cover
Contact Name
Ahmad Kholiqul Amin
Contact Email
choliqamin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lppm@ikippgribojonegoro.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bojonegoro,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Edutama
  • Jurnal Pendidikan Edutama
  • Website
Published by IKIP PGRI BOJONEGORO
ISSN : 23392258     EISSN : 2548821X     DOI : -
Core Subject : Education,
Edutama Journal of Education (Jurnal Pendidikan Edutama) is double -blind peer reviewed open access journal that provides publication of articles in all education field. it aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research finding in provide a platform scientists and academicians all over the world to promote, share and discuss various and issues developments in different areas of educational research.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2015): January" : 6 Documents clear
Kajian Feminisme Dalam Cerpen Lelaki Ke-1000 Di Ranjangku Karya Emha Ainun Najib. Joko Setiyono
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 2, No 1 (2015): January
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v2i1.14

Abstract

Kajian Feminisme dalam CerpenLelaki Ke-1000 Di ranjangku.Sejak dulu karya sastra telah menjadi culture regime dan memiliki daya pikat kuat terhadap persoalan gender. Paham tentang wanita sebagai orang yang lemah lembut, permata, bunga, dan sebaliknya pria sebagai orang yang cerdas, aktif dan sejenisnya selalu mewarnai sastra kita.Penelitian ini mengungkap berbagai tekanan pada tokoh wanita dalam karya yang ditulis oleh pengarang pria, mengkaji dari aspek ginokritik, yakni memahami bagaimana proses kreatif kaum feminis, mengungkap psikoanalisa feminis, yaitu mengapa wanita baik tokoh maupun pengarang, lebih suka pada hal-hal yang halus dan emosional, penuh kasih sayang, dan sebagainya. Upaya penelitian ini memunculkan feminism sastra dalam dua arah sasaran yakni 1). Bagaimana pandangan laki-laki terhadap kaum pria 2). Bagaimana sikap wanita dalam membatasi dirinya. Analisis dalam kajaan feminisme ini mengungkap aspek-aspek ketertindasan wanita atas diri pria, dalam kata lain wanita secara politis terkena dampak patriarkhi. Key words: kajian feminisme, patriarkhi.
Penerapan JIM (Jurisprudential Inqury Model) Pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Di Kelas X SMAN MT Bojonegoro Muhammad Sholehhudin
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 2, No 1 (2015): January
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v2i1.15

Abstract

The aims of this study is to describe the application of JIM (jurisprudential inquiry model) in exposition text writing learning process and, to describe the result of the application. JIM (jurisprudential inquiry mode) learning divides into certain steps, which are focused on: (1) orientate, (2) synthesize, (3) articulate, (4) explore,( 5) refine and (6) evaluate). JIM has spesific purpose to evaluate, critize, or pointing different views to govenrnmental policy, which are connected to the exposition text. The result of the study showed that JIM was accepted by students attentionally, students involved in all process through several steps of learning process. For teacher, JIM possibly teacher to design, asses, and conduct well-planed learning process. The result of the learning process are (1) the ability to create main frame of exposition text is 80,3, (2) the exposition text writing skill average score is 79,2. By analizyng and observing, can be conclused that JIM possibly the students to write in wellplanedd steps, teacher conducted learning intensively and students had high interest of writing.Key words: writing skill, exposition text, jurisprudential inquiry model 
Peningkatan Prestasi Belajar IPA Melalui Team Game Tournament (TGT) Dengan Permainan Domino Pada Siswa Kelas IV SDN Bancer 1 Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2014/2015. Sutrisno Sutrisno
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 2, No 1 (2015): January
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v2i1.16

Abstract

Materi panca indera di kelas IV merupakan cakupan materi yang diajarkan cukup luas. Selama ini peneliti melakukan pembelajaran tentang panca indera di kelas IV tahun sebelumnya menggunakan metode diskusi kelompok dan percobaan sederhana. Siswa sudah terlibat aktif dalam pembelajaran. Namun, berdasarkan analisis pencapaian kompetensi mengenai hasil belajar siswa tentang panca indera masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan masih rendahnya nilai tes tentang panca indera dan ketuntasan belajar secara klasikal 60%. Peneliti memperbaiki pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang panca indera dengan melaksanakan prosedur dan penggunaan media pembelajaran yang tidak membosankan melalui TGT dengan permainan domino. TGT dengan permainan domino merupakan salah satu strategi yang membuat siswa senang belajar dengan menerapkan prinsip ”belajar sambil bermain”. Siswa yang senang dalam pembelajaran mendapatkan daya ingat dan hasil belajar yang lebih baik. Dengan permainan ini siswa berperan lebih aktif dalam pembelajaran, mengemukakan permasalahan yang dimiliki, dan berani mengajukan alternatif penyelesaian masalah.Sehingga siswa mengalami pembelajaran bermakna yang terorganisir dalam sebuah pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Bancer 1 Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro semester I tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data berupa lembar obsevasi untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan lembar tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing dua pertemuaan. Ketuntasan belajar awal sebesar 60%. Indikator keberhasilan siklus I adalah 65%, tetapi hanya tercapai ketuntasan sebesar 62% atau terjadi peningkatan 2%. Indikator keberhasilan siklus II adalah 75%, dan telah berhasil mencapai ketuntasan sebesar 85% atau terjadi peningkatan sebesar 23%. Dengan demikian permasalahan penelitian dapat terjawab dan tujuan penelitian tercapai. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Bancer 1 tentang panca indera melalui TGT dengan permainan domino.Key words: Prestasi Belajar, TGT, Permainan Domino
Tata Tertib Sekolah Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Di SDN Pekuwon III Sumberejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Endang Siti Nuriyah
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 2, No 1 (2015): January
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v2i1.17

