya, dapat memahami tempat yang dituju ketika terjadi gempa maupun tsunami. Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri terjadinya tsunami. Siswa dapat mengikuti simulasi dengan sambil bernyanyi. Harapannya setelah mendapatkan pemahaman yang benar dapat ditularkan kepada teman-temannya yang lain, maupun keluarga dan masyarakat pada umumnya. Tidak adanya perubahan pada pertanyaan tentang tsunami diharapkan dapat membuat model dan strategi yang lain, siswa belum benar pemahaman tentang bencana tsunami. Perlu adanya sosialisasi yang lebih luas melalui kegiatan pramuka dan lain-lain.
KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA & BAHASA (INDONESIA DAN INGGRIS) PADA SMKN 61 JAKARTA PULAU TIDUNG KEPULAUAN SERIBU DKI JAKARTA TAHUN 2019 Juni Mashita
Bahasa Indonesia Vol 17 No 01 (2020): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/sarwahita.171.02

Abstract

Abstract The purpose of implementing this community service activity is to determine the level of ability of students of SMKN 61 Jakarta on Tidung Island, Kepulauan Seribu in participating in tutoring activities ahead of the national exam. The object of community service is SMKN 61 Tidung class XII. The implementation of this community service activity uses the mentoring method in tutoring and qualitative descriptive. The results of this activity were 64 students of SMKN 61 Jakarta. The subjects taught are Mathematics, Indonesian and English. The number of students attending tutoring was 32% from the Accounting department, 46% from the Office Administration department and 22% from the ABP department. The average passing score of students of SMKN 61 Jakarta majoring in Accounting is 51.75 with English subjects, Office Administration majors is 41.73 with Indonesian Language subjects, while the Fisheries Agribusiness Department (APB) is 47.67 with English subjects. . As for Mathematics, the scores are still very low in each department. Abstrak Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa SMKN 61 Jakarta di Pulau Tidung Kepulauan Seribu dalam mengikuti kegiatan bimbel menjelang ujian nasional. Objek pengabdian masyarakat ini adalah SMKN 61 Tidung kelas XII. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pendampingan dalam bimbingan belajar dan deskriptif kualitatif. Hasil kegiatan ini jumlah siswa SMKN 61 Jakarta sebanyak 64 siswa. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jumlah kehadiran siswa yang mengikuti bimbingan belajar sebanyak 32% dari jurusan Akuntasi, 46% dari jurusan Administrasi Perkantoran dan 22% dari jurusan ABP. Nilai rata-rata kelulusan siswa SMKN 61 Jakarta jurusan Akuntasi sebesar 51,75 dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, jurusan Administrasi Perkantoran sebesar 41,73 dengan mata peajaran Bahasa Indonsia, sedangkan jurusan Agrobisnis Perikanan (APB) sebesar 47,67 dengan mata pelajaran Bahasa Inggris. Sedangkan untuk mata pelajaran Matematika nilainya masih sangat rendah disetiap jurusan.
PEMANFAATAN LIMBAH MINYAK GORENG SEBAGAI SABUN CUCI RUMAH TANGGA DI LEMPUING JAYA Pandu Jati Laksono
Bahasa Indonesia Vol 17 No 01 (2020): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/sarwahita.171.06

