cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
ISSN : 23555467     EISSN : 23555475     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan" : 9 Documents clear
EFEKTIFITAS METODE FISIKA GASING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI ATENSI SISWA (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP Gita Kirtti 2 Jakarta) Darmawan Harefa
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 1 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3000.431 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v5i1.2321

Abstract

Titik fokus penelitian ialah metode fisika Gasing dan atensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode fisika Gasing dan atensi ditinjau dari hasil belajar  siswa di kelas VII SMP Gita Kirtti 2 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan ialah metode eksperimen dengan analisis varians (Anava) dua arah. Sampel yang digunakan ialah siswa kelas 8 sebanyak 40 orang yang tersebar di kelas 8-B dan 8-D. Data penelitian yang digunakan untuk menguji hipotesis berasal dari hasil angket atensi dan tes hasil belajar IPA pada pokok materi Besaran dan Pengukuran. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh metode fisika gasing terhadap belajar IPA, 2) tidak terdapat pengaruh atensi terhadap hasil belajar IPA dan 3) tidak terdapat pengaruh interaksi metode dan atensi terhadap hasil belajar IPA.
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARN PBL DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR PKN Acep Hidayat
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 1 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.777 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v5i1.1385

Abstract

UNTUK MENGETAHUI PERBANDINGAN PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARN TERHADAP HASIL BELAJAR PKN
PERSEPSI GURU TERHADAP PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR Prima Gusti Yanti; Nini Ibrahim; Fauzi Rahman
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 1 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.64 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v5i1.2199

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi Guru terhadap Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Indonesia di SMA. Selain itu, tujuan khusus dari penelitian ini untuk mengkaji pengaplikasian sebuah pendekatan pembelajaran yang sudah dirumuskan oleh pemerintah. Adapun SMA yang menjadi sasaran adalah MAN 15 Jakarta, SMA Budhi Warman Jakarta, dan SMKN Giri Taruna Bogor. Metode penelitian menggunakan metode survey. Metode Survey ialah metode yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan dalam pengamatan langsung terhadap suatu gejala dalam populasi besar atau kecil. Proses penelitian survey merupakan suatu fenomena sosial dalam bidang pendidikan yang menarik perhatian peneliti. Pengetahuan  berdasarkan paradigma ini disusun berdasarkan logika deduktif dengan merangkai atau menempatkan teori-teori atau pengetahuan sebelumnya sebagai landasan penyusunan hipotesis dan melakukan pengujian terhadapnya berdasarkan prinsip dan teknik kuantitatif. Hasil yang diperoleh menggambarkan bahwa metode pembelajaran saintifik yang diamati pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah sasaran penelitian telah  terpenuhi. Akan tetapi, pada salah satu sample pengamatan didapati bahwa kegiatan saintifik masih belum berurutan, seperti misalnya proses mengeksplorasi yang dilakukan setelah proses mengasosiasikan. Secara umum, guru-guru yang diamati telah melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode saintifik.
SIKAP CARA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR Maman Maman
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 1 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (44.894 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v5i1.2353

Abstract

Abstract; This study aims to determine the Influence of Attitudes and Learning Method pesrta students (students) On Achievement Learning. The method used is a survey with correlation and regression analysis techniques to determine the effect between each variable, The sample used as the object of research are the students who collected and then analyzed descriptive statistics and test data analysis requirements before hypothesis testing. While the secondary data obtained from the school documentation that is the value of Deuteronomy Semester (UTS). From the results of data analysis and hypothesis testing obtained the conclusion that: (1) There is a significant influence of attitudes and ways of learning together towards the achievement of learning History of high school students in District Cibinong Bogor Regency. This is evidenced by the sig value. 0,000 <0.05 and F arithmetic = 18.205. (2) There is a significant influence Attitude on learning achievement History of Negari Senior High School students in Cibinong District, Bogor Regency. This is evidenced by the sig value. 0,023 <0,05 and t count = 2,340. (3) There is a significant influence of the way of learning on learning achievement History of SMA Negeri students in District Cibinong Bogor Regency. This is evidenced by the sig value. 0,011 <0,05 and t count = 2,632. Keywords: Attitude, Learning Method, Learning Achievement 
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DENGAN METODE READING GUIDE Neta Dian Lestari
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 1 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.821 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v5i1.2146

Abstract

Abstrak, Guided Note Taking merupakan metode pembelajaran yang membantu peserta didik dalam catatan terbimbing yang menggunakan suatu bagan, skema (handout) sebagai media yang dapat membantu peserta didik dalam membuat catatan ketika seorang pendidik sedang menyampaikan pelajaran dengan ceramah dan mengajarkan mahasiswa dalam kemampuan menjawab soal secara lisan. Sedangkan Reading Guide adalah Metode pembelajaran yang digunakan untuk memandu peserta didik dalam membaca dan memahami soal yang diberikan secara tertulis. Kedua metode tersebut peneliti gunakan dengan tujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar mahasiswa,  metode mana hasil belajar mahasiswa yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata hasil belajar mahasiswa, dengan guided note taking di semeter 1A sebesar 7,74 dan dengan reading guide di semester 1B rata-ratanya sebesar 8,46. Hal ini menjukkan perbedaan hasil belajar mahasiswa dengan metode guided note taking dan reading guide hanya sebesar 0,72, menunjukkan kedua metode tersebut sebenarnya baik digunakan pada mata kuliah lain, hanya tinggal menyesuaikan dengan materi yang tepat. Pembuktian hipotesis memperlihatkan bahwa t hitung = 3,6  > t tabel = 2,000 maka terima Ha, yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan guided note taking dengan reading guide pada mata kuliah Pengantar Akuntansi.      Kata kunci: Guided Note Taking, Reading Guide, Hasil Belajar.
Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Index Card Match Dengan The Learning Cell Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dan Bisnis Dedeh Dedeh
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 1 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1207.017 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v5i1.2217