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan (1) Untuk mengetahui implementasi konsep tata tertib sekolah sebagai sarana Pendidikan Karakter di SDN Pekuwon III (2) Untuk mengetahui pelaksanaan tata tertib sekolah sebagai sarana Pendidikan Karakter di SDN Pekuwon III (3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi sekolah terutama terhadap tata tertib sekolah sebagai sarana Pendidikan Karakter di SDN Pekuwon III. Dari analisis data di lapangan dapat diperoleh keterangan bahwa upaya-upaya sekolah dalam mengatasi pelanggaran tata tertib sekolah ada 3 (tiga) tahap yaitu tindakan preventif, tindakan kuratif dan tindakan represif. Pertama, tahap tindakan preventif yaitu berupa upaya pencegahan sebelum pelanggaran tata tertib sekolah. Kedua, tahap kuratif atau rehabilitasi yaitu dilakukan setelah tindakan pencegahan lainnya dilaksanakan dan dianggap perlu mengubah tingkah laku siswa yang melanggar dengan cara membina siswa yang selalu melanggar tata tertib sekolah, baik dari Guru yang bersangkutan dengan bekerjasama Bimbingan dan Penyuluhan/Bimbingan dan Konseling atau wali kelas intensif mengawasi tingkah laku siswa yang dianggap melakukan pelanggaran tata tertib sekolah. Ketiga, tahap tindakan represif berupa pengambilan tindakan bagi pelanggaran yang telah berulang kali atau termasuk kategori pelanggaran berat terhadap tata tertib sekolah.Pelaksanaan tata tertib sekolah sebagai sarana Pendidikan Karakter di SDN Pekuwon III menggunakan sistem credit point yaitu setiap pelanggaran tata tertib sekolah mendapatkan poin tertentu. Penggunaan credit point dengan mempertimbangkan segi tahap-tahap perkembangan siswa dan sanksi yang mendidik.Key words: Tata tertib sekolah, Pendidikan Karakter.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Gradien Garis Lurus Melalui Penerapan Metode Demonstrasi (Dengan IT) Pada Siswa Kelas VIII-B Semester I SMP Negeri 4 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2009/2010 Erni Puji Lestari
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 2, No 1 (2015): January
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v2i1.18

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan penerapan metode Demonstrasi (dengan IT) dapat meningkatkan hasil belajar Gradien Garis Lurus kelas VIII-B semester 1 SMP Negeri 4 Bojonegoro tahun pelajaran 2009/2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Demonstrasi (dengan IT) dapat meningkatkan hasil belajar Gradien garis lurus kelas VII-B semester 1 SMP Negeri 4 Bojonegoro tahun pelajaran 2009/2010.Key words: Metode Demonstrasi (dengan IT), dan Hasil BelajarI
Improving Students’ Writing Skills In Narrative Text By Using Semantic Mapping. Nani Puspita Sari
Jurnal Pendidikan Edutama Vol 2, No 1 (2015): January
Publisher : IKIP PGRI Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30734/jpe.v2i1.13

Abstract

This research was conducted in order to investigate whether semantic mapping was able to improve students’ writing skill of the eleventh grade students of SMA Negeri 2 Cepu or not. The researcher conducted Classroom Action Research. The research focused in improving writing of narrative text. In this research the data were in the kinds of quantitative and qualitative data. The quantitative data were taken by using test, while the qualitative data were taken by using questionnaire, observation, and interview. The result shows that semantic mapping is able to improve students writing competence. From the pre-test, it was shown that the highest score was 6.50, the lowest score was 3.00, and the average score was 4.70. In the end of cycle 1, the researcher conducted post-test, and the result were as follows: the highest score was 7.00, the lowest score was 5.00, and the average score was 6.20. At the second post-test which was held after cycle 2, the highest score was 8.00, the lowest score was 6.00. and the average was 7.00. Based on the qualitative data anlysing, teaching learning process was held effectively. The class atmosphere was alive, the students were motivated, excited and active in joining the class, the effective communication was occured, and the classroom assesment and reflection ran well. Key words: semantic mapping, writing skills, classroom action research.

Page 1 of 1 | Total Record : 6