cover
Contact Name
Ahmad Faiz Muntazori
Contact Email
faiz.muntazori@gmail.com
Phone
+6287878094858
Journal Mail Official
desain.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Gedung 3 lantai 2, Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Desain
ISSN : 23390107     EISSN : 23390115     DOI : https://doi.org/10.30998/jd
Core Subject : Art,
Jurnal Desain focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments include research reports, conceptual ideas, studies, theories, using the qualitative approach in Design and Visual Communications, Interior Design, Fashion Design, Product Design, Fine Art, Photography, Animation and other related fields of Visual Art. The scope of this journal encompasses to a study of typography, branding, photography, media studies, design studies, advertising, animation, illustration, visual culture, nirmana, film, videography, etc.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 01 (2014): Jurnal Desain" : 6 Documents clear
PENCIPTAAN SENI ALTERNATIF F.C. Ndaru Ranuhandoko
Jurnal Desain Vol 2, No 01 (2014): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1405.949 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v2i01.568

Abstract

Karya ini sebagai ungkapan realitas yang ekpresif dari persepsi dalam peneliti terhadap dinamika masyarakat khususnya yang ada di Kota Jakarta. Hasil karya yang diciptakan merupakan aspirasi dari masyarakat Kota seperti kelompok masyarakat marjinal, korupsi, human trafficking, persoalan pendidikan, buruh dan sajian makanan sebagai rangsang cipta dalam membuat karya. Karya boneka ini sebagai representasi kritis terhadap situasi dan kondisi masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menampilkan situasi dan kondisi kehidupan masyarakat sebagai inspirasi dalam berkesenian (berkarya). Informasi ini diwujudkan kedalam boneka dengan ukuran yang kecil dan besar. Penyajian karya yang ditampilkan nantinya menggunakan (Mix Media), karya ini berukuran tinggi 15 cm dan lebar 12 cm berbentuk patung kertas dengan didukung material lain seperti kain, kawat, plastik, kertas, kabel-kabel dan lain-lain sebagai karakter terhadap situasi ekspresi kehidupan masyarakat. Peneliti telah menciptakan lebih dari 10 karya boneka sebagai seni alternatif untuk merepresentasikan kehidupan masyarakat.
DESAIN “TAKE ME OUT INDONESIA” DAN ENTITAS BUDAYA MASYARAKAT URBAN Winny Gunarti Widya Wardani
Jurnal Desain Vol 2, No 01 (2014): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.965 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v2i01.569

Abstract

Desain tayangan televisi dapat dikaji sebagai suatu wacana visual. Take Me Out Indonesia yang disiarkan televisi swasta Indosiar sejak tahun 2009 hingga memasuki musim keempatnya di tahun 2014 adalah salah satu contoh produk tontonan yang memiliki aspek-aspek di dalam analisis wacana. Makalah ini mencoba mengkaji, bagaimana desain tayangan Take Me Out Indonesia membentuk sebuah entitas budaya masyarakat urban yang kerap disebut sebagai masyarakat modern. Kajian ini diharapkan dapat menunjukkan relasi visual di dalam desain tayangan dengan entitas yang membawa pesan. Analisis wacana visual secara deskriptif kualitatif mendeskripsikan pengetahuan dan relasi visual di dalam desain dengan menggunakan pendekatan budaya visual dan psikologi humanistik. Keseluruhannya itu membentuk entitas budaya masyarakat urban, yaitu masyarakat yang teratomisasi dan membutuhkan bantuan media massa untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sosialnya sebagai manusia.
KAJIAN BRANDING PRABOWO DAN JOKOWI DALAM PEMILU PRESIDEN 2014 Muhammad Iqbal Qeis
Jurnal Desain Vol 2, No 01 (2014): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.638 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v2i01.570

