cover
Contact Name
Amrullah Mahmud
Contact Email
ozzy.fachrozzy15@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ozzy.fachrozzy15@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. pangkajene kepulauan,
Sulawesi selatan
INDONESIA
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar
ISSN : 26205246     EISSN : 26206307     DOI : -
Core Subject :
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar dikelola dengan proses peer review dan open acces. memiliki p-ISSN: 2620-5246 dan e-ISSN: 2620-6307. Terbit dua kali dalam setahun, bulan April dan September. Dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa Pangkep. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar menerbitkan artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian bidang pendidikn dasar, model-model pembelajaran, strategi pembelajar.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2018): SEPTEMBER" : 10 Documents clear
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SAINS MELALUI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN RETRIEVAL REMEDIAL MURID SD DI KOTA MAKASSAR Tayibu, Khaerun Nisa’a
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2018): SEPTEMBER
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.99 KB)

Abstract

Motivasi belajar siswa sangat menentukan ketuntasan belajar Sains siswa yang mengikuti program pembelajaran Retrieval Remedial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Ketuntasan Belajar Sains Melalui Pelaksanaan Pembelajaran Retrieval Remedial Murid di SD Negeri Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti program pembelajaran Retrieval Remedial di 7 SD Negeri Kota Makassar yaitu sebanyak 87 siswa. Sampel penelitian sebanyak 14 siswa yang diambil dengan menggunakan multistage random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket motivasi belajar dan angket program pembelajaran retrieval remedial. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yakni analisis jalur (path anlysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) motivasi belajar siswa SD Negeri di kota Makassar berada pada kategori Baik. (ii) Program Pembelajaran Retrieval Remedial siswa SD Negeri di Kota Makassar berada pada kategori Cukup. (iii) Ketuntasan Belajar Sains siswa SD di Kota Makassar berada pada kategori Cukup. (iv) Motivasi berpengaruh signifikan terhadap ketuntasan belajar Sains. (v) Program Pembelajaran Retrieval Remedial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ketuntasan belajar Sains. (vi) Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap ketuntasan belajar Sains melalui program pembelajaran Retrieval Remedial.
PENGARUH PENERAPAN METODE KOMIDI PUTAR DISKUSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS DI SDN MANNURUKI Alannasir, wahyullah; Selvi, Nurhayati
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2018): SEPTEMBER
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (747.456 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan metode komidi putar diskusi, gambaran motivasi belajar IPS sebelum dan sesudah diberikan metode komidi putar diskusi dan pengaruh penerapan metode komidi putar diskusi terhadap motivasi belajar IPS di SDN Mannuruki. Jenis penelitianquasi eksperiment designdengan desain penelitian Pretes Posttes Equivalent Groups Design.Fokus penelitianfator guru, siswa dan hasil belajar. Populasinya adalah seluruh kelas SDN Mannuruki 2017-2018 sebanyak 66 orang dengan teknik penarikan sampel purposive samplingsebanyak 40 orang siswa.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis datayaitu deskriptif dan infrensial.Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode komidi putar diskusi secara keseluruhan terlaksana dengan baik mulai daripengelompokan siswa, membentuk 2 lingkaran konsentris, percakapan dua kelompok, hingga membuat kesimpulan. Motivasi belajar IPS siswa di SDN Mannuruki Kota Makassar sebelum penerapan metode komidi putar diskusi berada pada kategori kurang, setelah penerapan metode komidi putar diskusi berada pada kategori tinggi.Penerapan metode komidi putar diskusi berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS siswadi SDN Mannuruki Kota Makassar. 
PENGARUH PENERAPAN METODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MURID SD KARTIKA XX-I Rusydi, Nur Alfyfadhilah
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2018): SEPTEMBER
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.667 KB)

