cover
Contact Name
Mohammad Rizki Fadhil Pratama
Contact Email
mohammadrizkifadhilpratama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mohammadrizkifadhilpratama@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
ISSN : 25021923     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The publication of Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi indeed participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains seven articles consisting of Education topics.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2021): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi" : 9 Documents clear
Rancang Bangun Game Edukasi 3 Dimensi Perawatan Orang Utan Berbasis Game Maker: Studio Johan Wahyudi
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 6 No 1 (2021): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/bitnet.v6i1.1788

Abstract

Pemanfaatan komputer di zaman modern ini semakin canggih, selain digunakan sebagai alat pengolah informasi belakangan komputer juga digunakan sebagai media hiburan yaitu game. Dengan kemampuan dan kecanggihan komputer sekarang ini bermacam-macam komputer telah menyediakan tampilan grafis yang canggih. Objek penelitian ini adalah membuat game Save Orang Utan dengan menggunakan Game Maker: Studio Engine. Pembuatan game ini dimulai dari pengumpulan data tentang cara-cara pembuatan game dengan Game Maker: Studio, cara mendesain karakter 3 dimensi dalam game dengan menggunakan Blender 3D data tentang game-game yang dapat dibuat dengan Game Maker: Studio. Game dijalankan hanya dengan satu pemain, dalam artian hanya satu user saja. Penelitian ini telah menghasilkan game Save Orang Utan. Game ini dibuat sebagai sarana edukasi yang menghiburdan untuk lebih dikembangkan menjadi lebih baik lagi.
Meningkatkan Prestasi Sekolah Melalui Sistem Manajerial Menuju 8 SNP Di SDN 8 Buntok Adner Sirait
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 6 No 1 (2021): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/bitnet.v6i1.2561

Abstract

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah pasal 1 ayat 1 yang berbunyi Kepala Sekolah adalah guru yang diberi tugas untuk memimpin dan mengelola satuan pendidikan. SDN 8 Buntok dihadapkan pada persoalan yang kompleks, mengingat kondisi sekolah dan karakteristik yang beragam antara lain: pada tahun 2015 jumlah guru yang berumur 55 tahun ke atas ada 9 orang dan tidak mempunyai pengetahuan tentang IPTEK, keadaan siswa berasal dari ekonomi menengah ke bawah, pendidikan orang tua masih kurang, keterbatasan sarana dan prasarana sekolah dan tidak memahami 8 SNP. Sebagai seorang manajer, kepala sekolah harus mempunyai empat kompetensi dan ketrampilan utama dalam menajerial sekolah, yaitu keterampilan membuat perencanaan, keterampilan mengorganisasi sumber daya, keterampilan melaksanakan kegiatan, dan keterampilan melakukan pengendalian dan evaluasi. Langkah – langkah ini dilakukan dalam peningkatan prestasi sekolah melalui sistem manajerial. Dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan, maka diperoleh hasil yang menggembirakan, yaitu terdapat kemajuan prestasi sekolah secara signifikan. Demikian juga prestasi siswa dapat meraih kejuaraan baik di bidang akademik dan non akademik yang membawa nama harum bagi SDN 8 Buntok sampai ke tingkat nasional.
Peramalan Dan Perengkingan Penjualan Produk Furniture Menggunakan Metode Single Exponential Smoothing Dan Saw Juniko Dwiki Saputro; Setyawan Wibisono
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 6 No 1 (2021): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/bitnet.v6i1.2564

Abstract

Dalam era berbelanja yang lebih modern dan mudah dalam mudah dalam proses pembelian suatu produk furniture mengakibatkan peningkatan dalam penjualan sebuah produksi furniture. Produk Gudho furniture merupakan satu dari banyak perusahaan yang menjual kebutuhan furniture yang ada di wilayah Semarang, Jawa Tengah. Dalam penjualan sebuah produk yang tidak menentu setiap bulannya, mengakibatkan perusahan Gudho sulit menentukan target penjualan produk setiap bulanya dan juga sulit menentukan top product di bulan tersebut. Dengan adanya masalah penjualan tersebut, perusahaan Gudho sangat membutuhkan solusi penjualan yang dapat meramalkan penjualan produk setiap bulanya, serta menentukan jenis produk furniture apa yang bisa menjadi sebuah top product sehingga penjualan prouk yang paling sedikit, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan dalam kualitas produk penjualan pada furniture dan menguntungkan perusahaan produk tersebut. Forecasting kita dapat gunakan dalam hal menggunakan sebuah metode Single Exponential Smoothing. Selain di ramalkan data penjualan produk furniture, kita juga melakukan proses perangkingan penjualam produk furniture yang terbaik, dihitung dengan menggunakan sebuah metode simple additive weighting (SAW). Dengan menggabungkan metode forecasting dan metode perangkingan produk tersebut, mampu mengatasi salah satu masalah penjualan yang dihadapi perusahan Guhdo furnitur Semarang. Didalam kedua metode yang digunakan ini dibuat dengan mengunakan tampilan berbasis website yang dibangun dengan sebuah bahasa permrogaman PHP dan framework Codeigniter sebagai sebuah server program. Maka hasil dari sebuah sistem ini yaitu menghasilkan sebuah Sistem Pendukung dalam keputusan penjualan dan peramalan penjualam dengan tujuan mendapatkan sebuah hasil top product dan peramalan penjualan untuk produk bulan berikutnya.
Efektivitas Aplikasi Zoom Dalam Proses Pembelajaran Matematika Muhammad Andi Setiawan; Izha Suci Maghfirah
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 6 No 1 (2021): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/bitnet.v6i1.2565