Abstract

Artikel ini membahas tentang branding yang dilakukan oleh Prabowo dan Jokowi dalam pemilu presiden 2014. Penelitian dilakukan dengan mengkaji logo, tagline, dan website kedua calon presiden menggunakan metodologi visual dan analisis brand. Hasil penelitian menemukan adanya perbedaan antara branding yang dilakukan oleh Prabowo dan Jokowi. Perbedaan terlihat dari jenis tipografi, tata letak, dan gaya visual yang digunakan dalam logo dan website, serta pesan yang dimunculkan dalam tagline. Perbedaan ini memperlihatkan identitas visual yang berbeda di antara kedua calon presiden, Prabowo dengan branding yang memunculkan citra konservatif-elitis dan Jokowi dengan branding yang memunculkan citra modernis-merakyat.
KAJIAN VISUAL DHAPUR, RICIKAN TOMBAK CIREBON Agung Zainal Muttakin Raden
Jurnal Desain Vol 2, No 01 (2014): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.951 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v2i01.566

Abstract

Cirebon merupakan sebuah wilayah yang menarik, banyak kalangan yang mencoba mengungkap makna hal-hal yang berhubungan dengan Cirebon. Tombak Cirebon merupakan salah satu hal yang sangat menarik untuk dijadikan sebuah kajian visual. Cirebon memiliki tombak dengan dhapur kujang, sehingga ricikan dari tombak ini mengacu kepada ricikan kujang, walaupun banyak ditemukan tombak dengan dhapur dan ricikan yang sama dengan daerah lain. Dalam estetika nusantara, tombak Cirebon selain sebagai “tontonan” harus pula sebagai “tuntunan” yang artinya bukan saja indah secara visual namun sarat akan nilai-nilai kehidupan yang direflesikan dalam dhapur, pamor dari tombak tersebut. Bentuk-bentuk tombak yang mengambil stilasi dari alam melambangkan kedekatan dengan alam, bentuk yang runcing diatas memberikan nilai ketajaman dalam akal dan pikiran, selain itu untuk menggambarkan kedekatan dengan Allah sebagai Sang Pencipta. 
APLIKASI MOTIF MEGA MENDUNG DARI KAIN BATIK KE MURAL Yayah Rukiah
Jurnal Desain Vol 2, No 01 (2014): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.491 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v2i01.571

Abstract

Motif hias awan dalam sebuah ornamen adakalanya dikembangkan dari motif meader. Motif hias demikian sangat dikenal di Cina dan masuk ke Nusantara. Kelokan motif meader yang bersudut siku atau tajam setelah menjadi motif awan, sudut yang tajam diubah menjadi belokan garis lengkung berlipat. Motif mega mendung termasuk dalam ornamen organis karena menggambarkan alam. Mega mendung adalah motif awan yang dihasilkan oleh pengaruh dari cina. Bentuknya yang khas beraut jajar genjang atau belah ketupat dengan kontur bergelombang dan liukan-liukan bersudut, banyak diterapkan pada batik, sehingga menjadi ciri khas batik Cirebon. Dan saat ini banyak motif pada kain batik di aplikasikan ke desain komunikasi visual seperti mural.
INDEKS KEMAMPUAN DASAR MENGGAMBAR MAHASISWA BARU 2014 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI Azhari Amri
Jurnal Desain Vol 2, No 01 (2014): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (819.424 KB) | DOI: 10.30998/jurnaldesain.v2i01.567

Abstract

Mahasiswa yang masuk kedalam Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Indraprasta pada tahun 2014 telah meningkat, ini menunjukkan suatu tanda bahwa tingkat kepercayaan masyarakat begitu besar akan menghasilkan desainer grafis yang mampu berkompetisi secara professional. Justru dengan meningkatnya ini, penulis merasa perlu untuk meninjau kompetensi mahasiswa baru tersebut kedalam suatu tantangan dasar menggambar yang akan menghasilkan suatu kategori indeks kemampuan dasar menggambar. Penelitian ini ini menggunakan mix metodologi dengan penyajian data kuantitatif dengan deskripsi penelitian kualitatif. Jumlah mahasiswa sebanyak 416 dengan jumlah karya 1248. Indeks kemampuan dasar menggambar peneliti membaginya menjadi tiga (3) kategori yaitu: (1) mampu menggambar, (2) berupaya bisa menggambar, dan (3) menggambar dengan hasil unik.

Page 1 of 1 | Total Record : 6