Abstract

Metode Edutainment dalam pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran penerapan metode edutainment dalam pembelajaran pada murid SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar, mengetahui gambaran hasil belajar IPS murid SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar, menganalisis pengaruh penerapan metode edutainment dalam pembelajaran terhadap hasil belajar IPS murid SD Kartika XX-I. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu true experiment design dengan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 40 orang yang diperoleh melaui teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dengan jenis teknik yaitu Two-Stage Random Sampling. Teknik analisis data hasil pada penelitian ini menggunakan 2 jenis statistik yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) penerapan metode edutainment dalam pembelajaran oleh guru menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dari pertemuan I sampai dengan pertemuan IV secara umum berada pada kategori baik, (ii) rata-rata hasil tes belajar IPS pada kedua kelompok sebelum perlakuan berada pada kategori kurang dan rata-rata hasil tes belajar IPS setelah perlakuan yaitu kelompok eksperimen berada pada kategori baik (77,50) dan kelompok kontrol berada pada kategori kurang (45,78), (iii) terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara sebelum dan sesudah menerapkan metode edutainment dalam pembelajaran.
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TSTS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD Selvi, Nurhayati; Alannasir, Wahyullah
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2018): SEPTEMBER
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.12 KB)

Abstract

This study aims to determine the increase in science learning outcomes through the TSTS type cooperative model for elementary students. Descriptive qualitative approach with type of classroom action research. Research focus of teacher, student and learning outcomes fator. The research subjects were 24 students of SDN No. 162 Poleonro 2016/2017 school year. Data collection techniques for observation, tests and documentation. Quantitative and qualitative analysis techniques with a success indicator of 70% of students scored above 78. The results showed the application of the TSTS type cooperative model in science learning in class V SD was carried out according to the plan in each cycle. Teachers and students are able to make improvements from the results of reflection on the actions of the first cycle of action in the next cycle. So that the application of the cooperative model Type TSTS can improve the learning outcomes of grade V elementary school students. Where in each cycle has increased learning outcomes, namely in the first cycle (first) students are still confused with their role in the group and in the second cycle (second) all students act according to their role in the group.
PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID SEKOLAH DASAR DI KOTA MAKASSAR irviana, ira
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2018): SEPTEMBER
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.978 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika murid SD Inpres BTN IKIP 1 Makassar (ii) Untuk mengetahui gambaran penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika di kelas IV SD Inpres BTN IKIP 1 Makassar (iii) Untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika murid di SD Inpres BTN IKIP 1 Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian true experiment (experiment penuh). Penelitian ini dirancang untuk mendapatkan pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar murid. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design didasarkan pada Sugiono (2010), yang melibatkan dua kelompok yaitu satu kelompok sebagai kelompok kontrol dan satu sebagai kelompok eksperimen yang dipilih secara random kemudian diberikan pretest untuk mengetahui keadaan awal. Dalam kelompok eksperimen dilakukan dengan menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual pada murid kelas IV SD BTN IKIP 1 Makassar. Dalam kelas kontrol pembelajaran dilakukan di dalam ruang kelas dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan media pembelajaran berupa literatur tentang materi matematika dan lembar kegiatan murid. Setelah diberikan perlakuan pendekatan kontekstual, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. 
PENGARUH KOMPETENSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOAH TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI SDN 20 WATANG SAWITTO Nasaruddin, Nasaruddin
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2018): SEPTEMBER
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.87 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru dan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalisme guru SDN 20 Watang Sawitto.Penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan populasi penelitian adalah seluruh guru SDN 20 Watang Sawitto Kabupaten Pinrang sebanyak 20 orang, sehingga penelitian ini adalah penelitian populasi. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji normalitas data, productmoment, analisis regresi linier dan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara umum kompetensi kepemimpinan kepala masih SDN 20Watang Sawitto kategori cukup tinggi (55,00%), walaupun masih perlu untuk melakukan peningkatan kompetensi kepemimpinan kepala sekolah khususnya pada prakarsa yang tinggi dan hasrat melayani bahawahn sehingga kompetensi yang dimiliki semakin tinggi nantinya akan mempengaruhi terhadap peningkatan profesionalisme guru SDN 20 Watang Sawitto Kabupaten Pinrang, (2) Guru SDN 20 Watang Sawitto Kabupaten Pinrang memiliki profesionalismeberada pada kategori cukup tinggi (55,00%),walaupun masih ada sebagain kecil masih ada guru yang meiiki profesionalisme yang rendah, dan (3) Ada pengaruh kompetensi kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalisme guru SDN 20 Watang Sawitto Kabupaten Pinrang, artinya semakin tinggi kompetensi kepemimpinan yang dimiliki oleh kepaa sekolah akan berpengaruh positif terhadap peningkatan profesinalisme.
PROSES PEMBELAJARAN OPERASI PENGURANGAN BERBANTUAN MEDIA TABUNG PENGURANGAN PADA KELAS I SDN MOJOLANGU 3 yulianto, ahmad
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2018): SEPTEMBER
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.618 KB)