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yaitu hasil belajar peserta didik yang belum optimal atau adanya peserta didik yang masih memperoleh hasil belajar yang rendah yaitu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Penelitian ini dilakukan untuk Membandingkan perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metodeindex card matchdenganthelearning cellpadaposttestpada mata pelajaran ekonomidanbisnis.Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan dengan objek penelitian yang terdiri dari dua kelas eksperimen yaitu kelas X Akuntansi 3 sebagai kelas eksperimen I peneliti menerapkan metodeindex card matchdan kelas XAkuntansi2 sebagai kelas eksperimen 2 peneliti menerapkan metodethe learning cell. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah N-Gain dan Uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwaTerdapat perbedaan antar hasil belajar peserta didik yang menggunakan metodeIndex Card Matchdengan hasil belajar peserta didik yang menggunakanmetodeTheLearning Cell. Hal tersebut juga dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t yang menyatakan bahwa thitungyang diperoleh dari hasil pengukuran akhir yakni sebesar 2,16 dan harga ttabelyang diperoleh dari hasil pengukuran akhir 1,992 dengan taraf signifikansi 0,05 dan dk 73.. Hasil analisis menunjukkan thitung>ttabel, maka dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima, dan artinya bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Index Card Match dengan metode The Learning Cell, dimana penggunaan metode Index Card Matchmemperolehkategorilebih tinggi dibanding dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode The Learning Cell.Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Matchlebih baik dan efektif bila dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode The Learning Cell. Kata Kunci:Hasil Belajar, MetodeIndex Card Match, Metode The LearningCell.
MERUBAH PERILAKU MASYRAKAT RUSUN MARUNDA MELALUI PENDIDIKAN KETERAMPILAN Connie Chairunnisa
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 1 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.277 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v5i1.2294

Abstract

Abstract:Emprower people in the middle complexity problem in Indonesia, needs of enormous energy very great, and needs collaboration traffic sector, like  education sector, health sector, and sectors of the real, also include defence sucurity, and overseas. One of the weakness empowerment program in order poverty alleviation weak ability to entreprise  in sociaty. Activities empowerment in Rusun Marunda north jakarta be conducted through eztention in three sphere ( cognitive, afective, and psikomotoric), in addition to be granted science, motivation, and intrepreneure also skill of making soap ekonomis, having excellence compared den  other product . Empowerment through extension not the only just give information to society, but through the mother participants extensiont the domiciles in  Rumah susun Marunda as much as 30 people, expected to may behaviour change towords that is expected to have skills can help family life. Keyword:  Behavior, Rusun Marunda community, Skill.
HUBUNGAN PEMAHAMAN PROFESI KEPENDIDIKAN DENGAN MINAT MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG TAHUN AKADEMIK 2017/2018 Erma Yulaini
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 1 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (869.977 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v5i1.2149

Abstract

Abstract, An educator must be able to print learners who actively develop their potential to have spiritual spiritual strength, self-control, personality, intelligence, noble character, as well as the skills that he needs, society, nation and state. The course of the Profession of Education, students are educated in a teacher training institute has one of the compulsory courses that will be pursued such as the educational profession in order to have an understanding of the educational profession and the interest of being a teacher. The problem in this research is whether there is an understanding of the educational profession with the interest to become a teacher of accounting education students of Universitas PGRI Palembang Academic Year 2017/2018. This research has independent variable that is student understanding about educational profession and dependent variable that is interest to be teacher. The sample used is 46 students with research method is quantitative descriptive method with product moment correlation approach. Sources of data in this study in the form of a questionnaire distributed to students of Accounting Education Studies Program FKIP University PGRI Palembang force 2015. Keywords: Student Understanding, Profession of Education, Interest Being a Teacher 
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG TAHUN AKADEMIK 2016/2017 Boby Agus Yusmiono
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 1 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.571 KB) | DOI: 10.30998/fjik.v5i1.2148

Abstract

 Abstract, As a teacher we need an appropriate learning medium. The use of instructional media will help lecturers to create a conducive learning environment so that the student activeness increases in the end of student learning outcomes will achieve the expected learning outcomes. This research method using experimental method, used to find effect of treatment (treatment) certain to other in controlled condition. Based on the result of the research to the students, it can be seen that the students who were given treatment (treatment) by using visual learning media get the average value (post-test) of 82,50 whereas before the students who tdiberikan treatment (treatment) using visual learning media only get value average (pre-test) equal to 74,70, there is difference of mean value equal to 7,90. So it can be concluded that the learning process on semester students 5.B in the subject of Political Geography of ethnographic materials, using visual learning media gives positive contribution to student learning outcomes. Keywords: Visual Learning Media, Learning Outcomes

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 2 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 3 (2022): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 2 (2022): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2022): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 3 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 2 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 1 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 3 (2020): Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 1 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 2 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 1 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 3 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 2 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 1 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 3 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 1 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3, No 3 (2016): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3, No 2 (2016): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3, No 1 (2016): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2, No 3 (2015): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2, No 2 (2015): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2, No 1 (2015): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1, No 3 (2014): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1, No 2 (2014): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1, No 1 (2014): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan More Issue