Abstract

Abstract Cooking oil is basic human needs as a food processor. Cooking oil has a threshold in its use to process food. The quality of cooking oil decreases with repeated use so that it becomes waste. It is very rarely used in the villages of Sukamaju, Sukajaya and Tanjung Sari II as materials that can be recycled into more useful materials. The purpose of this activity is to invite the community to use waste from cooking oil to be recycled into household soap and provide activities as an effort to improve the village economy. The method used is a waste-free waste management system. The concept of free waste consists of reducing, reusing and recycling (3R). These activities are: 1) designing community service activities during KKN 2) counseling on utilization of cooking oil waste in the village, 3) directing society woman in cooking oil waste collection activities, 4) distributing cooking oil waste processing books, 5) training on processing waste oil into household washing soap, 6) training in the use of soap in the economic field. The resulting outputs are in the form of waste-free oil-based waste management techniques, household washing soap products, increased environmental awareness and creation of beneficial activities in village. Abstrak Minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia sebagai alat pengolah bahan makanan. Minyak goreng memiliki ambang batas dalam pemakaiannya untuk mengolah bahan pangan. Kualitas minyak goreng menurun seiringnya penggunaan berulang-ulang sehingga menjadi limbah. Limbah minyak goreng sangat jarang digunakan pada desa Sukamaju, Sukajaya dan Tanjung Sari II sebagai bahan yang dapat di daur ulang menjadi bahan yang lebih bermanfaat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak masyarakat memanfaatkan limbah dari minyak goreng untuk dapat didaur ulang menjadi sabun rumah tangga dan memberikan kegiatan pada ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan sebagai upaya peningkatan ekonomi desa. Metode yang dipakai adalah sistem pengolahan limbah berbasis bebas sampah. Konsep bebas sampah terdiri dari mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang (3r reduce, reuse, recycle). Kegiatan tersebut adalah: 1) perancangan kegiatan pengabdian masyarakat pada masa KKN, 2) penyuluhan pemanfaatan limbah minyak goreng di desa, 3) pengarahan ibu PKK dalam kegiatan pengumpulan limbah minyak goreng, 4) pembagian buku pengolahan limbah minyak goreng 5) pelatihan pengolahan limbah minyak menjadi sabun cuci rumah tangga, 6) pelatihan pemanfaatan sabun dalam bidang ekonomi. Luaran yang dihasilkan berupa teknik pengelolaan limbah minyak berbasis bebas sampah, produk sabun cuci rumah tangga, dan peningkatan kesadaran akan lingkungan serta terciptanya kegiatan bermanfaat di desa.
PENELITIAN TINDAKAN KELAS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN BOGOR Nur Aeni Marta
Bahasa Indonesia Vol 17 No 01 (2020): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/sarwahita.171.03

Abstract

Abstract This article describes results of the Community Service Activities carried out by the State University of Jakarta academic community, History Education Department. Regarding Classroom Action Research training for history teachers in Bogor Regency. This activity was held on September 18-19 2019 at SMAN 1 Cibinong, Bogor Regency. The purpose is to improve professional competence of history teachers so that, they are able to carry out simple research to improve the quality of history learning. One of the characteristics a professional teacher is having ability to reflect on learning outcomes continuously so that they are able to find problems and solve them to improve the quality of learning activities in the classroom. Referring to Permendikbud No. 16 of 2007 concerning academic standards and teacher competence, the teacher as a instructor must have competencies that include; pedagogic, professional, social and personal competences. The professional competence of teachers includes abilities; able to make lesson plans, carry out learning activities, assess the progress of learning activities and interpret and take advantage from results of the assessment of learning activities progress. Thus the ability of teachers to conduct Classroom Action Research is part of the demands of teacher professionalism. Meanwhile, history teachers in Bogor Regency generally have not optimal ability to do PTK. For this reason, Classroom Action Research training activities carried out by the History Education Department are a solution to solving problems faced by history teachers in Bogor Regency. This activity is proven have an important and beneficial meaning for teachers, because they are able to formulate problems for PTK to do as an effort to improve the quality of learning. Thus this training has an impact on improving the professional of history teachers. So they are able to carry out classroom action research to solve problems and find solutions to improve the quality of learning so that learning objectives can be achieved. Abstrak Artikel ini mengambarkan hasil Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh civitas akademika Universitas Negeri Jakarta, prodi Pendidikan Sejarah tentang pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi guru guru sejarah di Kabupaten Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 – 19 September 2019 di SMAN 1 Cibinong, Kab. Bogor. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi professional guru sejarah, supaya mereka mampu melakukan penelitian sederhana untuk perbaikan kualitas pembelajaran sejarah. Salah satu ciri guru profesional adalah memiliki kemampuan merefleksi hasil pembelajaran secara kontinyu sehingga mampu menemukan permasalahan dan pemecahannya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran di kelas. Mengacu pada permendikbud No. 16 tahun 2007 tentang standar akademik dan kompetensi guru, maka guru sebagai pengajar harus memiliki kompetensi yang meliputi; kompetensi pedagogic, professional, sosial dan personal. Adapun kompetensi professional guru meliputi kemampuan yang meliputi; mampu membuat perencanaan pembelajaran, melakukan kegiatan pembelajaran, menilai kemajuan kegiatan pembelajaran dan menginterpretasikan serta memanfaatkan hasil penilaian kemajuan kegiatan pembelajaran. Dengan demikian kemampuan guru dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas merupakan bagian dari tuntutan profesionalitas guru. Sementara guru sejarah di Kabupaten Bogor secara umum kemampuan melakukan PTK belum optimal. Untuk itu, kegiatan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan oleh program studi pendidikan sejarah merupakan solusi memecahkan masalah yang dihadapi oleh guru sejarah di kabupaten Bogor. Kegiatan ini terbukti memiliki arti penting dan bermanfaat bagi guru, karena mereka mampu merumuskan masalah untuk dilakukan PTK sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran. Dengan demikian pelatihan ini memiliki dampak bagi peningkatan professional guru sejarah. Sehingga mereka mampu melakukan penelitian tindakan kelas untuk memecahkan masalah dan mencari solusi meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PROMOSI MELALUI PELATIHAN DESAIN PROMOSI BERBASIS TEKNOLOGI QR-CODE Dewi Muliyati; S Siswoyo
Bahasa Indonesia Vol 17 No 01 (2020): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/sarwahita.171.10