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Aplikasi Zoom Dalam Proses Pembelajaran Matematika pada kelas X TKRO di SMK Negeri 1 Palangka Raya. Dengan fokus penelitian “Bagaimanakah efektivitas aplikasi zoom Dalam Proses Pembelajaran Matematika pada kelas X TKRO di SMK Negeri 1 Palangka Raya”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara dan dokumentasi kepada peserta didik kelas X TKRO, Guru mata pelajaran Matematika dan wali kelas X TKRO di SMK Negeri 1 Palangka Raya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa penggunaan aplikasi zoom dapat dikatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran daring. Dengan adanya aplikasi tersebut dapat mempermudah proses belajar mengajar saat ini dan guru dapat berinteraksi sekaligus bertatap muka dalam menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik.
Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pembimbingan Dengan Metode Senyum, Sapa Dan Canda Ria (Sepacar) Di Sdn 1 Bumi Harjo Muhammad Taufek
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 6 No 1 (2021): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/bitnet.v6i1.2609

Abstract

Guru artinya suatu pekerjaan profesional, yang memerlukan suatu keahlian spesifik. Sebab keahliannya bersifat spesifik, pengajar memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam aktivitas pembelajaran, yang akan menentukan mutu pendidikan pada suatu satuan pendidikan. Senyuman yang tulus dari seseorang meberikan refleksi kejiwaan positif kepada orang lain. Sejalan dengan misi Islam menebarkan keceriaan di muka bumi ini. Guru wajib bisa berkomunikasi dengan baik. Baik komunikasi secara ekspresi atau tulisan, serta isyarat dengan menggunakan teknologi komunikasi dan isu. pengajar harus mampu berteman secara efektif baik dengan peserta didik juga dengan sesama pendidik, wali atau orang tua siswa serta bergaul secara santun dengan warga sekitarnya. Data penelitian tindakan sekolah yang diperoleh dari yang akan terjadi observasi kompetensi guru di pra siklus, hasilnya merupakan kompetensi guru rendah. Hal ini pada tunjukkan menggunakan adanya perolehan skor homogen-homogen hasil penilaian daur I yaitu 57,5, oleh karenanya perlu peningkatan ke skor yang lebih tinggi lagi agar mencapai skor aporisma. Hasil observasi kompetensi pengajar pada siklus I, hasilnya adalah kompetensi pengajar sedang. Hal ini pada tunjukkan menggunakan adanya perolehan skor homogen-homogen hasil penilaian daur I yaitu 93,9 , akan tetapi perlu peningkatan ke skor yang lebih tinggi lagi agar mencapai skor maksimal.
Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Tema 2 Sub Tema 3 Menggunakan Metode Praktek Terhadap Siswa Kelas V Sugeng Sugeng
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 6 No 1 (2021): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/bitnet.v6i1.2610