Abstract

This research is aimed to describe the use of subtraction tube media in teaching subtraction at the first grade students of Elementary School 3 Malang City. The design of this research used qualitative design within descriptive method to describe the teacher and students’ activities in learning process based on lesson study with some steps, they are (1)planning, implementation, and reflexive.  The use of subtractive tube media in teaching subtraction could make the students active in learning process. Besides, the subtraction tube could improve the students score and lead them to find the answer of the question by themselves in order to make the lesson become more interactive and meaningful. 
PROFIL TAKSONOMI PENGETAHUAN SISWA SMP DALAMPEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF Patta, Rahmawati
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2018): SEPTEMBER
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.998 KB)

Abstract

The Study aimed at discovering (1) the profile of  knowledge taxonomy of student in solving story problem of linear equation system of two variables based on cognitive style, (2) the comparison of knowledge taxonomy of student in solving story problem of linear equation system of two variables based on cognitive style.The Study is a qualitative research. The instrument of the study was the researcher himself as the main instrument guided by tasks in solving story problem of linear equation system of two variables and a valid, reliable guided interview. Data were collected by conducting task based interview. The subjects of the study were two grade VIII students of SMPN 5 Marioriwawo in Soppeng district consisted of one student who categorized as field independent named as SFI (subject field independent) and one student who categorized as field dependent named as SFD (subject field dependent). 
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A-Match Pada Murid Kelas V musa, habibi
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2018): SEPTEMBER
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.735 KB)

Abstract

Abstract. This study aims to determine the improvement of student learning outcomes in mathematics learning through cooperative learning model type make-match in fifth grade students of SD Negeri 3 Wettee, Panca Lautang District, Sidenreng Rappang District. The approach used in this study is qualitative with the Classroom Action Research (Classrom Actioan Research) design. This research was carried out using two variables; that is; Cooperative Learning Model Make A-Match Type and learning outcomes. The subjects in this study were teachers and fifth grade students of SD Negeri 3 Wettee as many as 15 students consisting of 11 male students and 4 female students. Data collection techniques used in this study were observation, tests, and documentation. The data obtained through observations will be analyzed qualitatively. While the learning outcomes obtained by students will be analyzed quantitatively then described systematically so that a conclusion can be obtained. The results showed that the use of the type of cooperative learning model make a-match can improve the mathematics learning outcomes of fifth grade students at SD Negeri 3 Wettee. In addition, the use of the make-a-match cooperative learning model can also increase the activity of students in taking mathematics lessons through collaborative activities in groups.
ANALISIS KESIAPAN GURU IPA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI SE- KECAMATAN STABAT Safitri, Layil
DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2018): SEPTEMBER
Publisher : STKIP Andi Matappa Pangkep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (729.3 KB)

Abstract

The study of Science Teacher Readiness Analysis in 2013 Curriculum Implementation in this Public Middle School aims to find out: the readiness of Junior High School science teachers in preparing learning by implementing the 2013 curriculum and the readiness of junior high school science teachers in preparing learning tools by implementing the 2013 curriculum. The subjects in this study were 2 teachers Stabat 1 state junior high school, 4 Stabat state 2 junior high school teachers, and 5 Stabat state 5 junior high school teachers. This type of research is quantitative descriptive analysis research. The results showed that: State Junior High School Teachers in Stabat Subdistrict were declared ready in preparing the 2013 curriculum learning, this can be seen from the average percentage of 79% with the ready category; State Junior High School Teachers in Stabat Subdistrict are in the ready category in preparing the 2013 curriculum learning tools, this can be seen from the following data: Average percentage of readiness of Stabat 1 Public Middle School teachers is 79% with ready category. The average percentage of readiness of Stabat 2 state junior high school teachers is 70% in the ready category.

Page 1 of 1 | Total Record : 10