Abstract

Information and communication technology (ICT) contributes significantly to the optimization of the promotional design. QR-Code is one of the technologies that can improve promotional media to be more informative and interactive, especially visual media. The various information embedded in the QR-Code can provide varied impressions to the user. On many occasions, QR-Code can even direct to transactions. This advantage is packaged in a simple appearance because it is a one-dimensional to two-dimensional development of barcodes. These characteristics make QR-Code as a designing promotional media technology that every business actor must mastering. This paper describes the training conducted to improve promotional design skills that are integrated with QR-Code technology. The training is carried out in collaboration with Rumah Siap Kerja, through the video conference platform. The training results show an increase in knowledge and skills in integrating QR-Code technology into promotional media. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berkontribusi besar dalam optimasi desain promosi. QR-Code menjadi salah satu pilihan teknologi yang mampu meningkatkan media promosi menjadi lebih informatif dan interaktif, terutama media promosi jenis visual. Berbagai informasi yang ditanamkan dalam QR-Code dapat memberikan impresi yang bervariatif kepada pengguna. Dalam banyak kesempatan, QR-Code bahkan dapat mengarahkan terjadinya transaksi. Keunggulan ini dikemas dalam tampilan yang sederhana karena pada dasarnya merupakan pengembangan barcode satu dimensi ke dua dimensi. Karakteristik ini menjadikan QR-Code sebagai teknologi yang wajib dikuasai oleh setiap pelaku usaha dalam mendesain media promosi. Makalah ini memaparkan pelatihan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan desain promosi yang terintegrasi dengan teknologi QR-Code. Pelatihan dilaksanakan atas kerjasama dengan Rumah Siap Kerja secara daring melalui platform video conferences. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam mengintegrasikan teknologi QR-Code ke dalam media promosi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 20 No 02 (2023): Sarwahita : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 20 No 01 (2023): Sarwahita : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 19 (2022): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 19 Edisi Khusus Tahun 2022 Vol 19 No 03 (2022): Sarwahita : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 19 No 02 (2022): Sarwahita : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 19 No 01 (2022): Sarwahita : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Edisi Khusus) Vol 18 No 02 (2021): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 18 No 01 (2021): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 17 No 02 (2020): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 17 No 01 (2020): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 16 No 02 (2019): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 16 No 01 (2019): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 15 No 02 (2018): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 15 No 01 (2018): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 14 No 02 (2017): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 14 No 01 (2017): Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 13 No 2 (2016): SARWAHITA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 13 No 1 (2016): SARWAHITA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 12 No 2 (2015): SARWAHITA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 12 No 1 (2015): SARWAHITA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 11 No 2 (2014): SARWAHITA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 11 No 1 (2014): SARWAHITA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat More Issue