Abstract

Peranan pengajar menjadi menyempit lebih ke fasilitator dan pendamping peserta didik belajar. Hasil tes sebelumnya yakni tes tengah semester di kelas IV SDN 1 Sungai Kapitan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum maksimal, karena masih ada beberapa siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Dari 15 siswa ada sekitar 15 siswa yang hasil belajarnya masih rendah. Berikut adalah hasil UTS (Ujian tengah semester) ganjil di kelas IV SDN 1 Sungai Kapitan. Jumlah Siswa Tuntas 5 (30%) dan Jumlah siswa tidak tuntas 10 (70%). Strategi pembelajaran yang akan di pakai dalam permasalahan yang ada maka diambil cara untuk melakukan perbaikan yang sesuai melalui metode yang kreatif dan menyenangkan. Metode sangat berguna bagi guru serta peserta didik, bagi pengajar metode dapat dijadikan panduan dan acuan bertindak yang sistematis dalam pelaksanaan pembelajaran, serta bagi peserta didik dapat mempermudah proses belajar serta siswa lebih mudah buat menyerap materi yang pada ajarkan oleh seseorang pengajar serta tetap tertanam pada siswa maka metode praktiklah yg sesuai sebab setelah peserta didik mendapatkan materi lalu peserta didik pribadi mempraktikkanya Penelitian tindakan menekankan kepada aktivitas (tindakan) menggunakan mengujicobakan suatu ide ke dalam praktek atau situasi konkret dalam skala mikro, yg diperlukan kegiatan tadi mampu memperbaiki dan menaikkan kualitas proses belajar mengajar.
Gagasan Konseptual Supervisor Pendidikan Tentang Pembelajaran Inovatif Model Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Guna Meningkatkan Mutu Guru Mengajar Syahrudin Syahrudin
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 6 No 1 (2021): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/bitnet.v6i1.2611

Abstract

Guru menjadi kunci hadirnya kualitas yg baik di bidang pendidikan. Pada tangan para pengajar yang mumpuni, siswa-siswi mampu berbagi diri secara optimal. Untuk itu, selain redistribusi guru-pengajar unggul untuk pemerataan mutu sekolah di semua wilayah, yg tidak kalah krusial artinya mempertinggi mutu seluruh pengajar yang ada. Alat satu cara buat mempertinggi mutu guru mengajar di sekolah adalah dengan mengadakan supervisi pendidikan tentang pembelajaran inovatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Dengan adanya yang akan terjadi observasi serta penilaian pada aktivitas siklusi maka peneliti melakukan refleksi. Asal refleksi terhadap seluruh aktivitas pada daur i, maka ditemukan beberapa kendala yg mengakibatkan belum optimalnya kemampuan guru memanfaatkan lingkungan sekolah menjadi sumber belajar. Adapun kendala-hambatan tersebut, antara lain pengajar belum sepenuhnya memahami manfaat lingkungan sekolah menjadi sumber belajar, serta guru pada menentukan sumber belajar serta menentukan seni manajemen pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah belum sinkron dengan yang dibutuhkan.
Restorasi Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Multi Media Interaktif Pada Mata Kuliah Praktikum Komputer Akuntansi Slamet Fauzan; Muhammad Jailani; Yongki Teguh
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 6 No 1 (2021): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/bitnet.v6i1.2612

Abstract

Salah satu faktor terpenting dalam pembelajaran praktikum komputer akuntansi adalah bahan ajar atau media yang digunakan. Penggunaan teknologi yang dikombinasikan dengan pola interaksi sosial antara dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran dikemas dengan menarik dalam suatu video. Model pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah praktikum komputer akuntansi adalah blended learning. Penyiapan modul dan video serta rekaman saat penjelasan asinkron bersama mahasiswa digunakan sebagai suatu best practice dalam pembelajaran. Tujuannya adalah mahasiswa dapat memahami materi dan praktik secara mumpuni dan membantu mahasiswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran agar dapat mengikuti pembelajaran seperti mahasiswa lainnya agar dapat mengikuti pembelajaran seperti mahasiswa lainnya melalui rekaman video pembelajarannya.
Peningkatan Kinerja Guru Dalam KBM Mode Daring Melalui Pelaksanaan Supervisi Akademik Dengan Pendekatan Kolaboratif Maryadi Maryadi
Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol 6 No 1 (2021): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Publisher : Institute for Research and Community Services Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33084/bitnet.v6i1.2614

Abstract

ABSTRAK Guru juga mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pengakuan kedudukan guru sebagai tenaga profesional tersebut dibuktikan dengan sertifikat pendidik. Menurut Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang guru mendefinisikan bahwa profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu. Penerapan pembelajaran daring ini menuntut kesiapan bagi kedua belah pihak, baik itu dari penyedia layanan pendidikan atau dari peserta didik sendiri. Bagaimanapun juga, pembelajaran secara daring dan jarak jauh membutuhkan bantuan teknologi yang mumpuni dan dapat diakses dengan mudah. Sebagai gantinya, pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh atau remote learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Penelitian ini mengambil bentuk penelitian tindakan sekolah (PTS) yaitu peningkatan kinerja guru melalui kunjungan kelas dalam rangka mengimplementasikan standar proses.

Page 1 of 1 | Total Record : 9